Menu

harga honda jazz

Mobil Honda Jazz merupakan salah satu tipe city car hatchback idaman. Bentuknya yang ringkas dan desain yang modern, membuat mobil Honda Jazz selalu jadi favorit. Dengan model dan spesifikasi yang terus di-update untuk mengikuti kebutuhan pasar, harga mobil Honda Jazz pun berubah-ubah dari tahun ke tahun.  

Meski mobil ini sudah tidak lagi diproduksi, ternyata model lama juga nggak kalah penggemar. Kira-kira apa yang membuat mobil ini diterima dengan baik di pasaran? Berapa harga Honda Jazz dari waktu ke waktu dan modifikasi? Yuk, disimak.

Mobil Honda Jazz, Hatchback Idaman

Mobil Honda Jazz diproduksi oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) dan pertama kali dihadirkan pada 2001 silam awalnya diproduksi di negara asalnya yaitu Jepang. Produksi mobil ini dihentikan pada tahun 2021 kemarin dan diganti posisinya dengan Honda City Hatchback. Selama 20 tahun wara-wiri di jalan raya, mobil Honda Jazz merupakan salah satu kendaraan hatchback favorit di Tanah Air.  

Tapi apa sih yang membuat mobil ini jadi favorit? Selain modelnya yang terkesan sporty dan dinamis, mobil ini juga menawarkan berbagai keunggulan yang memang dibutuhkan konsumen. Meski kecil dan lincah bermanuver di jalanan yang sempit, mobil ini memiliki ruang kabin luas yang memberikan keleluasaan ruang gerak.  

Selain itu, mobil Honda Jazz dilengkapi fitur yang lengkap dan cukup canggih di kelasnya untuk menjamin kenyamanan pengguna. Dari segi konsumsi bahan bakar, mobil ini pun cenderung irit dengan rasio 11,7 km per liter di dalam kota dan 18 km per liter untuk rute luar kota.  

Kombinasi tersebut membuat Honda Jazz selalu diminati selama 20 tahun perjalanannya. Dan bahkan saat sudah tidak dihadirkan pun, Honda Jazz second masih banyak peminatnya.  

Nah untuk kamu yang mencari harga Honda Jazz dari berbagai generasi, penjelasan berikut ini bisa menjadi acuan.

Membeli mobil bekas bisa jadi pilihan karena harganya yang jauh lebih murah. Tapi apakah mobil tua tetap perlu diasuransikan?

Harga Honda Jazz Generasi Pertama

Mobil Honda Jazz yang diluncurkan pada tahun 2001 merupakan model generasi pertama. Mobil ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2004 dan didatangkan dalam bentuk Completely Built Up (CBU) atau secara utuh  dari Thailand. 

Pada saat itu Honda Jazz ditawarkan dalam dua tipe mesin, i-DSI dan VTEC yang merupakan tipe tertinggi. Kedua tipe ini dibekali mesin berkapasitas 1.500 cc. Untuk transmisinya, pada Honda Jazz generasi pertama ini sudah disematkan transmisi manual dan CVT. Oleh sebab itu, mobil ini disebut sebagai pionir kendaraan dengan pilihan transmisi CVT di Indonesia.  

Honda Jazz generasi pertama atau yang bisa dikenal dengan Jazz GD3 ini disebut memiliki desain yang lebih agresif dan dinamis pada zamannya. Dengan lekukan-lekukan tajam, Jazz GD3 disukai anak muda dan keluarga muda karena juga dibekali dengan mesin yang lebih bertenaga dibanding mobil city car lainnya.  

Desain Honda Jazz GD3 ini masih cukup relevan sampai saat ini. Dengan body yang terlihat gagah, mobil ini bisa dimodifikasi dengan mudah. Kamu cukup ganti peleknya saja supaya terlihat lebih keren.  

Fitur lain yang bikin mobil ini layak dibeli dalam kondisi second adalah keberadaan 7 speed mode di setirnya. Fitur ini membuat Honda Jazz GD3 lebih menyenangkan saat dikendarai. Dengan fitur ini, perpindahan dari kecepatan otomatis CVT bisa dibuat manual. Kamu cukup tekan tombol 7 Speed Mode di bawah kolom setir sebelah kanan: tombol (+) untuk menaikkan gigi dan tombol (-) untuk menurunkan gigi.  

Lalu bagaimana dari segi harga? Harga bekas Honda Jazz GD3 atau generasi pertama adalah mulai dari Rp 60-an juta untuk varian i-DSI tahun 2004 dan Rp 75 juta untuk varian VTEC keluaran tahun 2004.  

Harga Honda Jazz Generasi Kedua

Honda Jazz generasi kedua diluncurkan di Jepang, pada acara Tokyo Motor Show 2007. Memiliki kode GE8, Jazz generasi kedua ini memiliki ukuran body yang lebih lebar dan panjang yaitu memiliki dimensi panjang 3.900 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.595 mm. Jarak sumbu roda berada di ukuran 2.500 mm.  

Dampaknya, ukuran kabin Honda Jazz generasi kedua pun menjadi lebih luas dibanding generasi sebelumnya, yang memberikan kenyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpang.  

Dari segi desain, tampilan body cembung sudah tidak lagi mendominasi. Sebaliknya Honda Jazz Generasi kedua ini tampil lebih modern dan garis desain yang lebih sleek dan kekinian.  

Dari segi fitur, Jazz generasi kedua mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan fitur yang lebih banyak dan lebih canggih. Misalnya saja dari segi keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur yang cukup mumpuni seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).  

Meski sudah diluncurkan sejak 2007, mobil ini baru mulai masuk ke Indonesia pada 2008. Ada dua varian Jazz Generasi Kedua, yaitu S dan RS (Road Sailing) yang merupakan varian tertinggi. Mesin i-VTEC dengan kapasitas 1.500 cc masih dipertahankan.  

Dari segi harga Honda Jazz generasi kedua second ini masih cukup tinggi. Selain secara generasi model ini masih terbilang muda, modelnya memang nggak jauh berbeda dengan generasi ketiga.  

Honda Jazz generasi ketiga ini dijual di kisaran harga yang rentangnya cukup luas, yaitu antara Rp100 juta sampai Rp170 jutaan. Harga ini tergantung dari kondisi mobil dan tipenya.

Ketika bepergian dengan kendaraan baik baru maupun bekas, kamu selalu menghadapi risiko kejadian yang nggak diinginkan seperti kecelakaan. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu fakta pentingnya asuransi kecelakaan ini.

harga honda jazz

Harga Honda Jazz Generasi Ketiga

Honda Jazz generasi ketiga mulai muncul pada tahun 2013 dan masuk ke Indonesia pada tahun 2014.  

Honda Jazz dengan kode GK5 ini berevolusi dengan desain yang lebih berani dan sporty, dilengkapi garis-garis lancip yang mempertegas bentuk eksteriornya. Desainnya semakin sporty dengan bentuk headlamp yang futuristik dengan garis menyipit.  

Dari segi pencahayaan, Honda Jazz generasi ketiga ini sudah dilengkapi proyektor serta DRL (Day Running Light) LED yang dapat memberi cahaya terang pada malam hari atau saat cuaca berkabut.  

Ada tiga varian Honda Jazz generasi ketiga yang dijual di pasar Indonesia, yaitu tipe A, S dan RS yang merupakan varian tertinggi. Dari segi performa, mobil ini masih mengandalkan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya.  

Sementara dalam hal harga, Honda Jazz generasi ketiga dalam kondisi bekas memang masih terpantau cukup mahal, yaitu di kisaran Rp180 juta sampai Rp270 jutaan. Dengan desain yang dinilai masih keren dan modern, mobil ini masih punya banyak peminat.  

Pada tahun 2019, sebenarnya Honda mengeluarkan mobil Honda Jazz generasi keempat yang diluncurkan secara global di Jepang. Honda Jazz generasi keempat ini hadir dengan tambahan sistem hybrid yang menjadikan performanya semakin mantap dan ramah lingkungan.  

Akan tetapi, generasi keempat ini tidak dijual di Indonesia. Dilansir dari CNN.com, penghentian produksi dan penjualan Jazz di Indonesia ini dilakukan karena ketidaksesuaian dengan selera pasar Indonesia. Desain Honda Jazz generasi keempat yang cenderung retro dinilai tidak akan disukai oleh pasar Indonesia yang lebih menyukai desain sporty.  Sebagai penggantinya, Honda meluncurkan City Hatchback di Indonesia.  

Itulah penjelasan mengenai Harga Honda Jazz dari generasi pertama hingga generasi ketiga. Jika kamu berniat membeli mobil second, maka mobil Honda Jazz bekas bisa jadi pilihan. Selain irit bahan bakar, modelnya yang sporty, khususnya untuk Honda Jazz generasi ketiga, tetap terasa kekinian. Performanya pun nggak kalah dengan mobil-mobil lansiran terbaru.

Nah, supaya lebih aman dan nyaman berkendara, kamu juga bisa lengkapi dengan perlindungan Asuransi Mobil All Risk dari Roojai Indonesia, yang memberikan uang pertanggungan sampai dengan Rp. 2 Miliar. Selain manfaat utama tersebut, proteksi mobil yang komprehensif ini juga menyediakan perluasan coverage yang mencakup manfaat untuk memperbaiki mobil di bengkel resmi (baik Honda maupun merk lain), perlindungan tanggung jawab hukum pihak ketiga, jaminan kecelakaan diri, bencana alam, huru-hara, terorisme, dan sabotase. Tidak sampai disitu, manfaat Asuransi Mobil All Risk Roojai Indonesia juga memberikan perluasan manfaat Uang Transport pengganti saat mobilmu diperbaiki, dan Emergency Roadside Assistance apabila kamu membutuhkan bantuan darurat saat mobil mengalami masalah ditengah jalan.

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!