5/5

( 458 ulasan )

Didukung oleh:

Apa itu asuransi mobil di Indonesia?

Asuransi mobil di Indonesia memberikan perlindungan finansial kepada pengemudi kendaraan untuk kendaraan mereka dan penumpang di dalamnya – dalam hal apabila terjadi kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, pencurian, bencana alam dan lainnya.

Ada berapa macam asuransi mobil di Indonesia?

Asuransi mobil di Indonesia menyediakan dua jenis asuransi kendaraan: Asuransi mobil all risk (komprehensif) dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Asuransi all risk (komprehensif) memiliki perlindungan yang lebih beragam, tergantung dengan manfaat asuransi kendaraan yang dipilih oleh Tertanggung.

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang hanya menyediakan proteksi jika kerusakan pada kendaraan mencapai 75% dari nilai kendaraan atau jika terjadi pencurian.

Apa yang dimaksud dengan asuransi mobil all risk?

Asuransi mobil all risk atau yang sering disebut dengan asuransi komprehensif adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan dari berbagai risiko, seperti kerugian pada properti atau kesehatan, mobil tabrakan, kecelakaan, pencurian, kebakaran, atau kebanjiran. Pada umumnya, kamu bisa mengatur sendiri manfaatnya dengan memilih pertanggungan tambahan sesuai kebutuhan.

Siapa yang cocok membeli produk asuransi dari Roojai?

Polis asuransi mobil all risk dari Roojai sangat cocok untuk para pengemudi dengan kebiasaan mengemudi yang aman dan bertanggungjawab yang ingin membeli asuransi mobil all risk. Roojai hadir untuk membantu para pengemudi menemukan polis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Apa saja pilihan manfaat asuransi mobil online yang ditawarkan?

Polis asuransi mobil all risk Roojai mencakup perlindungan utama yang kemudian dapat disesuaikan dengan manfaat tambahan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jaminan yang tersedia adalah:

  • Harga pertanggungan hingga 2 milyar rupiah
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga untuk cedera tubuh dan kerusakan properti. Kamu bisa memilih pertanggungan senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, atau Rp100 juta.
  • Pertanggungan asuransi kecelakaan diri. Kamu bisa memilih pertanggungan senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, atau Rp100 juta per orang.
  • Proteksi kerugian akibat bencana alam, seperti banjir, badai, gempa bumi, erupsi vulkanik, dan tsunami.
  • Proteksi dari kerugian akibat huru-hara.
  • Layanan darurat – dapatkan layanan darurat yang tersedia 24/7 jika mobilmu mengalami masalah di jalan.
  • Santunan uang transportasi apabila mobilmu berada di bengkel lebih dari 5 hari.
  • Proteksi untuk aksesoris mobil. Roojai menyediakan pilihan proteksi untuk body kit, kaca film, pelek & ban, audio & visual sistem, dan kamera dashboard.
  • Customer Service yang dapat diandalkan dan berfokus pada pelanggan dengan nilai kepuasan pelanggan 4,9/5 yang didapatkan dari pelanggan asli.

Apa yang dimaksud dengan deductible atau biaya risiko sendiri?

Deductible atau own risk adalah biaya yang dikeluarkan oleh pemilik polis sebelum melakukan klaim asuransi. Biaya standar di Indonesia untuk deductible/own risk adalah sebesar Rp300.000 per kejadian. Di Roojai biaya deductible untuk partial loss adalah Rp300.000 per kejadian sedangkan untuk total loss adalah sebesar 5% dari biaya klaim atau minimal Rp500.000 per kejadian.

Pada beberapa perusahaan asuransi menawarkan pilihan yang memungkinkan kamu untuk bisa mengurangi jumlah premi dengan meningkatkan biaya deductible/own risk, yang mana secara jangka panjang kamu bisa menghemat lebih banyak dan mengurangi kemungkinan kamu mengajukan klaim pada kerusakan ringan yang dapat mempengaruhi catatan/riwayat baik mengemudi

Bagaimana menemukan bengkel mobil terdekat?

