asuransi kombinasi | roojia.co.id

Asuransi mobil kombinasi adalah jenis polis asuransi yang menggabungkan dua manfaat dari All Risk dan TLO agar bisa memberikan perlindungan maksimal. Asuransi kombinasi menawarkan opsi tambahan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk memahami apa itu asuransi kombinasi, perbedaannya dengan All Risk dan TLO, serta bagaimana memilihnya dengan tepat, mari simak pembahasan selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Konten

  1. Apa Itu Asuransi Kombinasi pada Mobil?
  2. Kelebihan Asuransi Kombinasi Mobil
  3. Kekurangan Asuransi Kombinasi pada Mobil
  4. Jenis-Jenis Asuransi Mobil
    1. Cara Klaim Asuransi Kombinasi
    2. Lindungi Kendaraanmu dengan Asuransi Mobil TerbaikĀ 

    Apa Itu Asuransi Kombinasi pada Mobil?

    Asuransi kombinasi adalah gabungan antara jenis asuransi mobil TLO dan All Risk dalam satu periode waktu asuransi dengan tujuan memaksimalkan manfaat perlindungannya. Secara umum, manfaat pertanggungan asuransi kombinasi tidak jauh berbeda yakni perlindungan dari risiko kerusakan akibat kecelakaan maupun bencana alam. 

    Jika kamu membeli mobil secara kredit, maka kemungkinan besar kamu akan mendapatkan perlindungan jenis asuransi kombinasi ini. Namun, asuransi kombinasi mobil artinya bukan berarti kamu mendapatkan kedua jenis manfaat asuransi sekaligus. 

    Pada dua atau tiga tahun pertama, kamu akan mendapatkan perlindungan dari asuransi mobil All Risk. Sementara untuk tahun-tahun berikutnya, kamu terlindungi oleh polis asuransi mobil TLO. 

    Pemilihan asuransi mobil kombinasi perlu kamu pertimbangkan secara bijak. Mengingat manfaat pertanggungannya yang luas, maka kamu harus menyesuaikan harga premi agar masih tetap terjangkau dan sesuai kebutuhan. 

    Kelebihan Asuransi Kombinasi Mobil

    Ketika memilih asuransi mobil kombinasi, ada beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan. Beberapa kelebihan dari asuransi kombinasi mobil adalah sebagai berikut. 

    Kekurangan Asuransi Kombinasi pada Mobil

    Sama seperti jenis asuransi lainnya, asuransi kombinasi pada mobil juga memiliki kekurangan yang patut kamu pertimbangkan, berikut beberapa diantaranya. 

    Oleh karena, pastikan untuk menentukan dengan bijak manfaat perlindungan dan periode perlindungannya sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi secara efektif. 

    Jenis-Jenis Asuransi Mobil

    Dari pembahasan mengenai asuransi kombinasi di atas, kamu sudah mengetahui bahwa pada dasarnya jenis asuransi tersebut merupakan gabungan dari jenis asuransi All Risk dan TLO. 

    Nah, agar kamu lebih paham mengenai perbedaan asuransi kombinasi dan All Risk maupun TLO, berikut pembahasan lengkapnya. 

    1. Asuransi TLO (Total Loss Only)

    Asuransi TLO adalah jenis asuransi yang akan menjamin ganti rugi jika terjadi risiko yang menyebabkan kerusakan total pada kendaraan, yang nilai perbaikannya sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sesaat sebelum terjadinya risiko. Asuransi Total Loss Only juga menjamin kerugian yang terjadi karena kehilangan atau pencurian. 

    Lantaran manfaat pertanggungan hanya bisa kamu dapatkan saat terjadi risiko total dan kehilangan saja, maka harga preminya pun menjadi lebih murah ketimbang jenis asuransi All Risk.

    2. Asuransi Comprehensive (All Risk)

    Berbeda dengan asuransi TLO, asuransi comprehensive atau All Risk adalah asuransi yang menawarkan jaminan perlindungan secara menyeluruh pada kendaraan yang menjadi objek asuransi. 

    Risiko ringan seperti lecet, baret, spion patah, maupun risiko berat seperti tergelincir dan terperosok semuanya tercover oleh asuransi mobil All Risk. Manfaat yang beragam dan menyeluruh inilah yang membuat premi asuransi All Risk menjadi lebih mahal. 

    Cara Klaim Asuransi Kombinasi

    Sebenarnya, cara klaim asuransi kombinasi sama saja dengan cara klaim jenis lain. Hanya saja, perlu kamu sesuaikan dengan manfaat asuransi yang sedang kamu dapatkan saat ini. 

    Misalnya, jika kamu sedang mendapatkan manfaat asuransi All Risk karena masih tahun pertama, maka kamu berhak klaim kerusakan ringan seperti baret, lecet dan sebagainya. 

    Berikut langkah-langkah cara klaim asuransi mobil secara umum. 

    Lindungi Kendaraanmu dengan Asuransi Mobil Terbaik 

    Asuransi mobil menawarkan jaminan perlindungan untuk mobil kesayangan dari berbagai risiko kerugian yang akan berdampak pada kondisi finansial. Terlebih bagi kamu yang tidak ingin menanggung pengeluaran tak terduga, lantaran sesuatu yang buruk terjadi pada kendaraanmu. 

    Asuransi mobil dapat menanggung ganti rugi dari hal-hal yang tidak diinginkan mulai dari kerusakan yang diakibatkan kecelakaan, kebakaran, sambaran petir, bencana alam hingga kehilangan karena pencurian.

    Cari asuransi mobil yang pas buat kamu? Sebagai asuransi terpercaya, Roojai bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Roojai sudah bekerja sama dengan 750+ bengkel rekanan terpercaya yang tersebar di seluruh Indonesia

    Sebagai asuransi online, Roojai juga menyediakan contact center yang andal dan tersedia selama 24/7. Dengan premi terjangkau dan proses klaim yang cepat dan mudah. Segera daftar sekarang juga untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal.

    Heru Panatas

    Ditulis oleh

    Heru Panatas

    Motor Vehicle Claim Manager

    Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

    Bagikan:

    Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

    Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

    Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

    |

    Lihat premi dalam 30 detik.
    Gak perlu kasih info kontak!