Beli Mobil Bekas, Pertimbangkan Dulu Hal-hal Berikut Ini 

April 13, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Beli Mobil Bekas, Pertimbangkan Dulu Hal-hal Berikut Ini 

Penjualan mobil bekas semakin menggeliat pada awal tahun 2023 setelah sempat terjadi tren menurun pada akhir tahun sebelumnya. Isu resesi ekonomi menjadi salah satu yang mempengaruhi keputusan calon konsumen untuk membeli mobil atau menundanya. Namun, permintaan akan mobil bekas kembali meningkat seiring mendekatnya bulan puasa dan lebaran.  

Pasar mobil bekas memang nggak pernah mati. Transaksi jual-beli mobil bekas tetap bertahan bahkan selama masa pandemi Covid-19. Platform layanan jual beli mobil bekas berbasis teknologi, pada penghujung 2021 menunjukkan bahwa minat masyarakat membeli mobil masih cukup tinggi. Pasar mobil bekas dalam negeri diprediksi terus tumbuh 2 sampai 3 persen secara tahunan.  

Ada beberapa alasan kenapa mobil bekas menjadi pilihan dibandingkan dengan mobil baru. Harga yang terjangkau merupakan alasan utama. Pada kenyataannya, mobil bekas memang tidak kalah dibandingkan mobil baru. Tentu saja kamu perlu cermat dalam memilih mobil mana yang akan dibeli. Selain itu, kamu perlu memiliki asuransi mobil untuk mengcover dari risiko mobil mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan. 

Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan dalam proses membeli mobil bekas. Yuk, lanjut baca untuk menambah pengetahuan kamu.

Alasan membeli mobil bekas

Jika secara finansial kamu masih belum cukup untuk memiliki mobil baru, membeli mobil bekas merupakan solusi yang bagus. Mobil bekas nggak kalah dari mobil baru, bahkan unggul dalam beberapa aspek. Berikut hal-hal yang bisa jadi pertimbangan ketika membeli mobil bekas.

Harga mobil bekas umumnya lebih terjangkau

Harga mobil bekas yang umumnya lebih rendah, hampir dapat dipastikan, adalah alasan utama mengapa orang membeli mobil bekas. Harga mobil bekas biasanya jauh lebih murah daripada mobil baru, terutama untuk model yang sudah berumur beberapa tahun. Hal ini membuat mobil bekas menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas. Selain itu, mobil bekas juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mendapatkan mobil dengan fitur dan spesifikasi yang lebih tinggi daripada mobil baru di kelasnya.

Depresiasi lebih rendah

Mobil bekas memang menghemat pengeluaran kamu apalagi ketika dibandingkan dengan opsi membeli mobil baru. Namun, tidak hanya soal harga. Mobil bekas lebih menguntungkan dan aman buat dompet kamu, terutama terkait depresiasi nilai kendaraan. 

Penurunan nilai kendaraan (vehicle depreciation) merupakan hal yang tak terhindarkan. Secara sederhana, depresiasi menyebabkan harga jual mobil akan jauh lebih rendah dibandingkan harga beli sebelumnya. Namun, dibandingkan dengan mobil baru, mobil bekas mengalami tingkat depresiasi yang lebih rendah.  

Mobil baru biasanya mengalami penyusutan nilai sebesar 20 persen semenjak dipakai pertama kali. Kebanyakan mobil akan mengalami depresiasi lanjutan sebesar 10 persen pada tahun pertamanya. Jadi, penurunan sekitar 30 persen nilai kendaraan tersebut sudah terjadi di tahun awal kepemilikan. 

Sedangkan mobil bekas lebih lambat dalam soal depresiasi nilai. Ketika kamu membeli mobil bekas, kendaraan tersebut sudah melewati depresiasi mayornya. Jadi, mobil bekas mengalami depresiasi dalam tingkat yang lebih lambat sehingga rasio pinjaman terhadap nilai (loan-to-value) lebih stabil.  

Terhindar dari pajak tinggi

Mobil baru adalah aset dengan tarif pajak tinggi, mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah, apalagi jika mobil tersebut tergolong mewah. Contohnya, Lamborghini yang pajak tahunan paling murah saja mencapai Rp550 juta. Tidak mengherankan kalau orang bijak lebih memilih uang sebanyak itu diinvestasikan atau sebagai modal bisnis daripada membayar pajak kendaraan.  

