Menu

Tips Perawatan Mobil untuk Pemula | roojai.co.id

Kendaraan membantu kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sebagai pemilik mobil pemula, menjaga kendaraan supaya tetap dalam kondisi prima adalah hal yang sangat penting. Dengan perawatan yang baik dan tepat, masa pakai mobil jadi lebih panjang, menghemat uang, sekaligus menjaga pengemudi dan penumpang tetap aman di jalan. 

Supaya kondisi mobil kamu awet maksimal, berikut ini 12 tips perawatan mobil untuk pemula.

Merawat kendaraan adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kondisi mobil dan mesinnya tetap prima. Tapi tidak perlu bingung, merawat kendaraan tidaklah susah kalau kamu mengikuti langkah-langkah ini. Selain melakukannya sendiri, ada beberapa perawatan mobil untuk pemula yang bisa dilakukan sendiri di rumah.  

Cek aki dan jaga kondisi aki mobil

Langkah perawatan mobil untuk pemula ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Caranyanya mudah, kamu hanya perlu menyalakan mesin mobil setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Cara ini akan membantu memastikan daya yang tersimpan pada aki. Ya, mobil yang tidak dipakai akan mengalami pengurangan daya sekitar 3 persen dari kapasitasnya setiap hari. 

Kalau kamu berencana pergi dalam waktu lama, sebaiknya lepaskan kabel aki dari terminal penghubungnya. Cara ini bisa menghindari aliran listrik yang terus-menerus yang bisa membuat aki mobil menjadi tekor atau soak. 

Periksa dan ganti oli mobil secara berkala

Oli ibarat darah dalam kendaraan kamu. Pastikan kamu memeriksa tingkat oli secara berkala, setidaknya sebulan sekali atau sesuai petunjuk di buku panduan pabrik. Saat oli rendah, kamu bisa menambahkan oli dan pastikan kamu memilih oli mobil yang tepat sesuai yang direkomendasikan produsen mobil kamu. Pastikan kamu mengganti oli sesuai jadwal yang ditentukan di buka manual. Penggantian oli yang dilakukan secara rutin akan memperpanjang umur mesin kendaraan. 

Selain mengganti oli, jangan lupa untuk mengganti filternya secara berkala. Filter oli berfungsi menyaring kotoran dan partikel berbahaya dari oli mesin. Ganti filter oli setiap kali kamu mengganti oli untuk memastikan mesin kendaraan tetap bersih. 

Periksa tekanan ban 

Ban merupakan salah satu komponen mobil yang punya peran sangat penting. Tanpa kondisi ban yang prima, laju kendaraan bisa terganggu. Tekanan ban yang terlalu rendah bisa meningkatkan risiko kecelakaan dan gagal kendali. Sementara kalau tekanan yang terlalu tinggi bisa mengurangi daya cengkram ban pada jalan dan bisa menyebabkan pecahnya ban. 

Selain itu, memeriksa tekanan ban secara teratur merupakan langkah penting dalam menjaga keamanan dan efisiensi bahan bakar kendaraan kamu. 

Sebelum melakukan perawatan dan pengecekan tekanan ban, sebaiknya kamu mengecek manual kendaraan untuk mengetahui tekanan kendaraan yang direkomendasikan produsen. Ada juga produsen yang memasang panduan ini pada stiker di dekat pintu pengemudi. 

Periksa tekanan ban dalam kondisi dingin supaya hasilnya lebih akurat. Pasalnya tekanan ban akan meningkat saat ban menghangat selama berkendara. Gunakan alat pemeriksa tekanan ban dan kemudian bandingkan dengan tekanan ban yang direkomendasikan. 

Setelah itu, lakukan penyesuaian tekanan menggunakan pompa ban. Jangan lupa tutup katup ban dengan sempurna, ya. 

Cek cairan pendingin dan pelumas 

Lakukan pemeriksaan cairan pendingin, pelumas rem dan pelumas transmisi secara teratur. Pastikan cairan pendingin berada di level yang tepat, tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu pekat. 

Kalau tidak yakin dengan hal ini, kamu bisa minta bantuan mekanik terlatih untuk mengecek. Opsi lainnya, pelajari sendiri melalui buku manual kendaraan kamu. Selain itu, kamu juga harus tahu ada beberapa suku cadang mobil yang perlu diganti secara rutin untuk menjaga fungsinya tetap maksimal.

Rutin mengecek sistem kelistrikan

Sistem kelistrikan mobil adalah serangkaian komponen elektronik yang bekerja untuk menghasilkan, membagikan, dan mengatur energi listrik di dalam mobil. Sistem ini terdiri dari baterai, kabel, dan sistem pengisian.

