Pentingnya Asuransi Mobil Mewah

Maret 29, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Pentingnya Asuransi Mobil Mewah

Mobil mewah memiliki nilai sangat tinggi sebab bukan hanya untuk mobilitas. Melansir Carmudi, alasan orang membeli mobil mewah bisa beragam, antara lain sebagai simbol status hingga membantu kelancaran bisnis pemiliknya. Pastinya, asuransi mobil mewah sangat dibutuhkan untuk proteksi aset berharga ini.  

Bagaimanapun, mobil mewah tetap berhadapan dengan risiko kerusakan, mengalami kecelakaan, sampai risiko kehilangan karena pencurian. Dengan asuransi mobil, pemilik mobil mewah (baik perorangan maupun perusahaan) akan mendapatkan proteksi finansial dari risiko-risiko yang telah disebutkan.  

Apa bedanya asuransi mobil mewah dengan asuransi mobil lainnya? Yuk, lanjut baca artikel ini biar pengetahuanmu bertambah.

Asuransi mobil mewah

Pada dasarnya, antara asuransi untuk kendaraan roda empat yang tergolong mewah dan mobil biasa lainnya tidak jauh berbeda. Keduanya sama-sama memberikan perlindungan dari kerusakan dan kehilangan, serta penggantian biaya perbaikan di bengkel rekanan sesuai dengan polis yang dimiliki.  

Namun, hal khusus terkait proteksi mobil mewah adalah ketersediaan suku cadang atau komponen mobilnya. Suku cadang mobil mewah termasuk sulit untuk diperoleh.  

Dengan memiliki asuransi mobil mewah, kamu akan lebih mudah mendapatkan suku cadang dari perusahaan yang terdaftar sebagai APM (agen pemegang merek). Sehingga mobil mewah kamu akan segera diperbaiki dengan biaya perbaikan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang kamu miliki.

Kamu baru beli mobil dan sekarang mau memproteksi kendaraan kesayangan kamu? Yuk, pelajari bagaimana cara mendaftar asuransi mobil.

Jenis asuransi mobil mewah

Sama seperti asuransi mobil biasa, ada dua jenis asuransi mobil mewah, yaitu asuransi mobil total loss only (TLO) dan asuransi mobil all risk

Total loss only (TLO)

Asuransi mobil TLO adalah jaminan proteksi kendaraan dan perbaikan untuk kerusakan total atau minimal 75% dari nilai kendaraan. Asuransi ini juga menjamin proteksi kehilangan kendaraan akibat pencurian. Jika kerusakan kendaraan kurang dari 75%, kamu nggak bisa melakukan klaim. 

Premi asuransi TLO relatif lebih murah daripada asuransi all risk. Namun, jika mobil mewah kamu mengalami kerusakan kecil atau sedang, kamu harus menanggung sendiri biayanya karena kerusakannya di bawah 75%. Jika risiko yang terjadi adalah kerusakan total, kamu akan memperoleh pertanggungan yang sesuai dengan polis kamu.  

Asuransi all risk

Asuransi all risk, sesuai namanya, menjamin proteksi kendaraan dari segala risiko. Asuransi ini juga dikenal dengan nama comprehensive atau lengkap. Segala kerusakan, baik ringan maupun berat, bahkan kehilangan, dapat diklaim jika kamu memiliki polis asuransi all risk. Tentunya selama kerusakan dan kehilangan merupakan kejadian yang tidak disengaja.  

Sebab lingkup proteksi asuransi all risk terbilang luas, premi asuransi mobil ini juga lebih mahal dibandingkan TLO. Pastinya, biaya asuransi yang kamu keluarkan sepadan dengan manfaat proteksi yang kamu peroleh.  

Selain dua asuransi mobil utama, TLO dan all risk, kamu juga dapat memperluas manfaat dengan rider (asuransi tambahan) bagi mobil mewah, seperti proteksi dari bencana banjir, gempa, demo atau kerusuhan, terorisme, tanggung jawab hukum pihak ketiga, hingga asuransi kecelakaan diri atas pengemudi dan penumpang mobil.  

Biaya asuransi mobil mewah

Perhitungan premi asuransi mobil sudah diatur dalam SE OJK (Otoritas Jasa Keuangan) No. 6/SEOJK.05/2017 tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor.  

Besaran asuransi mobil mewah sangat terkait dengan jenis asuransi mobil pilihan kamu, apakah TLO atau all risk. Setelah itu, berapa harga kendaraan kamu sangat mempengaruhi premi asuransi mobil mewah.  

Selanjutnya, tarif premi atau kontribusi asuransi mobil tergantung juga oleh lokasi nomor kendaraan bermotor diterbitkan, yaitu dengan pembagian sebagai berikut:  

  • WILAYAH 1 : Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya 
  • WILAYAH 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten  
  • WILAYAH 3 : Selain WILAYAH 1 dan WILAYAH 2 

Besar persentase perhitungan premi diregulasi ke dalam batas bawah dan batas atas. Dengan demikian, OJK sudah menentukan minimal premi dan maksimal premi. Kamu perlu memperhatikan biaya lain, seperti biaya administrasi yang tergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.

simulasi premi asuransi mobil mewah
Image by pressfoto on Freepik

Simulasi biaya asuransi mobil mewah

Kamu pasti kenal dengan Raffi Ahmad. Selain menjadi aktor, penyanyi, dan bintang reality show, suami Nagita Slavina ini merupakan pebisnis sukses. Sangat wajar kalau Raffi Ahmad memiliki mobil mewah, bahkan tidak hanya satu.  

Melansir iNews.id, presenter yang dijuluki Sultan Andara ini memiliki setidaknya 7 mobil mewah, salah satunya Rolls Royce tipe Phantom tahun 2022 dengan perkiraan harga pasaran sekitar Rp20 miliar. Raffi memiliki Rolls Royce Phantom generasi kedelapan.  

Kira-kira berapakah biaya asuransi mobil mewah tersebut? Berikut perhitungannya.  

Kita dapat memperoleh persentase hitungan dari tabel OJK. Nilai mobil Rolls Royce Phantom milik Raffi tergolong ke Kategori 5 (lebih dari Rp800 juta), sedangkan nomor kendaraan berada di Wilayah 2 (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten).  

Maka, simulasi perhitungan premi asuransi all risk:  

Persentase dari tabel OJK: 1,16% (persentase premi maksimal) 

Premi = 1,16% x Rp20.000.000.000,- = Rp232.000.000,-/tahun 

Simulasi perhitungan premi asuransi mobil TLO: 

Persentase dari tabel OJK: 0,24% (persentase premi maksimal) 

Premi = 0,24% x Rp20.000.000.000,- = Rp48.000.000,-/tahun 

Simulasi harga premi asuransi mobil mewah di atas dihitung untuk pertanggungan selama satu tahun. Jangan lupa, biaya ini ditambah dengan biaya administrasi, biaya akuisisi, biaya materai, dan lain-lain.  

Raffi Ahmad juga bisa menambah proteksi dengan perluasan manfaat/jaminan, seperti banjir, gempa bumi, huru-hara, pertanggungjawaban hukum pihak ketiga, dan kecelakaan diri.

Masih ingin tahu lebih banyak soal premi asuransi mobil kamu? Yuk, pelajari biaya asuransi mobil all risk dan TLO secara lengkap. 

Pentingnya proteksi mobil mewah

Dari simulasi perhitungan di atas, harga premi asuransi mobil mewah termasuk mahal, ya? Namun, biaya asuransi itu akan sepadan dengan proteksi yang diberikan atas mobil mewah kamu.  

Dengan memiliki asuransi mobil mewah, kamu tidak perlu khawatir jika mobil mengalami kerusakan atau gangguan komponen. Dengan memperbaiki di bengkel rekanan, mobil kamu akan diperbaiki dan komponen yang rusak akan diganti. Perusahaan asuransi akan mengganti biaya perbaikan, sebagian atau keseluruhan, sesuai dengan polis yang kamu miliki.  

Kamu juga dapat menambahkan proteksi kecelakaan diri, baik untuk kamu yang memiliki mobil mewah maupun pengemudi yang mengantarkan kamu ke mana-mana. Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai Indonesia dapat memberikan kamu proteksi dari risiko kerugian jangka panjang akibat kecelakaan.  

Asuransi ini memiliki berbagai manfaat, yaitu  santunan tunai sebagai pengganti pemasukan yang hilang akibat kecelakaan atau biaya perawatan di rumah sakit/klinik rekanan yang ditanggung secara cashless.  

Untuk kamu yang aktif, asuransi ini juga melindungi kamu dari risiko berbagai aktivitas seperti mengendarai kendaraan roda dua, hobi olahraga ekstrim, dan lainnya. Pastinya, Roojai memberikan harga terjangkau dan terbaik di kelasnya yang dirancang khusus untuk kamu pemilik mobil mewah.

Asuransi kecelakaan diri penting untuk dimiliki oleh orang dengan mobilitas tinggi. Pelajari cara mengurus asuransi kecelakaan dari daftar hingga klaim.

Nah, kamu sudah tahu serba-serbi asuransi mobil mewah. Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.