Sebagian besar perusahaan asuransi akan memiliki rekanan bengkel mobil untuk memudahkanmu memperbaiki mobil. Saat ini, Roojai memiliki lebih dari 800 bengkel mobil rekanan yang akan terus bertambah, dengan sekitar setengahnya adalah garasi dealer resmi. Roojai bertujuan untuk membangun bengkel rekanan terlengkap di pulau Jawa, dan kemudian menjadi yang terlengkap di seluruh Indonesia. Jadi untuk yang tinggal di pulau Jawa, akan lebih mudah untuk menemukan bengkel mobil terdekat. Saat memilih manfaat asuransimu, kamu diberikan pilihan mau memperbaiki mobil di bengkel umum atau bengkel dealer resmi yang menjadi rekanan Roojai. Perlu diingat bahwa setiap pilihanmu akan mempengaruhi premi asuransimu. Untuk saat ini, kamu hanya bisa melakukan perbaikan di bengkel yang termasuk dalam daftar bengkel rekanan Roojai.

Apakah bengkel rekanan Roojai menjamin suku cadang asli dan garansi perbaikan?

Ya, semua bengkel rekanan Roojai, baik bengkel umum maupun bengkel resmi memberikan jaminan atau garansi penggantian suku cadang asli untuk semua jenis dan merek mobil yang ditanggung.

Selain itu, kami juga memberikan garansi perbaikan selama 6 bulan yang berlaku sejak mobil selesai diperbaiki dan diserahterimakan kepada tertanggung. Jadi, misalkan mobilmu mengalami kerusakan setelah melakukan perbaikan di bengkel rekanan Roojai yang diakibatkan oleh kelalaian/kesalahan pengerjaan dan masih dalam masa garansi, maka cukup datangi bengkel rekanan tempat perbaikan mobil sebelumnya dan mobilmu akan diperbaiki ulang tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.

FAQ

Apa perbedaan asuransi all risk (komprehensif) dan asuransi Total Loss Only (TLO)?

Perbedaan utama antara asuransi mobil all risk (komprehensif) dan Total Loss Only adalah jenis pertanggungan asuransi yang diberikan, dan tentu saja harga preminya. Asuransi mobil all risk memberikan perlindungan finansial dengan cakupan asuransi yang lebih luas daripada pertanggungan Total Loss Only. Artinya, jika kamu memiliki polis asuransi TLO, kamu hanya bisa mengajukan klaim jika kerusakan mobilmu sama atau lebih dari 75% dari nilai mobilmu.

Sebagai contoh: bemper mobil yang penyok bisa saja ditanggung dalam polis asuransi mobil komprehensif, tetapi tidak dalam polis TLO. Namun, jika mobil kamu dicuri, ini akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk dan oleh asuransi mobil TLO. Oleh karena itu, premi asuransi dari asuransi all risk mobil biasanya lebih mahal, karena perusahaan asuransi harus mengambil risiko yang lebih tinggi untuk melindungi kendaraanmu dari banyak risiko kerusakan.

Jenis asuransi mobil terbaik apa yang paling tepat untuk saya?

Asuransi mobil terbaik yang tepat untuk mobilmu tentu saja tergantung pada beberapa faktor, seperti kebiasaan mengemudi, kondisi keuangan, jenis kendaraan yang kamu kendarai, dan tingkat pertanggungan yang kamu inginkan.

Jika kamu memiliki mobil yang sering kamu kendarai, asuransi mobil all risk mungkin merupakan pilihan yang lebih baik karena menawarkan cakupan asuransi berupa pertanggungan dan perlindungan yang lebih luas. Di sisi lain, jika umur kendaraanmu sudah tua dan kamu butuh perlindungan yang hemat biaya, asuransi Total Loss Only bisa jadi pilihan yang tepat.

Apakah asuransi mobil all risk menjamin tanggung jawab pihak ketiga?

