cara klaim asuransi cat full body mobil

Kondisi cat mobil bisa jadi ikut rusak ketika terjadi kecelakaan yang menggores eksterior kendaraankamu. Kalau punya asuransi, kamu perlu tahu bagaimana cara klaim asuransi cat full body mobil agar tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar.

Biaya cat full body mobil di bengkel berkisar antara Rp6 juta hingga Rp9 juta. Kembali lagi biayanya tergantung dari beberapa faktor seperti tingkat kesulitan, jenis cat yang digunakan hingga jenis bengkel yang mengerjakannya. Beruntungnya kamu yang punya asuransi sehingga tidak perlu mengeluarkan uang sebesar itu. 

Dalam artikel ini, kita akan mengulas cara klaim asuransi cat full body mobil,  berapa biaya cat mobil full body jika tanpa asuransi, hingga tips apa saja yang perlu kamu perhatikan. 

Konten

  1. Cara Klaim Asuransi Cat Full Body Mobil
  2. Biaya Klaim Asuransi Mobil 
    1. Tips Memilih Bengkel Cat Mobil Full Body
      1. Ini Pentingnya Punya Asuransi Mobil

      Cara Klaim Asuransi Cat Full Body Mobil

      Biaya cat full body mobil dapat ditanggung oleh asuransi asalkan penyebabnya jelas seperti yang tercantum dalam polis asuransi. Jadi, bukan semata-mata karena keinginan pemilik agar kendaraannya seperti baru lagi. 

      Lalu bagaimana cara klaim asuransi cat full body mobil? Yang pertama perlu kamu ingat adalah adanya batas waktu pelaporan atau pengajuan klaim, yang biasanya di kisaran 1 minggu setelah kejadian. Jadi segera lakukan pelaporan sebelum batas waktu yang ditentukan.

      Berikut ini cara klaim asuransi cat full body mobil: 

      1. Siapkan syarat klaim asuransi mobil

      Untuk mengklaim asuransi cat full body mobil, kamu perlu menyiapkan sejumlah syarat klaim seperti KTP, STNK dan kartu keanggotaan asuransi. Dokumen ini harus yang sesuai dengan data di polis asuransi mobil kamu, ya. 

      2. Lampirkan bukti kejadian

      Segera setelah kejadian yang membuat cat mobil kamu rusak, ambil dokumentasi kondisi mobil tersebut. Bukti ini merupakan salah satu syarat pengajuan klaim ke perusahaan asuransi maupun kepolisian jika memang diperlukan.  

      3. Isi formulir pengajuan klaim 

      Pengajuan klaim perlu dilakukan dengan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh penyedia asuransi. Formulir bisa dalam bentuk digital, melalui aplikasi, ataupun manual. Dalam formulir tersebut kamu perlu menjelaskan kejadian yang menyebabkan kerusakan pada cat body mobil. Isi formulir dengan teliti, sesuai fakta yang terjadi. Lampirkan bukti-bukti yang bisa mendukung atau menjelaskan kejadian. 

      4. Lengkapi dokumen yang diperlukan

      Lampirkan dokumen-dokumen yang diminta oleh pihak asuransi. seperti formulir klaim yang sudah diisi, salinan polis asuransi, fotokopi SIM, STNK, dan surat keterangan polisi jika kendaraan mengalami kecelakaan yang melibatkan pihak lain ataupun kerusakan fasilitas umum.  

      5. Tunggu proses verifikasi

      Setelah pengajuan klaim dilakukan, pihak asuransi akan melakukan pengecekan atas pengajuan klaim dengan melakukan survei. Proses ini merupakan bagian dari persetujuan klaim, selain pengecekan atas keabsahan dokumen yang dilampirkan.  

      Jika klaim kamu disetujui, pihak asuransi akan memberikan Surat Perintah Kerja (SPK) kepada bengkel untuk melakukan restorasi warna kendaraan. Bengkel di sini adalah bengkel rekanan asuransi yang terdekat dengan lokasi kamu. 

