modifikasi mesin mobil | roojai.co.id

Modifikasi mesin mobil, atau dikenal juga dengan “car engine tuning”, bisa menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Pada umumnya, seluruh mobil yang diproduksi oleh pabrik dapat menjadi target untuk modifikasi. Terkadang, pemiliknya modifikasi mesin agar ketika mengendarai terasa seperti di arena balap meskipun mobil yang dimiliki hanya dipakai untuk keseharian. Kegiatan ini bisa juga menjadi hobi akhir pekan bagi sebagian orang.  

Jika kita membicarakan mobil yang bagus untuk di modif, bayangan kita cenderung pada yang umumnya tampak dari luar, yakni memodifikasi tampilan atau bodi luar mobil sehingga tampak lebih keren. Sebenarnya ada empat kategori dasar dari modifikasi dan kostumisasi kendaraan kamu, yaitu: modifikasi mesin, modifikasi suspensi, modifikasi bodi, dan modifikasi interior.  

Nah, di artikel ini, kita akan membahas modif mesin mobil, terutama untuk kamu yang masih pemula dalam bidang ini. Yuk, lanjut baca tips modifikasi mobil berikut untuk menambah pengetahuan kamu.

Konten

  1. Apa itu modifikasi mesin mobil?
  2. Memperbesar silinder dan piston / bore up
    1. Memasang turbocharger
      1. Remap ECU (Electronic Control Unit)

        Apa itu modifikasi mesin mobil?

        Sekadar mengganti mesin lama dengan mesin yang baru bukanlah modifikasi mobil. Memang, penggemar kegiatan modifikasi lebih mementingkan peningkatan performa, menambahkan, serta mengganti suku cadang atau onderdil mobil yang sudah ada sehingga dapat memberikan tenaga yang lebih hebat ketika berkendara. Namun jangan salah paham antara modifikasi dengan kustomisasi ya, karena keduanya memiliki makna yang berbeda – yang akan kita bahas di kesempatan lain. 

        Pada umumnya, modifikasi mesin mobil yang dilakukan adalah pembesaran kapasitas silinder. Prosesnya yaitu diameter silinder diperbesar sehingga langkah ini disebut sebagai “boring” atau “bore up”. Performa mesin meningkat dengan silinder yang lebih besar karena semakin banyak campuran udara dan bahan bakar yang dapat dibakar dalam silinder yang besar daripada silinder yang lebih kecil. Sederhananya begitu. Perubahan ini pun memberikan peningkatan tenaga. 

        Penggunaan turbocharger merupakan cara lain untuk meningkatkan tenaga mesin. Dengan bantuan turbo atau supercharger, tekanan rata-rata dan sekaligus tenaga dapat dinaikkan. Tekanan yang lebih tinggi meningkatkan kemampuan pengisian bahan bakar ke mesin, sehingga lebih banyak udara tersedia untuk pembakaran. Umumnya, turbocharger dipasang dekat komponen exhaust. Turbocharger mempunyai dua komponen utama, yakni kompresor dan turbin. Dua komponen ini dihubungkan dalam satu shaft

        Sementara itu, modifikasi chip mobil atau remap ECU (Electronic Control Unit) tidak memerlukan intervensi apa pun dalam mekanisme mesin. Performa mesin ditingkatkan melalui perubahan tertentu pada parameter kontrol dari sistem listrik mesin yang sebelumnya diatur oleh pabrikan. Perubahan ini dapat memberikan tekanan dorongan turbocharger atau jumlah bahan bakar yang diinjeksikan ke ruang bakar meningkat sehingga mengarah pada peningkatan tenaga dan torsi mesin. 

        Memperbesar silinder dan piston / bore up

        Memperbesar diameter silinder dan piston mobil sering disebut dengan bore up. Penggemar modifikasi, terutama yang ingin upgrade mesin mobil, melakukan ini agar mendapatkan performa kendaraan yang semakin hebat. Efek melakukan bore up pada mesin mobil akan tergantung pada berbagai faktor seperti jenis mesin, ukuran lubang silinder, dan modifikasi lain yang telah dilakukan sebelumnya pada mobil.  

        Mengutip Mobbi.id, berikut kelebihan dan kekurangan dari modif mesin mobil dengan melakukan bore up.  

        Kelebihan bore up mesin mobil:

        Di sisi lain, modifikasi yang tidak tepat atau dilakukan secara berlebihan dapat merusak mesin dan mengurangi kinerja mobil. Jadi, sebelum kamu yang pemula memutuskan untuk bore up atau modifikasi mesin mobil lainnya, berkonsultasi saja dengan mekanik atau siapa pun yang berpengalaman dan sangat paham soal cara modifikasi mesin untuk mengetahui apakah modifikasi tersebut cocok dan aman untuk mobilmu. 