Ya, pertanggungan asuransi komprehensif atau all risk biasanya menyediakan jaminan dari kerugian finansial jika kamu menyebabkan kerugian pada orang lain atau harta benda mereka. Di Roojai, kamu bisa mengatur sendiri pilihan nilai pertanggungan pihak ketiga senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, dan Rp100 juta untuk mendapatkan premi atau harga asuransi yang kamu mau.

Apakah asuransi mobil di Indonesia menjamin kerugian akibat kebakaran, banjir dan bencana alam?

Kerugian akibat kebakaran biasanya sudah termasuk ke dalam perlindungan utama dari asuransi mobil, sedangkan perlindungan dari banjir dan bencana alam termasuk ke dalam perluasan manfaat. Di Roojai, kamu bisa tambah perlindungan asuransi mobil berupa penggantian kerugian yang terjadi pada mobilmu akibat bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

Apakah asuransi mobil di Indonesia menyediakan pertanggungan untuk pencurian mobil atau pembobolan?

Ya, pencurian dan pembobolan ditanggung oleh asuransi mobil. Misalnya, seseorang mencuri ban serepmu, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk. Namun perlu diingat bahwa pertanggungan hanya berlaku untuk kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada mobilmu saja. Jadi, jika seseorang memecahkan jendela mobilmu dan mencuri laptopmu, maka kerusakan jendela tersebut akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk. Untuk kehilangan laptop, kamu memerlukan produk asuransi yang berbeda.

Apakah asuransi mobil di Indonesia menyediakan perlindungan untuk kerusuhan?

Perlindungan untuk kerusuhan biasanya termasuk sebagai perluasan tambahan. Jika mobilmu mengalami kerusakan yang melibatkan banyak pelaku seperti kerusuhan, kekerasan geng, dan kerusuhan sosial, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh asuransi jika kamu memilih perluasan asuransi mobil ini.

Apakah asuransi kecelakaan diri atau biaya perawatan cedera akibat kecelakaan mobil termasuk dalam asuransi mobil all risk?

Ya, asuransi mobil di Indonesia juga mencakup jaminan kerugian akibat kecelakaan diri dan biaya pengobatan akibat cedera. Di Roojai, kamu bisa memilih pertanggungan kecelakaan diri senilai: Rp0 (tidak ditanggung), Rp20 juta, Rp40 juta, Rp60 juta, Rp80 juta, atau Rp100 juta per orang. Manfaat ini sudah mencakup 1 pengemudi dan 4 penumpang. Artinya, jika kamu memilih pertanggungan senilai 40 juta, maka kami akan menanggung 1 pengemudi + 4 penumpang dengan biaya pengobatan masing-masing senilai Rp 40 juta.

Apa saja persyaratan membeli asuransi mobil di Roojai?

  • Pengemudi berusia 18 hingga 60 tahun dengan Surat Izin Mengemudi yang masih berlaku. Dalam beberapa kasus, diperlukan juga pengalaman mengemudi selama beberapa tahun.
  • Tidak melakukan klaim asuransi sebanyak lebih dari 3x dalam 12 bulan terakhir dengan catatan atas klaim diajukan akibat kelalaian pengemudi utama.
  • Tidak ada riwayat pencabutan SIM atau pengemudi pernah dipenjara karena pelanggaran mengemudi.
  • Kendaraan terdaftar di Indonesia.

Berapa harga asuransi mobil di Indonesia?

Harga premi asuransi mobil di Roojai tergantung pada beberapa komponen seperti profil dan pengalaman pengemudi, model kendaraan, usia mobil, tujuan penggunaan, dan riwayat klaim. Rata-rata, untuk polis asuransi mobil all risk, pelanggan Roojai membayar dalam kisaran Rp3.200.000 - Rp4.000.000 per tahun.

Bagaimana cara membeli asuransi mobil all risk di Roojai?

Ada banyak cara untuk membeli asuransi di Indonesia: melalui agen, langsung dengan perusahaan asuransi, atau melalui market place asuransi. Di Roojai, kami menawarkan langkah sederhana dan mudah yang memungkinkan kamu membeli asuransi secara online dalam hitungan menit selama kamu memiliki handphone dengan koneksi internet.

