rate asuransi ojk | roojai.co.id

Asuransi mobil merupakan salah satu bentuk proteksi finansial yang penting bagi pemilik kendaraan. Di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengatur berbagai aspek terkait industri asuransi, termasuk penentuan rate asuransi untuk kendaraan. Artikel ini akan membahas cara menghitung biaya asuransi mobil jenis all risk (comprehensive) berdasarkan rate asuransi yang ditetapkan oleh OJK. Kami juga akan menyediakan simulasi untuk kasus mobil pribadi.

Konten

  1. Rate Asuransi Mobil OJK Jenis All Risk (Comprehensive)
    1. Cara Menghitung Biaya Asuransi Mobil All Risk Berdasarkan OJK
    2. Rate Asuransi OJK Jenis Total Loss Only (TLO)
      1. Cara Menghitung Biaya Asuransi Mobil TLO Berdasarkan OJK

      Rate Asuransi Mobil OJK Jenis All Risk (Comprehensive)

      Rate asuransi mobil all risk ditentukan berdasarkan berbagai faktor, termasuk jenis kendaraan, usia kendaraan, dan area operasional kendaraan. Berikut adalah rincian rate untuk berbagai jenis kendaraan sesuai dengan pedoman OJK.

      Rate untuk Jenis Kendaraan Nonbus dan Nontruk

      Kendaraan Pribadi dan Mobil Penumpang, rate asuransi biasanya berkisar antara 2,0% hingga 3,5% dari nilai kendaraan. Nilai ini dapat bervariasi tergantung pada usia kendaraan dan risiko geografis lokasi kendaraan beroperasi.

      Rate untuk Jenis Kendaraan Bus, Truk, dan Pick Up

      Kendaraan Komersial (Bus, Truk, dan Pick Up), rate asuransi cenderung lebih tinggi, yaitu sekitar 2,5% hingga 4,5% dari nilai kendaraan. Rate ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti frekuensi penggunaan dan jenis barang yang diangkut.

      Rate untuk Jenis Kendaraan Roda Dua

      Sepeda Motor, meskipun asuransi all risk lebih jarang diterapkan untuk kendaraan roda dua, rate yang ditetapkan berkisar dari 3,0% hingga 5,0% dari nilai sepeda motor, tergantung pada model dan usia kendaraan.

      Cara Menghitung Biaya Asuransi Mobil All Risk Berdasarkan OJK

      Untuk menghitung biaya asuransi mobil all risk, Anda perlu mengetahui nilai pertanggungan (Sum Insured) kendaraan Anda dan rate asuransi yang berlaku. Berikut adalah simulasi penghitungan untuk sebuah mobil pribadi:

      1. Nilai Pertanggungan (Sum Insured): Misalkan nilai pasar mobil Anda adalah Rp200.000.000.

      2. Rate Asuransi: Dari tabel rate OJK kendaraan, misalkan rate asuransi mobil pribadi Anda ditetapkan sebesar 2,5%.

      3. Penghitungan Premi: 

         – Premi Dasar = Nilai Pertanggungan x Rate Asuransi

         – = Rp200.000.000 x 2,5%

         – = Rp5.000.000

      4. Biaya Polis dan Materai: Tambahkan biaya administrasi polis dan materai sesuai dengan ketentuan perusahaan asuransi, misalnya Rp50.000.

      5. Total Biaya Asuransi: 

        Total Biaya Asuransi = Premi Dasar + Biaya Polis dan Materai

        = Rp5.000.000 + Rp50.000

        = Rp5.050.000

      Ini merupakan biaya tahunan untuk asuransi mobil all risk berdasarkan rate OJK untuk kendaraan pribadi dengan nilai pasar Rp200.000.000. Perlu diingat bahwa rate dan biaya tambahan bisa bervariasi tergantung pada perusahaan asuransi, fitur tambahan polis, dan diskon yang mungkin berlaku. Sebaiknya, konsultasikan dengan agen asuransi Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih spesifik dan akurat mengenai premi asuransi mobil Anda.

      Baca juga: Berapa Harga Asuransi Mobil all risk terbaik? Ini jawabannya!

      Rate Asuransi OJK Jenis Total Loss Only (TLO)

      karakter pengusaha sukses

      Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO) menawarkan perlindungan terhadap kerusakan besar atau kehilangan kendaraan, di mana biaya perbaikan atau pemulihan kendaraan diperkirakan melebihi 75% dari nilai kendaraan. Rate untuk asuransi TLO umumnya lebih rendah dibandingkan dengan asuransi all risk karena cakupannya yang lebih terbatas. Berikut adalah detail rate untuk berbagai jenis kendaraan menurut ketentuan OJK.

      Rate untuk Jenis Kendaraan Nonbus dan Nontruk

      Rate untuk Jenis Kendaraan Bus, Truk, dan Pick Up

      Rate untuk Jenis Kendaraan Roda Dua

      Cara Menghitung Biaya Asuransi Mobil TLO Berdasarkan OJK

      Menghitung biaya asuransi TLO memerlukan pemahaman tentang nilai pertanggungan kendaraan dan rate asuransi yang berlaku. Berikut adalah contoh penghitungan untuk asuransi TLO sebuah mobil pribadi:

      1. Nilai Pertanggungan (Sum Insured): Anggaplah nilai pasar mobil Anda adalah Rp200.000.000.
      2. Rate Asuransi: Untuk simulasi ini, asumsikan rate asuransi TLO mobil pribadi Anda adalah 1,25%.
      3. Penghitungan Premi:
      1. Biaya Polis dan Materai: Termasuk biaya administrasi polis dan materai yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi, misalnya Rp50.000.
      2. Total Biaya Asuransi:

      Perhitungan ini menunjukkan biaya tahunan untuk asuransi TLO berdasarkan rate kendaraan OJK untuk kendaraan pribadi dengan nilai pasar Rp200.000.000. Seperti halnya dengan asuransi all risk, rate dan biaya tambahan mungkin berbeda-beda tergantung pada perusahaan asuransi, opsi polis tambahan, dan diskon yang tersedia. Untuk informasi lebih akurat dan detail terkait premi asuransi TLO untuk kendaraan Anda, disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan agen asuransi Anda.

      Image: freepik.com

      Heru Panatas

      Ditulis oleh

      Heru Panatas

      Motor Vehicle Claim Manager

      Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!