Menu

5/5

( 496 ulasan )

Didukung oleh:

Apa itu asuransi mobil di Indonesia?

Asuransi mobil di Indonesia memberikan perlindungan finansial kepada pengemudi kendaraan untuk kendaraan mereka dan penumpang di dalamnya – dalam hal apabila terjadi kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, pencurian, bencana alam dan lainnya.

Ada berapa macam asuransi mobil di Indonesia?

Asuransi mobil di Indonesia menyediakan dua jenis asuransi kendaraan: Asuransi mobil all risk (komprehensif) dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Asuransi all risk (komprehensif) memiliki perlindungan yang lebih beragam, tergantung dengan manfaat asuransi yang dipilih oleh Tertanggung.

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang hanya menyediakan proteksi jika kerusakan pada kendaraan mencapai 75% dari nilai kendaraan atau jika terjadi pencurian.

Apa saja yang ditanggung oleh asuransi all risk?

Asuransi mobil all risk (komprehensif) di Indonesia adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan finansial dari risiko kerugian atau kerusakan pada mobil, seperti mobil kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, kebakaran, atau pencurian. Di Roojai, kamu bisa mengatur sendiri manfaat perlindungan polis asuransimu sesuai kebutuhan, dan dengan harga asuransi yang terjangkau.

Apa perbedaan asuransi mobil all risk (komprehensif) dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO)?

Perbedaan utama antara asuransi mobil all risk (komprehensif) dan Total Loss Only adalah jenis pertanggungan asuransi yang diberikan, dan tentu saja harga preminya. Asuransi mobil all risk memberikan perlindungan finansial dengan cakupan asuransi yang lebih luas daripada pertanggungan Total Loss Only. Artinya, jika kamu memiliki polis asuransi TLO, kamu hanya bisa mengajukan klaim jika kerusakan mobilmu sama atau lebih dari 75% dari nilai mobilmu. Sebagai contoh: bemper mobil yang penyok bisa saja ditanggung dalam polis asuransi mobil all risk, tetapi tidak dalam polis TLO. Namun, jika mobil kamu dicuri, ini akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk dan oleh asuransi mobil TLO. Oleh karena itu, premi asuransi dari asuransi all risk biasanya lebih mahal, karena perusahaan asuransi harus mengambil risiko yang lebih tinggi untuk melindungi kendaraanmu dari banyak risiko kerusakan.

Jenis asuransi mobil terbaik apa yang paling tepat untuk saya?

Asuransi mobil terbaik yang tepat untuk mobilmu tentu saja tergantung pada beberapa faktor, seperti kebiasaan mengemudi, kondisi keuangan, jenis kendaraan yang kamu kendarai, dan tingkat pertanggungan yang kamu inginkan.

Jika kamu memiliki mobil yang sering kamu kendarai, asuransi mobil all risk mungkin merupakan pilihan yang lebih baik karena menawarkan cakupan asuransi berupa pertanggungan dan perlindungan yang lebih luas. Di sisi lain, jika umur kendaraanmu sudah tua dan kamu butuh perlindungan yang hemat biaya, asuransi Total Loss Only bisa jadi pilihan yang tepat.

Apa jenis asuransi mobil online yang tersedia di Roojai?

Untuk saat ini, Roojai Indonesia menyediakan asuransi mobil online all risk (komprehensif) dengan perlindungan asuransi dan premi yang bisa kamu atur sendiri sesuai dengan kebutuhan dan harga asuransi yang kamu mau.

Apa saja pilihan manfaat asuransi mobil online yang ditawarkan?

Polis asuransi mobil all risk Roojai mencakup perlindungan utama yang kemudian dapat disesuaikan dengan manfaat tambahan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jaminan yang tersedia adalah:

  • Harga pertanggungan hingga 2 milyar rupiah
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga untuk cedera tubuh dan kerusakan properti. Kamu bisa memilih pertanggungan senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, atau Rp100 juta.
  • Pertanggungan asuransi kecelakaan diri. Kamu bisa memilih pertanggungan senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, atau Rp100 juta per orang.
  • Proteksi kerugian akibat bencana alam, seperti banjir, badai, gempa bumi, erupsi vulkanik, dan tsunami.
  • Proteksi dari kerugian akibat huru-hara.
  • Layanan darurat – dapatkan layanan darurat yang tersedia 24/7 jika mobilmu mengalami masalah di jalan.
  • Santunan uang transportasi apabila mobilmu berada di bengkel lebih dari 5 hari.
  • Proteksi untuk aksesoris mobil. Roojai menyediakan pilihan proteksi untuk body kit, kaca film, pelek & ban, audio & visual sistem, dan kamera dashboard. Segera hadir.

