asuransi mobil kredit

Mobilitas yang tinggi khususnya di kota besar membuat kepemilikan kendaraan bermotor seperti mobil menjadi kebutuhan. Pembelian mobil secara kredit pun menjadi pilihan mengingat harganya yang mahal. Dengan kredit kepemilikan mobil jadi dimudahkan. Umumnya pembelian mobil ini juga disertai dengan asuransi mobil kredit ke dalam pembayaran bulanan yang ditanggung oleh pembeli.   

Apa sebenarnya fungsi asuransi mobil kredit dan apa saja manfaatnya? Bagaimana mendapatkan asuransi kredit mobil?

Mengapa membeli mobil secara kredit?

Memiliki mobil secara kredit menjadi pilihan sebagian besar orang karena dengan mencicil harga mobil yang cukup tinggi menjadi lebih terjangkau. Dengan kredit, kamu bisa membeli mobil dengan membayar sejumlah uang dalam jangka waktu tertentu, biasanya 2 sampai 5 tahun, dengan terlebih dahulu membayar sejumlah Down Payment (DP). Jumlah uang muka dan cicilan dapat disesuaikan dengan kemampuan pembeli.  

Namun sebelum membeli mobil secara kredit, kamu akan melewati sejumlah tahapan dan persyaratan. Dikutip dari Auto2000, untuk membeli mobil secara kredit, sebaiknya kamu memperhatikan hal ini:  

Pastikan rekam jejak finansial kamu aman

Ada proses BI Checking sebelum kamu bisa membeli mobil secara kredit. Sebagai pengawas transaksi keuangan nasional, Bank Indonesia mempunyai pendataan untuk memastikan layak atau tidaknya seseorang untuk menggunakan fasilitas kredit bank atau leasing. Kalau sebelumnya kamu pernah mengambil kredit dan bermasalah, maka nama kamu akan tercantum dalam blacklist BI. Itu artinya kamu nggak bisa mengambil kredit.  

Pastikan kendaraan yang kamu beli sudah sesuai dengan kebutuhan

Membeli kendaraan secara kredit adalah sebuah tanggung jawab finansial yang besar. Sehingga, kamu harus pastikan kendaraan yang kamu beli memang sesuai dengan kebutuhan dan akan kamu pakai dalam jangka panjang.  

Perhitungkan kondisi keuangan kamu

Membeli mobil secara kredit memang cukup meringankan. Tapi pastikan angsuran yang perlu kamu bayar itu nggak akan membebani kondisi finansial kamu. Apakah kamu ada beban kredit dari produk lain yang harus dibayarkan setiap bulan? Ingatlah, jumlah angsuran atau cicilan yang kamu bayar setiap bulan nggak boleh lebih dari 30% total penghasilan kamu sebulan.  

Lakukan simulasi kredit

Untuk memastikan gambaran cicilan dan melihat kemampuan keuangan kamu dalam memenuhi kredit, lakukan simulasi kredit. Jika cicilan terasa memberatkan, coba perbesar uang muka atau perpanjang waktu kredit.

Membeli kendaraan secara kredit umum dilakukan karena pembayaran tunai cukup membebankan. Tapi kapan sebaiknya kita membayar secara kredit atau tunai? Bagaimana menentukannya?

Syarat Membeli Mobil secara Kredit

Setelah memastikan kesanggupan finansial untuk membeli mobil secara kredit, pastikan kamu juga memenuhi syarat pengajuan kredit. Berikut ini beberapa syarat membeli mobil secara kredit:  

Selain syarat tersebut, ada juga sejumlah dokumen yang harus dimiliki untuk membeli mobil secara kredit:  

Adapun besaran uang muka yang harus dibayarkan debitur waktu membeli mobil baru sudah ditentukan oleh Bank Indonesia, sebagai bank yang memiliki kewenangan dalam mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia. Dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.17/10/PBI/2015 yang mengatur rasio Loan to Value (LTV) kendaraan bermotor dijelaskan bahwa DP yang harus dibayar adalah minimal 20% sampai 25%.  

Jadi selain syarat di atas, kamu juga perlu memastikan ada uang sejumlah tersebut untuk membeli mobil secara kredit.

Seperti saat membeli mobil, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi ketika kamu membeli asuransi. Ini tips lengkap membeli asuransi secara online yang perlu kamu ketahui.

biaya asuransi mobil

Proses Membeli Mobil secara Kredit

Setelah mengetahui dan memenuhi syarat dan dokumen yang harus kamu siapkan, kamu siap untuk membeli mobil idaman. Untuk mengajukan kredit mobil, kamu  bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini.  

