asuransi kesehatan rawat jalan

Selama kita hidup, kesehatan tubuh jadi hal yang perlu diperhatikan. Tubuh yang sehat akan memastikan kita dapat menjalani segala aktivitas secara optimal. Bayangkan kalau kita sakit-sakitan, pastinya nggak bisa menjalani pekerjaan dengan baik. Apalagi untuk kamu yang mendapatkan penghasilan harian, terganggunya kesehatan akan berdampak langsung pada jumlah pendapatan yang kamu peroleh.  

Menjaga kesehatan juga kita lakukan supaya terhindar dari sakit. Tapi, terkadang penyakit bisa datang tanpa kita undang. Wabah penyakit yang sulit kita hindari juga bisa menerjang ‘benteng perlindungan diri’ yang kita dirikan. Dan kalau sudah sakit, maka ada biaya kesehatan yang harus dibayar. 

Ya, ternyata selain benteng yang kita bangun untuk melindungi diri dari penyakit, kita juga perlu memiliki ‘perisai’ lain yang melindungi kita secara finansial. Asuransi kesehatan rawat jalan adalah perisai kamu dari risiko finansial kalau kamu sakit. Tapi apa sebenarnya manfaat asuransi kesehatan rawat jalan?

Kenapa perlu asuransi kesehatan rawat jalan?

Dunia asuransi berkembang pesat, mengikuti kebutuhan manusia modern. Saat ini ada begitu banyak jenis asuransi dengan manfaat perlindungan yang berbeda-beda. Produk asuransi pun mengikuti kebutuhan individu dengan memberikan manfaat yang lebih spesifik, sesuai kebutuhan.   

Asuransi kesehatan itu sendiri merupakan bentuk perlindungan finansial yang diberikan sebagai jaminan atas biaya yang timbul saat pemilik polis asuransi mengalami gangguan kesehatan atau mengalami kecelakaan yang memerlukan perawatan kesehatan.  

Bagaimana dengan asuransi kesehatan rawat jalan? Asuransi ini lebih spesifik dibandingkan dengan asuransi kesehatan umum, yaitu hanya menanggung biaya rawat jalan.  

Dengan membayar polis asuransi kesehatan rawat jalan, maka perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah pertanggungan atau santunan yang besarannya sudah disepakati dalam polis, ketika pemegang polis tersebut mengalami sakit dan memerlukan rawat jalan.  

Biaya rawat jalan biasanya meliputi biaya pemeriksaan dokter umum dan dokter spesialis, pemeriksaan medis atau laboratorium, prosedur penanganan medis, dan biaya obat-obatan. Biaya rawat jalan bisa sangat tinggi dan di luar perhitungan pada kondisi kesehatan tertentu. Itu sebabnya, asuransi kesehatan rawat jalan penting untuk kamu miliki.

Salah satu hal yang paling membuat kita cemas saat dirawat inap di rumah sakit adalah besarnya biaya yang harus kita bayarkan. Nggak usah khawatir, asuransi santunan rawat inap bisa membantu menanggung biaya rawat inap.

Manfaat Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Masih mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan rawat jalan perorangan? Selain sudah tahu manfaat umum dari asuransi kesehatan rawat jalan, ada beberapa manfaat lain yang perlu kamu tahu.  

Nggak Perlu Ragu Memeriksakan Diri ke Dokter 

Kesehatan adalah investasi yang amat penting. Beberapa gejala dari kondisi yang lebih serius biasanya muncul sebagai gejala yang terkesan ‘harmless’ alias seperti nggak berbahaya.  

Penyakit usus buntu misalnya, pada tahap awal bisa terkesan seperti sakit perut atau kembung biasa. Padahal untuk penanganannya diperlukan operasi yang berbiaya mahal. Dan kalau nggak dideteksi sejak awal, penyakit ini bisa cepat berangsur buruk dan memerlukan tindakan emergensi.  

