Menu

asuransi TLO
Image by rawpixel.com on Freepik

Selamat, kamu adalah satu dari semakin banyak orang melek asuransi. Pada dasarnya, asuransi dimiliki untuk memberikan proteksi finansial dari risiko-risiko yang dapat mengguncang tata keuangan kamu. Contohnya, asuransi kesehatan bermanfaat untuk mencegah terkurasnya isi tabungan ketika kamu atau anggota keluarga jatuh sakit. Sedangkan asuransi kendaraan memberikan manfaat untuk mencegah kerugian finansial akibat terjadinya kerusakan atau kehilangan kendaraan yang kamu miliki. Simak terus informasi dibawah ini untuk memastikan bahwa asuransi TLO adalah proteksi yang memang kamu butuhkan. 

Setelah membeli ataupun leasing mobil, kamu butuh proteksi atas aset bergerak tersebut. Asuransi mobil memberikan jaminan perlindungan finansial dari risiko yang dapat terjadi, seperti kecelakaan, pencurian kendaraan, vandalisme, maupun kerusakan akibat bencana alam. Asuransi kendaraan juga memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan ringan seperti lecet, penyok, hingga rusak total atau parah sekalipun.  

Jika kamu mesti membayar sendiri semua kerugian dan biaya perbaikan kendaraan kamu, bisa-bisa dana darurat dan tabungan kamu habis. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki asuransi mobil. Jika kendaraan kamu mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau hilang karena curanmor (pencurian kendaraan bermotor), perusahaan asuransi akan menanggung semua atau sebagian biaya terkait sesuai dengan polis asuransi yang telah kamu setujui di awal.

Apa itu asuransi mobil?

Menurut Investopedia, asuransi mobil adalah perjanjian antara kamu (Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung), yang mana kamu bersedia atau setuju untuk membayar premi dengan harapan perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan atau kerusakan lain atas kendaraan yang diasuransikan. 

Pada dasarnya, asuransi mobil terbagi menjadi dua, yaitu: 

  • asuransi mobil all risk (atau disebut juga dengan komprehensif) yang menanggung segala jenis kerusakan pada mobil. 
  • asuransi mobil TLO (Total Loss Only) yang menanggung biaya kerusakan total saja.  

Dalam artikel ini, kita akan lebih fokus membahas asuransi mobil total loss only (TLO). Yuk, lanjut baca untuk menambah pemahaman kamu.  

Apa itu asuransi TLO?

Merujuk pada polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia (PSAKBI), Asuransi Total Loss Only atau Asuransi TLO adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.  

Sesuai dengan namanya, jaminan pertanggungan diberikan hanya ketika mobil mengalami kerugian total (total loss). Kendaraan mesti mengalami kerusakan dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil agar mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi. Artinya, kerusakan kecil seperti bemper copot atau lecet karena terserempet tidak ditanggung oleh asuransi jenis TLO.  

Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 15 tahun, baik mobil baru maupun mobil bekas. Pembatasan usia kendaraan ini juga mengacu pada aturan PSAKBI. Alasannya adalah semakin tua usia mobil, semakin jarang spare part (suku cadang) kendaraannya masih tersedia di pasaran. Jika tidak ada spare part yang dibutuhkan, perbaikan kendaraanmu akan mengalami hambatan.

Selain asuransi mobil TLO, ada juga jenis asuransi all risk alias komprehensif? Yuk, pelajari apa itu asuransi mobil all risk.

Manfaat asuransi TLO

Manfaat asuransi TLO adalah memberi proteksi atas kendaraan kamu dari risiko kehilangan selama penyebabnya bukan disengaja dan kerusakan parah yang perkiraan biayanya di atas 75 persen dari nilai mobil.   

Mengutip Cermati.com, kebanyakan pemilik kendaraan memilih untuk membeli mobil baru. Karena keadaan mobil sudah bisa dikatakan tidak dapat digunakan lagi dan hampir semua spare part mesti diganti. Apabila mobil masih dalam tahap cicilan, biaya ganti rugi kerusakan yang diserahkan pihak asuransi dapat dimanfaatkan untuk melunasi sisa cicilan, lalu sisanya untuk pembayaran DP mobil baru. 

Keuntungan memiliki asuransi TLO

Jika kamu memiliki asuransi mobil TLO, kamu memperoleh keuntungan yang tidak kamu peroleh dari jenis asuransi mobil lain. Melansir Cermati.com, beberapa keuntungan yang dapat diterima oleh para pemilik asuransi TLO adalah: 

1. Ada proteksi dari mobil dicuri 

Tidak ada seorang pun ingin mobil kesayangannya dicuri. Namun, kemalangan dapat terjadi kapan saja tanpa memandang siapa pemilik mobilnya. Kamu dapat rileks karena asuransi mobil TLO memberikan uang pertanggungan apabila sewaktu-waktu mobil raib dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.  

Untuk pengajuan klaim hilang, kamu perlu melampirkan bukti-bukti pendukung, seperti rekaman kejadian melalui CCTV. Kamu juga harus membuktikan bahwa tidak adanya unsur kesengajaan dari pemilik mobil.

proteksi asuransi TLO
Image by creativeart on Freepik

2. Pengeluaran untuk perbaikan berkurang 

Biaya perbaikan mobil memang mahal. Isi dompet kamu bisa terkuras dalam waktu singkat, apalagi jika kerusakan mobil kamu sangat parah. Namun, apabila kamu mempunyai asuransi mobil TLO, biaya perbaikan kendaraan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang sudah kamu setujui di awal.  

Maka dari itu, segera asuransikan mobil kamu sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ingat, asuransi bermanfaat sebagai proteksi finansial. Kita memang tidak menghendaki risiko datang. Namun, seperti pepatah, sedia payung sebelum hujan. 

