Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Biar Tidak Ditolak

Januari 10, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Biar Tidak Ditolak

Asuransi dimiliki untuk memberikan jaminan proteksi finansial dari risiko-risiko yang dapat mengguncang tata keuangan kamu. Proteksi tersebut akan kita terima manfaatnya ketika kita melakukan klaim baik secara cashless maupun reimburse. Pada artikel ini, yuk kita simak secara spesifik informasi tentang cara klaim asuransi mobil. 

Asuransi mobil memberikan jaminan proteksi finansial dari risiko yang dapat terjadi atas aset kendaraan kamu, seperti kecelakaan, pencurian kendaraan, vandalisme, maupun kerusakan akibat bencana alam, dan lain-lain. Asuransi kendaraan juga memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan ringan seperti lecet, penyok, hingga rusak parah atau total sekalipun.  

Jika risiko-risiko seperti yang disebutkan di atas terjadi, kamu dapat mengajukan klaim. Perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah uang sesuai persetujuan atas klaim yang kamu ajukan. Contohnya, kendaraan kamu mengalami kerusakan akibat kecelakaan atau hilang karena curanmor (pencurian kendaraan bermotor), perusahaan asuransi akan mengganti rugi semua atau sebagian biaya terkait sesuai dengan polis asuransi yang telah kamu setujui di awal.

Apa itu asuransi mobil?

Menurut Investopedia, asuransi mobil adalah perjanjian antara kamu (Tertanggung) dengan perusahaan asuransi (Penanggung), yang mana kamu bersedia atau setuju untuk membayar premi dengan harapan perusahaan asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang mungkin terjadi akibat kecelakaan, kehilangan, atau kerusakan lain atas kendaraan yang diasuransikan.  

Pada dasarnya, asuransi mobil terbagi menjadi dua, yaitu: 

  • asuransi mobil all-risk (atau disebut juga dengan komprehensif) yang menanggung segala jenis kerusakan pada mobil. 
  • asuransi mobil TLO (Total Loss Only) yang menanggung biaya kerusakan total saja.  

Sebagai pemilik mobil, kamu dapat memiliki asuransi mobil dengan membayar premi. Untuk timbal balik, perusahaan asuransi bersedia untuk membayar kerugian kamu ketika risiko terjadi sesuai dengan isi polis kamu. Biaya asuransi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget kamu. Premi asuransi mobil biasanya dibayar untuk masa proteksi satu tahun (12 bulan) ke depan dan bisa diperpanjang. Perusahaan asuransi akan memberitahukan kapan waktu untuk memperpanjang atau kapan jatuh tempo premi berikutnya.

Apakah biaya premi asuransi mobil itu mahal atau murah? Pelajari di sini berapa biaya asuransi mobil all risk dan TLO. Kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Apa itu klaim asuransi mobil?

Investopedia mendefinisikan klaim asuransi sebagai berikut: permintaan secara formal oleh Pemegang Polis/Tertanggung kepada perusahaan asuransi (Penanggung) untuk memperoleh pertanggungan atau penggantian biaya atas terjadinya risiko yang ditanggung sesuai aturan di dalam polis. Perusahaan asuransi akan memvalidasi klaim tersebut sehingga menerima atau menolaknya. Jika klaim diterima, perusahaan asuransi akan mengganti kerugian yang kamu alami. 

Contohnya, mobil kamu mengalami kerusakan karena kecelakaan. Dengan demikian, kamu mengalami kerugian dalam bentuk biaya perbaikan kendaraan di bengkel. Kamu dapat mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi untuk mengganti biaya perbaikan tersebut. Pihak klaim akan memvalidasi dan memastikan kebenaran data serta bukti kerusakan. Jika klaim kamu diterima, sejumlah uang akan dikirimkan ke rekening kamu. Simak lebih lanjut tentang bagaimana cara klaim asuransi mobil dan prosesnya. 

Proses klaim asuransi mobil

Pada umumnya, proses klaim asuransi mobil adalah sebagai berikut: 

1. Laporan kepada perusahaan asuransi 

Mengajukan pelaporan kepada perusahaan asuransi merupakan cara klaim asuransi mobil yang paling penting dilakukan dengan segera setelah adanya kejadian yang menimbulkan risiko kerugian finansial. Contohnya, mobil kamu mengalami kerusakan karena kecelakaan di jalan raya. Laporkan kejadian tersebut sesegera mungkin, jangan menunda-nunda. Segera dokumentasikan (rekam atau foto) bagian-bagian yang rusak.  

Cara klaim asuransi mobil dengan kemajuan teknologi informasi di era modern sekarang ini dapat dilakukan dari mana dan kapan saja secara online. Persiapkan dokumen dan informasi yang diperlukan. Segera isi formulir yang diberikan pihak perusahaan asuransi. Jika klaim asuransi berupa tagihan perbaikan di bengkel, pastikan struk tagihan asli dengan penanda validasi resmi. 

2. Pengecekan laporan klaim oleh perusahaan asuransi 

Begitu perusahaan asuransi menerima laporan beserta dokumen dan data pendukung, departemen klaim asuransi akan melakukan pengecekan (validasi) terhadap laporan tersebut.  

Apakah kejadian berisiko kerugian finansial itu benar-benar terjadi? Apakah sesuai dengan syarat dan jenis tanggungan dalam polis kamu? Apakah dokumen yang dilampirkan sah alias valid? Petugas klaim dapat pula melakukan penyelidikan lebih lanjut jika laporan kamu menimbulkan pertanyaan atau kecurigaan. Jika masih ada dokumen yang kurang, kamu wajib melengkapinya.  

3. Penentuan klaim diterima atau ditolak 

Kemudian, perusahaan asuransi akan memutuskan menerima atau menolak klaim asuransi yang kamu ajukan. Semua keputusan tersebut berdasarkan proses pengecekan dan validasi yang telah dilakukan sebelumnya. Pada bagian selanjutnya dalam artikel ini, kita akan sama-sama memahami  alasan kenapa klaim asuransi kamu ditolak.  

4. Pembayaran kerugian kepada pemegang polis jika klaim diterima 

Berdasarkan keputusan klaim diterima, perusahaan asuransi akan mengganti kerugian finansial yang kamu alami. Pembayaran dilakukan dalam rentang waktu yang telah ditentukan dan langsung ke rekening Pemegang Polis. Tentunya jumlah yang dibayarkan sesuai dengan ketentuan di dalam polis yang sudah kamu setujui sebelumnya.  

Selain itu, jika klaim berupa proses perbaikan di bengkel rekanan, mobil kamu akan segera diperbaiki setelah klaim dinyatakan diterima.  

Dokumen klaim asuransi mobil

Dokumen-dokumen sebagai syarat untuk pengajuan klaim asuransi mobil antara lain: 

  1. Polis asuransi mobil yang masih aktif 
  2. Fotokopi KTP, SIM, dan STNK 
  3. Formulir klaim lengkap dengan tanda tangan 
  4. Bukti laporan kepolisian (jika terjadi kecelakaan)  
  5. Kronologi tertulis terjadinya kecelakaan (jika terjadi kecelakaan) 
  6. Dokumentasi kondisi kendaraan pasca kejadian dan ketika kejadian (jika memungkinkan)
cara klaim asuransi mobil
Image by peoplecreations on Freepik

Jika kejadian seperti kecelakaan melibatkan tuntutan hukum dari pihak ketiga (pengguna jalan lainnya), maka kamu perlu melengkapi tambahan dokumen berikut: 

  1. Fotokopi KTP, SIM serta STNK pihak ketiga 
  2. Surat tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang ditandatangani di atas meterai 
  3. Surat pernyataan yang menyatakan bahwa pihak ketiga tidak memiliki asuransi kendaraan bermotor 
  4. Surat keterangan polisi berisi kronologi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga 

Sedangkan apabila mobil kamu hilang karena curanmor, kamu perlu melengkapi dokumen berikut: 

  • Polis asuransi mobil yang masih aktif. 
  • Fotokopi SIM dan STNK. 
  • Surat kehilangan asli dari kepolisian. 
  • Surat BAP (Berita Acara Pemeriksaan) (jika diperlukan). 
  • BPKB asli, faktur pembelian kendaraan asli, dan STNK asli. 
  • Kwitansi yang telah dilengkapi dengan meterai sebanyak 3 lembar. 
  • Kunci kontak kendaraan bermotor sebanyak 2 buah. 
  • Surat Keterangan Ketua Direktorat yang diberikan oleh Serse Polda. 
  • Surat tanda pemblokiran STNK dari Polda. 

