Mesin Mobil Tidak Mau Menyala? Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya?

Mei 30, 2023  |  Kategori: Gaya Hidup & Kesehatan

Mesin Mobil Tidak Mau Menyala? Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya?

Mobil yang tiba-tiba tidak mau menyala bisa membuat sangat frustasi dan stres, apalagi jika itu terjadi saat kamu akan berangkat bekerja atau pergi ke suatu tempat untuk urusan yang penting. Jika hal ini terjadi padamu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa alasan atau penyebab kenapa mobilmu tidak mau dinyalakan ketika distarter beserta dengan solusinya.

Penyebab umum mesin mobil tidak mau menyala

Aki mobil soak 

Salah satu penyebab mobil tidak mau menyala yang paling umum adalah aki mobil mati atau soak. Aki adalah komponen utama sumber listrik pada mesin kendaraan. Jika aki mobil soak maka aki tidak bisa mendistribusikan energi listrik ke starter sehingga mobil tidak dapat menyala ketika di starter. Pastikan kamu memeriksa aki secara rutin agar kamu bisa melihat tanda-tanda korosi atau kerusakan pada aki. Jika aki sudah digunakan dalam waktu lama dan mulai berkarat, bersihkan aki dengan sikat kawat atau ganti aki mobil. Jika tampilan aki masih terlihat baik, periksa voltase dengan multimeter. Aki yang terisi penuh berisi sekitar 12,6 volt. Jika voltase aki lebih rendah dari ini, mungkin sudah waktunya kamu untuk mengganti aki.

Starter mobil bermasalah 

Starter mobil berfungsi untuk menghidupkan mesin ketika kunci mobil di putar. Jika starter rusak, maka mesin mobil tidak akan menyala. Untuk memeriksa kondisi starter, kamu bisa coba hidupkan lampu depan dan coba nyalakan mesin. Jika lampu depan menjadi redup atau tidak mau menyala ketika kamu memutar kunci, itu mungkin pertanda bahwa starter mobil memang rusak. Namun, jika lampu depan mobil masih bekerja, berarti stater hanya macet. Kamu bisa mencoba untuk memberikan beberapa ketukan pada bagian starter menggunakan palu atau kunci inggris. Lakukan dengan lembut dan alasi alat pemukul dengan kain agar bagian starter tidak lecet. 

Fuel pump rusak 

Fuel pump pada mobil berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangka ke mesin. Jika Fuel pump mengalami kerusakan, maka mobil tidak akan mau menyala. Untuk mengetahui apakah penyebab mobilmu tidak mau menyala adalah karena fuel pump, kamu bisa cek apakah lampu indikator bagian engine lamp terus berkedip. Kemudian cek juga sekring pada bagian fuel pump, jika terlihat kotor maka bisa jadi fuel pump tidak dapat bekerja dengan baik karena tersumbat kotoran. Untuk memperbaiki fuel pump yang rusak, kamu perlu memanggil mekanik atau membawa mobilmu ke bengkel terdekat untuk diperbaiki oleh ahlinya.

Mesin mobil tidak mau menyala

Oli mesin habis atau kotor

Pastikan kamu memeriksa level dan kondisi oli mesin sebelum mencoba menyalakan mesin. Jumlah oli mesin yang kurang atau kondisi oli yang kotor dapat membuat mesin mobil sulit dinyalakan. Pastikan untuk mengganti atau menambahkan oli mesin jika diperlukan. Selalu gunakan jenis dan viskositas (kekentalan) yang tepat untuk mobilmu.  

Jika kamu sudah mencoba semua langkah-langkah di atas dan mesin mobilmu masih tidak dapat dinyalakan, maka kemungkinan ada masalah lebih besar yang harus diperbaiki oleh seorang professional atau bawa mobilmu ke bengkel terpercaya. 

Persiapan menghadapi situasi mesin mobil tidak mau menyala

Meskipun kamu sudah merawat mobilmu dengan baik dan masalah seperti mobil sulit dinyalakan akan sangat jarang terjadi pada mobilmu, akan lebih baik jika kamu tetap menyiapkan alat bantu yang selalu tersedia di dalam mobil untuk jaga-jaga dari risiko tidak terduga. 

Salah satu alat yang perlu kamu siapkan adalah jumper aki. Alat ini dapat digunakan untuk membantu menyalakan mobil dengan menempelkan kabel jumper pada mobil lain yang memiliki aki dengan fungsi yang baik. Alat ini membantu mengalirkan arus listrik ke aki mobilmu dan memungkinkan mesin mobilmu menyala kembali.

Selain itu, perlu diingat bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada mobilmu agar semua komponen tetap berfungsi dengan baik. Jangan menunda perbaikan mesin jika terdapat tanda-tanda masalah pada mobilmu. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan proteksi dengan memiliki asuransi mobil all risk. Roojai menyediakan asuransi mobil dengan contact center yang tersedia 24/7 serta proses klaim yang cepat dan mudah. Dapatkan juga diskon untuk pembayaran penuh atau pilih pembayaran secara cicilan tanpa harus request ke bank.