Oleh karena itu, dari sisi perpajakan, dengan lebih rendahnya pajak mobil bekas, bila dibandingkan dengan pajak mobil baru, maka membeli mobil bekas akan lebih menguntungkan disbanding membeli mobil baru. Banyak orang cenderung lebih memilih beli mobil bekas untuk menghindari tingginya tarif pajak. Ditambah, pajak mobil bekas yang lebih ringan juga meminimalisir bengkaknya pengeluaran apabila ada keterlambatan bayar pajak. Tentunya pajak tahunan yang tinggi pada mobil baru dan mobil mewah berisiko dikenai sanksi berupa denda hingga penyitaan mobil apabila sang pemilik menunggak pembayaran pajak. Sedangkan mobil bekas memang tetap dikenai pajak, hanya saja tarifnya tak setinggi mobil baru. Dengan begitu, mereka bisa lebih menghemat uangnya untuk pajak mobil. 

Pengajuan kredit lebih cepat

Proses pengajuan dan administrasi kredit mobil bekas umumnya lebih cepat dibandingkan proses pengajuan kredit mobil baru. Bahkan hanya dalam hitungan jam, pengajuan kredit dapat diterima jika semua syarat dan dokumen dipenuhi. Artinya, setelah melewati tahap pemilihan, pengecekan, dan pembayaran, kamu dapat langsung membawa pulang mobil bekas dan menggunakannya untuk berbagai kegiatan.  

Persyaratan pengajuan kredit mobil bekas memang tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu melengkapi formulir dan menyerahkan sejumlah dokumen. Tentu setiap perusahaan pembiayaan memiliki persyaratan dan kebijakan masing-masing.  

Agar pengajuan kredit mobil bekas diterima oleh pihak perusahaan pembiayaan, kamu perlu memastikan penghasilan kamu sebagai pemohon cukup untuk membayar cicilan. Kamu harus menyerahkan rekening koran saat mengajukan kredit. Orang dengan penghasilan (gaji bulanan) rutin dianggap mampu membayar cicilan setiap bulan. Sementara, pekerja wiraswasta akan dilihat dari pendapatannya setiap bulan, apakah cukup besar untuk kemampuan membayar cicilan atau tidak. 

Kesehatan rekening juga menjadi pertimbangan apakah pengajuan kredit dapat diterima atau tidak. Perusahaan pembiayaan akan cukup ketat soal ini. Jika melalui rekening terlihat bahwa pemohon mampu mengelola pengeluarannya dengan baik, pengajuan kredit akan lebih mudah. 

Selain itu, kamu perlu memahami bahwa biasanya semakin kecil DP (down payment) yang kamu bayarkan, semakin lama tenor atau masa pembayaran cicilan, sehingga semakin besar bunga yang harus kamu bayar. Sebaliknya, semakin besar DP yang kamu serahkan, semakin ringan bunga karena tenor semakin singkat.  

Asuransi lebih murah

Biaya asuransi memang bervariasi, tetapi utamanya tergantung dari harga atau nilai mobil di pasaran. Harga mobil bekas cenderung murah, maka premi asuransi mobil bekas cenderung lebih murah juga dibandingkan mobil baru.

Baca juga asuransi mobil Total Loss Only (TLO) untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang asuransi mobil yang tepat untukmu.

Pertanyaannya adalah apakah mobil bekas dapat diasuransikan? Jawabannya: tentu saja bisa. Perusahaan asuransi biasanya akan mengenakan biaya tambahan untuk mobil bekas berusia tua dengan alasan mobil tua memiliki risiko kerusakan lebih tinggi. Batas usia mobil yang dianggap tua bervariasi tergantung masing-masing perusahaan. Ada yang menganggap usia mobil di atas 5 tahun sudah tua, ada yang menentukan usia 15 tahun ke atas baru dianggap tua.  

harga mobil bekas | roojai.co.id
Image by Freepik

Tips membeli mobil bekas

Tidak semua mobil bekas memiliki nilai yang sama. Kamu perlu cermat memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan kamu. Berikut tips ketika membeli mobil bekas: 

Sesuaikan budget 

Aturan umum berapa besar cicilan kredit mobil yang dapat kamu bayarkan adalah tidak lebih dari 20 persen dari pendapatan bulanan kamu. Kamu juga perlu mempertimbangkan perihal mobil bekas akan membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan mobil baru. Kamu mungkin perlu menyediakan dana untuk ban cadangan, rem baru, atau untuk menyegarkan penampilan mobil bekas yang kamu miliki. Oleh karena itu, ahli keuangan menyarankan sebaiknya cicilan bulanan mobil bekas kamu sekitar 10 persen dari pendapatan bulanan saja.  

Temukan mobil bekas idaman  

Kamu punya banyak pilihan untuk menemukan mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan kamu. Dealership ternama semakin banyak yang menjual mobil bekas di antara mobil baru. Bahkan kamu bisa menemukan mobil bekas dengan model terkini karena ada program tukar tambah di dealer tersebut. Dealer merek resmi terkadang juga mempunyai bengkel sendiri sehingga mobil bekas mereka terjamin kualitasnya. 

Selain itu, platform jual-beli mobil bekas secara online semakin jamak di masa sekarang. Kamu dapat menemukan mobil bekas dengan tawaran harga yang menarik dan lebih rendah dibandingkan melalui dealership. Karena semakin banyak orang secara pribadi menjual mobil mereka, pastikan kamu mendapatkan data riwayat mobil dan surat-surat penjualan yang lengkap.  

Riset harga pasar  

Setelah kamu menemukan tipe dan model mobil bekas yang kamu inginkan, pertimbangkan harga beli yang menurut kamu layak dan memuaskan. Beberapa faktor yang berpengaruh dalam menentukan harga beli di antaranya tahun produksi, tingkat keausan kendaraan, tinggi-rendahnya jarak tempuh, dan tingkat permintaan pasar terhadap model mobil tersebut atau yang serupa di kelasnya. 

Salah satu cara untuk riset harga pasar adalah melalui internet maupun media massa, seperti koran dan majalah otomotif. Kamu juga bisa mengecek daftar harga di dealer mobil terdekat. Cek harga tipe mobil yang kamu incar.  

Periksa riwayat mobil 

Ketika kamu sudah menemukan mobil bekas yang menarik hati, pastikan kamu mendapatkan data riwayat mobil tersebut. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui bagaimana mobil tersebut digunakan oleh pemilik sebelumnya. Pastikan belum ada klaim asuransi TLO yang memberikan pertanda bahwa mobil tersebut pernah rusak parah.  

Lakukan uji coba 

Cara paling pamungkas untuk menentukan sebuah mobil bekas cocok untukmu adalah dengan mengendarainya (test drive). Uji coba dengan mengemudikan serta merasakan lajunya di jalanan akan memberikan kamu pertimbangan yang semakin matang. Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan uji coba kendaraan: 

Kenyamanan: Pastikan kamu nyaman mengendarainya dan ruang kabin cukup sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan juga jok pengemudi dan setir dapat disesuaikan serta ergonomis.  

Visibilitas: Periksa apakah kaca spion dalam kondisi bagus. 

Rem: Rem mestilah responsif dan tidak menimbulkan suara yang ganjil. 

Kebocoran: Lihat bagian mesin mobil dan ke bawah mobil setelah kamu melakukan uji coba. Jika tampak ada kebocoran atau bau yang mencurigakan, artinya ada yang bermasalah. 

Ban: Periksa secara visual untuk mengetahui keadaan ban mobil. Rasakan keseimbangan ban mobil ketika mengendarainya.  

Terakhir, kombinasikan data riwayat mobil, riwayat servis berkala, dan hasil uji coba untuk menentukan apakah mobil tersebut jodoh kamu. Utamakan rasa yakin dan nyaman ketika mengendarainya sebelum memutuskan untuk melanjutkan proses pembelian.  

Isi formulir dan lengkapi dokumen 

Kamu sudah memilih mobil bekas dan setuju dengan harganya. Saatnya untuk mengisi berkas dan membubuhkan tanda tangan. Jika kamu membeli mobil bekas di dealer, petugasnya akan membantu kamu. Tetapi, kamu juga perlu mempertimbangkan jika agen penjualnya menawarkan layanan tambahan atau perpanjangan garansi jika ada. Jika mobil dibeli dari pemilik lama secara langsung, kamu perlu melewati proses balik nama pemilik kendaraan di samsat terdekat. 