Apakah bengkel rekanan Roojai menjamin suku cadang asli dan garansi perbaikan?

Ya, semua bengkel rekanan Roojai, baik bengkel umum maupun bengkel resmi memberikan jaminan atau garansi penggantian suku cadang asli sesuai dengan jenis dan merek mobil kamu.

Selain itu, bengkel rekanan Roojai juga memberikan garansi perbaikan selama 6 bulan yang berlaku sejak mobil selesai diperbaiki dan diserah terimakan kepada tertanggung. Jadi, misalkan mobilmu mengalami kerusakan setelah melakukan perbaikan di bengkel rekanan Roojai yang diakibatkan oleh kelalaian/kesalahan pengerjaan dan masih dalam masa garansi, maka cukup datangi bengkel rekanan tempat perbaikan mobil sebelumnya dan mobilmu akan diperbaiki ulang tanpa harus mengeluarkan biaya lagi.

Apa yang dimaksud dengan deductible atau own risk pada asuransi Indonesia?

Deductible atau own risk adalah biaya yang dikeluarkan oleh pemilik polis sebelum melakukan klaim asuransi. Biaya standar di Indonesia untuk deductible/own risk adalah sebesar Rp300.000 per kejadian. Di Roojai biaya deductible untuk partial loss adalah Rp300.000 per kejadian sedangkan untuk total loss adalah sebesar 5% dari biaya klaim atau minimal Rp500.000 per kejadian. Terkadang, kamu bisa mengurangi jumlah premi dengan meningkatkan biaya deductible/own risk.

Bagaimana menemukan bengkel mobil terdekat?

Sebagian besar perusahaan asuransi akan memiliki rekanan bengkel mobil untuk memudahkanmu memperbaiki mobil. Saat ini, Roojai memiliki lebih dari 700+ bengkel mobil rekanan yang akan terus bertambah, dengan sekitar setengahnya adalah garasi dealer resmi. Roojai bertujuan untuk membangun bengkel rekanan terlengkap di pulau Jawa, dan kemudian menjadi yang terlengkap di seluruh Indonesia. Jadi untuk yang tinggal di pulau Jawa, akan lebih mudah untuk menemukan bengkel mobil terdekat. Saat memilih manfaat asuransimu, kamu diberikan pilihan mau memperbaiki mobil di bengkel umum atau bengkel dealer resmi yang menjadi rekanan Roojai. Perlu diingat bahwa setiap pilihanmu akan mempengaruhi premi asuransimu.

Untuk saat ini, kamu hanya bisa melakukan perbaikan di bengkel yang termasuk dalam daftar bengkel rekanan Roojai.

Apakah asuransi mobil all risk menjamin tanggung jawab pihak ketiga?

Ya, pertanggungan asuransi komprehensif atau all risk biasanya menyediakan jaminan dari kerugian finansial jika kamu menyebabkan kerugian pada orang lain atau harta benda mereka. Di Roojai, kamu bisa mengatur sendiri pilihan nilai pertanggungan pihak ketiga senilai Rp0 (tidak ditanggung), Rp25 juta, Rp50 juta, dan Rp100 juta untuk mendapatkan premi atau harga asuransi yang kamu mau.

Apakah asuransi mobil di Indonesia menjamin kerugian akibat kebakaran, banjir dan bencana alam?

Kerugian akibat kebakaran biasanya sudah termasuk ke dalam perlindungan utama dari asuransi mobil, sedangkan perlindungan dari banjir dan bencana alam termasuk ke dalam perluasan manfaat. Di Roojai, kamu bisa tambah perlindungan asuransi mobil berupa penggantian kerugian yang terjadi pada mobilmu akibat bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

Apakah asuransi mobil di Indonesia menyediakan pertanggungan untuk pencurian mobil atau pembobolan?

Ya, pencurian dan pembobolan ditanggung oleh asuransi mobil. Misalnya, seseorang mencuri ban serepmu, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk. Perlu diingat bahwa pertanggungan hanya berlaku untuk kerusakan atau kehilangan yang terjadi pada mobilmu saja. Jadi, jika seseorang memecahkan jendela mobilmu dan mencuri laptopmu, maka kerusakan jendela tersebut akan ditanggung oleh asuransi mobil all risk. Untuk kehilangan laptop, kamu memerlukan produk asuransi yang berbeda.

Apakah asuransi mobil di Indonesia menyediakan perlindungan untuk kerusuhan?