Keberadaan asuransi kesehatan rawat jalan memudahkan kamu untuk mengakses fasilitas kesehatan tanpa perlu pusing soal biaya pengobatan. Biaya pemeriksaan akan menjadi tanggung jawab perusahaan asuransi selama kamu membayar premi sesuai kesepakatan dalam polis.

Melindungi aset finansial 

Biaya medis meningkat dari tahun ke tahun. Menabung saja kadang nggak cukup. Apalagi ketika kita berhadapan dengan kondisi kesehatan yang serius. Pada kondisi ini, pengobatan mungkin diperlukan dalam jangka panjang.  

Dengan asuransi kesehatan rawat jalan cashless maupun reimburse, kondisi keuangan kamu nggak akan terganggu ketika ada kondisi kesehatan yang memerlukan biaya. Tabungan, investasi dan dana darurat kamu bisa tetap aman di tempatnya. Biaya perawatan nggak akan menjadi beban finansial buat keluarga.  

Kamu hanya perlu menyisihkan sejumlah uang untuk membayar premi asuransi kesehatan rawat jalan. Biaya ini bisa kamu atur dalam anggaran, sehingga nggak mengganggu kestabilan finansial keluarga. Selain itu, beberapa produk asuransi kesehatan rawat jalan juga memberikan opsi pembayaran secara cicilan.  

Jaringan rumah sakit yang luas 

Asuransi kesehatan rawat jalan terbaik biasanya memiliki rekanan jaringan rumah sakit yang luas. Hal ini penting untuk memastikan pemilik polis bisa mengakses fasilitas kesehatan yang diperlukan dan diinginkannya, di mana saja.   

Dan ketika diperlukan diagnosa atau pemeriksaan lanjutan, jaringan rumah sakit ini bisa memberikan opsi yang luas kepada pemilik polis, dengan fasilitas laboratorium dan pemeriksaan yang dimilikinya.  

Memberikan rasa tenang  

Nggak bisa dipungkiri, risiko kesehatan bisa datang kapan aja. Hal ini kadang membuat kita khawatir mengingat ada faktor finansial yang juga terkait.  

Dengan memiliki asuransi kesehatan rawat jalan pilihan, kamu bisa merasa lebih tenang karena ada perisai yang bisa melindungi dan menanggung risiko kesehatan kita.

Selain asuransi kesehatan rawat inap dan asuransi kesehatan rawat jalan, ada juga yang dikenal dengan asuransi kesehatan murni. Apa itu asuransi kesehatan murni dan apa bedanya dengan unit link?

Produk asuransi kesehatan rawat jalan

Setiap produk asuransi kesehatan punya manfaat atau benefit yang berbeda-beda. Lalu bagaimana memilihnya? Asuransi kesehatan rawat jalan terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup dan juga kemampuan finansial kamu.  

Kalau budget kamu terbatas, pilih saja manfaat asuransi kesehatan rawat jalan yang penting bagi kamu. Sebab, melindungi diri dengan asuransi sebenarnya bukan hal yang sulit kok. Apalagi kalau produk asuransi tersebut bisa kamu beli secara online dengan mudah.

Seperti Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai yang memberikan perlindungan menyeluruh dari kecelakaan diri dengan manfaat rawat jalan jika pemegang polis mengalami kecelakaan. Paket asuransinya bisa kamu pilih dan atur sesuai dengan budget dan gaya hidup kamu.  

Asuransi kecelakaan diri ini punya berbagai manfaat unik yang nggak dimiliki asuransi kesehatan rawat jalan biasa. Misalnya kamu bisa dapat santunan tunai sebagai ganti pemasukan yang hilang ketika mengalami kecelakaan atau mendapatkan biaya perawatan akibat kecelakaan. Kamu juga bisa dapat santunan yang dibayarkan langsung atau santunan harian semisal harus dirawat inap.  

Lindungi diri kamu sekarang dengan asuransi kecelakaan diri yang sesuai dengan gaya hidup kamu!

Dian Pusparini

Ditulis oleh

Dian Pusparini

Head of Claim

Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!