karakter pengusaha sukses

Ketika bicara tentang sosok pengusaha, barangkali ada beberapa nama yang segera terlintas di kepala. Steve Jobs, Erick Thohir, Raffi Ahmad, bahkan sampai Gilang Widya Pratama alias Juragan 99, mungkin masuk dalam kategori tersebut. Pendapatan dan aset lebih dari ratusan miliar dari perusahaan yang mereka dirikan, membuat predikat “pengusaha sukses” layak mereka sandang.  

Berbeda dengan bekerja sebagai karyawan, penghasilan seorang pengusaha sukses memang seperti nggak ada batasnya. Dengan produk dan usaha yang tepat, cuan pun bisa mengalir terus. Inilah yang menginspirasi beberapa orang untuk menjejaki jalur yang sama.  

Tapi… membangun usaha sukses nggak semudah itu. Di balik kesuksesan nama-nama tadi, ada usaha yang nggak kenal lelah, jatuh-bangun, dan kepahitan lainnya. Yang membedakan mereka dengan yang lain adalah bagaimana mereka mengatasi kegagalan tersebut untuk bangkit lebih tinggi.  

Ya, faktanya ada beberapa karakter pengusaha sukses yang mereka miliki sebagai modal utama, selain cuan. Apa saja karakter pengusaha sukses itu?

Apa itu Pengusaha? 

Pengusaha atau wirausahawan adalah seseorang yang membangun bisnis melalui pengembangan produk maupun jasa dan mendapatkan sebagian besar imbalan bisnisnya tersebut untuk dirinya sendiri.  

Untuk mendapat predikat pengusaha, skala bisnis bukan menjadi acuan. Pemilik warung di samping rumah kamu pun bisa disebut pengusaha kalau ia mendapatkan untung dari penjualannya tersebut.  

Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah tentang mengejar peluang. Mencari dan mengetahui apa yang diperlukan masyarakat dan berusaha untuk menyediakan atau mengembangkan hal tersebut. Kewirausahaan juga tentang usaha nyata untuk mewujudkan ide-ide kamu.

Entrepreneurship erat kaitannya dengan kemampuan pengelolaan, termasuk dan terutama dalam mengelola uang. Baca disini kalau kamu mau belajar cara Atur Keuangan dan Penuhi Biaya Asuransi Kesehatan Bahkan Di Tengah Berbagai Ketidakpastian.

Pada tahun 1970-an, Steve Jobs melihat bagaimana komputer hanya populer di kalangan pelaku hobi namun nggak terjangkau masyarakat umum. Misi Steve Jobs dan Steve Wozniak, partnernya ketika pertama kali mendirikan Apple, adalah membangun komputer yang cukup ringkas dan ramah-pengguna sehingga dapat digunakan dengan mudah di kantor maupun di rumah-rumah.  

Lahirlah Apple I dan kemudian Apple II di tahun 1977. Penemuan komputer ini berhasil mengguncang dunia dengan visual berwarna serta aplikasi VisiCalc yang membuatnya sangat mudah digunakan. Hingga kini, Apple masih menjadi pemimpin pasar personal computer dengan produk yang terus dikembangkan untuk mengikuti kebutuhan pasar dan perkembangan zaman.

Freelance juga bisa disebut pengusaha, loh, karena mereka membangun bisnis dengan menjual jasanya. Ingin jadi freelancer yang sukses, simak 10 item starter pack ini.

4 Tipe Pengusaha 

Seperti sempat disebutkan di atas, pengusaha nggak hanya mengacu pada pemilik perusahaan besar dengan aset miliaran. Steve Jobs bisa disebut sebagai pengusaha yang berinovasi atau menciptakan sesuatu, tapi tentunya nggak semua pengusaha seperti itu. Berikut ini beberapa tipe pengusaha:  

7 Karakter Pengusaha Sukses 

Menjadi pengusaha sukses memerlukan keterampilan yang spesifik. Beberapa keterampilan tersebut mungkin sudah kamu miliki secara alamiah, namun ada juga beberapa yang perlu diasah atau dikembangkan melalui latihan terus-menerus.  

Memahami karakter pengusaha sukses bisa membantu kamu mengembangkan diri untuk menjadi pengusaha yang sukses. Berikut ini beberapa karakter pengusaha sukses yang bisa kamu kembangkan. 

1. Berani mengambil keputusan 

Seorang pengusaha harus berani mengambil keputusan. Bahkan seorang pengusaha sukses kerap kali dihadapkan pada keputusan-keputusan sulit dan harus mampu berpikir kritis sebelum mengambil keputusan yang bisa mengatasi masalah. Seorang pengusaha sukses bisa keluar dari zona nyaman untuk menemukan solusi sambil tetap tenang ketika melakukannya.

2. Punya rasa ingin tahu yang besar  

Curiosity doesn’t kill entrepreneurs. Bahkan rasa ingin tahu hanya membuat seorang pengusaha terus berkembang. Rasa ingin tahu mendorong seorang pengusaha untuk selalu ingin belajar. Mereka bertanya tentang banyak hal dan mencari peluang untuk mengembangkan dirinya sendiri juga perusahaannya. Mereka nggak bergulat dengan pemikiran dan idenya sendiri. Justru mereka bereksplorasi untuk mencari yang terbaik dan menemukan ide baru ketika mereka mendapatkan informasi baru.  

3. Memiliki kreativitas  

Pengusaha sukses selalu mencari cara kreatif untuk memecahkan masalah atau menyampaikan layanan, meskipun dengan keterbatasan sumber daya. Mereka akan mencari dari berbagai tempat untuk mendapatkan inspirasi yang mendasari kreativitas tersebut.  

Kreativitas juga bisa dikembangkan loh. Misalnya dengan melakukan beberapa kebiasaan yang bisa mendorong kreativitas, seperti mendengarkan musik, meditasi, traveling atau sekadar bertemu dengan orang-orang baru.  

4. Kemauan untuk mencoba hal yang baru  

Bereksperimen dan mengambil risiko adalah hal yang penting dimiliki seorang pengusaha. Berani mencoba hal baru dan bersiap diri ketika apa yang sudah direncanakan tidak berjalan dengan semestinya. Terbuka dengan kegagalan. Bahkan, seorang pengusaha menganggap kegagalan sebagai sebuah kesempatan untuk belajar dan memperbaiki idenya.  

Meski demikian, cobalah untuk berstrategi dengan eksperimen yang kamu lakukan, sehingga kamu bisa mengambil pelajaran dengan cepat dan dengan kerugian yang minim. Misalnya dengan melakukan riset pasar, selalu mengawasi tren industri yang kamu geluti, dan tetap melakukan perencanaan secara hati-hati. 

Mencoba hal baru juga penting saat kamu menjajal hobi baru. Misalnya dengan mencari jalur sepeda yang baru. Nah, ini tips merencanakan jalur sepeda supaya gowes tetap aman dan nyaman.

5. Jujur 

Berbeda dari yang dipercaya orang kebanyakan, kejujuran merupakan faktor penting dalam membangun bisnis. Seorang pengusaha, harus bisa dipercaya. Apapun yang kamu jual, pastikan kamu memberikan apa yang kamu janjikan kepada pembeli. Kepercayaan adalah salah satu modal yang bisa membuat bisnis seorang pengusaha berkembang. Investor atau penanam modal juga akan dengan senang hati menyuntikkan dana untuk bisnis kamu jika mereka percaya dengan kamu.  

Beberapa manfaat dari kejujuran seorang pengusaha adalah:  

6. Selalu punya rencana 

Bisnis yang sukses biasanya nggak hanya mengandalkan peluang yang ada. Terkadang, seorang pengusaha juga perlu menciptakan peluang tersebut. Karakter pengusaha sukses di antaranya sanggup melihat jauh ke depan dan mempersiapkan rencana–juga rencana back up–untuk bersiap menghadapi kondisi yang nggak bisa diprediksi. Pengusaha perlu mempunyai visi untuk perusahaannya sampai 5-10 tahun ke depan. 

7. Gigih  

Nggak mudah menyerah! Penting banget bagi seorang pengusaha untuk punya karakter ini. Karakter pengusaha sukses ini membuat seseorang tetap berjalan ke depan walaupun banyak rintangan menghadang. Nggak mungkin sampai garis finish kalau di kilometer pertama aja kamu udah menyerah, kan?  

Bahkan ketika sudah gagal, seorang pengusaha masih punya dorongan untuk bangkit dan mencoba lagi dengan cara dan rencana yang berbeda.  

Itulah beberapa karakter pengusaha sukses yang perlu kamu miliki kalau ingin membangun sebuah bisnis. Kira-kira, karakter mana yang sudah ada dalam diri kamu? 

Priscilla Lulianne

Ditulis oleh

Priscilla Lulianne

Head of Contact Center

Priscilla merupakan lulusan Universitas Prof. Dr. Moestopo yang sudah menjadi seorang profesional Customer/Partnership dan Contact Center Relationship Management selama 18 tahun. Priscilla memiliki sertifikasi AAUI dan berpengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Sebagai Head of Contact Center, penting bagi Pricilla untuk menjaga kesehatan. Karena itu, Priscilla senang menerapkan gaya hidup sehat. Saat ini Pricilla senang berbagi informasi mengenai asuransi dan lifestyle.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!