Alasan klaim asuransi kamu ditolak

Ikuti semua tata cara klaim asuransi mobil agar polis kamu lancar. Untuk itu, kamu perlu menghindari beberapa hal berikut agar pengajuan klaim kamu tidak ditolak: 

1. Klaim kamu tidak sesuai dengan polis 

Sebagai Pemegang Polis, kamu harus memperhatikan hal-hal yang penting dalam polis, seperti jatuh tempo pembayaran premi agar polis kamu tetap aktif. Perhatikan juga batas waktu untuk melapor klaim sebelum terlambat. Pastikan juga klaim kamu sesuai dengan isi polis yang kamu punya. Jika asuransi yang kamu miliki adalah jenis TLO, maka kamu tidak bisa mengajukan klaim untuk kerusakan yang kecil atau sedang. Perhatikan juga wilayah pertanggungan asuransi kamu. Intinya, baca dengan teliti isi polis kamu.  

2. Pengemudi tidak memiliki SIM 

Jika pengemudi sewaktu kejadian yang menyebabkan mobil rusak tidak memiliki SIM, kemungkinan besar klaim akan ditolak. Dalam pasal pengecualian penjaminan dalam polis, mobil tersebut tidak boleh sedang digunakan untuk belajar mengemudi.  

3. Mobil digunakan untuk perbuatan yang termasuk pengecualian 

Melansir Tempo.co, berikut daftar pengecualian pertanggungan asuransi mobil: 

  • Mobil digunakan untuk memberi pelajaran mengemudi. 
  • Mobil digunakan untuk turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa. 
  • Mobil digunakan untuk melakukan tindak kejahatan. 
  • Mobil digunakan selain dari yang dicantumkan dalam Polis. 
  • Mobil digunakan untuk penggelapan, penipuan, hipnotis, dan sejenisnya. 
  • Mobil digunakan untuk pencurian atau perbuatan jahat baik yang dilakukan oleh: 
    • suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung 
    • orang yang bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung 
    • orang yang tinggal bersama Tertanggung 
    • pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum 
    • orang yang berada di bawah pengawasan Tertanggung 
    • Mobil diberi kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan oleh pabrikan jika hal tersebut tidak diatur oleh pihak yang berwenang. 

4. Kelengkapan dokumen klaim belum terpenuhi 

Segera lengkapi semua dokumen yang diminta, seperti formulir klaim yang telah diisi sesuai petunjuk, fotokopi data diri seperti SIM, STNK, dan surat keterangan dari kepolisian. Jika kamu mengalami kecelakaan, dokumentasikan keadaan kendaraan kamu pasca kecelakaan. 

5. Kamu melanggar prinsip niat baik (utmost good faith

Prinsip niat baik merupakan dasar penting dalam asuransi. Artinya, jangan ada niat untuk mengelabui satu pihak oleh pihak lainnya dengan memberikan informasi yang tidak benar atau palsu. Petugas klaim akan melakukan pengecekan kebenaran dan keabsahan dokumen pada klaim yang kamu ajukan. Jika menimbulkan kecurigaan, petugas klaim akan melakukan penyelidikan hingga tervalidasi apakah klaim tersebut benar sesuai atau tidak. 

Klaim asuransi online

Sebagai insurtech, Roojai memungkinkan kamu dapat mengajukan klaim dengan cepat dan mudah. Kamu cukup mengirimkan dokumen yang diperlukan melalui email. Kami akan memproses klaim setelah menerima semua dokumen secara lengkap, lalu mengirimkan jumlah klaim yang disetujui ke rekening kamu.

Apa itu asuransi mobil all risk? Apa saja lingkup perlindungannya? Pelajari selengkapnya tentang asuransi mobil yang disebut juga dengan nama comprehensive ini. 

Nah, kamu sudah tahu cara klaim asuransi, dokumen yang diperlukan, dan apa saja yang membuat klaim kamu ditolak. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.