Kamu bisa mendapatkan perlindungan untuk kerusuhan jika memilih perluasan tambahan Huru-Hara, Terorisme dan Sabotase.

Apakah asuransi kecelakaan diri atau biaya perawatan cedera akibat kecelakaan mobil termasuk dalam asuransi mobil all risk?

Ya, asuransi mobil di Indonesia juga mencakup asuransi kecelakaan diri atau jaminan kerugian akibat kecelakaan diri maupun biaya pengobatan cedera. Di Roojai, kamu bisa memilih pertanggungan kecelakaan diri senilai: Rp0 (tidak ditanggung), Rp20 juta, Rp40 juta, Rp60 juta, Rp80 juta, atau Rp100 juta per orang. Kami menganggap ini mencakup 1 pengemudi dan 4 penumpang. Artinya, jika kamu memilih pertanggungan senilai 40 juta, maka kami akan menanggung 1 pengemudi + 4 penumpang dengan masing-masing senilai Rp 40 juta.

Bisakah saya membeli asuransi untuk beberapa mobil dalam 1 polis asuransi kendaraan?

Sebagian besar asuransi mobil akan menanggung satu mobil per polis asuransi kendaraan. Untuk beberapa mobil di bawah satu polis, ada yang disebut asuransi armada atau mobil komersial. Roojai Indonesia saat ini menyediakan satu polis asuransi per mobil. Kamu bisa dapatkan penawaran asuransi secara online di Roojai.co.id.

Bagaimana cara beli asuransi mobil?

Ada banyak cara untuk membeli asuransi di Indonesia: melalui agen, langsung ke perusahaan asuransi, atau melalui marketplace online. Di Roojai, kamu bisa dapatkan penawaran asuransi mobil terbaik dengan cara yang mudah. Prosesnya hanya butuh beberapa menit secara online melalui handphone:

  1. Kunjungi Roojai.co.id, klik icon Asuransi Mobil di halaman utama dan jawab pertanyaan-pertanyaan mengenai profilmu dan mobilmu dalam 30 detik. Kamu bisa lakukan ini dengan sangat mudah dan nyaman – kami hanya akan menghubungi jika kamu meminta untuk dihubungi.
  2. Di halaman penawaran, pilih dan atur sendiri manfaat asuransi yang sesuai dengan kebutuhan, budget dan kebiasaanmu menyetir. Detail penawaran asuransi juga bisa dikirimkan ke emailmu untuk pertimbanganmu.
  3. Lakukan pembayaran melalui handphonemu dengan pilih metode pembayaran langsung di website atau kamu bisa dapatkan bantuan dengan klik tombol “Hubungi Saya”. Tim Contact Centre Roojai akan menghubungimu dan membantu proses pembayaran polis asuransi kendaraanmu dan proses selanjutnya hingga polis aktif.
  4. Polis asuransi kendaraan akan diaktifkan setelah inspeksi mobil dilakukan dan disetujui (dilakukan melalui video call untuk kenyamananmu). Detail polis akan tersedia 24/7 di MyAccount pada website Roojai.

Jika kamu membutuhkan bantuan dari tim kami, kamu bisa menghubungi kami di 021 5089 0821.

Apakah saya perlu melakukan inspeksi mobil?

Ya, inspeksi mobil biasanya diperlukan untuk bisa mengaktifkan polis asuransi kendaraanmu. Di Rooja, inspeksi kendaraan bisai dilakukan secara langsung melalui video call. Selama video call, tim kami akan mengambil foto beberapa bagian mobil untuk keperluan dokumentasi. Jika karena beberapa alasan kamu tidak dapat terhubung melalui video call, surveyor kami akan membantumu.

Setelah kamu menyelesaikan proses registrasi dan pembayaran di website, kami akan mengingatkanmu untuk melakukan inspeksi mobil melalui email dan WhatsApp. Kami juga akan menginformasikan apa saja yang harus dipersiapkan saat proses inspeksi mobil, seperti: pastikan mobil diparkir di tempat yang terang dengan ruang yang cukup di sekitarnya sehingga tim inspeksi kami dapat melihat bagian mobil dengan baik. Siapkan juga STNK dan SIM.

Metode pembayaran apa yang tersedia di Roojai?

Roojai menawarkan 3 metode pembayaran yang nyaman untukmu, yaitu:

  • Kartu kredit
  • Virtual account

Kamu juga bisa memilih pembayaran tahunan atau cicilan selama 6 bulan untuk pembayaran premi asuransi yang lebih ringan. Di Roojai, kamu bisa melakukan pembayaran cicilan tidak hanya dengan kartu kredit tapi bisa juga menggunakan virtual account. Untuk selengkapnya kamu bisa cek di halaman Cara membayar Asuransi Mobil.

Apakah Roojai menyediakan pembayaran cicilan untuk asuransi mobil?

Ya, Roojai menyediakan pilihan pembayaran cicilan untuk asuransi mobil dengan 6 kali cicilan menggunakan kartu kredit atau virtual account. Kami hanya memotong kartu kredit sebesar pembayaran bulanan kamu saja.

Bagaimana cara klaim asuransi mobil Roojai?

Perusahaan asuransi akan memiliki proses klaim yang berbeda-beda. Di Roojai, proses klaim bisa dilakukan melalui handphone dan email, dan survei klaim dapat dilakukan dengan menggunakan video call supaya semua prosesnya hemat waktu. Kami juga akan selalu memberikan status update terkait dengan klaim kamu. Untuk ketahui cara klaim di Roojai kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Jika kamu mengalami kecelakaan lalu lintas, segera hubungi kami di hotline klaim kami di 021 5089 0821 atau email kami di mvclaims@roojai.co.id. Kamu perlu melaporkan kecelakaan tidak lebih dari 5 hari kalender setelah kecelakaan terjadi.
  2. Tim klaim kami akan membantumu serta menginstruksikan dokumen mana yang perlu kamu siapkan untuk pengajuan klaim.
  3. Kamu bisa mendokumentasikan kerusakan mobilmu sebagai bukti awal kerusakan/kerugian. Kemudian, kamu perlu melakukan survei mobil bersama tim Roojai melalui video call dengan menghubungi 021 5089 0821. Jika survei mobil melalui video call tidak memungkinkan, tim surveyor mobil Roojai akan datang ke alamatmu untuk pengecekan secara langsung.
  4. Isi formulir klaim dan dokumen tambahan yang diminta Roojai. Kirimkan ke tim klaim agar dapat kami proses sesegera mungkin.
  5. Temukan bengkel mobil terdekat yang merupakan rekanan Roojai, dan kamu bisa membawa mobilmu ke sana untuk diperbaiki.
  6. Pantau terus proses klaimmu dan jangan ragu untuk menghubungi kami untuk meminta update perbaikan mobilmu.
  7. Untuk detail lebih lanjut, kamu bisa cek selengkapnya di halaman Cara Klaim.

Dokumen apa saja yang saya perlu siapkan untuk mengajukan klaim asuransi?

Secara umum, ada beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi saat mengajukan klaim asuransi mobil, seperti:

  1. Mengisi dan menandatangani dokumen klaim.
  2. Fotokopi SIM dan STNK
  3. Laporan polisi tentang kecelakaan
  4. Kronologi kejadian tertulis
  5. Foto atau video kerusakan (jika diminta oleh pihak asuransi)

Namun, pada kejadian/kerugian tertentu akan membutuhkan dokumen-dokumen tambahan.

Bagaimana cara membatalkan polis asuransi saya?

Ada beberapa langkah yang biasanya perlu kamu lakukan untuk membatalkan polis asuransi mobil di Indonesia:

  1. Hubungi perusahaan asuransi mobilmu.
  2. Lengkapi dokumen yang diperlukan
  3. Menandatangani dokumen pembatalan polis

Tetapi di Roojai, kalau kamu ingin membatalkan polis asuransi, cukup hubungi contact center kami, bisa lewat email atau telepon. Polis asuransi bisa dibatalkan setelah tim kami melakukan konfirmasi melalui telepon.

Bagaimana cara mengubah detail polis asuransi saya?

Untuk mengubah informasi polis asuransi di Roojai, kamu perlu menghubungi contact center Roojai dan memberikan detail perubahan yang diperlukan. Tim kami akan membantumu dan mungkin kami akan meminta dokumen tambahan.

Kemana saya bisa menghubungi Roojai?

Untuk mengubah informasi polis asuransi di Roojai, kamu perlu menghubungi contact center Roojai dan memberikan detail perubahan yang diperlukan. Tim kami akan membantumu dan mungkin kami akan meminta dokumen tambahan.

