Menu

biaya perawatan mobil | roojai.co.id

Bagi pemilik mobil, pernahkah kamu berpikir berapa banyak biaya perawatan mobil yang harus dikeluarkan setiap tahun? Apa saja biaya yang wajib dikeluarkan ketika sudah memiliki mobil? Roojai telah merangkum biaya-biaya rutin yang harus dikeluarkan pengguna mobil setiap tahun untuk membantu perencanaan keuanganmu. 

Di zaman yang serba mahal seperti sekarang ini, setiap rupiah yang dikeluarkan memiliki nilai yang penting. Oleh karena itu, kita harus merencanakan pengeluaran sebaik mungkin untuk menjaga kestabilan keuangan setiap bulan. 

Jika kamu memiliki mobil atau akan memiliki mobil, kamu mesti menyiapkan biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam setahun. Biaya ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jangka waktu, seperti biaya harian seperti biaya BBM, biaya tol, dan biaya parkir; biaya bulanan seperti cicilan mobil, biaya cuci mobil, dan biaya perawatan mobil; serta biaya tahunan seperti biaya asuransi, pajak, dan biaya perpanjangan STNK. Semua biaya ini adalah biaya rutin yang harus dikeluarkan setiap tahun dan jumlahnya bisa lebih banyak atau kurang setiap tahunnya tergantung pada penggunaan mobil dan faktor-faktor lainnya.

Mari kita coba hitung berapa biaya yang harus dikeluarkan dalam satu tahun dengan 6 biaya rutin yang harus dikeluarkan:

Biaya Cicilan Mobil

Ketika akan membeli mobil, kredit mobil murah mungkin salah satu hal yang kamu pertimbangkan untuk mengambil kredit mobil baru. Namun kamu harus memiliki perhitungan yang tepat untuk mengetahui berapa tepatnya biaya cicilan mobil. Ini adalah biaya wajib yang harus dikeluarkan setiap bulan jika mobilmu masih dalam cicilan. Jumlahnya akan tergantung pada harga mobil, jumlah uang muka (DP), jangka waktu cicilan, dan suku bunga yang dikenakan. Sebagai contoh, jika kamu ingin kredit mobil seharga Rp200.000.000 dengan uang muka sebesar 30% yaitu Rp60.000.00 dan cicilan selama 60 bulan dengan bunga kredit mobil sebesar 5%, maka biaya cicilan mobil per bulan yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp2.500.000.  

Maka dari itu, sebelum membeli mobil secara cicilan, sebaiknya kamu mempelajari perhitungan bunga kredit mobil dengan teliti agar tidak terjebak pada promo kredit mobil murah yang terlihat menguntungkan pada awalnya namun berakhir dengan bunga kredit mobil yang sangat tinggi dan menyebabkan cicilan per bulan malah membengkak. Pastikan kredit mobil baru yang kamu inginkan sesuai dengan kemampuan keuanganmu. 

Biaya BBM

Biaya bahan bakar minyak merupakan biaya harian yang harus dikeluarkan setiap kali mobil dipakai. Besarnya pengeluaran untuk bahan bakar sangat tergantung pada jarak tempuh yang ditempuh setiap hari, jenis mobil, dan harga bahan bakar yang fluktuatif. Jika kamu menggunakan bahan bakar Pertamax yang memiliki harga Rp13.300 per liter dan rata-rata kamu mengisi bensin sebesar Rp800 ribu per bulan, maka setidaknya kamu perlu menyiapkan biaya sebesar Rp9.600.000 per tahun untuk bahan bakar mobilmu. 

Biaya asuransi

Memiliki asuransi kendaraan berfungsi untuk melindungi pengendara dari pengeluaran biaya mendadak akibat kecelakaan/kerusakan yang terjadi ketika berkendara. Biaya ini harus dibayar setiap tahun. Biasanya untuk mobil seharga 200-300 juta, asuransi TLO memakan biaya sekitar 600-700 ribuan per tahun, sedangkan asuransi all risk sekitar 3 jutaan per tahun, tergantung dengan kebutuhan proteksimu.

Biaya pajak kendaraan bermotor

Biaya pajak kendaraan bermotor berbeda-beda untuk setiap jenis kendaraan tergantung pada ukuran, tipe kendaraan, kapasitas mesin, dan usia kendaraan. Misalnya, untuk mobil Avanza biaya pajaknya sekitar Rp1.500.000 hingga Rp3.500.000 per tahunnya.  

Biaya perawatan kendaraan

Untuk menjaga performa mobil, setidaknya lakukan servis setiap 10.000 kilometer atau sekitar 6-12 bulan. Kamu harus membawa kendaraan ke bengkel untuk melakukan perawatan pada mobil, termasuk penggantian cairan seperti oli mesin, filter udara, dan bagian lain yang rusak dan harus diganti berdasarkan jarak yang sudah ditempuh. Beberapa merek mobil ada yang memberikan garansi selama 5 tahun. Jika biaya perawatan mobil sudah tidak ditanggung oleh garansi, maka biaya setiap servis kurang lebih sekitar Rp500 ribu hingga Rp5 juta tergantung dengan kondisi mobilmu. Semakin banyak komponen yang rusak/diganti maka akan semakin besar biaya servis mobilmu.

biaya punya mobil, biaya tol, biaya bbm, biaya cicilan mobil, dsb | roojai.co.id

Biaya-biaya lainnya

Seperti biaya cuci mobil, biaya parkir, dan biaya tol juga perlu diperhitungkan jika kamu menggunakan mobil sebagai alat mobilitas sehari-hari. 

Ternyata gak murah kan biaya punya mobil? Tapi, dengan mengetahui biaya-biaya yang harus dibayarkan setiap tahunnya, maka kamu sudah dapat merencanakan pengeluaran agar sesuai dengan penghasilan. Kamu juga dapat mencoba mengurangi biaya agar lebih hemat seperti biaya asuransi mobil yang cukup tinggi. Jika kamu membayarnya dengan cara pembayaran tahunan, tentu akan terasa berat. Oleh karena itu, kamu bisa memilih pembayaran cicilan untuk asuransi mobil untuk meringankan keuanganmu.

Di Roojai, dengan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) selain premi asuransi mobil yang terjangkau karena kamu dapat mengatur benefit atau pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu, kamu juga dapat memilih pembayaran cicilan tanpa harus request ke bank agar anggaranmu bisa terkendali.

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!