5/5

( 458 ulasan )

Didukung oleh:

Apa itu penyakit kritis?

Penyakit kritis adalah kondisi medis serius yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan dan kehidupan seseorang. Biasanya, penyakit kritis melibatkan gangguan pada organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal, otak, atau organ lainnya. Penyakit ini mengakibatkan dampak serius pada kemampuan seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Penderita penyakit kritis memerlukan pengobatan medis intens, sehingga pengobatan dan pemulihannya bisa memakan waktu yang lama dan juga biaya yang mahal.

Apa yang dimaksud dengan asuransi penyakit kritis?

Asuransi penyakit kritis adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap berbagai jenis penyakit kritis termasuk penyakit kanker, serangan jantung, stroke jantung, dan penyakit lainnya yang termasuk di dalam polis asuransi. Jika kamu terdiagnosis dengan salah satu penyakit kritis selama masa aktif polis, maka perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah uang pertanggungan. Uang ini dapat digunakan untuk biaya pengobatan medis, mengganti penghasilan yang hilang, atau pengeluaran lainnya yang muncul akibat penyakit kritis.

Apa perbedaan asuransi penyakit kritis dengan asuransi kesehatan?

Asuransi penyakit kritis dan asuransi kesehatan adalah dua jenis asuransi yang dapat memberikan perlindungan finansial ketika kamu mengalami risiko medis. Mesikipun begitu, terdapat tiga hal yang membedakan antara kedua jenis asuransi ini, yaitu:

  1. Cakupan Perlindungan
    Pada umumnya, asuransi kesehatan menjamin semua jenis penyakit, baik penyakit ringan dan berat, termasuk beberapa jenis penyakit kritis. Namun, jumlah pertanggungannya tidak sebesar asuransi penyakit kritis.
    Di sisi lain. asuransi penyakit kritis menawarkan perlindungan berupa uang pertanggungan yang nilainya cukup besar yang akan dibayarkan sekaligus untuk membantu pengeluaranmu termasuk mengganti penghasilan yang hilang. Asuransi penyakit kritis bisa memberikanmu ketenangan berupa bantuan finansial yang bisa digunakan sebagai biaya pengobatan apabila didiagnosa penyakit kritis yang termasuk dalam polis asuransi.
  2. Pemenuhan Klaim
    Pada asuransi kesehatan, perusahaan asuransi dapat membayarkan langsung biaya perawatan ke penyedia layanan kesehatan atau kamu bisa mengajukan reimbursement biaya pengobatan. Kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan untuk sakit ringan contohnya menanggung biaya pengobatan saat kamu ke dokter karena demam.
    Untuk klaim asuransi penyakit kritis menyediakan pembayaran uang pertanggungan yang akan diberikan jika kamu terdiagnosis salah satu penyakit kritis yang ditanggung di dalam polis. Setelah klaim disetujui, pemegang polis akan menerima uang pertanggungan bernilai besar yang akan dibayarkan langsung dari perusahaan asuransi.
  3. Tujuan Perlindungan
    Asuransi kesehatan biasa bertujuan untuk memberikan perlindungan secara umum terhadap biaya medis dan kesehatan sehari-hari seperti kunjungan dokter, biaya rawat inap, dan obat-obatan. Kamu bisa menggunakannya jika kamu mulai merasa sakit. Sementara itu, asuransi penyakit kritis memiliki fokus khusus pada perlindungan beban finansial akibat penyakit kritis. Jika kamu didiagnosis dengan penyakit kritis yang termasuk dalam polis seperti kanker, penyakit jantung, atau stroke, asuransi ini akan memberikan proteksi finansial ekstra yang bisa digunakan untuk menanggung biaya pengobatan dan pengeluaran lainnya. Asuransi penyakit kritis sangat penting bagi orang yang sudah berkeluarga, karena dapat memastikan bahwa orang tercinta selalu terlindungi secara finansial.

Kenapa perlu memiliki asuransi penyakit kritis?

Sebagai penyedia asuransi terbaik untuk penyakit kritis, Roojai menawarkan perlindungan finansial dari risiko pengeluaran tak terduga yang dapat menimpa diri sendiri atau keluarga tercinta jika terdiagnosis penyakit serius.

Berikut ini adalah empat manfaat asuransi penyakit kritis yang perlu kamu pertimbangkan, yaitu:

  1. Menjamin perlindungan finansial: Memiliki asuransi penyakit kritis memberikan perlindungan finansial yang dapat diandalkan ketika menghadapi penyakit kritis seperti kanker, serangan jantung, stroke, dan penyakit kritis lainnya. Kamu jadi tidak perlu khawatir tentang biaya pengobatan yang tinggi karena asuransi ini akan memberikan pembayaran tunai yang dapat digunakan untuk pengeluaran biaya medis, obat-obatan, dan perawatan khusus yang diperlukan selama masa pemulihan. Misalnya tertanggung mengalami penyakit arteri koroner dan memenuhi kriteria dalam polis asuransi penyakit kritis, maka uang pertanggungan dapat digunakan untuk tindakan angioplasti yang membuka arteri koroner (jantung) yang mengalami penyumbatan dan penyempitan.
  2. Sebagai asuransi pelengkap: Meskipun kamu sudah memiliki asuransi kesehatan atau BPJS kesehatan, asuransi penyakit kritis tetap bisa jadi asuransi pelengkapmu. Itu karena jika kamu didiagnosa penyakit kanker, penyakit kardiovaskular, penyakit neurologis atau saraf dan gagal ginjal, kamu tetap bisa mengajukan klaim dan mendapatkan pertanggungan asuransi berupa uang pertanggungan meskipun biaya perawatanmu sudah ditanggung asuransi lain. Itu artinya, kamu jadi bisa lebih fokus untuk kesembuhanmu tanpa harus memikirkan biaya tak terduga lainnya.
  3. Mudah diperoleh dan terjangkau: Asuransi penyakit kritis termasuk salah satu asuransi di Indonesia yang mudah diperoleh dan terjangkau. Ditambah lagi sekarang Roojai Indonesia menawarkan asuransi penyakit kritis terbaik yang bisa didapatkan secara online. Kamu bisa memilih paket asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga budgetmu.
  4. Memberikan ketenangan pikiran: Beberapa metode baru dalam dunia medis biasanya belum ditanggung oleh asuransi kesehatan pada umumnya. Dengan memiliki asuransi penyakit kritis, kamu bisa bebas khawatir dari biaya perawatan yang tidak ditanggung oleh asuransi kesehatan umum.

Apa jenis penyakit kritis yang dijamin oleh asuransi penyakit kritis?

Asuransi penyakit kritis Roojai menanggung total 103 jenis penyakit yang termasuk di dalam 5 kategori di bawah ini:

  1. Kanker: Menjamin 79 jenis penyakit kanker. Kami menanggung semua jenis kanker invasif (kanker yang berkembang di jaringan organ sekitarnya) seperti karsinoma, sarkoma, leukemia, limfoma, otak, dan tulang belakang, serta jenis kanker lainnya seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker kulit, kanker kandung kemih, dan masih banyak lagi.
  2. Penyakit saraf: Menjamin 11 jenis kondisi penyakit syaraf, yaitu koma akibat penyakit atau kecelakaan, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, kelumpuhan yang disebabkan oleh penyakit Alzheimer atau Parkinson, koma vegetatif (sindrom apalik), bedah mikro klipping aneurisma, bypass arteri dan oklusi/pengalihan aliran dengan stent, dan endovascular coiling.
  3. Penyakit Jantung: Menjamin 5 kondisi dan beragam kasus kardiovaskula, yaitu operasi bypass jantung, serangan jantung, stroke iskemik, stroke hemoragik, dan penyakit jantung koroner.
  4. Gagal ginjal kronis: Menjamin 3 kondisi penyakit ginjal kronis, yaitu gagal ginjal stadium akhir, transplantasi ginjal, dan dialisis ginjal/cuci darah.
  5. Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk: Menjamin 5 jenis penyakit akibat gigitan nyamuk, yaitu malaria, demam berdarah, chikungunya, zika, dan demam kuning.