        Sebagai pertimbangan, kamu juga perlu mengetahui kekurangan dari melakukan bore up mobil. 

        Kekurangan bore up mobil:

        Pelajari tentang sistem suspensi mobil dan komponennya yang rentan rusak.

        Memasang turbocharger

        Modifikasi mesin mobil dengan memasang turbocharger cukup populer belakangan ini. Padahal sebelumnya, mesin turbo merupakan hal yang dijauhi karena dinilai mudah rusak dan perawatannya bikin ribet. Yang penting, kamu harus tahu cara kerjanya biar menjadi pertimbangan sebelum memutuskan modifikasi. 

        Komponen mesin berbentuk seperti keong ini memanfaatkan udara yang dialirkan dari hasil pembakaran oleh saluran buang. Udara tersebut kemudian dipaksa masuk lagi ke dalam mesin lewat dua unit turbin. Turbin pertama berfungsi sebagai pemutar, sedangkan turbin kedua diputar oleh turbin yang pertama. Turbin pertama bertugas untuk membuat udara lebih cepat masuk ke dalam ruang mesin. Semakin banyak udara yang masuk ke mesin, semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.  

        Jadi, secara lebih sederhana, turbo mesin bermanfaat untuk memaksimalkan gas buang yang dimasukkan kembali ke dalam ruang bakar agar dikonversi menjadi tenaga. Semakin tinggi putaran mesin, semakin besar tenaganya.  

        Seperti efek dari bore up, selama turbo sedang bekerja, suhu dalam komponen tersebut sangat tinggi. Akibatnya, mesin membutuhkan pelumas yang mampu menahan panas berlebih. Oleh karena itu, kamu harus memahami bahwa oli mesin yang dipakai harus khusus diperuntukkan bagi mobil yang sudah menggunakan turbo. 

        Mengutip Carmudi.co.id, berikut kelebihan dan kekurangan modif mesin mobil dengan pemasangan turbo mesin

        Kelebihan memasang turbocharger pada mesin mobil:

        Kekurangan memasang turbocharger pada mesin mobil:

        Remap ECU (Electronic Control Unit)

        ECU adalah komponen mesin yang mengatur sekaligus melakukan kontrol pada mesin mobil. Setiap mobil pabrikan biasanya sudah memiliki setelan masing-masing sehingga dapat dikatakan bahwa ECU merupakan pusat pengaturan seluruh kegiatan yang terjadi di dalam mesin mobil. Jika diibaratkan komputer, ECU ini memiliki fungsi yang sama dengan CPU (central processor unit) yang menjadi otak dari komputer. 

        ECU menerima seluruh data atau informasi sistem mobil seperti berapa banyak bensin yang dibutuhkan oleh mesin mobil, sistem pendinginan mesin mobil, udara yang dibutuhkan oleh mesin, bahkan analisis gaya berkendara kamu sebagai pengendara.

        Tujuan dari melakukan remap ECU adalah untuk mengubah pengaturan pada beberapa parameter komponen yang terkait mesin. Efek perubahan dari remap ini membuat performa mesin mobil kesayangan kamu meningkat dari versi standar keluaran pabrik. 

        Berikut kelebihan dan kekurangan modifikasi remap ECU

        Kelebihan remap ECU:

        Baca juga: Mesin mobil tidak mau menyala? Apa saja kemungkinan penyebabnya?

        Kekurangan remap ECU:

        Modifikasi mesin mobil memang seru dan bikin penasaran. Kamu jadi semakin sayang dan perhatian sama mobil kamu. Namun, yang lebih penting, kamu melakukan perawatan rutin pada mobilmu agar semua komponen tetap berfungsi dengan baik. Kamu tetap dapat tuning up sekaligus melindungi mobil kamu dari masalah-masalah terkait mesin. Dengan demikian, kamu dapat berkendara dengan aman dan nyaman.  

        Nah, selain itu, kamu juga perlu menambahkan proteksi atas mobil kamu dengan memiliki Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif). Roojai menyediakan asuransi mobil dengan contact center yang andal serta proses klaim yang cepat dan mudah. Dapatkan juga diskon untuk pembayaran penuh atau pilih pembayaran secara cicilan tanpa harus pengajuan ke bank. Daftarkan diri dan aset berharga kamu sekarang juga untuk mendapatkan perlindungan lengkap dan layanan berkualitas.

        Cek harga

        Bagikan:

        Sebelumnya

        Cara Cuci Mobil yang Benar – Cuci Di Rumah ala Carwash

        Berikutnya

        Bisa Ganggu Kualitas Hidup, Ini Tanda Gangguan Pendengaran yang Nggak Bisa Dipandang Sebelah Mata
        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!

        Menu