Menu

produk asuransi kesehatan | roojai.co.id

Produk asuransi kesehatan adalah jaminan perlindungan yang menanggung biaya medis, obat-obatan, bedah, dan lainnya bagi tertanggung atau pemegang polis. 

Merujuk Investopedia, asuransi kesehatan mengganti sebagian besar biaya medis dan bedah serta biaya perawatan pencegahan yang dikeluarkan oleh tertanggung. 

Tapi kamu harus tahu kalau setiap jenis asuransi kesehatan mempunyai premi hingga jaminan perlindungan yang berbeda-beda. 

Semakin banyak manfaat dan fasilitas yang kamu ambil, maka makin mahal juga nilai preminya. Nah, untuk lebih jelas simak penjelasan berikut ini: 

Produk Asuransi Kesehatan di Indonesia 

Produk asuransi kesehatan terbagi menjadi beberapa jenis yang disesuaikan dengan kebutuhan. Namun secara garis besar jenis asuransi kesehatan terbagi menjadi lima kategori, yaitu:

1. Asuransi kesehatan berdasarkan manfaat perawatan

Di Indonesia, produk asuransi kesehatan dibedakan jenis perawatannya yaitu rawat inap dan rawat jalan. Adapun perbedaan jenis asuransi kesehatan rawat inap vs rawat jalan, penjelasannya sebagai berikut: 

  • Rawat inap yaitu manfaat yang didapat produk asuransi kesehatan. Produk ini menanggung biaya rumah sakit saat tertanggung atau pemegang polis dirawat inap di rumah sakit, mulai dari biaya kamar, obat-obatan, kunjungan dokter, operasi, laboratorium, dan lainnya. 
  • Rawat jalan, manfaat yang didapat berupa pertanggungan biaya medis mulai dari diagnosa dokter, laboratorium, hingga penebusan resep obat-obatan. 

Jadi, perbedaan coverage asuransi kesehatan rawat inap dan rawat jalan terletak pada jenis perawatan medisnya. 

2. Jenis asuransi kesehatan berdasarkan badan penyelenggara

Di Indonesia, badan penyelenggara asuransi kesehatan dibedakan menjadi dua yaitu pemerintah dan swasta. 

Asuransi kesehatan yang dikeluarkan dan dikelola oleh pemerintah seperti BPJS Kesehatan yang bersifat wajib bagi setiap warga negara Indonesia.  Sementara swasta dikelola oleh badan swasta yang sifatnya sukarela. 

3. Produk asuransi kesehatan berdasarkan polis 

Asuransi kesehatan jenis selanjutnya dibedakan berdasarkan polisnya, yaitu murni dan unit link. Produk asuransi kesehatan murni memberi manfaat pertanggungan hanya biaya kesehatan saja, termasuk rawat inap, rawat jalan, melahirkan, gigi, dan lainnya. 

Sedangkan unit link, selain memberi proteksi pada kesehatan, produk ini juga memberi manfaat berupa investasi. 

4. Produk asuransi kesehatan berdasarkan cara klaim

Selain terdapat perbedaan rawat inap dan rawat jalan, asuransi kesehatan juga berbeda dalam cara klaim, yaitu melalui reimbursement dan cashless. 

Jenis klaim reimbursement ini artinya pembayaran dilakukan belakangan setelah peserta mendapat perawatan. Jadi, tertanggung harus membayar biaya perawatan lebih dulu sebelum mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. 

Sedangkan jenis cashless, peserta tak perlu membayar biaya perawatan sendiri. Sebab perusahaan asuransi sudah memberikan jaminan pada rumah sakit untuk penggantian tagihan biaya perawatan sesuai ketentuan polis dari tertanggung. 

5. Asuransi kesehatan berdasarkan pihak tertanggung 

Jenis berikutnya adalah dibedakan dari pihak tertanggung, yaitu personal dan kelompok. Asuransi kesehatan personal atau individu memberi jaminan pertanggungan untuk perorangan. 

Sementara produk asuransi kesehatan kelompok memberi perlindungan untuk sekelompok orang. Misalnya asuransi keluarga atau perusahaan. 

Terkait jenis asuransi kesehatan ini, ada perbedaan antara asuransi kesehatan keluarga vs asuransi kesehatan individu, salah satunya dari manfaat yang diterima.

