keuntungan memiliki asuransi mobil all risk | roojai.co.id

Keuntungan memiliki asuransi mobil all risk adalah perlindungan secara total dari berbagai jenis kerusakan, mulai dari kerusakan kecil seperti baret hingga kerusakan besar dan kehilangan akibat pencurian.

Merujuk pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), asuransi all risk adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Sesuai dengan namanya, asuransi ini menjamin semua risiko (comprehensive).

Manfaat dari asuransi all risk tentu berbeda dengan asuransi total loss only (TLO). Perbedaan all risk dan TLO adalah asuransi all risk menjamin kerusakan kecil hingga besar/hilang, sedangkan TLO hanya menjamin atas kerusakan lebih dari 75 persen dari nilai mobil atau kehilangan. Karena jaminan yang lebih luas, tidak heran harga premi all risk lebih tinggi dibandingkan TLO.

Lantas apa saja keuntungan yang kamu dapatkan jika memiliki asuransi all risk? Berikut jawabannya!

Konten

  1. Perlindungan dari risiko kecelakaan
  2. Jaminan atas risiko kehilangan mobil akibat pencurian
  3. Penggantian atas tanggung jawab pihak ketiga
  4. Fitur perluasan manfaat
  5. Menjaga nilai kendaraan
  6. Memberikan rasa tenang dan aman
  7. Solusi finansial
  8. Membantu perencanaan keuangan
  9. Perbaikan mobil lebih terjamin

Perlindungan dari risiko kecelakaan

Asuransi mobil all risk memberikan perlindungan terhadap risiko yang bisa terjadi seperti tabrakan, terperosok, kebakaran, dan lain sebagainya yang menyebabkan kerusakan ringan seperti baret hingga besar. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir ganti rugi yang akan diberikan asuransi all risk ketika mengalami risiko tersebut.

Jika kamu hanya memiliki asuransi mobil TLO, maka kerusakan mobil yang tidak mencapai 75 persen dari nilai mobil, tidak akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Jaminan atas risiko kehilangan mobil akibat pencurian

Selain memberikan jaminan perbaikan atas kerusakan mobil, salah satu keuntungan memiliki asuransi mobil all risk adalah penggantian atas risiko kehilangan mobil akibat pencurian. Saat musibah ini menimpa, pemilik kendaraan tidak benar-benar kehilangan kendaraannya karena kehilangan menjadi risiko yang ditanggung oleh penyedia asuransi.

Meski demikian, ada sejumlah pengecualian di mana pemilik kendaraan tidak bisa mendapatkan ganti rugi. Misalnya pencurian yang dilakukan oleh pihak ketiga atau pencurian akibat hipnotis. Itulah kenapa begitu penting untuk memahami polis asuransi mobil secara lebih mendalam sebelum memutuskan untuk membelinya.

Penggantian atas tanggung jawab pihak ketiga

Ketika berkendara, terdapat risiko yang dapat menyebabkan kecelakaan yang merugikan pihak ketiga. Jika hal tersebut terjadi, lantas apa yang harus dilakukan? Jika asuransi mobil yang kamu miliki menjamin tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga atau third party liability (TPL), maka pihak ketiga yang dirugikan akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Di saat seperti ini, risiko akan secara otomatis dialihkan atau menjadi tanggungan perusahaan asuransi. Itu artinya, kamu tidak perlu takut mendapatkan tuntutan apapun dari pihak ketiga yang menerima akibat dari kecelakaan atau peristiwa yang kamu sebabkan saat mengendarai mobil yang diasuransikan.

Fitur perluasan manfaat

Seperti namanya, asuransi all risk atau yang juga dikenal dengan sebutan asuransi komprehensif akan menanggung berbagai kerugian termasuk baret dan kerusakan kecil. Akan tetapi, kamu harus memastikan kembali kalau permasalahan pada mobil merupakan jenis risiko yang ditanggung perusahaan asuransi. Jadi, baca kembali peraturan dan ketentuan serta isi polis sebelum menandatanganinya.

Pasalnya, beberapa asuransi all risk belum menjamin risiko seperti bencana alam (contohnya gempa bumi, tsunami, dan banjir). Jika dalam polis asuransi all risk yang kamu miliki belum menjamin risiko tersebut, tidak ada salahnya menambah perluasan manfaat.

