Menu

asuransi mobil all risk
Image by diana.grytsku on Freepik

Banyak alasan orang membeli kendaraan seperti mobil. Sebagian menggunakan mobil karena kebutuhan keluarga, seperti antar-jemput anak sekolah. Sebagian lagi, memanfaatkan kendaraan untuk keperluan operasional usaha. Baik untuk alasan personal maupun profesional, bagi kamu dengan mobilitas tinggi, memiliki kendaraan adalah jawaban untuk kemudahan beraktivitas. Apapun alasanmu membeli mobil, asuransi all risk adalah produk asuransi mobil yang mungkin kamu perlukan. 

Setelah membeli ataupun leasing mobil, kamu perlu mendapatkan proteksi atas aset yang kamu miliki tersebut. Asuransi mobil memberikan perlindungan dari risiko yang dapat terjadi, seperti kecelakaan, pencurian kendaraan, vandalisme, maupun kerusakan akibat bencana alam. Asuransi kendaraan juga memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan ringan seperti lecet, penyok, hingga rusak total atau parah sekalipun.  

Bayangkan jika kamu mesti membayar sendiri semua kerugian dan perbaikan kendaraan kamu. Bisa-bisa semua dana di tabungan habis. Makanya, kamu perlu memiliki asuransi mobil. Jika kendaraan kamu mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau sebab lainnya, perusahaan asuransi akan menanggung semua atau sebagian biaya terkait sesuai dengan polis asuransi yang telah kamu setujui di awal.

Apa itu asuransi mobil?

Menurut Investopedia, asuransi mobil adalah perjanjian antara kamu (Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung), yang mana kamu bersedia atau setuju untuk membayar premi dengan harapan perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan atau kerusakan lain atas kendaraan yang diasuransikan.  

Pada dasarnya, asuransi mobil terbagi menjadi dua, yaitu: 

  • asuransi mobil all risk (atau disebut juga dengan komprehensif) yang menanggung segala jenis kerusakan pada mobil. 
  • asuransi mobil TLO (Total Loss Only) yang menanggung biaya kerusakan total saja.  

Dalam artikel ini, kita akan lebih fokus membahas asuransi all risk atau komprehensif. Yuk, lanjut baca untuk menambah pemahaman kamu.  

Apa itu asuransi all risk?

Merujuk pada polis standar asuransi kendaraan bermotor Indonesia (PSAKBI), asuransi all risk adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Asuransi all risk disebut juga dengan asuransi comprehensive. 

Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 10 tahun. Alasannya kondisi mobil masih tergolong sangat mulus sehingga butuh perlindungan secara menyeluruh (comprehensive).

Selain asuransi mobil all risk, ada juga jenis asuransi total loss only (TLO)? Yuk, pelajari apa itu asuransi mobil TLO.

Manfaat asuransi all risk

Manfaat asuransi all risk adalah memberi proteksi bagi kendaraan kamu dari semua risiko, mulai dari kerusakan kecil hingga parah, bahkan kehilangan selama penyebab kejadian bukan disengaja (contohnya pencurian). 

Sebenarnya, apa saja lingkup proteksi yang diberikan asuransi all risk? Melansir Antara News, berikut daftar kondisi mobil yang mendapatkan pertanggungan dari asuransi ini: 

  • Mobil mengalami tabrakan, kecelakaan, benturan, terperosok, tergelincir, dan terbalik. 
  • Mobil mengalami kerusakan karena perbuatan orang lain. 
  • Mobil dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 
  • Mobil mengalami kerusakan karena tersambar petir atau kebakaran. 
  • Mobil mengalami kerusakan selama menyebrangi laut dengan menggunakan kapal feri. 
  • Bagian roda mobil rusak karena kecelakaan. 
  • Layanan pengangkutan atau derek menuju ke bengkel mobil rekanan.
suransi mobil all risk adalah

Pengecualian pertanggungan asuransi all risk

Kamu juga harus memahami bahwa ada pengecualian pertanggungan. Pengecualian ini dapat menyebabkan klaim asuransi tidak bisa dicairkan. Melansir Tempo.co, seperti yang dijelaskan pada PSAKBI, pengecualian asuransi all risk adalah hal-hal berikut ini: 

  • Mobil digunakan untuk memberi pelajaran mengemudi. 
  • Mobil digunakan untuk turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa. 
  • Mobil digunakan untuk melakukan tindak kejahatan. 
  • Mobil digunakan selain dari yang dicantumkan dalam Polis. 
  • Mobil digunakan untuk penggelapan, penipuan, hipnotis, dan sejenisnya. 
  • Mobil digunakan untuk pencurian atau perbuatan jahat baik yang dilakukan oleh 
  • suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung 
  • orang yang bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung 
  • orang yang tinggal bersama Tertanggung 
  • pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum 
  • orang yang berada di bawah pengawasan Tertanggung 
  • Mobil diberi kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang. 

Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil untuk melengkapi informasi yang kamu perlukan dalam memilih produk asuransi mobil terbaik.

Keuntungan memiliki asuransi all risk

Jika kamu memiliki asuransi mobil all risk, kamu memperoleh keuntungan yang tidak kamu peroleh dari jenis asuransi mobil lain, yaitu: 

1. Mobil terlindungi secara menyeluruh 

Sesuai dengan namanya, asuransi ini memberikan coverage secara menyeluruh (comprehensive) terhadap segala risiko (all risk). Artinya, kamu tidak perlu cemas jika kendaraan kamu mengalami kerusakan. Jenis kerusakannya pun tidak jadi faktor utama, baik kecil maupun besar akan ditanggung sesuai dengan isi polis kamu. Berbeda dengan jenis asuransi TLO yang mengharuskan mobil mengalami kerusakan di atas 75%.  

2. Lingkup manfaat yang lebih luas 

Sementara TLO hanya menanggung kerusakan atau kehilangan total, asuransi mobil all risk memberikan pilihan perluasan jaminan. Dengan perluasan jaminan tersebut, kamu dapat memproteksi kendaraan kamu dari risiko khusus, seperti bencana alam, kerusuhan, hingga tanggung jawab pihak ketiga jika pada kecelakaan kamu menyebabkan pengendara lain terluka. 

3. Memberikan rasa aman 

Sebab asuransi mobil all risk memberikan proteksi dari segala risiko, kamu akan memperoleh rasa aman dan tenang meskipun kendaraan kamu mengalami risiko. Semua atau sebagian biaya perbaikan kerusakan kendaraan kamu juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tenang, isi dompet dan tabunganmu aman! Artinya, kamu dapat menjalani hari-hari dengan rasa aman dan nyaman.  

Perbedaan asuransi all risk dan asuransi TLO  

Asuransi total loss only (TLO) memberikan jaminan pertanggungan untuk kehilangan atau kerusakan kendaraan lebih dari 75% kerugian total. Jika kerusakan mobil kamu sekadar lecet akibat diserempet atau spion patah saat berusaha masuk gang sempit, maka kerusakan-kerusakan kecil seperti itu tidak ditanggung perusahaan asuransi karena kurang dari 75% kerugian total. Premi asuransi TLO lebih murah daripada asuransi all risk.  

Biaya premi asuransi mobil all risk memang lebih besar daripada TLO. Namun, kamu perlu memperhatikan beda proteksi yang diberikan. Jika kamu memiliki asuransi all risk, segala risiko kerusakan, baik kecil maupun besar, ataupun kurang dari 75% kerugian total, kamu tetap dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi.  

Selain itu, asuransi TLO hanya memberikan uang ganti rugi atas kerusakan total. Sedangkan asuransi mobil all risk juga menanggung biaya perbaikan di bengkel rekanan untuk kerusakan sebagian. Artinya, kamu tidak perlu khawatir jika ingin melakukan perbaikan atas kerusakan kecil, seperti mobil lecet ketika masuk gang atau penyok karena menabrak trotoar. Biaya perbaikan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi all risk

Perhatikan hal-hal berikut agar kamu dapat memilih asuransi all risk yang sesuai dengan kamu. 

1. Biaya premi 

Pastikan kamu sudah menyisihkan dana untuk membayar premi asuransi. Pilih asuransi dengan premi yang sesuai dengan kemampuan kantongmu. Premi asuransi mobil all risk dipengaruhi oleh nilai pertanggungan dan wilayah tempat kamu membeli mobil.  

2. Reputasi perusahaan asuransi 

Kamu dapat mengecek testimoni yang diberikan nasabah perusahaan asuransi melalui internet ataupun dari keluarga, kerabat, dan teman kamu. Kamu dapat melihat juga seberapa banyak bengkel rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.  

3. Bandingkan polis dari beberapa perusahaan asuransi 

Kamu dapat membandingkan biaya premi dan isi polis dari beberapa perusahaan asuransi. Dengan demikian, kamu memperoleh yang terbaik dan cocok bagimu.  

4. Lengkapi syarat asuransi mobil 

Setelah memilih asuransi all risk yang cocok untuk kamu, lengkapi syarat dokumennya. Berikut dokumen yang diperlukan pada saat pendaftaran asuransi mobil all risk

  • Formulir pendaftaran yang disediakan oleh perusahaan asuransi kendaraan 
  • Fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Fotokopi dan asli Surat Izin Mengemudi (SIM) 
  • Untuk Warga Negara Asing wajib menyertakan KITAS atau KITAP 
  • Surat asli NPWP atau SIUP 

5. Pahami cara klaim asuransi 

Perhatikan batas waktu klaim dari saat risiko terjadi. Bacalah semua syarat dan ketentuan yang berlaku pada polis asuransi. Kamu bisa menghubungi kontak center untuk penjelasan lebih mendetail.

Tahun 2023 akan terjadi resesi, katanya. Bagaimana kalau prediksi para ahli ekonomi jadi kenyataan? Yuk, pelajari apa yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi resesi di tahun 2023.

Nah, kamu sudah tahu apa itu asuransi mobil all risk, manfaat, lingkup proteksi, pengecualian, serta perbedaannya dengan asuransi mobil jenis lainnya.

Sudah saatnya Anda memikirkan perlindungan terbaik untuk kendaraan kesayangan. Pastikan mobil Anda terlindungi dengan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) Roojai Indonesia. Dapatkan berbagai keuntungan dan layanan terbaik yang akan melindungi Anda dari berbagai risiko yang mungkin terjadi di jalan raya.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!