Asuransi TLO | roojai.co.id

Pada dasarnya, asuransi dimiliki untuk memberikan proteksi finansial dari risiko-risiko yang dapat mengguncang tata keuangan kamu. Sebelum membahas asuransi TLO, keuntungan, dan perbedaannya dengan All Risk, ketahui dahulu apa itu asuransi mobil.

Konten

  1. Apa itu asuransi mobil?
  2. Apa itu asuransi TLO?
  3. Manfaat asuransi TLO
  4. Keuntungan memiliki asuransi TLO
    1. Perbedaan asuransi TLO dan asuransi all risk
    2. Yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi TLO

      Apa itu asuransi mobil?

      Menurut Investopedia, asuransi mobil adalah perjanjian antara kamu (Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung), yang mana kamu bersedia atau setuju untuk membayar premi dengan harapan perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan atau kerusakan lain atas kendaraan yang diasuransikan. 

      Jika kamu mesti membayar sendiri semua kerugian dan biaya perbaikan kendaraan, bisa-bisa dana darurat dan tabungan kamu habis. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki asuransi mobil.

      Pada dasarnya, asuransi mobil terbagi menjadi dua, yaitu: 

      Dalam artikel ini, kita akan lebih fokus membahas asuransi mobil total loss only (TLO). Yuk, lanjut baca untuk menambah pemahaman kamu.  

      Apa itu asuransi TLO?

      Merujuk pada polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia (PSAKBI), Asuransi Total Loss Only atau Asuransi TLO adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya.  

      Sesuai dengan namanya, jaminan pertanggungan diberikan hanya ketika mobil mengalami kerugian total (total loss). Kendaraan mesti mengalami kerusakan dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil agar mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi. Artinya, kerusakan kecil seperti bemper copot atau lecet karena terserempet tidak ditanggung oleh asuransi jenis TLO.  

      Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 15 tahun, baik mobil baru maupun mobil bekas. Pembatasan usia kendaraan ini juga mengacu pada aturan PSAKBI. Alasannya adalah semakin tua usia mobil, semakin jarang spare part (suku cadang) kendaraannya masih tersedia di pasaran. Jika tidak ada spare part yang dibutuhkan, perbaikan kendaraanmu akan mengalami hambatan.

      Simak juga, Rekomendasi Asuransi Kendaraan Terbaik yang Pas Buat Kamu

      Manfaat asuransi TLO

      Manfaat asuransi TLO adalah memberi proteksi atas kendaraan kamu dari risiko kehilangan selama penyebabnya bukan disengaja dan kerusakan parah yang perkiraan biayanya di atas 75 persen dari nilai mobil.   

      Kebanyakan pemilik kendaraan memilih untuk membeli mobil baru. Karena keadaan mobil sudah bisa dikatakan tidak dapat digunakan lagi dan hampir semua spare part mesti diganti.

      Apabila mobil masih dalam tahap cicilan, biaya ganti rugi kerusakan yang diserahkan pihak asuransi dapat dimanfaatkan untuk melunasi sisa cicilan, lalu sisanya untuk pembayaran DP mobil baru. 

      Keuntungan memiliki asuransi TLO

      Jika kamu memiliki asuransi mobil TLO, kamu memperoleh keuntungan yang tidak kamu peroleh dari jenis asuransi mobil lain. Beberapa keuntungan yang dapat diterima oleh para pemilik asuransi TLO adalah: 

      1. Perlindungan terhadap pencurian mobil

      Tidak seorang pun mengharapkan mobil yang mereka cintai dicuri. Namun, nasib buruk bisa menimpa siapa saja, kapan saja. Dengan asuransi mobil TLO, kamu bisa tenang karena akan ada kompensasi finansial jika mobil kamu hilang dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

      Dalam proses klaim kehilangan, kamu harus menyertakan bukti pendukung seperti rekaman CCTV. Selain itu, kamu juga perlu membuktikan bahwa pencurian tersebut tidak melibatkan unsur kesengajaan dari pihak pemilik.

      2. Pengurangan Biaya Perbaikan

      Biaya perbaikan mobil bisa sangat mahal dan menguras isi dompet dengan cepat, terutama jika kerusakan mobil serius. Namun, dengan asuransi mobil Total Loss Only (TLO), biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang telah disepakati sebelumnya.

      Oleh karena itu, asuransikan mobil Anda segera untuk menghindari kejadian tak terduga. Asuransi sangat berguna sebagai perlindungan finansial. Kita mungkin tidak ingin risiko itu terjadi, tetapi seperti kata pepatah, lebih baik sedia payung sebelum hujan.

      3. Biaya premi asuransi TLO lebih terjangkau

      Premi asuransi mobil TLO yang harus dibayar berkisar antara 0,8% hingga 1,02% (sesuai dengan PSAKBI), yang mana jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan asuransi all risk yang premi bisa mencapai 2,25% dari nilai jual mobil di pasaran. Misalnya, untuk mobil seharga Rp150 juta dengan tarif premi TLO sebesar 1%, kamu hanya perlu membayar Rp1.500.000 per tahun.