Baca juga: Pertimbangkan Hal Ini Saat Memilih Asuransi Kesehatan

Perbedaan Manfaat Asuransi Kesehatan Keluarga dan Individu

Seperti namanya, asuransi kesehatan individu perlindungannya hanya mencangkup satu orang saja. 

Sementara asuransi kesehatan keluarga memberi jaminan perlindungan untuk semua anggota keluarga dalam satu polis. 

Selain perbedaan pihak tertanggung, dua jenis asuransi ini juga berbeda dalam hal manfaat. 

Manfaat Asuransi Kesehatan Individu 

Ada sejumlah manfaat yang didapat dari produk asuransi kesehatan personal, antara lain: 

  1. Pertanggungan biaya rawat inap. Perusahaan asuransi akan menutup sebagian besar biaya perawatan mulai dari tagihan kamar, kunjungan dokter umum atau spesialis, obat-obatan, tindakan medis, cek laboratorium dan lainnya. 
  2. Pertanggungan biaya rawat jalan, bisa melalui reimbursement atau cashless. Biaya yang ditanggung antara lain, konsultasi dan diagnosa dokter, cek laboratorium, penebusan obat dan lainnya. 
  3. Manfaat tunai santunan rumah sakit. Tiap perusahaan asuransi mematok biaya santunan yang berbeda. Santunan ini diberikan sebagai ganti ongkos transportasi atau pendamping. 
  4. Layanan darurat 24 jam untuk evakuasi baik itu rumah sakit di dalam atau luar negeri selama masih dalam rekanan asuransi. 
  5. Jaminan perpanjangan polis. 
  6. Limit pertanggungan yang cukup besar. 
  7. Pengembalian premi bila tidak ada klaim selama menjadi peserta asuransi. 

Manfaat Asuransi Kesehatan Keluarga

  • Tidak berbeda jauh dengan produk asuransi kesehatan personal, perlindungan keluarga juga mencakup beberapa manfaat yang sama. 
  • Adapun manfaat asuransi kesehatan keluarga terdiri dari dua kategori yaitu manfaat dasar dan tambahan (rider). 
  • Manfaat dasar merupakan pertanggungan utama yang diberikan perusahaan asuransi pada tertanggung. Umumnya manfaat dasar asuransi keluarga yang diberikan antara lain rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan. 

Sementara manfaat rider adalah benefit tambahan untuk melengkapi manfaat dasar, seperti melahirkan, mata, gigi, dan medical check up. Namun, penambahan rider sama dengan menambah premi. 

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan perbedaan cakupan asuransi kesehatan keluarga dan asuransi kesehatan individu terletak pada jumlah tertanggung dan nilai preminya saja. 

Perbedaan Manfaat Asuransi Kesehatan untuk Rawat Inap dan Rawat Jalan

Selain mempertimbangkan nilai premi, calon nasabah akan mempertimbangkan manfaat rawat inap dan rawat jalan. Keduanya sama-sama mempunyai manfaat untuk perlindungan kesehatan tertanggung.

Lalu apa perbedaan manfaat asuransi kesehatan untuk rawat inap dan rawat jalan? 

Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Seperti dijelaskan di atas asuransi kesehatan rawat jalan adalah pengobatan yang dilakukan secara mandiri tanpa harus menginap di rumah sakit. Umumnya asuransi jenis ini diberikan sebagai manfaat tambahan dari asuransi rawat inap. 

Perusahaan asuransi memberikan pertanggungan berupa proteksi pada biaya yang dikeluarkan saat rawat jalan, mulai dari konsultasi dan diagnosa dokter, laboratorium, obat-obatan, dan lainnya. 

Meski asuransi rawat jalan menanggung biaya selama perawatan tanpa menginap, tapi ada pembatasan proteksi yang diberikan. Biasanya, asuransi jenis ini mengharuskan pasien untuk mendapat rujukan dari dokter umum sebelum ke spesialis. Kemudian jumlah kunjungan berobat selama satu tahun, rumah sakit rekanan, hingga limit tahunan. 

Namun, pembatasan proteksi tersebut tak menghilangkan pentingnya memiliki asuransi kesehatan rawat jalan. Terlebih bila mengingat biaya kesehatan yang semakin tinggi setiap tahunnya. 

Asuransi Kesehatan Rawat Inap 

Sementara asuransi rawat inap adalah jenis proteksi bagi pasien atau pemegang polis yang diharuskan menjalani proses rawat inap di rumah sakit, seperti penyakit khusus atau proses pemulihan setelah pembedahan. 

Adapun biaya yang termasuk dalam rawat inap adalah sebagai berikut: 

  • Biaya katering, kamar, dan perlengkapan menginap. 
  • Biaya laboratorium seperti cek darah, tindakan, dan pengecekan kesehatan lain. 
  • Biaya kunjungan dokter umum dan spesialis serta perawat. 
  • Biaya obat-obatan yang digunakan selama menjalani rawat inap di rumah sakit. 

Baca juga: Berapa Biaya Rawat Inap Rumah Sakit Tanpa BPJS? Ketahui di sini!

Tips Memilih Produk Asuransi Kesehatan Rawat Inap dan Rawat Jalan 

Sebelum membeli asuransi kesehatan baik itu dengan manfaat rawat inap atau pengobatan jalan, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut: 

Premi terjangkau 

Kemampuan finansial dalam membayar premi menjadi pertimbangan utama calon nasabah. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan untuk mengantisipasi kesulitan membayar premi di kemudian hari. 

Sistem pembayaran klaim yang digunakan

Ada dua sistem pembayaran klaim dalam asuransi yaitu reimbursement dan cashless. Pastikan kamu mengetahui cara kerja dua sistem pembayaran klaim ini. 

Sistem cashless lebih disarankan karena efisien dan efektif bagi pasien atau pemegang polis. Sementara reimbursement mengharuskan pasien untuk membayar biaya perawatan lebih dulu untuk nantinya klaim dibayar oleh perusahaan asuransi. 

Polis asuransi kesehatan keluarga

Bagi yang sudah berkeluarga, asuransi kesehatan yang menanggung seluruh anggota keluarga menjadi kelebihan sendiri. Sebab, cukup satu polis, proteksi kesehatan mencakup semua anggota keluarga. 

Risiko yang ditanggung oleh perusahaan asuransi

Setiap perusahaan asuransi memiliki aturannya sendiri dalam memproteksi risiko yang bisa diklaim. Karena itu pastikan kamu mengetahui apa saja yang bisa diklaim dari perusahaan asuransi untuk meminimalisir kemungkinan pengajuan ganti rugi ditolak. 

Kredibilitas perusahaan 

Hal berikut yang harus dipertimbangkan adalah kredibilitas perusahaan asuransi. Pastikan perusahaan asuransi pilihan kamu sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Riset kecil-kecilan untuk mengetahui ulasan atau penilaian dari pemegang polis lainnya, apakah terdapat kendala dalam pengajuan klaim atau tidak. 

Pertanyaan Seputar Asuransi Kesehatan

Apa saja contoh dari produk asuransi? 

Ada beberapa jenis produk asuransi yang bisa kamu ketahui, yaitu: 

  1. Asuransi Jiwa 
  2. Asuransi kendaraan bermotor
  3. Asuransi properti 
  4. Asuransi kredit 
  5. Asuransi uang dan harta benda 
  6. Asuransi kesehatan 
  7. Asuransi pendidikan

Apa saja contoh asuransi kesehatan?

Di Indonesia, asuransi kesehatan terbagi dalam beberapa jenis produk, yaitu: 

  1. Asuransi kesehatan individu 
  2. Asuransi kesehatan keluarga 
  3. Asuransi kesehatan orang tua 
  4. Asuransi kesehatan karyawan 
  5. Asuransi hospital cash plan 
  6. Asuransi penyakit kritis

Apa itu produk asuransi kesehatan?

Produk asuransi kesehatan adalah proteksi yang diberikan pada tertanggung dengan mengganti setiap biaya pengobatan, baik untuk rawat jalan atau inap. Biaya yang ditanggung mencakup, konsultasi dan diagnosa dokter, biaya pembedahan, obat-obatan dan lainnya. 

Apakah BPJS termasuk produk asuransi? 

BPJS Kesehatan adalah program jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan dari pemerintah untuk warga negara Indonesia, baik sipil, pns, atau karyawan swasta.

Dian Pusparini

Ditulis oleh

Dian Pusparini

Head of Claim

Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!