Tapi jika kamu lebih nyaman berbicara dengan agen asuransi, kamu juga dapat menghubungi kami di 021 5089 0821.

Bagaimana cara membayar asuransi mobil saya?

Roojai menawarkan 2 metode pembayaran yang nyaman untukmu, yaitu:

  • Kartu kredit
  • Virtual account

Untuk pembayaran lebih mudah, kamu bisa melakukan pembayaran cicilan tidak hanya dengan kartu kredit, tapi bisa juga menggunakan virtual account.

Apakah saya bisa membayar asuransi mobil dengan cicilan?

Ya, Roojai menyediakan pilihan pembayaran cicilan untuk asuransi mobil dengan 6 kali cicilan menggunakan kartu kredit atau virtual account. Kami hanya memotong kartu kredit sebesar pembayaran bulanan kamu saja, sehingga bayar premi bisa jadi lebih ringan dan lebih terjangkau untuk siapa saja.

Bisakah saya membeli asuransi untuk beberapa mobil dalam 1 polis asuransi kendaraan?

Sebagian besar asuransi mobil akan menanggung satu mobil per polis asuransi kendaraan. Untuk beberapa mobil di bawah satu polis, ada yang disebut asuransi armada atau mobil komersial. Asuransi Roojai Indonesia saat ini menyediakan satu polis asuransi per mobil.

Apakah saya perlu melakukan inspeksi mobil?

Ya, inspeksi mobil biasanya diperlukan untuk bisa mengaktifkan polis asuransi kendaraanmu. Di Roojai, inspeksi kendaraan bisa dilakukan secara langsung melalui video call. Selama video call, tim kami akan mengambil foto beberapa bagian mobil untuk keperluan dokumentasi. Proses ini biasanya memakan waktu 5-10 menit saja. Jika karena beberapa alasan kamu tidak dapat terhubung melalui video call, surveyor kami akan membantumu.

Setelah kamu menyelesaikan proses registrasi dan pembayaran di website, kami akan mengingatkanmu untuk melakukan inspeksi mobil melalui email dan WhatsApp. Kami juga akan menginformasikan apa saja yang harus dipersiapkan saat proses inspeksi mobil, seperti: pastikan mobil diparkir di tempat yang terang dengan ruang yang cukup di sekitarnya sehingga tim inspeksi kami dapat melihat bagian mobil dengan baik. Siapkan juga STNK dan SIM.

Bagaimana cara mengajukan klaim di Roojai?

Di Roojai, kami berusaha menghemat waktu kamu sebanyak mungkin.

  • Ajukan klaim melalui handphone dan lakukan survei klaim hanya melalui video call. Kamu dapat menghubungi Roojai di hotline klaim kami di 021 5189 0821 untuk melaporkan kejadian atau mendapatkan bantuan klaim.
  • Siapkan formulir klaim dan dokumen tambahan dan kirimkan email ke mvclaims@roojai.co.id maksimal dalam waktu 5 hari kalender setelah kejadian.

Dokumen apa saja yang saya perlu siapkan untuk mengajukan klaim asuransi?

Secara umum, ada beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi saat mengajukan klaim asuransi mobil, seperti:

  1. Mengisi dan menandatangani dokumen klaim
  2. Fotokopi SIM dan STNK
  3. Laporan polisi tentang kecelakaan
  4. Kronologi kejadian tertulis
  5. Foto atau video kerusakan (jika diminta oleh pihak asuransi)

Bagaimana cara mengubah detail polis asuransi saya?

Untuk mengubah informasi polis asuransi di Roojai, kamu perlu menghubungi contact center Roojai dan memberikan detail perubahan yang diperlukan. Tim kami akan membantumu dan mungkin kami akan meminta dokumen tambahan.

Bagaimana cara membatalkan polis asuransi saya?