Berikan proteksi terbaik 

Tentu saja, kamu juga harus memastikan mobil bekas milikmu memiliki asuransi mobil sebelum kamu membawanya pulang. Jika kamu belum memiliki asuransi kendaraan roda empat, kamu dapat membelinya dari perusahaan asuransi.  

Jika mobil bekas telah dilengkapi asuransi kendaraan oleh pemilik sebelumnya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan balik nama polis asuransi. Kamu perlu menempuh beberapa prosedur untuk memindahkan data  Tertanggung pada polis asuransi. 

Pertama, kamu wajib melakukan pengalihan kepemilikan kendaraan dari pemilik lama ke pemilik baru. Siapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti STNK serta kuitansi atau akta jual-beli mobil tersebut. Ajukan balik nama ke kantor cabang perusahaan asuransi kamu. Jika kamu merasa pertanggungan asuransi masih kurang, kamu bisa menambahkannya (upgrade). Setelah balik nama polis asuransi disetujui, perusahaan asuransi akan menerbitkan berkas polis baru lengkap dengan nama Tertanggung yang baru.  

Pentingnya asuransi mobil bekas

Dengan memiliki asuransi mobil, kamu tidak perlu khawatir jika mobil mengalami kerusakan. Perusahaan asuransi mobil pada umumnya sudah bekerja sama dengan bengkel rekanan. Proses klaim asuransi mobil di bengkel rekanan tentu lebih mudah dan simpel. Bengkel akan menghubungi pihak asuransi. Jika klaim kamu diterima, perbaikan segera dilakukan. Kamu tinggal duduk manis di rumah, menunggu mobil kamu kembali prima seperti sedia kala. Beberapa bengkel rekanan juga menyediakan fasilitas peminjaman mobil pengganti sementara mobil kamu dalam proses perbaikan.  

Selain itu, mobil bekas kamu dapat dijadikan aset, bahkan sebuah investasi, lho! Meskipun setiap tahun harga jual kendaraan mengalami depresiasi atau penyusutan nilai, dengan punya asuransi mobil, harga jual mobil akan stabil sehingga penurunan tidak terlalu drastis. Karena setiap kerusakan komponen dapat diganti dengan yang baru berkat asuransi mobil. Apabila kamu menjual mobil lengkap dengan asuransi, daya jualnya akan lebih tinggi. Kamu nggak perlu takut merasa rugi menjualnya. 

Asuransi juga mencegah goncangan terhadap stabilitas finansial kamu. Jika mobil bekas tersebut mengalami kerusakan atau hilang karena pencurian, kamu nggak perlu merogoh tabungan atau dana darurat. Kamu nggak perlu berutang ke sana kemari untuk menutup biaya perbaikan mobil yang mahal. Belum lagi selama kebutuhan serta tagihan bulanan tetap perlu dibayar dan dilunasi. Jangan sampai kamu jadi pusing tujuh keliling.  

Nah, beda ceritanya jika kamu memiliki asuransi mobil. Meskipun tabungan kamu terbatas, biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dana darurat kamu pun aman. Kamu tinggal mengajukan klaim. Dengan demikian, tata keuangan keluarga kamu akan terus stabil. Kamu pun dapat melanjutkan hidup dengan senyuman karena pengeluaran serta pemasukan kamu mengalir tanpa ada gangguan.

Berikan proteksi terbaik untuk mobil bekas kamu. Bagaimana cara mendaftar asuransi mobil? Mudah sekali, kok!

Nah, beda ceritanya jika kamu memiliki asuransi mobil. Meskipun tabungan kamu terbatas, biaya kerusakan mobil akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dana darurat kamu pun aman. Kamu tinggal mengajukan klaim. Dengan demikian, tata keuangan keluarga kamu akan terus stabil. Kamu pun dapat melanjutkan hidup dengan senyuman karena pengeluaran serta pemasukan kamu mengalir tanpa ada gangguan. Demikian pula proteksi yang kamu akan dapatkan ketika memiliki Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia yang tidak hanya fleksibel dengan pilihan-pilihan benefitnya, tapi juga terjangkau. Pelajari lebih lanjut tentang produk asuransi ini agar kamu pun dapat segera memberikan proteksi yang mumpuni bagi mobil bekas yang kamu beli.