Untuk merawat sistem kelistrikan, pastikan baterai dalam kondisi baik dan bersihkan kutubnya secara teratur. Periksa juga kabel-kabel listrik untuk memastikan tidak ada kabel yang terkelupas atau aus. Jika ada masalah dengan sistem pengisian, seperti alternator, segera perbaiki supaya baterai dapat terisi dengan baik. 

Pemeriksaan sistem rem 

Pemeriksaan ini merupakan bagian penting dari perawatan kendaraan dengan sistem transmisi matic maupun manual. Kamu bisa melakukan pemeriksaan secara detail dan profesional di bengkel kendaraan. Selain itu kamu juga bisa melakukannya sendiri dengan memastikan bagaimana respon rem ketika diinjak. Cek juga kondisi minyak rem mobil. 

Lindungi eksterior mobil 

glass coating mobil | roojai.co.id

Lakukan perawatan eksterior mobil dengan mencuci mobil secara teratur untuk menghilangkan debu, kotoran, dan garam jalan. Jangan lupa juga untuk melindungi cat mobil kamu dengan lapisan wax atau sealant yang berkualitas. Lapisan ini tidak hanya menjaga penampilan mobil tapi juga bisa melindungi cat mobil dari kerusakan karena sinar matahari, hujan, dan kotoran lain.  Kamu juga bisa melakukan glass coating mobil untuk hasil yang lebih maksimal.

Isi BBM di stasiun resmi 

Mengisi BBM di stasiun yang resmi dan memiliki reputasi yang baik bisa menjaga kondisi mobil. Selain itu, pastikan kamu mengisi bahan bakar mobil dengan angka oktan yang disarankan oleh produsen. Kualitas bahan bakar yang kurang baik bisa mempengaruhi kinerja mesin kamu. 

Perawatan mobil untuk pemula juga bisa dilakukan dengan memastikan tangki bahan bakar selalu penuh. Dengan demikian tidak ada ruang tempat udara masuk ke dalam tangki. Ruang udara ini bisa menyebabkan munculnya embun dan membuat karat dalam tangki. 

Rutin melakukan service kendaraan 

Selalu lakukan service kendaraan sesuai jadwal yang ditentukan oleh produsen. Service rutin ini biasanya meliputi pemeriksaan menyeluruh oleh mekanik yang bisa mendeteksi masalah yang mungkin tidak kamu sadari. Hal ini akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan kendaraan selalu dalam kondisi prima. 

Jaga kebersihan dan kenyamanan kabin 

Bagian kabin juga perlu dijaga kondisi dan kebersihannya. Bersihkan kabin secara teratur dan jaga kondisi interior tetap rapi bisa membuat pengalaman berkendara lebih nyaman. Selain itu, periksa juga sistem AC berfungsi dengan baik. Kamu harus melakukan pemeriksaan jika AC mobil mulai tidak dingin.

Periksa fungsi lampu mobil

Lampu mobil punya fungsi yang vital untuk menjaga keselamatan, terutama ketika berkendara di malam hari. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan untuk semua lampu, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem dan lampu sein. Jika ditemukan ada yang rusak, segera lakukan penggantian. 

Asuransi kendaraan yang tepat

Memiliki asuransi kendaraan yang sesuai kebutuhan kamu bisa berfungsi sebagai perlindungan finansial ketika terjadi kecelakaan atau kerusakan kendaraan. Asuransi Mobil All Risk bisa menanggung kerusakan kecil, seperti baret atau mobil yang penyok, hingga kerusakan besar bahkan kehilangan kendaraan karena pencurian. 

Untuk kamu yang sering berkendara, asuransi mobil all risk bisa memberikan ketenangan karena menawarkan cakupan asuransi yang lebih luas. 

Selain itu, Asuransi Mobil All Risk dari Roojai memiliki bengkel rekanan yang memberikan garansi penggantian suku cadang asli sesuai dengan jenis dan merek mobil kamu. Bengkel rekanan ini juga memberikan garansi perbaikan selama 6 bulan yang berlaku sejak mobil selesai diperbaiki. 

Itulah 12 tips perawatan mobil untuk pemula yang bisa kamu lakukan sebagai investasi jangka panjang. Ingatlah bahwa perawatan yang baik juga bisa menghemat pengeluaran dalam jangka panjang dan mencegah kecelakaan yang bisa membahayakan nyawa kamu sebagai pengemudi dan penumpang kendaraan. 

Jadi, jaga mobil kamu dengan baik dan nikmati pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan, ya!

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!