Menu

mobil mini terbaik | roojai.co.id

Mobil mini merupakan salah satu tipe mobil terbaik bagi kamu yang tinggal di kota besar dengan jumlah kendaraan yang banyak dan jalan-jalan kecil. Mobil kecil juga lebih menguntungkan karena harganya cenderung lebih murah dan irit bahan bakar (BBM).

Di samping harga yang terjangkau, mobil kecil memiliki keunggulan lainnya seperti lebih lincah dalam bermanuver di jalan, tidak membutuhkan ruang garasi besar dan lebih mudah mendapatkan tempat parkir, biaya perawatan dan operasional lebih rendah, serta cocok bagi kamu yang masih lajang atau keluarga kecil.

Apakah kamu salah satu yang sedang mencari mobil mini untuk kebutuhan harian? Berikut rekomendasi 10 mobil mungil terbaik dengan harga terjangkau dan irit BBM yang bisa kamu pertimbangkan!

1. Daihatsu Ayla dan Toyota Agya

Rekomendasi pilihan mobil kecil terbaik di Indonesia adalah “si kembar” yang tak sama, Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Keduanya merupakan mobil kecil yang cukup popular di Tanah Air sejak mereka diuncurkan sebagai mobil low cost green car (LCGC). 

Berada di kelas hatchback LCGC yang sama, kedua mobil mengandalkan mesin buatan Toyota yang serupa. Varian terendah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.0 L dengan 3 silinder in-line. Begitu juga varian tertingginya yang sama-sama mengandalkan mesin berkapasitas 1.2 L dengan 4 silinder in-line.

Sementara versi 1.2 L telah menggunakan dual VVT-i, hanya versi 1.0 L di Agya yang telah menggunakan VVT-i. Varian terendah Daihatsu Ayla belum menggunakan teknologi VVT-i ini, membuat daya maupun torsinya agak lebih kecil dari Agya.

Untuk urusan harga, memang LCGC ini terus merangkak naik dari tahun ke tahun. Pada 2024, Harga Daihatsu Ayla dibanderol mulai dari Rp135 juta, sedangkan mobil kecil Toyota Agya mulai dari Rp167 jutaan.

2. Mobil Kecil Daihatsu Sirion

Mobil Kecil Daihatsu Sirion | roojai.co.id

Daihatsu Sirion telah cukup lama hadir di Indonesia sebagai salah satu hatchback mobil mungil yang cocok di kota besar. Dengan desain compact, Sirion dibekali mesin 1.329 CC dan kapasitas tangki 36 liter.

Mobil berkapasitas 5 penumpang ini juga telah dibekali dengan berbagai fitur modern seperti kemudi Rack and Pinion dengan Electric Power Steering. Pada fitur keselamatan, Sirion memiliki airbag ganda, sistem pengereman anti-lock, kontrol stabilitas, dan distribusi daya pengereman elektronik. Untuk harga, Daihatsu Sirion dibanderol mulai Rp 230 jutaan.

3. Honda Brio, Mobil Mini Murah di Kelasnya

Honda Brio bisa disebut sebagai juara mobil terlaris dikelas mobil mini dengan harga terjangkau. Mobil kategori hatchback ini ditenagai dua pilihan mesin bensin berkapasitas 1.199 cc. Brio tersedia dengan transmisi manual dan CVT tergantung variannya.

Brio yang merupakan mobil honda kecil terbaru hadir dengan tujuh varian. Varian tertinggi hadir dengan mesin petrol 1.199 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 89 hp dan torsi puncak 110 Nm. Brio RS CVT Urbanite Edition yang menjadi tipe tertinggi dibekali juga dengan transmisi Variable Speed CVT. Untuk harga, Honda Brio dibanderol mulai dari Rp167,9 juta.

4. Mini Car Kia Picanto

Mini Car Kia Picanto | roojai.co.id

Generasi ketiga dari Kia Picanto di Australia sudah meluncur. City car yang dinamai All New Kia Picanto GT-Line 2024 ini mendapatkan sentuhan facelift dengan tampilan yang semakin sporty. Daya saing mobil asal Korea Selatan ini juga semakin kuat dan bisa menjadi kompetitor Honda Brio karena harga mobil kecil satu ini masih terjangkau, di bawah Rp. 200 juta.

Fitur keselamatan mobil ini juga telah ditingkatkan dengan sistem Advanced Driver Assistance System (ADAS). Fitur lain seperti manajemen stabilitas kendaraan, kontrol rem menikung, dan stabilitas garis lurus membantu pengemudi dalam menjaga kendali saat melakukan manuver.

5. Renault Kwid

Tahun ini, Renault KWID di Indonesia masih memasarkan versi tahun 2023. Dengan kapasitas 5 penumpang, hatchback ini dibanderol mulai dari Rp 161 juta. Kwid hanya memiliki satu jenis transmisi yaitu otomatis.

Sekadar informasi, Kwid merupakan kompetitor di kelas Ayla, Agya, S-presso, dan Brio. Fitur keamanan Kwid mencakup Anti Lock Braking System, EBD (Electronic Brake Distribution), Pengingat Pintu Terbuka, Crash Sensor, Kantong Udara Pengemudi, Airbag Penumpang Depan, Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman, Sabuk Pengaman Belakang, Child Safety Locks, ISOFIX Child Seat Mounts, Sensor Parkir, Rear Parking Sensors, Pelindung Benturan Samping dan Engine Check Warning. Cukup lengkap, bukan?