      Biaya Klaim Asuransi Mobil 

      Meskipun asuransi dapat menanggung biaya cat full body mobil kamu, namun ada biaya klaim asuransi yang perlu kamu bayar. Biaya ini disebut sebagai biaya risiko sendiri atau own risk

      Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengatur biaya own risk ini yakni minimal Rp300 ribu per kejadian. Artinya, bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi dan besaran nominal klaimnya. 

      Tujuan dari biaya own risk yakni mendorong pengemudi agar lebih berhati-hati lagi dalam berkendara meskipun resikonya sudah ditanggung oleh asuransi. Namun, biaya ini masih sangat sebanding bila kamu harus membayar biaya cat full body mobil sendiri tanpa asuransi. 

      Biaya Cat Mobil Full Body

      Pihak bengkel menentukan harga cat full body mobil dari tingkat kerusakan, jenis cat dan seberapa luas body mobil yang perlu dicat ulang. Jadi memang, harga pengecatan ulang mobil bisa berbeda-beda untuk setiap kasus. 

      Berikut perbandingan biaya cat mobil full body di bengkel resmi dan bengkel umum. 

      1. Biaya cat mobil di bengkel umum 

      Untuk cat ulang kendaraan biasanya dilakukan di bengkel body repair and paint yang memang punya spesialisasi di bidang ini. Sudah banyak bengkel umum atau bengkel non resmi yang punya spesialisasi di bidang pengecatan ulang kendaraan. 

      Adapun estimasi biaya pengerjaan cat mobil full body di bengkel body umum, kurang lebih seperti ini: 

      Biaya tersebut tentu hanya untuk biaya cat mobil full body saja. Kalau mobil kamu juga mengalami penyok atau baret mobil yang cukup dalam, maka biaya reparasi body atau bagian yang tergores tersebut belum termasuk.

      2. Biaya cat mobil di bengkel resmi 

      Biaya cat full body mobil di bengkel resmi umumnya lebih mahal ketimbang di bengkel umum. Hal ini wajar karena mereka menggunakan fasilitas dan spare part yang memang sesuai dengan standar pabrikan. 

      Untuk biaya repaint mobil full body di salah satu bengkel resmi yakni Auto2000, berikut estimasinya seperti yang dikutip dari setirkanan.co.id

      Tipe KendaraanEstimasi Harga
      Kendaraan kecil (Agya, Yaris, dan Etios)Rp7 juta
      Kendaraan medium (Avanza, Sienta, Innova)RpRp10,4 juta
      Kendaraan medium sekelas Kijang InnovaRp11,8 juta
      Kendaraan tipe large seperti Alphard & VellfireRp20,5 juta

      Tips Memilih Bengkel Cat Mobil Full Body

      Memilih bengkel cat bodi mobil tidak bisa sembarang karena hasilnya sangat bergantung pada pengalaman dan keterampilan bengkel. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih bengkel cat mobil terbaik. 

      1. Perhatikan reputasi bengkel 

      Baik bengkel umum maupun bengkel resmi, masing-masing punya kelebihannya sendiri-sendiri. Mengerjakan cat full body di bengkel resmi memang lebih baik, namun bukan berarti tidak ada bengkel umum yang bagus juga, ya!

      Keunggulan di bengkel resmi, pilihan cat sudah pasti sama dengan yang sebelumnya atau menggunakan standar pabrikan. Ini penting, terutama jika kamu hanya ingin mengecat bagian body yang rusak saja (per panel). Berbeda kalau kamu memang ingin cat full body mobil, maka perbedaan merek cat tidak akan terlalu bermasalah. 

      2. Pertimbangkan lamanya antrean dan pengerjaan

      Selanjutnya pertimbangkan pula dari segi lama pengerjaannya. Untuk pengerjaan di bengkel resmi biasanya memerlukan waktu antre yang lebih lama. Dengan jumlah bengkel resmi yang terbatas, antrean memang tak terelakkan. 

      Berbeda kalau kamu ingin mengerjakan pengecatan ini di bengkel non-resmi yang pilihannya lebih banyak. Kamu pun lebih leluasa memilih bengkel yang antreannya lebih sedikit. 

      3. Lihat fasilitas bengkel 

      Bagaimana dengan fasilitas pengerjaan, seperti alat cat dan pilihan catnya? Baik bengkel resmi maupun non-resmi bisa jadi memiliki fasilitas yang sama lengkap dan modern. Untuk memastikan hal ini sebaiknya kamu datang langsung melakukan survei untuk melihat proses repaint mobil di sana. 

      4. Cek hasil pengerjaan pelanggan sebelumnya

      Yang penting dilakukan adalah mengecek kualitas pengecatan dan perbaikan cat body mobil dari bengkel tersebut. Untuk mengetahuinya, sebaiknya kamu cari referensi dari pengguna yang sudah masuk terlebih dahulu. Kamu juga bisa cek review dari pelanggan sebelumnya melalui Google Maps atau forum otomotif. 

      Ini Pentingnya Punya Asuransi Mobil

      Harga ngecat mobil full body seperti yang sudah kamu ketahui tidaklah murah, bahkan bisa mencapai Rp10 juta. Oleh sebab itu, asuransi mobil yang bisa menanggung kerusakan cat mobil akibat kecelakaan sudah pasti sangat menolong keuangan kamu.  

      Tidak hanya sebagai pengganti perbaikan cat mobil akibat kecelakaan, asuransi mobil juga punya manfaat lain, yaitu: 

      1. Perbaikan kerusakan yang disebabkan oleh kecelakaan
        Asuransi akan memberikan pertanggungan atas biaya atau kerugian yang terjadi karena kecelakaan maupun pencurian.  
      2. Menjaga kestabilan keuangan
        Pengeluaran akibat kerusakan kendaraan bervariasi, dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Nah, di sinilah peran asuransi mobil bisa menjaga kondisi keuangan kamu. Dengan memiliki asuransi, kamu bisa mengantisipasi kondisi emergensi. 
      3. Memberi rasa tenang dan nyaman
        Mengetahui adanya perlindungan dari asuransi, kamu bisa lebih tenang dalam berkendara. Meskipun kecelakaan terjadi, ada asuransi yang bisa menanggung kerugian finansial yang terjadi.  
      4. Adanya layanan tambahan
        Penyedia asuransi biasanya menyediakan layanan lebih yang bisa membantu kamu saat mengalami kecelakaan. Misalnya layanan derek, mobil pengganti ketika kendaraan kamu diperbaiki di bengkel, atau contact center yang bisa dihubungi 24 jam, dll.
      5. Ekstra perlindungan, sesuai kebutuhan
        Penyedia asuransi biasanya menyediakan layanan lebih yang bisa membantu kamu saat mengalami kecelakaan. Misalnya layanan derek, mobil pengganti ketika kendaraan kamu diperbaiki di bengkel, atau contact center yang bisa dihubungi 24 jam, dll.

      Demikianlah pembahasan mengenai cara klaim asuransi cat full body mobil hingga bagaimana caranya jika menggunakan asuransi. Informasi mengenai cara klaim asuransi mobil biasanya sudah dijelaskan di dalam polis asuransi yang kamu terima saat pembelian asuransi mobil. Selamat mencoba!

      Nah kalau kamu sudah membaca dan paham seputar cara klaim asuransi cat full body mobil, jangan lupa untuk memastikan bahwa mobilmu sudah terlindungi proteksi Asuransi Mobil All Risk (Comprehensif) dari Roojai Indonesia. Polis asuransi kami memberikan perlindungan finansial kepada pengemudi dan penumpang di dalamnya – dalam hal apabila terjadi kecelakaan di jalan, mobil tabrakan, pencurian, bencana alam dan lainnya.

      Muhammad Vigo Sofyan

      Ditulis oleh

      Muhammad Vigo Sofyan

      IT QA Specialist

      Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!