Kunjungi dealer mobil yang kamu incar

Kenapa beli mobil melalui dealer resmi? Dengan melakukan hal ini kamu bisa berkonsultasi langsung dengan pihak dealer ketika memilih mobil yang kamu inginkan. Beberapa dealer juga menyediakan jasa test drive sehingga kamu bisa menjajal langsung mobil idaman kamu itu.   

Ajukan permohonan kredit

Setelah yakin dengan pilihan kamu, ajukan permohonan kredit ke bank atau lembaga pembiayaan. Lengkapi semua dokumen yang diperlukan supaya pihak pembiayaan dapat segera memproses permohonan kamu.  

Setelah pengajuan permohonan dan dokumen, pihak bank akan melakukan pengecekan dan survei pada calon nasabah. Proses pengecekan data ini biasanya memerlukan waktu 3 sampai 5 hari kerja.  

Jika memenuhi syarat, kamu akan dihubungi pihak bank untuk melakukan pembayaran uang muka.  

Menunggu mobil dikirim

Setelah uang muka dibayarkan dan seluruh biaya administrasi sudah dipenuhi, pihak dealer akan mengirimkan mobil ke alamat yang kamu inginkan. Pengiriman ini bisa memakan waktu 3 hingga 4 hari kerja. Kelengkapan surat kendaraan, termasuk nomor plat mobil, akan dikirim setidaknya 2 minggu setelah mobil diterima.  

Asuransi Mobil Kredit

Selain pembayaran yang mudah dan ringan, membeli mobil secara kredit memberikan sejumlah keuntungan. Salah satu di antaranya, kalau kamu membeli mobil baru maka secara otomatis kamu akan mendapatkan asuransi mobil kredit.  

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan ini, asuransi mobil kredit memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atau kerusakan atau kerugian pada kendaraan bermotor yang disebabkan oleh:  

  1. Tabrakan 
  2. Terperosok 
  3. Perbuatan jahat 
  4. Pencurian 
  5. Kebakaran 

Ada dua jenis pertanggungan asuransi kendaraan bermotor, yaitu comprehensive atau All Risk, dan Total Loss Only (TLO). Asuransi mobil kredit comprehensive menjamin risiko kerugian secara keseluruhan, meliputi kerugian minor maupun mayor, termasuk kehilangan mobil. Sementara asuransi mobil kredit TLO hanya memberikan jaminan penggantian kalau kendaraan kamu mengalami kerusakan yang nilainya lebih dari 75% nilai kendaraan dan kerugian akibat kehilangan kendaraan.  

Berapa Premi Asuransi Mobil Kredit?

Jumlah premi asuransi mobil kredit ini ditentukan oleh perusahaan asuransi yang bekerjasama dengan pihak leasing. Besarnya premi ditentukan dari beberapa hal, yaitu:  

Ketika membeli mobil secara kredit, maka premi asuransi yang perlu dibayarkan tersebut sudah termasuk ke dalam jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan.  

Berbeda kalau kamu membeli asuransi mobil yang bukan kredit, maka premi asuransi perlu dibayar secara langsung. Coverage asuransi mobil biasanya hanya berlaku selama setahun. Jika sudah melewati masa itu, maka kamu perlu membeli asuransi mobil untuk tahun berikutnya.  

Melindungi mobil yang kamu beli secara kredit dengan asuransi merupakan hal yang penting karena bisa melindungi kamu dari beban finansial ketika terjadi kerusakan akibat kecelakaan pada mobil. Tapi, melindungi diri sendiri juga penting.  

Risiko kecelakaan akibat mobil nggak bisa kita hindari. Namun kita bisa melakukan antisipasi secara finansial untuk meringankan beban finansial yang terjadi akibat kecelakaan yang terjadi pada diri sendiri.  

Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia memberikan perlindungan finansial yang kamu perlukan ketika kecelakaan terjadi. Asuransi ini memberikan santunan tunai yang bisa digunakan untuk perawatan akibat kecelakaan, kematian akibat kecelakaan ataupun cacat akibat kecelakaan.  

Yuk, lindungi diri kamu dari risiko kecelakaan seperti halnya kamu melindungi kendaraan kamu dengan asuransi mobil kredit.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!