Asuransi Kesehatan Cashless vs Reimburse

Melek Asuransi & Keuangan |

asuransi kesehatan cashless

Asuransi kesehatan mestilah menjadi bagian yang penting dalam perencanaan keuangan kamu. Instrumen finansial ini berguna sebagai proteksi keuangan di kala kamu atau anggota keluargamu sakit. Untuk mendapatkan penanganan di rumah sakit atau klinik, kamu membutuhkan biaya. Seringkali, biayanya sangat besar, apalagi tingkat inflasi biaya kesehatan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Cara Pembayaran Biaya Fasilitas Kesehatan/Tagihan Rumah Sakit 

Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu khawatir atau ngeri ketika melihat bukti tagihan rumah sakit. Asuransi kesehatan berfungsi sebagai payung atau perisai sehingga keuangan keluargamu tidak mengalami goncangan. Perusahaan asuransi sebagai Penanggung akan menjamin pembayaran biaya-biaya tersebut sesuai dengan isi polis yang sudah kamu (Pemegang Polis) sepakati sebelumnya. 

Bagaimana cara pembayaran tagihan jika kamu memiliki asuransi kesehatan? Berdasarkan jenis cara pembayaran biaya rumah sakit, asuransi terbagi atas dua jenis, yaitu: 

Reimbursement 

Reimburse, atau remburs menurut ejaan bahasa Indonesia, berarti mengganti biaya yang sudah dikeluarkan. Sebagai Pemegang Polis, kamu membayarkan terlebih dahulu semua tagihan rumah sakit hingga lunas. Setelah itu, kamu mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi (Penanggung) dengan menyertakan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti bukti penagihan rumah sakti.  

Kemudian, kamu menunggu keputusan apakah klaim disetujui atau tidak. Staf klaim asuransi akan merujuk kepada isi polis kamu. Jika pengajuan klaim disetujui, perusahaan asuransi akan mengganti (reimburse) biaya-biaya tersebut, biasanya dengan transfer uangnya ke rekening Pemegang Polis. 

Kamu dapat menggunakan cara reimbursement di rumah sakit mana pun, bahkan rumah sakit yang tidak menjadi rekanan perusahaan asuransi kamu.  

Cashless 

Cashless berarti nontunai alias kamu tidak perlu mengeluarkan uang ketika membayar tagihan rumah sakit. Setelah kamu menyetujui polis asuransi dan resmi menjadi nasabah yang diproteksi, kamu diberikan kartu cashless oleh perusahaan asuransi yang menyediakannya. Kartu ini perlu kamu tunjukkan kepada petugas rumsah sakit ketika melakukan pendaftaran pasien.  

Staf rumah sakit akan mengecek apakah kartu asuransi kesehatanmu dapat digunakan atau tidak. Biasanya, staf rumah sakit menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk memastikan. Perusahaan asuransi berada dalam posisi sebagai penjamin bagi nasabahnya. Seperti pada metode reimbursement, biaya yang dibayar secara cashless pun merujuk pada polis yang kamu miliki.  

Jika ada biaya yang tidak dicover, misalnya karena pengecualian penyakit tertentu atau ada penyakit yang memiliki masa tunggu, sebagai pasien kamu harus membayarkan sendiri yang tidak terkover tersebut. Jika semua perawatan dan penanganan sakitmu dikover sesuai polis asuransi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Penyelesaian biaya rumah sakit menjadi urusan antara pihak rumah sakit dengan perusahaan asuransi. Kamu cukup fokus pada masa pemulihan. 

Namun, kamu perlu ingat bahwa kartu asuransi kesehatan cashless hanya berfungsi di rumah sakit rekanan. Artinya, hanya rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan perusahaan asuransimu yang bersedia menerima jenis pembayaran cashless. Kamu tetap dapat berobat atau dirawat di rumah sakit yang bukan rekanan perusahaan asuransimu, tetapi memakai metode pembayaran tagihan rumah sakit secara reimbursement.  

Nah, kamu sudah mengetahui dua macam cara pembayaran tagihan rumah sakit bagi kamu yang memiliki asuransi kesehatan. Apa pun cara pembayarannya, yang penting kamu peduli dengan kesehatan dan proteksi keuanganmu. Bandingkan jika kamu tidak memiliki asuransi kesehatan, kamu harus merogoh isi tabunganmu. Padahal, premi asuransi kesehatan jauh lebih murah daripada biaya rumah sakit yang mungkin harus kamu bayarkan ketika sakit.

asuransi cashless roojai

Asuransi Kesehatan Cashless Roojai Indonesia 

Kamu dapat memiliki asuransi kesehatan cashless di Roojai Indonesia. Asuransi Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk merupakan proteksi untuk kamu dan keluarga dari risiko kesehatan yang ada sebagai penduduk daerah beriklim tropis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Dengan asuransi ini, kamu mendapatkan manfaat biaya perawatan demam berdarah, malaria, chikungunya, zika dan demam kuning secara cashless di 2000 rumah sakit rekanan Roojai. Pelajari lebih lanjut di sini

Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia jadi pilihan untuk proteksi menyeluruh dari risiko kerugian jangka panjang akibat kecelakaan diri bagi kamu yang aktif. Beragam paket bisa kamu pilih sesuai dengan budget dan gaya hidup kamu. Dengan asuransi ini, kamu mendapatkan manfaat santunan tunai sebagai pengganti pemasukan yang hilang akibat kecelakaan atau mendapatkan biaya perawatan akibat kecelakaan. Biaya perawatan dibayarkan secara cashless di rumah sakit rekanan Roojai. Proteksi ini cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas atau hobi seperti olahraga ekstrim, yang mengendarai kendaraan roda dua, dan lainnya. Pelajari lebih lanjut di sini.