Roojai memberikan kamu uang pertanggungan mulai dari Rp100 juta hingga Rp1 miliar rupiah untuk kategori proteksi 1 hingga 4, dan biaya pengobatan dengan sistem cashless untuk kategori 5. Kamu bisa lihat informasi lebih lengkap di syarat dan ketentuan asuransi penyakit kritis.

Apa saja yang termasuk dalam pengecualian asuransi penyakit kritis Roojai?

Pengecualian umum yang termasuk ke dalam asuransi penyakit kritis Roojai dapat ditemukan di dalam polis asuransi. Pengecualian umum asuransi penyakit kritis di antaranya adalah:

  1. Kondisi yang sudah ada sebelumnya - kamu pernah didiagnosis dengan konsisi atau penyakit tertentu sebelum memiliki polis asuransi penyakit kritis.
  2. Kondisi penyakit bawaan sejak lahir.
  3. Pengobatan, penyakit kronis, atau komplikasi akibat operasi plastik atau rekonstruktif.
  4. Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) yang disebabkan oleh infeksi human immunodeficiency virus (HIV) termasuk infeksi mikroorganisme oportunistik, neoplasma ganas, infeksi, atau penyakit apa pun yang hasil tes darahnya dinyatakan positif HIV.
  5. Penyalahgunaan atau konsekuensi dari penyalahgunaan minuman keras atau zat halusinogen seperti obat-obatan dan alkohol, termasuk penghentian merokok dan pengobatan kecanduan nikotin atau penyalahgunaan zat lain atau layanan, atau persediaan.

Informasi lebih lengkap mengenai pengecualian asuransi penyakit kritis dapat kamu temukan di syarat dan ketentuan.

Kenapa harus membeli asuransi penyakit kritis dari Roojai?

  • Cakupan manfaat yang lengkap
    Roojai menanggung 100+ jenis penyakit kritis yang termasuk di dalam 5 kategori: kanker, penyakit saraf, penyakit jantung, gagal ginjal, dan penyakit akibat gigitan nyamuk.
  • Pengecualian lebih sedikit
    Roojai memiliki pengecualian yang lebih sedikit dibandingkan perusahaan asuransi lain. Daftar pengecualian kami hanya pada kanker “potensial” (seperti tumor borderline atau pra-ganas dan kanker non-invasif), dan kanker akibat HIV. Untuk pengecualian penyakit saraf diantaranya adalah gangguan neurologi yang disebabkan oleh alkohol, penyalahgunaan obat-obatan, atau gangguan psikologis.
  • Menjamin kanker dari stadium awal
    Jika kamu didiagnosis kanker stadium awal (T1 & T2), maka kamu akan menerima pembayaran 25% dari uang pertanggungan. Jika kemudian kanker tersebut berkembang menjadi stadium akhir (T3 & T4), maka kamu akan menerima sisa uang pertanggungan (75%). Jika kamu sudah menderita kanker stadium akhir (T3 dan di atasnya) pada saat diagnosis, kami akan langsung membayar uang pertanggungan 100%.
  • Pertanggungan bisa diatur sendiri
    Roojai memungkinkanmu untuk mengatur sendiri pertanggungan asuransi penyakit kritis yang sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu bisa memilih perlindungan 1 hingga 5 kategori penyakit kritis dan tentukan pertanggungan dari masing-masing kategori.
  • Uang pertanggungan yang besar
    Roojai menawarkan beragam nilai uang pertanggungan mulai dari Rp100 juta hingga Rp1 miliar, yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansialmu.
  • Pembayaran lebih ringan dengan cicilan
    Premi asuransi penyakit kritis bisa dibayar dengan cicilan 12x dengan harga premi mulai dari Rp50 ribu per bulan.
  • Pertanggungan cashless untuk penyakit akibat gigitan nyamuk
    Kamu jadi tidak harus membayar biaya pengobatan terlebih dahulu baru mengajukan reimburs, tapi semua tagihan pengobatan penyakit akibat gigitan nyamuk akan langsung dibayarkan oleh Roojai secara cashless langsung ke rumah sakit.
  • Memiliki 2.000 jaringan rumah sakit rekanan
    Gak perlu pusing cari rumah sakit rekanan terdekat, karena Roojai memiliki jaringan rumah sakit yang luas, memungkinkanmu mendapatkan perawatan terbaik dan juga proses klaim yang mudah.
  • Proses klaim yang mudah
    Kamu hanya perlu mengajukan klaim melalui telepon atau email ke tim klaim Roojai. Dokumen yang diperlukan pun hanya perlu dikirimkan melalui email, sehingga proses klaim menjadi sangat sederhana, cepat dan paperless.
  • Nilai kepuasan pelanggan 4,9/5
    Roojai telah dipercaya oleh 300+ customer dan meraih banyak feedback positif karena telah memberikan pelayanan terbaik.

