kaca mobil berembun | roojai.co.id

Kaca mobil berembun bisa mengganggu penglihatan ketika berkendara dan mengurangi jarak pandang, yang merupakan situasi berbahaya yang harus diatasi karena visibilitas penting untuk keselamatan.

Perbedaan suhu antara kabin mobil dan luar mobil menyebabkan embun terbentuk di dalam dan luar kaca mobil, terutama saat suhu malam lebih dingin dari siang. Apa saja penyebab kaca mobil berembun dan bagaimana cara menghilangkan embun di kaca mobil? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Kenapa Kaca Mobil Berembun? Berikut Penyebabnya.

  1. Jika suhu di dalam mobil rendah dan di luar mobil tinggi, embun akan terbentuk di dalam kaca.
  2. Saat hujan dan AC mobil dimatikan, embun muncul di dalam kaca karena suhu di dalam mobil lebih tinggi.
  3. Pada kondisi hujan dan AC menyala, embun tetap bisa muncul jika suhu AC tidak cukup dingin.
  4. Suhu malam hari yang cenderung lebih dingin daripada siang hari sangat berpengaruh terhadap munculnya embun pada kaca mobil. Penting untuk kamu mengetahui tips mengemudi di malam hari, karena perjalanan saat malam hari cukup berbeda dengan siang hari

Cara mencegah kaca mobil berembun

Cara agar kaca mobil agar tidak berembun sebenarnya cukup mudah dilakukan, sama halnya seperti ketika kamu melakukan cara bersihkan kaca lampu mobil.

Ada beberapa cara yang perlu kamu terapkan untuk mencegah terjadinya embun di kaca mobil, antara lain:

  • Jangan parkir di tempat yang terlalu terik atau terpapar langsung oleh sinar matahari;
  • Buka semua kaca selama beberapa menit setelah mobil diparkir di tempat terik dan sebelum menyalakan AC;
  • Pastikan kabin selalu dalam keadaan kering;
  • Hindari memasukkan benda basah ke dalam mobil agar mengurangi tingkat kelembaban di dalam mobil. Apabila sepatu basah, lebih baik keringkan dulu menggunakan lap atau tisu basah baru masuk ke dalam mobil karena kandungan air di dalam mobil bisa memicu terjadinya embun di permukaan kaca.

Dengan menerapkan berbagai cara tersebut, diharapkan dapat meminimalisir terjadinya embun pada kaca mobil, sehingga pandangan pengemudi ke jalanan saat hujan atau malam hari tetap jelas.

Cara mengatasi kaca mobil berembun

Saat penyebab kaca mobil berembun sudah diketahui, maka kamu harus mengatasi kondisi tersebut agar tidak merasa kesulitan lagi melihat kondisi jalanan di depan, samping kanan, atau kiri.

Namun, bagaimana cara kaca mobil tidak berembun? Cara yang tepat mengatasi kaca mobil berembun adalah dengan menghapusnya sesuai dengan segala kondisi yang menjadi penyebabnya.

Adapun 5 cara mudah mengatasi kaca mobil berembun tanpa AC, di antaranya.

1. Menggunakan cairan anti kabut

Cara menghilangkan embun di mobil yang paling mudah adalah dengan menyemprotkan cairan anti kabut ke kaca bagian dalam kabin. Lalu, diamkan selama beberapa saat.

Lanjutkan dengan mengelap kaca dengan kain lembut yang kering, gerakkan searah beberapa kali. Cairan anti kabut ini dapat kamu beli di toko perlengkapan mobil.

2. Menggunakan shampo

Oleskan sedikit cairan sampo pada kaca mobil bagian dalam. Perlu diingat, jangan mencampurkan shampo dengan air.

Selanjutnya, lap kaca yang sebelumnya sudah dioles shampo, menggunakan kanebo yang sedikit lembab tanpa campuran air.

Pastikan kamu mengelap searah agar kaca tidak buram. Jika sedang hujan dan mulai reda, sebaiknya segera bersihkan kaca mobil dari shampo dengan menggunakan lap hingga bersih.

3. Menyalakan fitur defogger

Jika mobil kami dilengkapi fitur defogger/defrost (pemanas kaca belakang), kamu bisa memanfaatkannya agar embun hilang. Biasanya, ventilasi defrost berada di kedua sisi paling ujung pada dashboard.

Jika embun muncul pada kaca bagian belakang mobil, kamu bisa menggunakan fitur defogger ini.

4. Resirkulasi udara

Gunakan tombol resirkulasi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Setelah fungsi ini diaktifkan, mobil akan memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskan udara tersebut tanpa mengubah suhu.

Dengan begitu dapat mencegah adanya perbedaan suhu. Kamu tak perlu menunggu lama saat mengaktifkan fitur resirkulasi udara di dalam mobil, jika embun sudah cukup menghilang maka kamu bisa mematikan fitur tersebut.

5. Kurangi suhu AC dan nyalakan wiper

Ketika udara di luar mobil panas, dan suhu di dalam mobil dingin dapat memungkinkan titik-titik embun muncul pada kaca. Pada kondisi ini, kamu bisa mengurangi suhu AC untuk menghilangkannya.

Jika AC mobil menyala, suhu otomatis menurun secara cepat. Dengan mengurangi suhu AC mobil, secara otomatis akan mengurangi juga embun yang menempel di kaca.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan wiper untuk menyeka embun-embun tersebut. Atur wiper dalam kecepatan paling pelan supaya tak mengganggu penglihatan.

Jika pada suatu kondisi embun tetap muncul akibat AC tidak dingin, kamu perlu segera membawa kendaraan ke bengkel mobil untuk melakukan pengecekan dan perbaikan.

Selain itu, kamu juga bisa datang ke bengkel yang menawarkan jasa coating kaca mobil untuk meminta jasa poles agar kaca mobil memberikan efek hydrophobic sehingga membantu memberikan pandangan yang lebih jelas bagi pengemudi. 

Pentingnya asuransi mobil

Dengan memiliki asuransi mobil, maka hal ini dapat membantu kamu melindungi kendaraan dan juga kondisi keuangan dari biaya-biaya tak terduga.

Pasalnya, asuransi kendaraan baik itu asuransi mobil All Risk maupun asuransi TLO, keduanya akan memberikan manfaat pertanggungan atas risiko kerugian yang kamu alami terhadap mobil milikmu,

Manfaat pertanggungan yang bisa kamu dapatkan termasuk biaya perbaikan mobil apabila terjadi kerusakan akibat tindak kejahatan, kebakaran, hingga hilang karena dicuri, tergantung jenis polis yang dimiliki.

Asuransi Roojai memiliki lebih dari 750 bengkel rekanan, baik bengkel authorized atau bengkel umum di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk mendapatkan manfaat pertanggungan, pastikan kamu sudah memepersiapkan dokumen yang diperlukan untuk pengajuan klaim.

image: freepik.com

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu