asuransi kesehatan cashless

Asuransi kesehatan cashless adalah jenis asuransi kesehatan yang memungkinkan pemegang polis untuk mendapatkan layanan medis hanya dengan menunjukkan kartu keanggotaan asuransi. Dengan metode ini, kamu bisa mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus membayar biaya rumah sakit dengan uang sendiri. 

Asuransi kesehatan mestilah menjadi bagian yang penting dalam perencanaan keuangan kamu. Instrumen finansial ini berguna sebagai proteksi keuangan di kala kamu atau anggota keluargamu sakit. Apalagi tingkat inflasi biaya kesehatan terus bertambah dari tahun ke tahun.

Konten

  1. Perbedaan Asuransi Kesehatan Cashless dan Reimbursement 
    1. Keunggulan Asuransi Kesehatan Cashless
      1. Asuransi Kesehatan Cashless Roojai Indonesia 

      Perbedaan Asuransi Kesehatan Cashless dan Reimbursement 

      Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu khawatir atau ngeri ketika melihat bukti tagihan rumah sakit. Asuransi kesehatan berfungsi sebagai payung atau perisai sehingga keuangan keluargamu tidak mengalami goncangan. 

      Perusahaan asuransi sebagai Penanggung akan menjamin pembayaran biaya-biaya tersebut sesuai dengan isi polis yang sudah kamu (Pemegang Polis) sepakati sebelumnya. Berdasarkan cara pembayarannya, jenis Asuransi kesehatan terbagi atas dua jenis, yaitu: 

      Cashless 

      Cashless berarti nontunai alias kamu tidak perlu mengeluarkan uang ketika membayar tagihan rumah sakit. Setelah kamu menyetujui polis asuransi dan resmi menjadi nasabah yang diproteksi, kamu diberikan kartu cashless oleh perusahaan asuransi yang menyediakannya. Kartu ini perlu kamu tunjukkan kepada petugas rumah sakit ketika melakukan pendaftaran pasien.  

      Staf rumah sakit akan mengecek apakah kartu asuransi kesehatanmu dapat digunakan atau tidak. Biasanya, staf rumah sakit menghubungi pihak perusahaan asuransi untuk memastikan. Perusahaan asuransi berada dalam posisi sebagai penjamin bagi nasabahnya. Seperti pada metode reimbursement, biaya yang dibayar secara cashless pun merujuk pada polis yang kamu miliki.  

      Jika ada biaya yang tidak dicover, misalnya karena pengecualian penyakit tertentu atau ada penyakit yang memiliki masa tunggu, sebagai pasien kamu harus membayarkan sendiri yang tidak terkover tersebut. Jika semua perawatan dan penanganan sakitmu dicover sesuai polis asuransi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. Penyelesaian biaya rumah sakit menjadi urusan antara pihak rumah sakit dengan perusahaan asuransi. Kamu cukup fokus pada masa pemulihan. 

      Namun, kamu perlu ingat bahwa kartu asuransi kesehatan cashless hanya berfungsi di rumah sakit rekanan. Artinya, hanya rumah sakit atau klinik yang bekerja sama dengan perusahaan asuransimu yang bersedia menerima jenis pembayaran cashless. Kamu tetap dapat berobat atau dirawat di rumah sakit yang bukan rekanan perusahaan asuransimu, tetapi memakai metode pembayaran tagihan rumah sakit secara reimbursement.  

      Reimbursement 

      Reimburse, atau remburs menurut ejaan bahasa Indonesia, berarti mengganti biaya yang sudah dikeluarkan. Sebagai Pemegang Polis, kamu membayarkan terlebih dahulu semua tagihan rumah sakit hingga lunas. Setelah itu, kamu mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi (Penanggung) dengan menyertakan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti bukti penagihan rumah sakit.  

      Kemudian, kamu menunggu keputusan apakah klaim disetujui atau tidak. Staf klaim asuransi akan merujuk kepada isi polis kamu. Jika pengajuan klaim disetujui, perusahaan asuransi akan mengganti (reimburse) biaya-biaya tersebut, biasanya dengan transfer uangnya ke rekening Pemegang Polis. 

      Kamu dapat menggunakan cara reimbursement di rumah sakit mana pun, bahkan rumah sakit yang tidak menjadi rekanan perusahaan asuransi kamu. 

      Keunggulan Asuransi Kesehatan Cashless

      Asuransi kesehatan cashless dapat menjadi pilihan yang bagus karena menawarkan berbagai kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Berikut adalah beberapa keunggulan utama dari asuransi kesehatan cashless:

      1. Kemudahan dan kenyamanan

      Asuransi kesehatan cashless memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemegang polis saat memerlukan perawatan medis. Dengan sistem cashless, pemegang polis hanya perlu menunjukkan kartu asuransi mereka di rumah sakit atau klinik rekanan. 

      2. Proses klaim yang cepat dan mudah

      Salah satu keunggulan utama asuransi kesehatan cashless adalah proses klaim yang cepat dan mudah. Rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi akan mengurus semua dokumen dan koordinasi yang diperlukan dengan perusahaan asuransi. Pemegang polis tidak perlu repot-repot mengurus pengajuan klaim dan menunggu penggantian biaya.

      3. Transparansi Biaya

      Dengan asuransi kesehatan cashless, kamu bisa mengetahui sejak awal biaya perawatan yang akan ditanggung oleh asuransi. Ini mengurangi kejutan biaya tak terduga dan memberikan pemegang polis gambaran yang jelas tentang apa yang mereka bayar dan apa yang ditanggung oleh asuransi. 

      Asuransi Kesehatan Cashless Roojai Indonesia 

      Kamu dapat memiliki asuransi kesehatan cashless terbaik di Roojai Indonesia. Asuransi Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk merupakan proteksi untuk kamu dan keluarga dari risiko kesehatan sebagai penduduk daerah beriklim tropis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Dengan asuransi ini, kamu mendapatkan manfaat biaya perawatan demam berdarah, malaria, chikungunya, zika dan demam kuning secara cashless di 2000 rumah sakit rekanan Roojai. 

      Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia jadi pilihan untuk proteksi menyeluruh dari risiko kerugian jangka panjang akibat kecelakaan diri bagi kamu yang aktif. Beragam paket bisa kamu pilih sesuai dengan budget dan gaya hidup kamu. 

      Dengan asuransi ini, kamu mendapatkan manfaat santunan tunai sebagai pengganti pemasukan yang hilang akibat kecelakaan atau mendapatkan biaya perawatan akibat kecelakaan. Biaya perawatan dibayarkan secara cashless di rumah sakit rekanan Roojai. Proteksi ini cocok untuk kamu yang menyukai aktivitas atau hobi seperti olahraga ekstrim, yang mengendarai kendaraan roda dua, dan lainnya. 

      Dian Pusparini

      Ditulis oleh

      Dian Pusparini

      Head of Claim

      Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!