3. Biaya premi asuransi TLO lebih murah 

Premi asuransi mobil TLO yang mesti dibayarkan sekitar 0,8% sampai 1,02% (sesuai PSAKBI). Jauh lebih murah dibandingkan asuransi all risk yang preminya mencapai 2,25% dari harga jual mobil di pasaran. Sebagai contoh, harga mobil Rp150 juta dengan persentase premi asuransi TLO 1%, artinya kamu membayar sebesar Rp150.000 per tahun.  

Bukan jumlah yang terlalu tinggi untuk melindungi mobil kamu, kan? Sedangkan besar biaya yang di-cover oleh pihak asuransi biasanya lebih besar dari premi tahunan. 

4. Memberi rasa lega dan aman saat berkendara 

Melengkapi mobil kamu dengan asuransi pastinya memberikan rasa lega dan nyaman ketika berkendara. Kamu tidak perlu takut sewaktu-waktu kendaraan rusak parah akibat ditabrak oleh pengendara lain. Perusahaan asuransi akan mengganti biayanya sesuai dengan isi polis kamu.  

5. Proteksi finansial semakin kuat 

Dengan asuransi mobil TLO, keuangan kamu dipastikan jauh lebih aman dan terproteksi dengan kuat dibandingkan tanpa memiliki asuransi mobil apa pun. Jika terjadi risiko atas kendaraan kamu, dana darurat dan tabungan kamu tetap aman dan utuh. Kamu dapat menggunakan uang tersebut untuk kebutuhan mendadak lainnya. Kamu pasti lega, kan, saat semua kebutuhan dapat terpenuhi di waktu yang tepat.

Perbedaan asuransi TLO dan asuransi all risk

Asuransi TLO adalah proteksi yang memberikan jaminan pertanggungan untuk kehilangan atau kerusakan kendaraan lebih dari 75% kerugian total. Jika kerusakan mobil kamu sekadar lecet akibat diserempet atau spion patah saat berusaha masuk gang sempit, maka kerusakan-kerusakan kecil seperti itu tidak ditanggung perusahaan asuransi karena kurang dari 75% kerugian total. Premi asuransi TLO lebih murah daripada asuransi all risk.  

Biaya premi asuransi mobil all risk memang lebih besar daripada TLO. Namun, kamu perlu memperhatikan beda proteksi yang diberikan. Jika kamu memiliki asuransi all risk, segala risiko kerusakan, baik kecil maupun besar, ataupun kurang dari 75% kerugian total, kamu tetap dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.  

Selain itu, asuransi TLO hanya memberikan uang ganti rugi atas kerusakan total. Sedangkan asuransi mobil all risk juga menanggung biaya perbaikan di bengkel rekanan untuk kerusakan sebagian. Artinya, kamu tidak perlu khawatir jika ingin melakukan perbaikan atas kerusakan kecil, seperti mobil lecet ketika masuk gang atau penyok karena menabrak trotoar. Biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi TLO

Adapun, dalam memilih produk asuransi, tentunya ada hal-hal spesifik yang harus kamu perhatikan. Hal-hal ini berbeda antara produk asuransi satu dengan yang lainnya, termasuk pada Asuransi TLP. Hal-hal yang biasanya perlu kamu perhatikan dalam memilih Asuransi TLO adalah:  

1. Biaya premi 

Pastikan kamu sudah menyisihkan dana untuk membayar premi asuransi. Pilih asuransi dengan premi yang sesuai dengan kemampuan kantongmu. Premi asuransi mobil TLO dipengaruhi oleh harga mobil, nilai pertanggungan, dan wilayah tempat kamu membeli mobil.  

2. Reputasi perusahaan asuransi 

Kamu dapat mengecek testimoni yang diberikan nasabah perusahaan asuransi melalui internet ataupun dari keluarga, kerabat, dan teman kamu. Kamu dapat melihat juga seberapa banyak bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.  

3. Bandingkan polis dari beberapa perusahaan asuransi 

Kamu dapat membandingkan biaya premi dan isi polis dari beberapa perusahaan asuransi. Dengan demikian, kamu memperoleh yang terbaik dan cocok bagimu.  

4. Lengkapi syarat asuransi mobil 

Setelah memilih asuransi TLO yang cocok untuk kamu, lengkapi syarat dokumennya. Berikut dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran asuransi mobil: 

  • Formulir pendaftaran yang disediakan oleh perusahaan asuransi kendaraan 
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Fotokopi dan asli Surat Izin Mengemudi (SIM) 
  • Untuk Warga Negara Asing wajib menyertakan KITAS atau KITAP 
  • Surat asli NPWP atau SIUP 

5.Pahami cara klaim asuransi 

Perhatikan batas waktu klaim dari saat risiko terjadi. Bacalah semua syarat dan ketentuan yang berlaku pada polis asuransi. Kamu bisa menghubungi kontak center untuk penjelasan lebih mendetail. 

Tahun 2023 akan terjadi resesi, katanya. Bagaimana kalau prediksi para ahli ekonomi jadi kenyataan? Yuk, pelajari apa yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi resesi di tahun 2023.

Nah, kamu sudah tahu apa itu asuransi mobil TLO, manfaat, keuntungan, serta perbedaannya dengan asuransi mobil jenis lainnya. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.

Roojai Indonesia menyediakan pilihan Asuransi Mobil All Risk yang menawarkan perlindungan komprehensif. Jangan tunda lagi untuk melindungi mobil Anda dari risiko di jalan. Segera dapatkan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia, yang menawarkan perlindungan lebih menyeluruh dan fleksibel.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!