      Ini bukanlah jumlah yang besar untuk perlindungan mobil Anda, bukan? Apalagi mengingat bahwa jumlah klaim yang biasanya ditanggung oleh asuransi seringkali melebihi premi tahunan.

      4. Memberi rasa lega dan aman saat berkendara 

      Melengkapi mobil kamu dengan asuransi pastinya memberikan rasa lega dan nyaman ketika berkendara. Kamu tidak perlu takut sewaktu-waktu kendaraan rusak parah akibat ditabrak oleh pengendara lain. Perusahaan asuransi akan mengganti biayanya sesuai dengan isi polis kamu.

      5. Perlindungan Finansial

      Dengan asuransi mobil Total Loss Only (TLO), keuangan Anda akan lebih terjamin dan terlindungi daripada tanpa asuransi sama sekali. Apabila terjadi risiko yang menimpa kendaraan Anda, dana darurat dan tabungan tidak akan terganggu. Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk keperluan mendesak lainnya. Pastinya, Anda akan merasa lega ketika semua kebutuhan terpenuhi tepat pada waktunya.

      Perbedaan asuransi TLO dan asuransi all risk

      Selain asuransi mobil TLO, ada juga jenis asuransi mobil komprehensif atau all risk. Yuk, pelajari perbedaan asuransi all risk dan TLO.

      Asuransi TLO memberikan jaminan pertanggungan untuk kehilangan atau kerusakan kendaraan lebih dari 75% kerugian total. Jika kerusakan mobil kamu sekadar lecet akibat diserempet atau spion patah saat berusaha masuk gang sempit, maka kerusakan-kerusakan kecil seperti itu tidak ditanggung perusahaan asuransi karena kurang dari 75% kerugian total.

      Sedangkan asuransi mobil All Risk memberikan perlindungan secara komprehensif atau menyeluruh terhadap kerusakan mobil. Sehingga kerusakan sebagian atau kecil sekalipun akan tetap ditanggung.

      Premi asuransi TLO lebih murah daripada asuransi all risk. Namun, kamu perlu memperhatikan beda proteksi yang diberikan. Jika kamu memiliki asuransi all risk, segala risiko kerusakan, baik kecil maupun besar, ataupun kurang dari 75% kerugian total, kamu tetap dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.  

      Selain itu, asuransi TLO hanya memberikan uang ganti rugi atas kerusakan total. Sedangkan asuransi mobil all risk juga menanggung biaya perbaikan di bengkel rekanan untuk kerusakan sebagian. Artinya, kamu tidak perlu khawatir jika ingin melakukan perbaikan atas kerusakan kecil, seperti mobil lecet ketika masuk gang atau penyok karena menabrak trotoar. Biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

      Yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi TLO

      Adapun, dalam memilih produk asuransi, tentunya ada hal-hal spesifik yang harus kamu perhatikan. Hal-hal ini berbeda antara produk asuransi satu dengan yang lainnya, termasuk pada Asuransi TLP. Hal-hal yang biasanya perlu kamu perhatikan dalam memilih Asuransi TLO adalah:  

      1. Biaya premi 

      Pastikan kamu sudah menyisihkan dana untuk membayar premi asuransi. Pilih asuransi dengan premi yang sesuai dengan kemampuan kantongmu. Premi asuransi mobil TLO dipengaruhi oleh harga mobil, nilai pertanggungan, dan wilayah tempat kamu membeli mobil. 

      Baca juga: Cara Menghitung Asuransi Mobil Berdasarkan Rate Asuransi OJK

      2. Reputasi perusahaan asuransi 

      Kamu dapat mengecek testimoni yang diberikan nasabah perusahaan asuransi melalui internet ataupun dari keluarga, kerabat, dan teman kamu. Kamu dapat melihat juga seberapa banyak bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.  

      3. Bandingkan polis dari beberapa perusahaan asuransi 

      Kamu dapat membandingkan biaya premi dan isi polis dari beberapa perusahaan asuransi. Dengan demikian, kamu memperoleh yang terbaik dan cocok bagimu.  

      4. Lengkapi syarat asuransi mobil 

      Setelah memilih asuransi TLO yang cocok untuk kamu, lengkapi syarat dokumennya. Berikut dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran asuransi mobil: 

      5.Pahami cara klaim asuransi 

      Perhatikan batas waktu klaim dari saat risiko terjadi. Bacalah semua syarat dan ketentuan yang berlaku pada polis asuransi. Kamu bisa menghubungi kontak center untuk penjelasan lebih mendetail. 

      Nah, kamu sudah tahu apa itu asuransi mobil TLO, manfaat, keuntungan, serta perbedaannya dengan asuransi mobil jenis lainnya. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.

      Roojai Indonesia menyediakan pilihan Asuransi Mobil All Risk yang menawarkan perlindungan komprehensif. Jangan tunda lagi untuk melindungi mobil Anda dari risiko di jalan. Segera dapatkan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia, yang menawarkan perlindungan lebih menyeluruh dan fleksibel.

      Heru Panatas

      Ditulis oleh

      Heru Panatas

      Motor Vehicle Claim Manager

      Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!