Ada beberapa langkah yang biasanya perlu kamu lakukan untuk membatalkan polis asuransi mobil:

  1. Hubungi perusahaan asuransi mobilmu.
  2. Lengkapi dokumen yang diperlukan
  3. Menandatangani dokumen pembatalan polis

Di Roojai, kalau kamu ingin membatalkan polis asuransi, cukup hubungi contact center kami, bisa lewat email atau telepon. Polis asuransi bisa dibatalkan setelah tim kami melakukan konfirmasi melalui telepon.

Bagaimana cara menghubungi Roojai?

Tips membeli asuransi mobil all risk

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli asuransi kendaraan di Indonesia untuk mendapatkan harga yang tepat.

  1. Baca dengan pahami berbagai pilihan pertanggungan yang ditawarkan dan pastikan untuk memilih tingkat perlindungan yang sesuai kebutuhan kamu.
  2. Bandingkan biaya asuransi mobil dan pertanggungan antara berbagai jenis perusahaan asuransi.
  3. Periksa apakah lokasi dan jarak bengkel rekanan mudah dijangkau oleh kamu.
  4. Setelah memilih asuransi mobil all risk yang sesuai, jangan lupa untuk membaca dokumen polis dengan cermat agar kamu memahami apa saja yang ditanggung.

Baik asuransi mobil all risk ataupun total loss only memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung profil kamu dan kendaraanmu. Untuk itu, pastikan untuk mempertimbangkan biaya premi dengan tingkat perlindungan sesuai kendaraan dan kebiasaanmu berkendara. Jika kamu ingin mendapatkan perlindungan maksimal dan ketenangan pikiran untuk diri sendiri, orang tercinta, dan kendaraan kesayanganmu, kamu bisa memilih asuransi mobil all risk yang menawarkan perlindungan lengkap dari berbagai risiko kerugian finansial.

Definisi

Layanan darurat (Emergency Roadside Assistance)

Layanan yang menyediakan bantuan darurat apabila mobil tertanggung mengalami mogok atau kecelakaan akibat ban kempes, baterai lemah, kehabisan bahan bakar, atau kunci tertinggal di dalam mobil.

Santunan transportasi / transport allowance

Sejenis tunjangan berupa uang yang diberikan oleh pihak asuransi kepada tertanggung apabila mobilnya diperbaiki di bengkel selama lebih dari 5 hari.

Inspeksi mobil

Prosedur pemeriksaan kendaraan yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan polis asuransi.

Huru-hara

Memberikan penggantian atas kendaraan yang diasuransikan terhadap kerusakan/kehilangan yang diakibatkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, dan/atau revolusi makar.

Surveyor

Seseorang yang mengumpulkan informasi dan memberikannya pada pihak asuransi untuk menilai kerusakan atau tingkat risiko kendaraan dan menyesuaikan premi asuransi.

Ulasan-ulasan jujur mengenai pengalaman para pelanggan kami di Roojai.co.id.

100% asli tanpa edit sama sekali, karena diberikan langsung dari para pelanggan ke website Roojai. Didukung oleh feefo.com.

5/5

( 458 ulasan )

Didukung oleh:

Lagi mencari-cari asuransi kecelakaan kerja yang bisa dipesan melalui online, dan sepertinya ini yang saya temukan yang benar-benar interaktif dan mudah sekali. Mengesankan sih.

PURBA KUNCARANINGRAT HADI PUTRA

13 Mei 2024

Proses Pendaftaran cepat

Pelanggan terverifikasi

11 Mei 2024

Penjelasannya cukup jelas terkait benefit2 yang akan diterima. Agen juga proaktif memberikan masukan2 dan cukup persuasif untuk mendorong saya mengambil program ini.

ADRYN STEPHANIE HUTABARAT

05 Maret 2024

Terima Kasih kerja samanya

NI KOMANG BUDIASIH

01 Februari 2024

TERIMA KASIH KERJA SAMANYA

RYAN HIDAYAT

31 Januari 2024

Excellence Services from Roojai

SANG PUTU AGUS PURNAMA JAYA

30 Januari 2024

Terima Kasih atas kerjasamanya

I PUTU DISKI PRATAMA

30 Januari 2024

Thank you for your good services

I KADEK RESA GUNA

29 Januari 2024