Bagaimana cara membeli asuransi penyakit kritis secara online di Roojai?

Gak perlu ribet! Untuk membeli produk asuransi penyakit kritis secara online bisa kamu lakukan dengan mudah di Roojai. Cukup ikuti lima langkah mudah di bawah ini dan kamu bisa dapatkan asuransi penyakit kritis hanya dalam 5 menit.

  1. Kunjungi website Roojai dan klik icon produk asuransi penyakit kritis.
  2. Kemudian jawab beberapa pertanyaan mengenai usia, kondisi kesehatan, riwayat medis dan gaya hidup kamu.
  3. Kemudian,atur sendiri proteksi yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu.
  4. Klik “Lindungi dirimu sekarang!”, kemudian lengkapi alamat email dan nomor teleponmu. Jika kamu ingin melihat penawaran terlebih dahulu, kamu bisa memilih detail penawaran untuk dikirimkan ke emailmu.
  5. Kamu bisa pilih satu kali pembayaran (pembayaran tahunan) ataupun cicilan melalui website menggunakan kartu kredit atau virtual account. Jika kamu membutuhkan bantuan untuk pembayaran, Roojai akan senang membantu.
  6. Jika kamu diminta untuk memberikan bukti penghasilan, tim kami akan menghubungimu dan membantumu untuk melakukan prosesnya. Jika bukti penghasilanmu disetujui, tim kami akan mengirimkan konfirmasi bahwa polismu akan segera diaktifkan.
  7. Polis asuransi yang sudah diaktifkan dapat diakses melalui MyAccount jika kamu memilih e-polis. Jika kamu memilih hardcopy, maka dokumen polis akan dikirimkan ke alamatmu maks. 10 hari kerja.

Berapa harga premi asuransi penyakit kritis?

Harga asuransi penyakit kritis sangat beragam tergantung dengan ketentuan perusahaan asuransi. Di Roojai kamu bisa mendapatkan asuransi penyakit kritis dengan premi yang terjangkau, yaitu mulai dari Rp50.000 per bulan.

Bagaimana cara pembayaran premi asuransi penyakit kritis di Roojai?

Roojai menawarkan 2 metode pembayaran yang nyaman untukmu, yaitu:

  • Kartu kredit
  • Virtual account

Kamu juga bisa memilih pembayaran tahunan atau cicilan selama 12 bulan untuk pembayaran premi asuransi yang lebih ringan dengan kartu kredit atau virutal account. Untuk selengkapnya kamu bisa cek di halaman Cara Membayar Asuransi.

Bagaimana cara klaim asuransi penyakit kritis di Roojai?

  1. Saat kamu merasa tidak sehat dan memiliki gejala suatu penyakit, segera lakukan pemeriksaan ke dokter di rumah sakit terdekat.
  2. Konsultasikan keluhanmu dengan dokter. Setelah mendapatkan diagnosa medis bahwa kamu mengidap penyakit kritis dari dokter, segera download formulir klaim yang bisa ditemukan di website Roojai.
  3. Lengkapi formulir klaim beserta dokumen yang diperlukan ke email kami di medicalclaims@roojai.co.id atau hubungi 021 5089 0822 jika membutuhkan bantuan.
  4. Setelah pengajuan klaim asuransi penyakit kritis diterima, selanjutnya tim klaim Roojai akan menginformasikan status pengajuan klaimmu diterima atau ditolak melalui email.
  5. Jika pengajuan klaim diterima, proses pembayaran uang pertanggungan akan dilakukan dalam 30 hari kerja setelah semua dokumen lengkap diterima dan jika tidak dilakukan penelusuran medis lanjutan.

Bagaimana cara klaim asuransi demam berdarah?

  1. Lakukan pemeriksaan di rumah sakit rekanan yang terdaftar pada website Roojai saat kamu merasa tidak sehat dan memiliki gejala penyakit akibat gigitan nyamuk.
  2. Kamu bisa daftarkan diri di rumah sakit rekanan hanya dengan menunjukkan KTP dan Care Card Roojai untuk mendapatkan perawatan penyakit kritis akibat gigitan nyamuk.
  3. Setelah mendapatkan diagnosa medis dari dokter bahwa kamu mengidap penyakit demam berdarah, cukup tandatangani dokumen yang diperlukan, dapatkan perawatan dan biaya perawatan medis akan dibayarkan oleh Roojai secara cashless langsung ke rumah sakit.

Apakah asuransi penyakit kritis memiliki masa tunggu?

Masa tunggu asuransi penyakit kritis dapat bervariasi tergantung pada penyakit yang ditanggung. Misalnya, masa tunggu kanker, gangguan saraf, penyakit kardiovaskular, dan gagal ginjal kronis adalah 90 hari. Namun, masa tunggu penyakit yang dibawa oleh nyamuk hanya 30 hari, karena penyakit ini bersifat mendadak dibandingkan penyakit lainnya.

Apakah asuransi penyakit kritis memiliki survival period?

Asuransi penyakit kritis biasanya memiliki survival period atau jangka waktu bertahan hidup yang harus dilalui seseorang sebelum bisa mengajukan klaim asuransi. Untuk asuransi penyakit kritis di Roojai tidak memiliki survival period yang artinya uang pertanggungan dapat segera dibayarkan kepada tertanggung maksimal 30 hari kerja dengan catatan jika tidak dilakukan verifikasi medis lebih lanjut.

Kenapa saya perlu memiliki asuransi penyakit kritis?

Jika kamu mengkhawatirkan biaya pengobatan yang tinggi di Indonesia, maka asuransi penyakit kritis bisa jadi solusi untuk melindungi keuanganmu. Seperti yang kita ketahui, jumlah pengidap penyakit kritis di Indonesia terus meningkat karena beberapa faktor risiko, termasuk usia dan kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok dan obesitas.

Kanker – Kanker adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi di Indonesia dan memiliki biaya pengobatan paling tinggi kedua di Indonesia. Berdasarkan penelitian WHO di tahun 2020, ditemukan 397.000 kasus kanker di Indonesia, meningkat 13,8% dari 2018 dengan di antaranya terdapat kasus dua jenis kanker terbanyak, yaitu kanker payudara dan leher rahim.miliki biaya pengobatan paling tinggi kedua di Indonesia dengan biaya yang mencapai mulai dari Rp20 juta hingga Rp1 miliar, tergantung jenis kasus dan kelas perawatan.

Penyakit Saraf - Berdasarkan data dari Statista menunjukkan bahwa pada tahun 2020 adalah sebanyak 460.000 orang penduduk di Indonesia menderita penyakit Alzheimer dan diprediksi akan meningkat menjadi 518.000 orang di tahun 2024. Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurologis progresif yang memerlukan pengobatan berkelanjutan dan terapi rehabilitasi jangka panjang.

Penyakit Jantung - Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi di Indonesia. Menurut penelitian Makerere University School of Public Health tahun 2018, penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian di Indonesia, menyumbang sekitar sepertiga dari seluruh kematian. Bahkan penyakit jantung ini menjadi beban biaya terbesar. Berdasarkan data BPJS Kesehatan pada 2021 pembiayaan kesehatan terbesar ada pada penyakit jantung, yaitu Rp7,7 triliun.

Gagal Ginjal - Angka kejadian gagal ginjal kronis di Indonesia berdasarkan data dari Osong Public Health Res Perspect pada tahun 2018 yaitu sebesar 0,38% dari jumlah penduduk Indonesia sebesar 252.124.458 jiwa, yaitu lebih dari 713.000 jiwa. Penyakit serius ini mengharuskan penderitanya untuk cuci darah dua minggu sekali sambil menunggu transplantasi, dan kedua prosedur tersebut termasuk pengobatan yang paling mahal di Indonesia.

