glass coating mobil | roojai.co.id

Pemilik mobil yang tinggal di daerah padat kendaraan sering khawatir tentang goresan dan baret pada mobil kesayangan mereka. Salah satunya adalah goresan kecil dari batu kerikil di jalanan atau baret akibat kecelakaan kecil. Solusi untuk melindungi mobil adalah dengan menggunakan glass coating.

Sebelum berbicara tentang glass coating, sebaiknya kamu perlu tahu apa itu coating mobil. Coating adalah sebuah proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil sehingga cat khusus tersebut membuat mobil tampak glossy, bersih, dan terlihat masih baru.

Lalu, apa itu glass coating dan bagaimana cara kerjanya? Dan berapa biaya yang diperlukan untuk melapisi mobil dengan glass coating? Baca selengkapnya di sini!

Konten

  1. Apa itu glass coating?
  2. Nano Ceramic Coating – bedanya dengan Glass Coating
  3. Coating Kaca Mobil
  4. Harga Glass Coating
  5. Perawatan Coating Mobil

Apa itu glass coating?

Glass coating adalah teknik pelapisan permukaan cat mobil berupa nano coating dengan kerapatan yang tinggi. Glass coating berwarna jernih seperti cermin yang membuat mobil terlihat mengilap dan akan menempel secara permanen pada permukaan cat mobil. Dalam campuran coating kaca, terdapat bahan silika yang membuat mobil tahan sinar UV dari matahari, goresan-goresan halus, tidak mudah tergores, dan tidak mudah pecah, sehingga warna mobil tetap sama dan terlihat seperti baru sepanjang waktu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Baret Mobil Tanpa Klaim Asuransi

Manfaat dari glass coating adalah melindungi mobil dari lecet akibat pecahan batu, gesekan cabang pohon, dan goresan kecil lainnya yang dapat muncul pada mobil. Selain itu, glass coating memiliki efek daun talas yang di mana melindungi lapisan cat dasar permukaan body mobil dari air atau kotoran yang dapat membuat warna mobil terlihat kusam. Glass coating menawarkan lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan coating biasa, karena lapisan pelindungnya lebih tebal dan kuat (mulai dari level 1 – 9H), sehingga mampu melindungi cat mobil dan menjaga warna mobil tetap cerah untuk waktu yang lama.

Nano Ceramic Coating – bedanya dengan Glass Coating

Lalu, apa perbedaan antara glass coating mobil dan nano ceramic coating? Secara sederhana, tidak ada perbedaan yang signifikan antara manfaat nano ceramic coating dengan glass coating. Ceramic coating cat mobil melapisi cat mobil dengan ketebalan yang lebih rendah, sehingga warna cat mobil akan mudah pudar dan lapisan permukaan akan tipis sehingga pelindungnya tidak sekuat dan tidak setahan lama glass coating. Selain itu, untuk menggunakan glass coating, pemilik mobil perlu menggocek kantong lebih dalam karena harganya lebih mahal daripada cat mobil biasa.

Baca juga: Rekomendasi Asuransi Kendaraan Terbaik 

Perbedaan paling signifikan antara Glass Coating dengan Ceramic Coating adalah bahwa glass coating memiliki lapisan yang lebih tebal dan keras, sehingga lebih sanggup menghalau baret pada mobil, lebih tahan terhadap sinar UV dan paparan zat kimiawi. Sementara itu Ceramic Coating lebih andal mengatasi spot bekas air, tampak lebih mulus, dan memiliki kemampuan self-cleaning.

Glass CoatingCeramic Coating
Waterspot resistance â˜…★★ â˜…★ 
Durability â˜…★★★ â˜… 
Smoothness â˜…★ â˜…★★★ 
Surface Matte Smooth 
Water Repellent / Hydrophobic â˜… â˜…★★★ 
Hardness â˜…★★★ â˜…★ 
Shining â˜…★★★ â˜…★★ 
Thickness â˜…★★ â˜…★ 
Self-Cleaning / Anti-fouling â˜…★ â˜…★★★ 
UV Resistance â˜…★★★ â˜…★★ 
Chemical Resistance â˜…★★ â˜…★ 
Tabel perbandingan Glass Coating dan Ceramic Coating

Coating Kaca Mobil

Dengan melakukan coating kaca mobil, kamu bisa mengatasi jamur pada kaca mobil. Treatment kaca  mobil dengan nano teknologi yang dapat memberikan Hydrophobic Effect ( efek daun talas ) pada kaca mobil dan membuat kaca mobil bersih serta melindungi dari noda kerak air, jamur dan sinar UV.

Baca juga:  7 Cara Mudah Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Harga Glass Coating

Harga glass coating sangat bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari merek produk yang digunakan, kualitas dan tingkat ketebalan bahan coating, serta ukuran mobil yang akan dilapisi. Oleh karena itu, untuk memilih glass coating yang tepat, kamu perlu mengetahui perbedaan kualitas dan merek yang ditawarkan oleh penyedia jasa glass coating agar hasilnya sesuai dengan yang kamu inginkan. 

Untuk biaya nano ceramic coating, berdasarkan Scuto Gading Serpong, harga nano ceramic coating mobil tipe gold adalah mulai dari Rp3.000.000, sedangkan untuk harga nano ceramic coating mobil tipe platinum dikenakan biaya mulai dari Rp4.500.000.

Perawatan Coating Mobil

cara mencegah lecet | roojai.co.id

Terakhir, bagi kamu yang berencana untuk melapisi mobil dengan glass coating/nano ceramic coating, penting untuk mengetahui cara merawatnya dengan baik, sepert mencuci mobil secara teratur dan mengaplikasikan wax adalah hal yang penting. Hindari juga menggunakan polisher berkecepatan tinggi atau bahan abrasif karena dapat merusak lapisan coating.

Agar memberikan ketenangan yang maksimal jika mobilmu mengalami kerusakan kecil, Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai bisa menjadi proteksi tambahan yang tepat karena menawarkan bantuan selama 24/7 serta manfaat-manfaat yang bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu. Dapatkan penawarannya hanya dalam hitungan menit dengan harga premi mulai dari Rp225.000/bulan. 

Cek harga
Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Sebelumnya

Ketahui Pengertian, Fungsi dan Cara Klaim SWDKLLJ di STNK

Berikutnya

Cara Mudah Blokir STNK Online, Syarat dan Prosedurnya
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu