Menu

penyebab air radiator cepat habis | roojai.co.id

Radiator merupakan komponen pemindah energi pada kendaraan yang penting adanya. Pada mobil, air radiator bisa cepat habis. Ada beberapa penyebab air radiator cepat habis yang dapat diketahui. 

Penyebab-penyebab tersebut biasanya menandakan adanya kesalahan dan kerusakan pada kendaraan. Untuk itu perlu dilakukan beberapa penanganan agar tidak menimbulkan masalah lagi. 

Apalagi radiator merupakan komponen yang penting dan dapat mempengaruhi performa kendaraan jika rusak. Berikut beberapa pembahasan untuk menangani hal tersebut. 

Inilah 7 penyebab air radiator cepat habis

Ada beberapa penyebab yang bisa diketahui perihal air radiator yang sering cepat habis. Di bawah ini merupakan 6 penyebab yang bisa kamu simak mengenai pembahasan masalah komponen ini. 

1. Tutup radiator sudah rusak

Tutup radiator yang rusak dapat menyebabkan air menjadi cepat habis. Selain itu tutup yang tidak sesuai juga bisa jadi penyebab air radiator berkurang. Maka dari itu lakukan pemeriksaan agar hal ini bisa dihindari. 

2. Kebocoran komponen water pump

Jika water pump mengalami kerusakan, maka akan terjadi penurunan air radiator dengan signifikan. Untuk itu segera perbaiki jika menemui kebocoran pada bagian tersebut. Jika tidak, maka mesin akan mengalami masalah overheat dan masalah lainnya. 

3. Kebocoran sirip radiator mobil

Cek bagian sirip radiator dengan rutin. Sirip yang bocor dapat membuat air menguap dan menetes sia-sia. Jika terjadi kebocoran segera lakukan perbaikan di bengkel terdekat. Sehingga dapat meminimalisir kerusakan lainnya. 

4. Kebocoran pada kompresi mesin

Bukan cuma pada bagian sirip komponen radiator saja, air radiator selalu berkurang kemungkinan disebabkan oleh kebocoran pada kompresi mesin. Umumya, kebocoran pada kompresi mesin terjadi karena kebiasaan pemilik kendaraan yang membuka tutup radiator bersamaan dengan mesin yang dinyalakan. Ini menyebabkan mesin terus-menerus mengeluarkan gelembung.

5. Selang air radiator mobil renggang

Selang yang renggang juga bisa jadi penyebab air radiator cepat habis. Lakukan pemeriksaan pada selang tersebut dengan benar. Hal ini demi menghindari aliran cairan pendingin yang tidak benar. Sehingga dapat memicu mesin overheat. 

6. Penutup pembuangan air radiator mobil tidak rapat

Kebocoran air radiator juga bisa terjadi jika penutup pada pembuangan tidak rapat. Cek bagian bawah penutup. Jika kurang rapat maka lakukan tindakan penanganan yang tepat agar tidak terjadi kebocoran lagi. 

7. Thermostat yang bermasalah

Penyebab air radiator cepat habis lainnya yaitu adanya masalah pada bagian thermostat. Hal ini terjadi jika sirkulasi tidak berjalan dengan lancar. Sehingga air radiator jadi menguap dan membuat mesin jadi overheat. 

Ketahui juga, apa saja penyebab mobil overheat dan cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Air Radiator Cepat Habis pada mobil

cara mengatasi air radiator cepat habis | roojai.co.id

Selain penyebabnya, artikel ini juga akan memberikan beberapa tips mengenai mengatasi masalah air radiator tersebut. Simak dan catat tips berikut ini. 

1. Menggunakan tutup radiator yang sesuai dan berkualitas

Tips menghadapi penyebab air radiator mobil cepat habis adalah dengan menggunakan tutup radiator yang sesuai. Hal ini karena tutup yang rusak atau tidak sesuai bisa menyebabkan air jadi cepat habis. Gunakan tutup komponen ini yang sesuai atau dengan merk asli agar tidak terjadi hal seperti ini. 

2. Rajin memeriksa selang radiator

Tips yang kedua yaitu dengan rajin memeriksa selang. Selain itu, periksa juga bagian penutup juga kompresinya. Jika ketika pemeriksaan, kamu menemukan hal yang tidak benar atau kerusakan, maka cepatlah ganti yang baru. 

3. Menguras air radiator secara rutin

Tips yang ketiga yaitu dengan menguras air radiator dengan berkala di bengkel radiator. Hal ini dilakukan demi menjaga kualitas radiator agar bisa terus awet. Pengurasan ini sebaiknya dilakukan selama dua bulan sekali agar tidak ada endapan kotoran pada radiator. 

Itulah dia beberapa informasi penyebab air radiator cepat habis yang dapat kamu simak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan tips dalam artikel ini untuk mengatasi masalah radiator tersebut. 

Pentingnya memiliki asuransi mobil untuk kendaraan

Asuransi mobil wajib kamu miliki layaknya wajib membayar pajak. Sebab, sama seperti kendaraan lainnya, mobil juga sangat rentan mengalami risiko tak terduga di jalan.

Meskipun kamu sudah berhati-hati, kemungkinan tersebut tetap saja ada akibat faktor eksternal yang turut terlibat. Belum lagi kemungkinan menjadi korban kriminalitas seperti pencurian mobil juga bisa saja kamu alami.

Dengan memiliki asuransi, semua kemungkinan kerugian dari memiliki aset berupa kendaraan dapat ditanggung. Risiko-risiko tersebut dapat berupa musibah bencana alam, kerusuhan dan huru-hara, kehilangan mobil akibat pencurian, kecelakaan, atau bahkan biaya service mobil rutin, dll.

Jadi, sangat jelas jika asuransi mobil dapat membuat kondisi finansial kamu lebih aman dan berkendara pun lebih tenang. Mau pilih asuransi mobil all risk atau TLO? Sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

Pertanyaan Seputar Air Radiator Mobil

Apakah air radiator bisa habis?

Ya, air radiator secara normal bisa habis ketika mencapai jarak 35.000 km sampai 55.000 km. Untuk ukuran tahun biasanya bisa sampai 1 hingga 3 tahun. Tentu saja hal ini tergantung juga dengan pemakaiannya. 

Kenapa air radiator tidak boleh penuh?

Air radiator tidak boleh penuh karena dapat membuat selangnya menjadi pecah. Selain itu jika terlalu penuh, maka radiator juga bisa rusak karena tekanannya yang terlalu tinggi. 

Kapan ganti coolant radiator mobil?

Coolant radiator harus diganti sekitar 160.000 km sekali untuk yang pertama kali. Untuk selanjutnya harus diganti ketika mencapai 100.000 km atau sekitar 5 tahun. 

Kenapa air radiator cepat habis padahal tidak bocor?

Penyebab air radiator berkurang bukakan cuma akibat kebocoran, tapi bisa karena suhu mesin terlalu panas sehingga air radiator bekerja sangat keras untuk mendinginkan mesin.

Source image: freepik.com

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!