Tips untuk membeli asuransi kendaraan terbaik

Untuk mendapatkan asuransi kendaraan yang tepat dengan harga terbaik, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat akan membeli asuransi mobil komprehensif, yaitu:

  1. Ketahui reputasi perusahaan asuransi
    Sebelum memilih asuransi mobil, kamu perlu mencari tahu dulu kredibilitas atau reputasi dari kandidat asuransi yang akan kamu pilih. Kamu juga bisa bertanya pada kerabat atau keluarga yang sudah memiliki asuransi mobil, asuransi mobil mana yang memberikan pelayanan terbaik dan perusahaan mana yang mendapatkan banyak keluhan.
  2. Cek harga premi dan bandingkan dengan asuransi lainnya
    Setelah mengetahui manfaat apa saja yang kamu inginkan, cari tahu penawaran dari beberapa perusahaan asuransi, dan bandingkan premi serta manfaat yang mereka miliki.
  3. Pastikan jaringan bengkel luas
    Pastikan perusahaan asuransi yang akan kamu pilih memiliki jaringan bengkel yang luas, terpercaya, dan berlisensi. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah menemukan bengkel mobil terdekat saat mobilmu mengalami kerusakan.
  4. Memiliki prosedur klaim yang jelas
    Pilih asuransi mobil yang menawarkan prosedur klaim yang transparan dan jelas, seperti adanya pemberitahuan status klaim secara real-time, atau asuransi yang menyediakan aplikasi di mana kamu bisa memantau proses klaimmu hingga mobil selesai diperbaiki.
  5. Pastikan kamu mempelajari isi dokumen polis asuransi
    Setelah memilih asuransi mobil yang sesuai kebutuhanmu, jangan lupa untuk mempelajari isi dokumen polis dengan teliti. Pastikan semua isi polis sudah sesuai dengan yang kamu sepakati.

Definisi

Layanan darurat (Emergency Roadside Assistance)

Layanan yang menyediakan bantuan darurat apabila mobil tertanggung mengalami mogok atau kecelakaan akibat ban kempes, baterai lemah, kehabisan bahan bakar, atau kunci tertinggal di dalam mobil.

Santunan transportasi / transport allowance

Sejenis tunjangan berupa uang yang diberikan oleh pihak asuransi kepada tertanggung apabila mobilnya diperbaiki di bengkel selama lebih dari 5 hari.

Inspeksi mobil

Prosedur pemeriksaan kendaraan yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan polis asuransi.

Huru-hara

Memberikan penggantian atas kendaraan yang diasuransikan terhadap kerusakan/kehilangan yang diakibatkan oleh kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, dan/atau revolusi makar.

Ulasan-ulasan jujur mengenai pengalaman para pelanggan kami di Roojai.co.id.

100% asli tanpa edit sama sekali, karena diberikan langsung dari para pelanggan ke website Roojai. Didukung oleh feefo.com.

5/5

( 496 ulasan )

Didukung oleh:

”Penjelasannya cukup jelas terkait benefit2 yang akan diterima. Agen juga proaktif memberikan masukan2 dan cukup persuasif untuk mendorong…“ saya mengambil program ini.“

Pelanggan terverifikasi

05 Maret 2024

”Terima Kasih kerja samanya“

Pelanggan terverifikasi

01 Februari 2024

”Excellence Services from Roojai“

Pelanggan terverifikasi

30 Januari 2024

”Terima Kasih atas kerjasamanya“

Pelanggan terverifikasi

30 Januari 2024

”thanks you for your services“

Pelanggan terverifikasi

26 Januari 2024

”Polis ke2 ekonomis“

Pelanggan terverifikasi

25 Januari 2024

”Thks for the service“

Pelanggan terverifikasi

22 Januari 2024

”Thank you for your service“

Pelanggan terverifikasi

22 Januari 2024

”Thank you and good service“

Pelanggan terverifikasi

22 Januari 2024

”Mantap deh, prosesnya simple, gak tunggu lama lama, bisa komunikasi via WhatsApp, via email, jadi kadang kita lupa apa yang mau di tanyakan,…“ tinggal WhatsApp atau email saja, tidak lama sudah ada jawaban, thanks a lot Roojai.“

Pelanggan terverifikasi

16 Januari 2024

”Saya sangat puas, Customer Service quick response.…“ Simple.. Jadi pengen refrensi ke teman teman. Sukses yah buat Roojai. Terima kasih“

Pelanggan terverifikasi

16 Januari 2024

”Pelayanan cepat“

Pelanggan terverifikasi

15 Januari 2024

”Premi murah banget“

Pelanggan terverifikasi

15 Januari 2024

”Thank you for your support and services“

Pelanggan terverifikasi

13 Januari 2024

”Very good services from Roojai“

Pelanggan terverifikasi

13 Januari 2024

”Friendly customer service…“ Good product Fast response“

Pelanggan terverifikasi

11 Januari 2024

”Asuransi kecelakannya ekonomis sekali“

Pelanggan terverifikasi

11 Januari 2024

”Sangat ekonomis“

Pelanggan terverifikasi

11 Januari 2024