Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik, Wajib Baca sebelum Beli

Maret 27, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik, Wajib Baca sebelum Beli

Mobil pribadi jadi sarana transportasi pilihan karena kenyamanan yang diberikan. Namun ketika kamu membeli mobil, jangan lupa juga membeli proteksi berupa asuransi mobil yang bisa memberi tanggungan terhadap beberapa risiko kerusakan maupun kehilangan mobil. Di hadapi begitu banyak pilihan produk asuransi mobil, bagaimana cara memilih asuransi mobil terbaik? Apa saja yang perlu diperhatikan?

Sebelum memilih asuransi mobil terbaik

Fungsi dasar asuransi mobil adalah untuk memberikan perlindungan dan juga sebagai antisipasi terhadap berbagai macam risiko yang bisa merugikan kamu ketika terjadi musibah.  

Misalnya, asuransi akan memberikan ganti rugi ketika mobil kamu tanpa sengaja menabrak pembatas jalan dan menyebabkan mobil penyok. Dengan asuransi, kamu bisa memperbaiki kerusakan mobil tersebut ke bengkel rekanan asuransi dengan biaya yang ditanggung oleh pihak asuransi.  

Secara umum, ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih. Pertama adalah asuransi Total Loss Only (TLO) yang hanya menanggung kerusakan mobil yang nilainya minimal 75% dari nilai mobil itu sendiri. Sementara asuransi All Risk adalah asuransi yang perlindungannya lebih komprehensif karena juga menanggung kerusakan minor seperti mobil penyok, lecet, dan sebagainya.  

Dari segi biaya, asuransi TLO memiliki premi yang lebih murah daripada All Risk. Hal ini wajar mengingat pertanggungan yang diberikan kedua asuransi ini sangat berbeda.

Selain merusak kendaraan, kecelakaan juga bisa melukai diri kamu bahkan mengancam nyawa. Supaya lebih tenang saat berkegiatan, lengkapi perlindungan kamu dengan Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia.

Cara memilih asuransi mobil terbaik

Setelah kamu memutuskan salah satu jenis asuransi yang lebih cocok, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya yaitu memilih produk asuransi mobil terbaik untuk kamu. Dengan begitu banyak produk asuransi mobil yang tersedia, mungkin kamu mengalami kesulitan untuk memilih yang terbaik. Nggak perlu khawatir, berikut ini kami rangkumkan cara memilih asuransi mobil terbaik yang bisa kamu coba.  

1. Pastikan kredibilitas produk asuransi 

Gimana sih cara tahu produk asuransi tersebut bisa dipercaya atau nggak? Pertama kamu bisa memilih produk asuransi yang memang sering kamu dengar, baik dari media maupun dari orang-orang di sekitar kamu. Kamu juga bisa cek ke mereka apakah produk asuransi yang mereka beli bagus, apa saja kekurangannya, bagaimana proses klaimnya apakah mudah atau sulit? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu bisa kamu ajukan sebagai cara memilih asuransi mobil terbaik.  

Saat ini kamu juga bisa melakukan riset produk di internet, baik dengan mengunjungi website produk asuransi mobil, maupun dari forum-forum yang membahas mengenai hal ini.  

2. Bandingkan premi yang harus dibayarkan dan manfaat yang diperoleh 

Mungkin setelah melakukan riset, pilihan kamu sudah mengerucut ke 2 sampai 3 produk asuransi mobil incaran. Langkah selanjutnya adalah melakukan ‘bedah’ terhadap masing-masing produk. Apa saja manfaat yang ditawarkan, apakah memang benar-benar kamu butuhkan? Apakah salah satu produk memberikan servis yang lebih dibandingkan yang lain?  

Setelah itu, kamu bisa membandingkan dengan premi yang harus kamu bayarkan. Dengan jumlah tersebut dan manfaat yang diberikan, mana yang menurut kamu lebih sepadan? Apakah harga preminya masuk dalam budget kamu?  

3. Daftar bengkel rekanan dengan jangkauan yang luas  

Ketika membeli asuransi mobil, bayangkan situasi terburuk: mobil kamu mengalami kecelakaan dan harus diperbaiki di bengkel. Apakah sekiranya kamu punya preferensi bengkel tertentu, yang kamu percayai untuk memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi?  

Setiap produk asuransi memiliki daftar bengkel rekanan yang akan ditunjuk untuk memperbaiki mobil nasabahnya. Sebelum membeli asuransi mobil, pastikan kamu tahu daftar bengkel yang menjadi rekanan asuransi. Lebih baik memilih asuransi yang memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas. Pasalnya kita nggak bisa tahu kapan dan di mana kecelakaan akan terjadi kan? Apalagi kalau kamu termasuk orang yang sering melakukan perjalanan ke luar kota.  

Selain itu, pastikan bengkel yang menjadi rekanan produk asuransi tersebut merupakan bengkel resmi dengan kinerja yang baik. Hal ini untuk memastikan kendaraan kamu mendapatkan perawatan yang terbaik. 

4. Fitur pendukung yang kamu butuhkan 

Memang setiap produk asuransi mobil umumnya memiliki manfaat yang serupa, karena hal ini sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Akan tetapi, beberapa produk asuransi memiliki fitur pendukung yang mungkin nggak dimiliki asuransi lain.  

Misalnya, ada asuransi mobil online yang memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk melakukan klaim melalui aplikasi. Ada juga produk asuransi yang mengandalkan layanan call center 24 jam untuk melayani klaim maupun keluhan nasabah. Sementara beberapa produk lain memberikan fasilitas mobil derek atau ambulans jika sewaktu-waktu dibutuhkan.  

Pilih produk asuransi dengan layanan yang memang kamu perlukan. Kamu yang nggak suka berurusan dengan call center saat klaim misalnya, mungkin lebih cocok memilih produk asuransi yang memiliki fitur aplikasi.

cara memilih asuransi mobil terbaik
Image by Freepik

5. Prosedur klaim mudah dan cepat 

Saat terjadi kecelakaan, kamu perlu melakukan proses klaim supaya pertanggungan dari pihak asuransi dapat diberikan. Setiap produk asuransi kendaraan memiliki prosedur yang biasanya mirip satu sama lain. Meski begitu, cara mereka dalam menanggapi klaim tentunya berbeda-beda.  

Pastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih memiliki proses klaim yang cepat dan mudah. Misalnya, perusahaan asuransi biasanya memberikan jaminan proses klaim dalam waktu tidak lebih dari 5 hari kerja. Cek juga apakah proses klaimnya, apakah bisa kamu lakukan secara online atau cukup melalui laporan telepon saja? Semakin mudah cara klaimnya, semakin baik.

Klaim asuransi mobil kamu ditolak? Ternyata ada beberapa hal yang bikin asuransi kamu ditolak loh. Perhatikan hal ini supaya klaim asuransi mobil kamu nggak ditolak ya.

Pastikan perlindungan dan servis terbaik

Setelah tahu cara memilih asuransi mobil terbaik, kamu bisa lebih pasti dalam menentukan produk yang kamu perlukan dan mendaftar asuransi mobil. Membeli asuransi mobil terbaik akan memastikan kamu memperoleh perlindungan yang kamu butuhkan untuk mobil kamu, baik dari segi pertanggungan maupun layanan servis yang kamu butuhkan. Selamat memilih ya!