Kamu sudah paham pentingnya melindungi mobil kamu dengan asuransi, kan? Ya memang, asuransi mobil bisa melindungi aset berharga, dalam hal ini kendaraan kamu. Harga mobil yang mahal dan fungsinya dalam mendukung aktivitas dan pekerjaan sehari-hari membuat asuransi mobil penting untuk dimiliki. 

Namun premi yang perlu dibayarkan untuk membeli asuransi kendaraan bisa menjadi halangan ketika memutuskan untuk membelinya. Padahal, premi tersebut terbilang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan uang yang harus dikeluarkan untuk mengganti kerusakan yang terjadi pada mobil. Apalagi kalau sampai, amit-amit,  mobil kamu hancur atau hilang karena dicuri. 

Tapi tahukah kamu? Premi asuransi mobil bisa dihemat dengan beberapa cara, loh. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara menghemat premi asuransi mobil.

Konten

  1. Apa itu premi asuransi mobil?
  2. Yang menentukan harga premi asuransi mobil
    1. Tips menghemat premi asuransi mobil

      Apa itu premi asuransi mobil?

      Premi asuransi mobil adalah sejumlah uang atau iuran yang perlu dibayarkan oleh pemilik kendaraan sebagai nasabah supaya bisa mendapatkan manfaat asuransi mobil. Premi asuransi mobil biasanya dibayarkan di awal tahun dan berlaku untuk satu tahun penuh. Untuk memperpanjang manfaat asuransi mobil, pihak asuransi akan mengeluarkan perhitungan baru untuk tahun ke-2 dan begitu seterusnya. 

      Besaran premi yang perlu dibayarkan berbeda-beda, tergantung dari produk asuransi yang dipilih, apakah asuransi all risk atau total loss only (TLO). Tarif premi itu sendiri sudah diatur ketentuannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan beberapa faktor.

      Jangan sembarang membeli asuransi yang murah saja. Berikut ini tips membeli asuransi mobil supaya terhindar dari penipuan.

      Yang menentukan harga premi asuransi mobil

      Ya, perhitungan harga premi asuransi mobil memang sudah ditentukan oleh OJK. Lembaga keuangan ini menentukan harga premi kendaraan berdasarkan beberapa faktor berikut; 

      Jenis mobil

      Pada dasarnya harga premi asuransi mobil ditentukan dari jenis kendaraan yang diasuransikan tersebut. Misalnya kendaraan mewah keluaran terbaru dari merek A tentu lebih mahal dibandingkan kendaraan merek dan tipe yang sama namun keluaran lama. Rumus gampangnya, semakin mahal harga kendaraan maka semakin mahal pula premi asuransinya, 

      Tujuan penggunaan kendaraan

      Selanjutnya, harga premi asuransi mobil juga ditentukan dari tujuan penggunaan mobil tersebut. Mobil yang tujuan penggunaannya meliputi kendaraan pribadi tentunya berbeda dengan kendaraan dinas. Semakin tinggi risiko kendaraan tersebut, semakin mahal pula premi yang harus dibayarkan. 

      Wilayah tempat tinggal

      Selain memengaruhi besaran pajak kendaraan yang harus dibayarkan, wilayah tempat tinggal di mana kendaraan tersebut terdaftar juga memengaruhi premi asuransinya. Penentuan harga premi asuransi mobil ini dilihat dari risiko yang ditimbulkan dari domisili kendaraan, yaitu semakin padat wilayah tempat tinggal maka semakin tinggi risikonya. 

      Saat ini ada pembagian wilayah tempat tinggal berdasarkan zona yang dipertimbangkan dalam menentukan harga premi kendaraan, yaitu: 

      Jenis asuransi mobil

      Terakhir, premi asuransi ditentukan dari manfaat yang diberikan. Semakin luas cakupan perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi mobil, semakin mahal biaya preminya. Berdasarkan manfaatnya, asuransi mobil dibagi menjadi dua yaitu asuransi all risk dan asuransi total loss only. 

      Asuransi all risk memberikan manfaat terhadap risiko yang terjadi pada mobil, baik kerusakan kecil maupun kerusakan besar. Sementara asuransi TLO hanya mengganti kerugian kendaraan yang melebihi dari 75% nilai kendaraan. Artinya, cakupan manfaat asuransi all risk lebih besar dari TLO. Sehingga dari segi premi, harga asuransi all risk lebih mahal daripada TLO. 

      Tips menghemat premi asuransi mobil

      Selain faktor penentu harga premi asuransi mobil yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa hal yang bisa pemilik kendaraan lakukan untuk menghemat premi. Bagaimana caranya? 

      Tertib dan aman berkendara

      Pemilik kendaraan yang namanya tercantum pada polis asuransi mobil bisa menentukan besaran premi kendaraan. Kalau mobil yang digunakan memiliki riwayat pemakaian yang buruk karena sering kena tilang polisi atau tercatat mengalami kecelakaan, maka tarif premi bisa jadi lebih mahal. 

      Catatan yang kurang baik tersebut menunjukkan kalau pemilik kendaraan memiliki risiko yang tinggi. Padahal harga premi biasanya ditentukan dari tinggi rendahnya risiko yang ditanggung. Semakin tinggi risikonya, semakin tinggi pula harga preminya. 

      Memilih manfaat yang diperlukan saja

      Cakupan perlindungan asuransi yang luas akan membuat kamu lebih tenang. Namun jika tujuannya adalah untuk menghemat premi asuransi mobil, kamu bisa memilih perlindungan yang diperlukan saja. Misalnya kalau wilayah rumah atau area kamu sering beraktivitas tidak rawan banjir, maka kamu bisa memilih asuransi tanpa perluasan banjir. 

      Mengurangi biaya deductible

      Dikenal juga dengan biaya own risk, deductible adalah biaya yang harus dibayar ketika nasabah mengajukan klaim asuransi. Contohnya ketika mobil mengalami kerusakan akibat kecelakaan dengan nilai kerugian sebesar 5 juta rupiah dengan biaya own risk sebesar 300 ribu rupiah. Maka kamu hanya perlu membayar 300 ribu rupiah untuk setiap kejadian yang diajukan. Semakin kecil biaya deductible, semakin menguntungkan bagi pemilik kendaraan. Namun biaya deductible ini tidak lepas dari premi asuransi itu sendiri. Premi asuransi yang tinggi biasanya dikompensasi dengan biaya deductible yang rendah. 

      Ketentuan tersebut perlu disikapi dengan hati-hati. Kalau kamu berniat menghemat biaya premi asuransi mobil dengan memilih premi yang lebih murah, pastikan untuk berkendara lebih hati-hati lagi demi mengurangi kemungkinan sering klaim. Akan tetapi, seringkali kecelakaan mobil terjadi dari pihak ketiga. Artinya meski kita sudah berhati-hati, pengendara lain yang mengemudi secara ceroboh bisa saja menyebabkan kecelakaan yang merusak kendaraan. 

      Mengurangi jumlah aksesori mobil

      Penggunaan aksesori mobil memang bisa membuat mobil kamu terlihat lebih mentereng. Tapi ternyata, semakin banyak aksesori terpasang pada mobil kamu maka akan semakin besar pula premi asuransi yang harus dibayarkan. 

      Setiap aksesori tersebut menambah harga kendaraan yang menyebabkan harga premi semakin besar. Namun untuk menghemat premi asuransi mobil, kamu bisa tidak mengikutsertakan aksesoris mobil tersebut dalam ketentuan polis. Artinya kalau aksesori mobil tersebut mengalami kecelakaan, biaya perbaikannya tidak ditanggung oleh asuransi. 

      Manfaatkan diskon asuransi

      Perusahaan asuransi mungkin saja memberikan potongan harga untuk premi dengan beberapa kondisi. Misalnya untuk pembayaran tanpa cicilan atau diskon untuk nasabah lama. Kamu bisa memanfaatkan diskon ini untuk dapat menghemat premi asuransi mobil. 

      Beli secara online

      Platform penyedia asuransi secara online memberikan fasilitas yang memudahkan banyak orang untuk mengakses dan membeli asuransi. Pembelian secara online ini juga membuat proses pembelian asuransi menjadi lebih ringkas dengan harga yang lebih terjangkau. 

      Beberapa penyedia asuransi online seperti Roojai Indonesia juga memberikan kemudahan kepada calon nasabah untuk mengatur premi sesuai kemampuan dan kebutuhannya. Dengan cara ini, kita bisa memastikan harga premi yang mencakup kebutuhan dengan harga yang sesuai anggaran.

      Merasa asuransi mobil all risk paling sesuai dengan kebutuhan kamu? Ini asuransi mobil all risk terbaik dan keuntungannya kalau beli di Roojai.

      Mengurangi penggunaan kendaraan

      Semakin tinggi jarak tempuh mobil, semakin tinggi risiko kecelakaan atau kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraan kamu. Oleh sebab itu, coba untuk mengurangi penggunaan mobil misalnya dengan lebih memilih menggunakan transportasi umum atau kendaraan lain seperti sepeda dan motor. Selain hemat premi, kamu juga bisa hemat pengeluaran BBM dan biaya perawatan mobil. 

      Berikan informasi yang akurat 

      Saat mengajukan asuransi, sebaiknya kamu memberikan informasi yang tepat dan akurat. Hal ini demi mengurangi penolakan ketika kamu mengajukan klaim. Perusahaan bisa menolak klaim jika ditemukan adanya informasi yang nggak akurat. 

      Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat premi asuransi mobil. Secara umum, premi asuransi bisa dihemat dengan meningkatkan keamanan mobil atau mengurangi risiko kecelakaan, memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu dan menghindari klaim yang tidak perlu. 

      Yang juga penting adalah memilih perusahaan asuransi yang dapat dipercaya sehingga mengurangi risiko gagal klaim. Perusahaan asuransi yang baik akan memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan kenyamanan nasabahnya.

      Jadi bagaimana, sudah siap melindungi mobil kamu dengan asuransi kendaraan yang tepat? Yuk, pilih asuransi yang bikin kamu tenang dan sesuai kebutuhan!

      Cek harga
      Firdaus

      Ditulis oleh

      Firdaus

      Bagikan:

      Sebelumnya

      Asuransi Mobil All Risk Terbaik dan Keuntungan Membelinya di Roojai

      Berikutnya

      Ini dia Asuransi Kesehatan yang Paling Cocok untuk Freelancer
      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!

      Menu