Menu

manfaat asuransi mobil

Asuransi mobil sering dianggap remeh karena sebagian besar orang merasa bisa mengendarai mobil secara hati-hati. Padahal, manfaat asuransi mobil adalah melindungi keuangan kita agar tidak mengalami kerugian finansial ketika terjadi musibah yang tidak terduga. 

Ketika berkendara dengan hati-hati, bisa saja orang lain yang kurang hati-hati menyerempet atau menabrak mobil kita. Jika mereka lari dari tanggung jawab, otomatis kita akan membiayai sendiri perbaikan mobil yang rusak atau penyok. 

Apa saja manfaat asuransi mobil? Mari simak ulasan berikut ini.

Manfaat asuransi mobil

Setidaknya terdapat tujuh manfaat asuransi mobil secara umum yang menjadi keuntungan bagi pemilik kendaraan. Apa saja manfaat asuransi mobil secara umum? Berikut penjelasannya! 

1. Memberikan rasa aman 

Siapa di sini yang sering merasa was-was ketika berkendara karena khawatir ditabrak atau menabrak kendaraan lain? Jika kamu memiliki asuransi mobil, maka akan memberikan rasa aman dalam berkendara. Kamu tidak lagi khawatir ketika berkendara karena risiko selama mengendarai mobil akan ditanggung perusahaan asuransi. 

2. Membantu perencanaan keuangan 

Salah satu manfaat asuransi mobil adalah membantu perencanaan keuangan? Bagaimana caranya? Ketika kamu merencanakan tabungan dan investasi, otomatis tabungan atau investasi kamu bisa terkuras ketika mobil mengalami kerusakan.

Biaya asuransi mobil dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu. Pelajari di sini berapa biaya asuransi mobil all risk dan TLO. Kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu tidak perlu mencairkan tabungan atau investasi untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Perusahaan asuransilah yang akan mengganti semua biaya kerusakan kendaraan. Dengan begitu, tabungan dan investasi kamu aman. 

3. Jaminan perlindungan 

Dengan manfaat jaminan perlindungan, kamu tidak akan mengalami kerugian berlebihan jika terjadi kecelakaan atau pencurian mobil. Misalnya, kecelakaan yang membuat mobil rusak parah. Perlindungan dari asuransi mobil akan menghilangkan biaya perbaikan yang jumlahnya bisa mencapai jutaan rupiah. Manfaat perlindungan ini akan kamu dapat selama masa pertanggungan asuransi mobil. 

4. Memberi proteksi jika terjadi kehilangan akibat pencurian 

Pencurian mobil adalah salah satu risiko besar bagi pemilik kendaraan. Itu sebabnya, asuransi mobil sangat bermanfaat ketika risiko ini terjadi. Saat terjadi kehilangan, kamu hanya perlu mengajukan klaim ke perusahaan asuransi

5. Adanya fitur layanan tambahan 

Asuransi mobil tidak hanya memberikan manfaat atas risiko kerusakan maupun kehilangan. Salah satu fitur layanan tambahan dari asuransi mobil adalah derek mobil (towing). Dengan fitur ini, ketika kehabisan bahan bakar di perjalanan atau mengalami ban bocor, kamu bisa menghubungi pihak asuransi dan mendapatkan layanan tersebut. 

6. Bebas dari tanggungan pihak ketiga 

Memiliki asuransi mobil juga memberikan kamu ketenangan dari tanggung jawab hukum pihak ketiga (TPL). Contoh manfaat asuransi mobil tanggung jawab hukum pihak ketiga adalah ketika kita menabrak kendaraan atau orang lain. Asuransi ini akan mengganti kerugian orang tersebut. 

7. Sebagai salah satu sarana investasi 

Jangan bingung dengan manfaat yang satu ini, ya! Jadi, ketika kamu tidak ingin harga mobil jatuh setiap tahunnya, asuransi akan membantu harga mobil tetap tinggi karena beberapa komponen mobil tetap terjaga dari berbagai risiko kerusakan fatal.

Setelah memiliki asuransi mobil, pelajari bagaimana cara klaim apabila kecelakaan terjadi menimpa kendaraanmu. Biar kamu tetap siaga dan semakin nyaman ketika berkendara.

asuransi mobil menjaga nilai mobil
Image by wirestock on Freepik

Jenis asuransi mobil

Jenis asuransi mobil ada dua yaitu asuransi total loss only (TLO) dan asuransi all risk (comprehensive atau gabungan). Kenapa ada dua? Hal ini dikarenakan adanya dua macam perlindungan yang berbeda dari masing-masing asuransi. Berikut penjelasannya! 

1. Asuransi mobil total loss only (TLO) 

Asuransi mobil TLO sering disebut juga asuransi kerugian total yaitu asuransi yang memberikan manfaat klaim ketika terjadi kehilangan total. Adapun yang dimaksud kehilangan total adalah kerusakan yang terjadi di atas 75 persen atau kehilangan akibat pencurian. 

Sekadar informasi, harga premi asuransi TLO lebih murah dibandingkan all risk. Hal ini dikarenakan TLO hanya memberikan jaminan untuk kerugian kehilangan total. Berbeda pada all risk atau asuransi komprehensif. 

2. Asuransi mobil all risk (comprehensive) 

Asuransi mobil all risk atau gabungan ternyata lebih banyak digemari masyarakat. Sebab, manfaat asuransi mobil all risk memberikan jaminan menyeluruh atas semua risiko berkendara, termasuk kerusakan kecil seperti baret hingga kerusakan berat. Dengan jaminan yang lengkap ini membuat harga preminya lebih tinggi dibandingkan harga premi asuransi TLO. Sebanding, bukan? 

Tips memilih asuransi mobil yang tepat

Apa saja yang harus kita perhatikan ketika memilih asuransi mobil agar mendapatkan manfaat asuransi mobil yang maksimal? Berikut ulasannya. 

1. Pilih jenis asuransi yang sesuai kebutuhan dan anggaran 

Untuk mendapatkan asuransi mobil yang tepat, pastikan kamu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan anggaran. Misalnya saja mobil baru yang masih dicicil, akan lebih aman dan nyaman jika dilengkapi asuransi mobil all risk. 

2. Pilih perusahaan asuransi tepercaya 

Perusahaan asuransi yang kredibel bukan hanya memiliki nama besar dan populer. Dalam hal ini kamu harus mempertimbangkan pelayanannya. Cek review asuransi mobil dan bandingkan sebelum kamu membelinya. 

3. Pilih yang bengkel rekanannya luas 

Bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia akan lebih nyaman bagi kamu. Sebab, ketika mengalami risiko berkendara, klaim dan perbaikan akan lebih cepat dilakukan. 

4. Perhatikan kontrak kerja sama 

Kontrak kerja sama atau polis juga perlu kamu perhatikan. Misalnya bagian pengecualian dalam klaim agar kamu mengetahui penyebab klaim ditolak atau syarat-syarat klaim. 

5. Bandingkan harga premi 

Premi asuransi mobil diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan adanya persentase harga premi termurah dan termahal. Untuk itu lakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum kamu membelinya, ya!

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!