Menjaga nilai kendaraan

Harga jual mobil tentunya seperti kita ketahui akan terus mengalami penurunan setiap tahunnya. Meski demikian, kamu tetap bisa menjaga nilai mobil sehingga penurunan harga tidak begitu dalam dengan asuransi.

Melalui jenis asuransi mobil all risk, pemilik kendaraan akan bisa mendapatkan proteksi pada bagian kendaraan yang mengalami kerugian atau kerusakan. Mereka bisa mengganti bagian tersebut dengan yang baru, sehingga harga jual mobil bisa lebih terjaga.

Memberikan rasa tenang dan aman

Keuntungan memiliki asuransi mobil all risk lainnya tentu memberikan rasa tenang dan aman selama berkendara. Dengan kata lain, pemilik kendaraan bisa berkendara tanpa harus memikirkan biaya yang harus mereka tanggung apabila terjadi kerugian atau hal yang tidak diinginkan.

Rasa tenang dan aman tersebut akan muncul setelah mengetahui kalau perusahaan asuransi akan menanggung risiko yang terjadi berdasarkan ketentuan pada polis asuransi yang sesuai dengan biaya asuransi mobil dalam polis itu sendiri. Berkendara dengan rasa tenang dan aman juga akan memberikan dampak baik di mana kamu bisa terhindar dari risiko kecelakaan yang bisa terjadi karena tidak fokus dalam berkendara.

Solusi finansial

Manfaat asuransi kendaraan atau mobil yang bisa kamu dapatkan, salah satunya adalah memiliki solusi finansial saat terjadi peristiwa yang mengharuskan kendaraan diperbaiki atau diganti akibat kerugian yang dialami. Jika tidak memiliki asuransi mobil all risk, kerusakan seperti penyok hingga rusak berat yang bisa menghabiskan jutaan rupiah, akan membebani keuangan kamu.

Dengan asuransi, kamu tetap bisa memperbaiki atau mendapatkan kembali kendaraan yang hilang tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah banyak. Ajukan klaim dan perusahaan asuransi yang akan mengganti kerugian yang kamu alami, hanya dengan membayar sekitar Rp300 ribu sebagai risiko sendiri atau own risk.

Membantu perencanaan keuangan

Selain menjadi solusi finansial kamu, memiliki asuransi all risk juga membantu perencanaan keuangan tercapai. Misalnya saja mobil mengalami rusak parah akibat kecelakaan lalu lintas dan penumpangnya juga harus dirawat di rumah sakit. Dengan memiliki asuransi all risk, maka pemilik kendaraan tidak perlu mencairkan tabungan atau investasinya untuk memperbaiki mobil dan membayar biaya perawatan di rumah sakit.

Dengan asuransi mobil, kamu bisa terhindar dari beban finansial pada saat terjadi bencana baik ketika mobil rusak akan kecelakaan maupun saat terpahit ketika mobil hilang akibat dicuri orang tidak bertanggung jawab. Asuransi kendaraan adalah proteksi tepat yang akan memberikan manfaat pertanggungan. Sehingga kamu bisa fokus menabung untuk kesejahteraan finansial dan tidak perlu lagi memikirkan cara mendapatkan uang agar bisa membayar biaya perbaikan kendaraan.

Perbaikan mobil lebih terjamin

Keuntungan memiliki asuransi all risk yang terakhir adalah mendapatkan perbaikan mobil yang lebih terjamin karena dilakukan di bengkel resmi atau bengkel terpercaya yang telah menjadi rekanan asuransi. Dengan manfaat asuransi mobil yang diberikan, kamu tidak akan ada rasa khawatir dan was-was salah pilih bengkel.

Jaminan layanan perbaikan kendaraan dari bengkel rekanan tentunya akan memberikan ketenangan. Sehingga kamu tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa tanpa harus menghabiskan waktu hanya untuk mencemaskan kendaraan yang sedang diperbaiki.Bengkel resmi dan bengkel rekanan terpercaya bisa kamu temukan pada asuransi mobil all risk Roojai yang jumlahnya hingga ratusan dan tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dengan berbagai keuntungan yang telah disebutkan di atas, apa kamu masih menunda membeli proteksi dari asuransi mobil? Dapatkan penawaran asuransi mobil all risk terpercaya di roojai.co.id.

Bagikan:

Sebelumnya

Cara Klaim Asuransi mobil yang Terendam Banjir

Berikutnya

7 Alasan Asuransi Kecelakaan Dibutuhkan saat Liburan
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu