Ini 6 Langkah Mudah Klaim Asuransi Mobil Penyok

Maret 06, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan  |  Tags: klaim asuransi mobil penyok

klaim asuransi mobil penyok
Image by jcomp on Freepik

Asuransi mobil bisa menanggung biaya perbaikan ketika mobil kamu mengalami penyok akibat risiko yang ditentukan dalam polis. Perbaikan mobil bisa ditanggung oleh asuransi mobil dengan melakukan klaim asuransi mobil penyok terlebih dahulu. Apa saja prosedur yang perlu ditempuh untuk klaim asuransi mobil penyok? Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Asuransi yang menanggung mobil penyok

Saat ini ada dua jenis asuransi mobil yang umumnya dipakai masyarakat: asuransi Total Loss Only dan asuransi all risk. Perbedaan kedua jenis asuransi ini adalah pada cakupan pertanggungan yang diberikan.  

Pada asuransi total loss only, pertanggungan hanya diberikan pada kerusakan mobil akibat risiko yang ditanggung, yang jumlahnya melebihi 75% dari nilai mobil itu sendiri. Sementara asuransi all risk memberi cakupan perlindungan yang lebih luas, dari kerusakan kecil sampai yang menyebabkan kerusakan mobil dalam skala besar atau kehilangan mobil akibat pencurian. 

Dalam halnya mobil penyok, bisa diasumsikan kerusakan yang terjadi terhitung minor atau  kurang dari 75% nilai mobil. Dengan demikian, asuransi yang menanggung kerusakan mobil penyok hanya ditanggung oleh asuransi mobil all risk.

Di zaman serba digital saat ini, pembelian dan klaim asuransi juga bisa dilakukan secara online, termasuk asuransi mobil online. Apa itu asuransi mobil online dan bagaimana membeli asuransi online?

Penyebab mobil penyok yang ditanggung asuransi

Walaupun kerusakan mobil penyok ditanggung asuransi tipe all risk, ada beberapa hal yang menentukan apakah kerusakan tersebut memenuhi syarat untuk mendapat pertanggungan.  

Asuransi all risk menanggung kerusakan pada mobil, termasuk yang membuat mobil penyok, yang disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini:  

  • Kecelakaan  
  • Benturan 
  • Peristiwa kebakaran yang menyebabkan mobil menjadi penyok  
  • Tersambar petir 
  • Tergelincir 
  • Usaha pencurian yang menyebabkan kerusakan pada mobil 
  • Tindak kejahatan yang menyebabkan kerusakan pada mobil 

Tentu saja, kejadian yang menyebabkan mobil penyok tersebut sebaiknya bukan disengaja. Selain perlindungan atas risiko tersebut, kamu juga bisa menambah perluasan jaminan asuransi all risk dengan beberapa manfaat berikut:  

  • Jaminan untuk mengganti biaya tanggung jawab hukum pihak ketiga  
  • Fasilitas derek mobil 24 jam dari risiko mesin rusak, masalah ban hingga gangguan listrik  
  • Kerusakan akibat risiko bencana alam, mogok, terorisme, huru hara sampai tambahan asuransi kecelakaan mandiri.

Lalu lintas yang padat bisa meningkatkan risiko berbagai jenis kecelakaan, minor maupun mayor. Bagaimana dengan mobil yang baret, apakah kamu bisa klaim asuransi untuk memperbaiki kerusakan tersebut?

cara klaim asuransi mobil penyok
Image by 8photo on Freepik

Bagaimana cara klaim asuransi mobil penyok?

Untuk melakukan klaim asuransi mobil penyok dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur dibawah ini: 

1. Membuat laporan ke pihak asuransi  

Segera setelah kejadian yang membuat mobil penyok, buat laporan ke pihak asuransi. Jangan sampai telat, beberapa penyedia asuransi memberi batasan waktu untuk membuat laporan tersebut. Pahami hal ini dengan membaca polis asuransi mobil kamu secara saksama.  

2. Siapkan bukti dan dokumentasi 

Siapkan bukti kejadian dengan melampirkan dokumentasi mobil yang penyok. Pihak asuransi perlu melihat bukti-bukti untuk bisa menyetujui proses klaim yang kamu ajukan. Contoh bukti yang bisa kamu sampaikan adalah foto bagian mobil yang penyok.  

Pihak asuransi nantinya akan mengecek kesesuaian dokumentasi dengan kondisi sebenarnya. Jadi sebaiknya setelah didokumentasikan, jaga kondisi mobil sesuai kondisi pada saat dilaporkan, ya. Jika kecelakaan tersebut melibatkan pihak ketiga, dokumentasi juga diperlukan ketika melapor ke pihak berwenang.  

3. Lengkapi formulir pengajuan klaim  

Isi formulir pengajuan klaim dengan tepat. Biasanya isian dokumen ini termasuk nomor polisi, nomor polis, nomor mesin mobil, juga data diri pemilik asuransi.  

Selain mengisi data terkait asuransi, kamu juga perlu menjawab pertanyaan yang akan menggambarkan kejadian penyebab kerusakan pada mobil. Isi formulir dengan bahasa yang jelas, jujur dan mudah dimengerti.  

4. Lengkapi dokumen 

Supaya langkah klaim asuransi mobil penyok berjalan lancar, lengkapi formulir dengan dokumen yang diminta perusahaan asuransi. Beberapa dokumen yang biasanya diminta adalah salinan polis asuransi, fotokopi surat izin mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), dan surat keterangan kepolisian yang menjelaskan bahwa kamu mengalami kecelakaan.  

Jika kecelakaan ini juga melibatkan pihak ketiga, maka pihak tersebut juga perlu menyiapkan dokumen dan mengisi beberapa formulir. 

5. Menjelaskan kronologi kejadian 

Selain menjelaskan kejadian melalui formulir, pihak asuransi juga bisa melakukan wawancara untuk mengetahui kronologi kejadian. Ceritakan kejadian tersebut dengan sejujur-jujurnya dan jelas.  

6. Gunakan bengkel yang menjadi rekanan 

Setiap penyedia asuransi mobil memiliki daftar bengkel yang menjadi rekanan. Cari tahu daftarnya di polis asuransi atau pastikan dengan menelepon pihak asuransi. Setelah itu tentukan bengkel rekanan yang kamu tuju, lebih baik yang dekat dengan rumah kamu.  

Kenapa klaim asuransi mobil penyok ditolak?

Klaim asuransi mobil penyok yang ditolak bisa terjadi karena beberapa alasan, diantaranya adalah tidak memenuhi syarat beberapa kondisi dibawah ini: 

1. Polis nggak lapse 

Kondisi polis lapse adalah ketika polis nggak aktif atau masa berlakunya sudah lewat. Polis lapse juga bisa terjadi kalau pemilik mobil belum membayar premi.  

2. Kerusakan terjadi sebelum asuransi aktif 

Hindari mengajukan klaim untuk kerusakan yang sudah ada sebelum asuransi mobil kamu aktif. Oleh sebab itu, sebaiknya belilah asuransi mobil sebelum kamu menggunakan mobil tersebut untuk beraktivitas.  

3. Melanggar aturan 

Kalau kerusakan mobil terjadi karena insiden yang disebabkan pelanggaran hukum, maka kamu nggak berhak mendapat penggantian dari asuransi mobil. Misalnya kalau mobil kamu digunakan oleh pengendara yang nggak punya Surat Izin Mengemudi. 

4. Polis nggak sedang dalam masa tunggu 

Klaim asuransi nggak bisa dilakukan kalau polis masih dalam masa tunggu. Setelah membeli asuransi, pihak asuransi akan memberlakukan masa tunggu sampai asuransi berlaku. Masa tunggu biasanya berlaku selama 30 hari. Pastikan masa tunggu asuransi mobil kamu dengan membaca polis asuransi secara mendetail.  

5. Kerusakan yang disengaja 

Perusahaan asuransi akan menolak klaim kerusakan mobil yang terjadi karena kesalahan sendiri, khususnya kerusakan yang terjadi secara sengaja.  

6. Aksesoris tambahan nggak dilaporkan 

Supaya klaim bisa disetujui tanpa kendala, pastikan kamu selalu melaporkan aksesori tambahan yang dipasang pada mobil kamu kepada pihak asuransi. Tujuannya, supaya pihak asuransi mengetahui kondisi mobil terbaru. 

Itulah cara klaim asuransi mobil penyok yang bisa terjadi pada kamu. Supaya mendapatkan perlindungan yang kamu perlukan, pastikan kamu memilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebelum membeli asuransi yang pas, kamu bisa mempelajari seluk-beluk asuransi mobil dengan membaca artikel seputar asuransi mobil.