Baca juga, rekomendasi mobil keluarga yang cocok untuk perjalanan kamu.

6. Mobil Kecil Selanjutnya, Suzuki Ignis

mobil kecil suzuki Ignis | roojai.co.id

Pabrikan Suzuki sepertinya terus menggempur pasar mini car di Indonesia. Setelah Karimun, Ignis menjadi salah satu jagoan dari Suzuki yang diberi desain unik, dimensi tidak terlalu besar, dan berbobot ringan.

Suzuki Ignis memiliki desain yang mungil dan banyak orang menyebutnya sebagai mini crossover. Ignis juga menjadi salah satu dari deretan mobil kecil murah dan terjangkau untuk berbagai kalangan. Harga mobil mini satu ini, dibanderol mulai dari Rp. 212 juta.

Meski memiliki harga terjangkau, Suzuki Ignis sudah memiliki fitur SmartPlay Studio Infotainment untuk menampilkan indikator keselamatan standar. Seperti pengingat sabuk pengaman di baris depan, peringatan kecepatan tinggi, sensor parkir belakang, hingga ABS dan EBD.

7. Suzuki S-Presso

Selain ignis, Suzuki juga memiliki mobil mini yang belum lama ini diluncurkan yaitu S-presso. Dari sektor dapur pacu, S-Presso menggunakan mesin baru berkode K10C berkapasitas 1.000 cc yang menghasilkan performa sebesar 49 KW/5.500 rpm dan torsi 89 Nm/3.500 rpm. Tenaga tersebut tersalurkan melalui 2 pilihan transmisi yaitu transmisi manual 5-percepatan dan 5-speed AGS (Auto Gear Shift).

Dari sektor keselamatan, kini S-Presso telah mendapat sentuhan baru melalui teknologi ESP (Electronic Stability Program) untuk menjaga kestabilan saat dikendarai seperti di lintasan yang licin. Untuk harga, S-Presso dibanderol mulai dari Rp168 jutaan, lho!

8. Mitsubishi Mirage

Mitsubishi Mirage | roojai.co.id

Mitsubishi Mirage merupakan salah satu pilihan mobil kecil terbaik. Sayangnya, mobil pabrikan Jepang ini dihentikan produksinya di Indonesia. Namun, kamu tetap dapat membeli mobil ini dengan pilihan mobil bekas atau second.

Melalui mesin 3-silinder 1,2-liter DOHC 12-valve dengan teknologi MIVEC Mitsubishi berusaha menyuguhkan nilai terbaik dalam mewujudkan teknologi dalam efisiensi bahan bakar. Dengan kapasitas mesin tersebut, Mirage mampu menghasilkan tenaga 76 hp dan torsi 100 Nm yang terbilang sangat cukup untuk pemakaian perkotaan. Dari berbagai sumber, harga Mirage bekas dibanderol mulai dari Rp 80 jutaan.

Masih bingung ingin membeli mobil baru atau bekas? Pelajari juga, tips membeli mobil.

9. Mini Car Nissan March

Pabrik Nissan boleh saja hengkang dari Indonesia. Tetapi, berbagai tipe mobil asal Jepang ini masih banyak ditemukan di jalan. Salah satunya Nissan March yang sudah tidak diproduksi di Indonesia.

Hadir dengan bodi yang mungil dan compact, Nissan March dijuluki sebagai city car mini yang andal untuk lingkungan perkotaan. Nissan March memiliki kode mesin HR15DE untuk mesin kubikasi 1.500cc dan memiliki diameter 78.0mm dan langkah 78.4mm. Pada HR12DE dengan kubikasi mesin 1.200cc tercatat memiliki diameter sebesar 78.0mm x 83.0mm.

Untuk mesin, Nissan March bisa dibilang memiliki performa mesin yang lumayan besar dan sanggup untuk stop and go pada jangka waktu yang lama. Dari berbagai sumber, harga second mobil ini mulai dari Rp90 jutaan.

10. Mobil Mini Honda Jazz

Mobil Mini Honda Jazz

Walau sudah tak diproduksi lagi, Honda Jazz masih menjadi mobil mini terbaik yang diburu banyak penggemarnya. Wajar saja, city car mini yang satu ini memang menciptakan image anak muda.

Dari tiga generasi yang pernah beredar dan menjelang masa pensiunnya, Jazz dipasarkan hanya dalam dua varian yaitu Jazz dan Jazz RS. Kedua varian itu tentu menggunakan mesin yang sama, 1.500 cc 4-silinder SOHC 16-katup i-VTEC. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 118 hp dan torsi tertinggi 145 Nm. Harga Honda Jazz second dibanderol mulai dari Rp70 jutaan tergantung tahun dan usia pemakaian.

Dari berbagai pilihan mobil mini di atas, kira-kira mana yang sesuai kebutuhan dan anggaran kamu?

Jika kamu memiliki kendaraan, pastikan juga telah memproteksinya dengan asuransi mobil terbaik dari Roojai yang memberikan jaminan all risk. Baik kerusakan kecil atau besar akibat kecelakaan dengan nilai pertanggungan hingga Rp2 miliar.

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!