Penyakit yang Ditularkan Nyamuk - Berdasarkan Healthsains, pada tahun 2019, terdapat lebih dari 600.000 kasus penyakit malaria di Indonesia yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Penyakit ini biasanya memerlukan rawat inap 4 hingga 10 hari, dan memerlukan biaya hingga puluhan juta rupiah, tergantung tingkat keparahan dan kelas kamar rawat inap yang dipilih.

Bagaimana cara membatalkan polis asuransi penyakit kritis?

Di Roojai, cara membatalkan asuransi penyakit kritis adalah cukup hubungi contact center kami melalui email atau telepon. Polis asuransi bisa dibatalkan setelah tim kami melakukan konfirmasi melalui telepon.

Tips membeli asuransi penyakit kritis

Jika kamu sedang mencari asuransi penyakit kritis di Indonesia, ada beberapa tips yang bisa membantu kamu untuk memilih yang terbaik.

  1. Cari perusahaan asuransi yang kredibel dan terpercaya: Pilihlah perusahaan yang memiliki jejak rekam yang baik dalam membantu nasabahnya. Kamu bisa melakukan riset online, membaca ulasan dari pelanggan sebelumnya, atau berkonsultasi dengan teman dan keluarga yang telah memiliki pengalaman dengan perusahaan asuransi tertentu.
  2. Pahami manfaat yang ditawarkan: Sebelum membeli, pastikan kamu memahami dengan jelas manfaat yang ditawarkan. seperti biaya perawatan medis, uang pertanggungan, atau mungkin manfaat tambahan lainnya yang ada di dalam polis.
  3. Sesuaikan manfaat sesuai kebutuhan: Pastikan uang pertanggungan yang kamu pilih sesuai dengan penghasilanmu, kondisi kesehatan, dan faktor risiko kesehatan.
  4. Pastikan premi terjangkau: Saat membayar premi, baik secara cicilan atau tahunan, pastikan harga premi tidak mengganggu keuanganmu agar kamu dapat membayar premi tepat waktu.

Definisi

Angioplasti

Tindakan medis yang dipakai untuk membuka arteri koroner (jantung) yang mengalami penyumbatan dan penyempitan.

Survival period

Jangka waktu seseorang bertahan hidup setelah didiagnosis kondisi penyakit kritis yang ditanggung oleh asuransi penyakit kritis.

Masa tunggu

Masa tunggu yang wajib dilalui oleh pemegang polis/tertanggung sebelum dapat mengajukan klaim.

Ulasan-ulasan jujur mengenai pengalaman para pelanggan kami di Roojai.co.id.

100% asli tanpa edit sama sekali, karena diberikan langsung dari para pelanggan ke website Roojai. Didukung oleh feefo.com.

5/5

( 458 ulasan )

Didukung oleh:

Lagi mencari-cari asuransi kecelakaan kerja yang bisa dipesan melalui online, dan sepertinya ini yang saya temukan yang benar-benar interaktif dan mudah sekali. Mengesankan sih.

PURBA KUNCARANINGRAT HADI PUTRA

13 Mei 2024

Proses Pendaftaran cepat

Pelanggan terverifikasi

11 Mei 2024

Penjelasannya cukup jelas terkait benefit2 yang akan diterima. Agen juga proaktif memberikan masukan2 dan cukup persuasif untuk mendorong saya mengambil program ini.

ADRYN STEPHANIE HUTABARAT

05 Maret 2024

Terima Kasih kerja samanya

NI KOMANG BUDIASIH

01 Februari 2024

TERIMA KASIH KERJA SAMANYA

RYAN HIDAYAT

31 Januari 2024

Excellence Services from Roojai

SANG PUTU AGUS PURNAMA JAYA

30 Januari 2024

Terima Kasih atas kerjasamanya

I PUTU DISKI PRATAMA

30 Januari 2024

Thank you for your good services

I KADEK RESA GUNA

29 Januari 2024