Menu

cara mengecek plat nomor | roojai.co.id

Cara mengecek plat nomor kendaraan bermotor sangat mudah. Pada awalnya, informasi plat nomor kendaraan hanya bisa kamu dapatkan dengan mendatangi kantor SAMSAT (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap). Namun, berkat kemajuan teknologi, tanpa ke kantor SAMSAT pun informasi terkait plat nomor kendaraan dapat kamu peroleh secara online, baik dengan ponsel maupun komputer.  

Ada beberapa kanal untuk pengecekan plat nomor secara online, yaitu website, SMS, dan aplikasi ponsel pintar. Kamu perlu tahu bahwa alamat situs, nama aplikasi, maupun nomor tujuan serta format SMS berbeda-beda berdasarkan wilayah registrasi kendaraan. 

Alasan kamu ingin memperoleh data pemilik sebuah kendaraan bisa beragam. Contohnya, untuk identifikasi pada kasus kecelakaan, menertibkan mobil yang melakukan pelanggaran, menelusuri pelaku tindak kriminal seperti pencurian dan tabrak lari, sampai untuk mengetahui riwayat pajak kendaraan dalam proses membeli mobil bekas. 

Melalui artikel ini, kamu akan mengetahui cara mengecek plat nomor kendaraan. Yuk, lanjut baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Fungsi plat nomor

Plat nomor adalah salah satu jenis identifikasi kendaraan bermotor. Kombinasi huruf dan angka pada plat logam ini punya nama lain, yaitu nomor polisi. Plat nomor berfungsi sebagai identifikasi kendaraan oleh banyak lembaga, seperti kepolisian, perusahaan asuransi mobil, bengkel, tempat parkir, dan juga armada kendaraan bermotor. 

Di beberapa wilayah yurisdiksi, plat nomor juga dipakai sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut sudah memiliki izin untuk beroperasi di jalan raya umum, juga sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor.  

Agar dapat berlalu lalang di jalanan, setiap kendaraan bermotor harus memasang plat nomor atau TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) di bagian depan dan belakang. Menurut Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 280, bagi kendaraan yang tidak dilengkapi plat nomor akan dipidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000. 

Huruf dan angka pada plat nomor

Kombinasi angka dan nomor yang terdapat pada plat nomor kendaraan memiliki aturan tertentu. Aturan plat nomor kendaraan tersebut tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 68 menentukan bahwa plat nomor wajib memuat kode wilayah, nomor registrasi dan masa berlaku, serta harus memenuhi syarat spesifikasi yang sudah diatur. 

Di bawah angka dan huruf, kamu biasanya melihat angka-angka lain yang menginformasikan bulan dan tahun batas masa berlaku plat nomor kendaraan. Jika melewati batas waktu tersebut, plat nomor sudah tidak berlaku dan harus diganti. 

Kode huruf depan

Plat nomor kendaraan bermotor di Indonesia diawali kode huruf sebagai penanda domisili atau daerah di mana kendaraan tersebut teregistrasi. Berikut daftar huruf kode yang menandakan masing-masing wilayah atau kota menurut aturan plat nomor kendaraan yang berlaku.  

Wilayah Pulau Sumatera 

BL : Aceh 

BB : Sumatera Utara bagian barat 

BK : Sumatera Utara bagian timur 

BA : Sumatera Barat 

BM : Riau 

BH : Jambi 

BD : Bengkulu 

BP : Kepulauan Riau 

BG : Sumatera Selatan 

BN : Bangka-Belitung 

BE : Lampung 

Wilayah Pulau Jawa

A : Banten, Cilegon, Serang, Pandeglang, Lebak, Tangerang 

B : Jakarta, Depok, Bekasi 

D : Bandung 

E : Cirebon, Majalengka, Indramayu, Kuningan 

F : Bogor, Cianjur, Sukabumi 

T : Purwakarta, Karawang, Subang 

Z : Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Pangandaran, Ciamis, Banjar 

G : Pekalongan, Pemalang, Batang, Tegal, Brebes 

H : Semarang, Kendal, Salatiga, Demak 

K : Pati, Jepara, Kudus, Blora, Rembang, Grobogan 

R : Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara 

AA : Magelang, Purworejo, Temanggung, Kebumen, Wonosobo 

AD : Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Karanganyar, Sragen, Wonogiri 

AB : Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, Sleman, Kulon Progo 

L : Surabaya 

M : Madura 

N : Malang, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang 

P : Bondowoso, Jember, Situbondo, Banyuwangi 

S : Bojonegoro, Tuban, Mojokerto, Lamongan, Jombang 

W : Gresik, Sidoarjo 

AE : Madiun, Ngawi, Ponorogo, Magetan, Pacitan 

AG : Kediri, Blitar, Nganjuk, Tulungagung, Trenggalek 

Wilayah Pulau Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara 

DK : Bali 

DR : Pulau Lombok, Mataram 

EA : Pulau Sumbawa 

DH : Pulau Timor, Kupang 

EB : Pulau Flores 

ED : Pulau Sumba 

Wilayah Pulau Kalimantan 

KB : Singkawang, Pontianak 

DA : Banjarmasin 

KH : Palangkaraya, Kotawaringin, Barito 

KT : Balikpapan, Kutai Kartanegara, Samarinda, Bontang, Kutai 

KU : Kalimantan Utara 

Wilayah Pulau Sulawesi 

DB : Manado, Bolaang Mongondow, Minahasa, Bitung 

DL : Sahinge, Sitaro, Talaud 

DM : Gorontalo, Bone Bolango 

DN : Donggala, Palu, Poso 

DT : Kolaka, Konawe, Wakatobi, Buton, Kendari 

DD : Makassar, Takalar, Gowa, Bantaeng 

DC : Mamuju, Polewali Mandar, Majene 

Wilayah Kepulauan Maluku dan Papua 

DE : Maluku, Serang, Ambon, Tual 

DG : Ternate, Halmahera, Tidore, Morotai 

PA : Jayapura, Merauke, Mimika, Paniai 

PB : Papua Barat 

Kode Angka 

Kombinasi angka pada plat nomor kendaraan menginformasikan jenis kendaraan. Berikut tabel pembagian kode angka plat nomor dengan jenis kendaraannya:

Kode angkaJenis kendaraan
1 – 1999Kendaraan Penumpang
2000 – 6999Sepeda Motor
7000 – 7999 Bus
8000 – 9999 Kendaraan beban atau pengangkut barang

Kode huruf belakang

Kode huruf di belakang plat nomor kendaraan biasanya terdiri atas tiga huruf. Huruf pertama menginformasikan wilayah lebih spesifik terdaftarnya kendaraan tersebut, lebih tepatnya daerah setingkat kabupaten atau kota. Contohnya: wilayah provinsi DKI Jakarta memiliki beberapa kode huruf yang menunjukkan wilayah spesifik kendaraan terdaftar. Berikut daftarnya: 

B : wilayah Jakarta Barat 

P : wilayah Jakarta Pusat 

S : wilayah Jakarta Selatan 

T : wilayah Jakarta Timur 

U : wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu 

Sedangkan huruf kedua dari kombinasi tiga huruf belakang plat nomor kendaraan menginformasikan jenis kendaraannya secara lebih spesifik lagi. Berikut daftar kode huruf dan pembagian jenis kendaraannya: 

A : mobil sedan atau pick up 

D : truk 

F : minibus, hatchback, atau city car 

J : jip atau SUV 

Q : kendaraan staf pemerintah 

T : taksi 

U : kendaraan staf pemerintah 

V : minibus 

Huruf terakhir dari seri tiga huruf belakang pada plat nomor kendaraan berguna sebagai pembeda antara kendaraan satu dengan kendaraan lainnya.

cek plat nomor online | roojai.co.id
Image by rawpixel.com on Freepik

Warna plat nomor

Warna untuk plat nomor kendaraan tidak boleh sembarangan. Warna dasar plat nomor kendaraan juga mengandung informasi atas kendaraan tersebut. Melansir hukumonline.com, Peraturan Kepolisian Nomor 7 tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor Pasal 45 mengatur warna-warna dasar apa saja yang dapat digunakan untuk plat nomor serta peruntukannya, termasuk tentang plat nomor putih yang baru-baru ini diterapkan. 

  • Plat nomor putih dengan tulisan hitam : kendaraan perseorangan, badan hukum, perwakilan negara asing dan badan internasional 
  • Kuning dengan tulisan hitam : kendaraan umum 
  • Merah dengan tulisan putih : kendaraan milik instansi pemerintah 
  • Hijau dengan tulisan hitam : kendaraan di kawasan perdagangan bebas yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain kategori plat nomor diatas, ada pula peraturan tentang plat kendaraan listrik atau elektrik berikut ini:

  • Pelat nomor kuning dan garis biru: kendaraan listrik umum. 
  • Pelat nomor merah dan garis biru: kendaraan listrik dinas. 
  • Pelat nomor putih dan garis biru: STCK kendaraan listrik. 
  • Pelat nomor hijau dan garis biru: kendaraan listrik kawasan tertentu. 
  • Pelat nomor hitam dan garis biru: kendaraan listrik pribadi. 

Berkendara di jalan raya memang mesti hati-hati. Lengkapi juga proteksi mobil yang dapat kamu peroleh secara online. Yuk, pahami jenis dan manfaat asuransi mobil online.

Cek plat nomor secara online

Cara mengecek plat nomor kendaraan dan mengetahui atas nama siapa pemilik sebuah kendaraan, termasuk untuk melakukan cek plat nomor online, bisa dengan beberapa cara berikut:

  • Melalui situs web resmi pemerintah setempat
    Kepolisian Republik Indonesia memiliki situs web resmi yang menyediakan informasi tentang pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang memampukan kamu untuk melakukan cek plat nomor online. Kamu hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan dan melakukan pencarian.  
  • Menggunakan layanan online
    Beberapa layanan lainnya untuk melakukan cek plat nomor online menyediakan informasi tentang pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor. Kamu cukup memasukkan plat nomor kendaraan saja lalu melanjutkan pencarian.  
  • Menghubungi polisi
    Kamu juga dapat menghubungi polisi setempat untuk mengetahui atas nama siapa sebuah plat nomor kendaraan. Polisi tentunya memiliki informasi tentang pemilik kendaraan sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan kamu. 

Di zaman serba online seperti sekarang, cara mengecek plat nomor semakin mudah. Kamu dapat mengambil informasi tentang plat nomor kendaraan melalui akses ponsel maupun komputer. Layanan pengecekan secara online pun juga bermacam-macam, mulai dari website, aplikasi, hingga pesan singkat (SMS). Namun, tidak semua daerah memiliki media untuk mengecek plat nomor secara online. Jika daerah kamu termasuk yang belum memilikinya, kamu perlu datang ke kantor SAMSAT terdekat. 

Website untuk cek plat nomor

Kamu dapat mengecek plat nomor kendaraan dengan mengakses situs resmi e-Samsat. Kamu hanya perlu koneksi internet dan browser, baik di ponsel maupun komputer. Alamat link e-Samsat untuk masing-masing daerah berbeda-beda sesuai domain website resmi pemerintah daerah tersebut.  

Berikut daftar beberapa provinsi yang memiliki website yang memuat informasi plat nomor kendaraan: 

DKI Jakarta : samsat-pkb2.jakarta.go.id/ 

Jawa Barat : bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/ 

Jawa Tengah : dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/ 

Jawa Timur : info.dipendajatim.go.id/esamsat/ 

Sumatera Selatan : bapenda.sumselprov.go.id/webtes/cek_pajak/bbnkb 

Sumatera Barat : bapenda.sumbarprov.go.id/content/info_pajak_kendaraan 

Sumatera Utara : bpprd.sumutprov.go.id/e-samsat/pages/index.php 

Riau : badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/ 

Kepulauan Riau : dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat 

Jambi : jambisamsat.net/infopkb.html 

Kalimantan Tengah : info.samsatkalteng.id/ 

Kalimantan Timur : simpator.kaltimprov.go.id/cari.php 

Kalimantan Selatan : bakeudakalsel.info/ 

Bali : portal.bpdbali.id/infosamsat/ 

Nusa Tenggara Barat : esamsat.ntbprov.go.id/ 

Aplikasi untuk cek plat nomor

Selain website, cara mengecek plat nomor kendaraan juga dapat kamu lakukan dengan mengakses aplikasi di ponsel. Kamu dapat memperoleh aplikasi-aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau Apple App Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, kamu dapat memanfaatkannya untuk memperoleh informasi pemilik kendaraan dengan memasukkan nomor plat kendaraannya. 

Seperti website, masing-masing wilayah memiliki aplikasi sendiri. Kamu harus memastikan aplikasi mana yang sesuai dengan daerah domisili kendaraan sebelum mengunduhnya. Contohnya: kamu ingin mengecek plat nomor dengan kode wilayah B, maka yang perlu kamu gunakan adalah aplikasi keluaran SAMSAT DKI Jakarta. 

Berikut daftar aplikasi pengecekan plat nomor kendaraan yang bisa kamu temukan di Google Play Store:

ProvinsiNama Aplikasi
DKI Jakarta Cek Ranmor DKI 
Jawa Barat SAMBARA 
Jawa Tengah NEWSAKPOLE 
Jawa Timur Ditlantas Jatim Digital Center 
Banten SAMBAT – SAMSAT BANTEN HEBAT 
Lampung INFO PAJAK V5 
Riau E-SAMSAT RIAU 
Kepulauan Riau ESamsat KEPRI 
Aceh Cek Pajak Kendaraan Aceh 
Sulawesi Selatan e-Samsat Sulsel 
Sulawesi Tenggara IP SULTRA 
Sulawesi Utara Info Pajak Kendaraan Sulut 
Sulawesi Tengah SAMSAT SULTENG 
Kalimantan Barat Samsat Kalbar 
Kalimantan Tengah RC Polda Kalimantan Tengah 
Kalimantan Utara eSAMSAT Kalimantan Utara 
Kalimantan Selatan Bakeuda Prov Kalsel 
Nusa Tenggara Barat INFO KLD NTB 
Nusa Tenggara Timur B’Sonto 

Nomor SMS untuk cek plat nomor

Cara mengecek plat nomor juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan layanan SMS. Meskipun penggunaan SMS terkesan ketinggalan zaman, cek plat motor dengan SMS tergolong lebih praktis jika dibandingkan dengan datang langsung ke SAMSAT. 

Berikut nomor tujuan dan format SMS berdasarkan daerah domisili kendaraan di beberapa provinsi:

ProvinsiFormatContohNomor Tujuan
DKI Jakarta INFO<spasi>RANMOR<spasi>nomor plat INFO RANMOR B1234ABC 8893 
Jawa Barat INFO<spasi>huruf depan plat/angka plat/huruf akhir plat<spasi>warna plat INFO D/1234/ABC HITAM 0811-2119-211 
Jawa Tengah JATENG<spasi>nomor plat JATENG AD1234ABC 9600 
Jawa Timur JATIM<spasi>nomor plat JATIM AG1234ABC 7070 
Yogyakarta DIY<spasi>nomor plat DIY AB1234ABC 99600 
Sumatera Utara PAJAK<spasi>nomor plat<spasi> warna plat PAJAK BA1234ABC HITAM 3699 
Sumatera Barat PKB#huruf depan plat<spasi>angka plat<spasi>huruf akhir plat PKB#BA 1234 ABC 0811-6941-555 
Nusa Tenggara Timur SAMSAT<spasi>nomor plat<spasi>5 angka terakhir nomor rangka SAMSAT DH1234ABC 56789 3130 

Cek plat nomor secara offline

Jika kamu tidak dapat menggunakan layanan online maupun website padahal kebutuhan kamu sangat mendesak untuk mendapatkan info pemilik plat nomor sebuah kendaraan dengan alasan hukum (kriminalitas atau penemuan kendaraan yang tak diketahui pemiliknya), kamu juga bisa membuat laporan kepada polres/polda setempat. Pihak Kepolisian juga memiliki data tentang kendaraan dan berwenang untuk mengusut masalah terkait hukum jika memang dibutuhkan. 

Langkah-langkah membuat laporan kepolisian dan memperoleh informasi atas nama siapa kendaraan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Datang ke kantor Kepolisian, bisa polres/polda terdekat 
  • Langsung ke loket “SPKT” (sentra pelayanan kepolisian terpadu) 
  • Laporkan perihal kendaraan atau plat nomor kendaraan yang kamu maksud 
  • Pihak Kepolisian akan melakukan penyidikan lalu menguak pemilik kendaraan bermotor serta memprosesnya sesuai prosedur hukum yang berlaku 

Dalam kasus lain yang tidak mendesak, seperti ketika ingin membeli mobil bekas dan perlu mengetahui siapa pemilik aslinya, kamu juga dapat mengecek plat nomor ke kantor SAMSAT. Untuk mendapatkan nama pemilik kendaraan di kantor SAMSAT, kamu harus membawa dokumen mobil bekas tersebut, yaitu KTP asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, dan BPKB kendaraan asli. Dengan pengecekan di kantor SAMSAT, transaksi jual beli mobil bekas jadi lebih terasa aman. 

Nah, kamu sudah tahu cara mengecek plat nomor kendaraan. Baca juga artikel-artikel lain seputar otomotif dan asuransi mobil.

Berikan proteksi terbaik untuk kendaraan roda empat kamu. Bagaimana cara mendaftar asuransi mobil? Mudah sekali, kok!

Pentingnya asuransi mobil

Plat nomor memang penting bagi kendaraan karena diatur oleh undang-undang. Bahkan kamu sudah tahu cara mengecek plat nomor. Satu hal penting lagi bagi kendaraan adalah asuransi mobil. Keuntungan utama memiliki asuransi mobil adalah kamu nggak perlu khawatir jika mobil mengalami kerusakan di jalan raya atau lokasi lainnya. 

Jika mobil kamu mengalami kerusakan, kamu nggak perlu merogoh tabungan atau dana darurat untuk mengganti biayanya yang cenderung mahal. Kamu tinggal mengajukan klaim ke perusahaan asuransi. Biaya perbaikan atas kerusakan kendaraan kamu akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang kamu miliki.  

Dengan demikian, tata keuangan keluarga kamu akan terus aman. Kamu pun dapat melanjutkan hidup dengan senyuman karena pengeluaran serta pemasukan kamu mengalir tanpa ada gangguan. Asuransi mobil akan mencegah goncangan terhadap stabilitas finansial kamu. Kamu pun dapat berkendara dengan perasaan tenang dan nyaman. 

Jangan ragu lagi, ambil keputusan terbaik hari ini untuk memberikan proteksi yang komprehensif bagi mobilmu, sekaligus proteksi terhadap risiko finansial bagi dirimu, pelajari lebih lagi tentang Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!