plat mobil listrik | roojai.co.id

Plat mobil listrik di Indonesia diketahui akan diberikan warna khusus. Tujuan dari pemberian warna khusus ini adalah untuk membedakan antara kendaraan listrik dan kendaraan konvensional. Ketahui apa saja jenis plat mobil listrik di Indonesia, di sini!

Konten

  1. Jenis-jenis Plat Mobil Listrik
    1. Keuntungan Memiliki Mobil Listrik
      1. Pentingnya Asuransi Mobil untuk Kendaraan

      Jenis-jenis Plat Mobil Listrik

      Regulasi mengenai warna pada plat kendaraan listrik termuat dalam Peraturan Polri atau Perpol Nomor 7 Tahun 2021 Pasal 45 ayat 2. Dalam regulasi in dijelaskan bahwa warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor ditambahkan tanda khusus untuk kendaraan listrik. Perbedaan warna tersebut juga bertujuan agar memudahkan petugas dalam mengidentifikasi kendaraan listrik.

      Warna Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau TNBK tersebut pun sudah dikeluarkan lewat Keputusan Kakorlantas Polri Nomor 5 Tahun 2020. Rencananya akan ada lima warna plat nomor khusus mobil listrik, diantaranya sebagai berikut:

      1. Plat nomor hitam garis biru

      Warna plat nomor mobil listrik yang pertama adalah plat hitam dengan garis biru. TNBK dengan warna dasar hitam dan list biru, diperuntukkan bagi pemilik kendaraan listrik milik pribadi.

      2. Plat kuning garis biru

      Jenis plat kendaraan listrik yang kedua adalah plat warna kuning dengan garis biru. Plat biru mobil listrik ini digunakan angkutan umum bertenaga listrik, seperti taksi dan transportasi umum lainnya

      3. Plat merah dengan garis biru

      Selanjutnya, jenis plat mobil listrik Indonesia adalah warna merah dengan garis atau list biru. Jenis mobil listrik plat biru dengan kombinasi merah ini digunakan untuk kendaraan dinas milik pemerintah.

      4. Plat nomor putih garis biru

      Jenis plat mobil listrik putih dan list biru. Warna kombinasi antara putih dan biru digunakan untuk kendaraan listrik uji coba yang ditemani Surat Tanda Coba Kendaraan atau STCK.

      5. Plat hijau garis biru

      Plat mobil listrik yang terakhir adalah kombinasi plat hijau dengan list biru. Biasanya, kendaraan listrik dengan dua kombinasi warna ini hanya boleh beroperasi di wilayah perdagangan bebas atau free trade zone, seperti Batam.

      Kendaraan listrik dengan warna plat hijau mendapatkan fasilitas bebas bea masuk. Akan tetapi, jenis kendaraan listrik berplat hijau dan garis biru tidak boleh dioperasionalkan atau dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya.

      Keuntungan Memiliki Mobil Listrik

      Secara dimensi, ukuran plat kendaraan listrik tidak jauh berbeda dengan kendaraan konvensional. Namun, penggunaan warna khusus inilah yang akan memudahkan petugas dalam mengidentifikasi kendaraan listrik di jalanan.

      Berikut keuntungan membeli mobil listrik, memiliki hak-hak istimewa, seperti gratis bea balik nama atau BBN, biaya perpanjangan STNK lebih terjangkau, dan bebas peraturan ganjil-genap. Selain itu, ada beberapa keuntungan lainnya, berupa:

      1. Kendaraan lebih ramah lingkungan

      Mobil listrik memang merupakan kendaraan ramah lingkungan. Pasalnya, kendaraan bertenaga listrik mengeluarkan lebih sedikit gas rumah kaca dan polusi udara dibandingkan kendaraan lain yang bertenaga bensin.

      Saat menggunakan kendaraan bertenaga bensin, polusi udara bisa meningkat tinggi sehingga menyebabkan kerusakan lingkungan. Perlu diketahui, emisi karbon kendaraan dengan pembangkit listrik memberikan 17 hingga 30 persen lebih rendah dibandingkan mobil bensin.

      Tentunya, penggunaan mobil listrik tidak akan memengaruhi kerusakan pada lingkungan di sekitar. Karena itu, dengan beralih ke kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, maka dapat membuat kualitas udara menjadi lebih baik.

      2. Suara tidak bising

      Keuntungan lain dari penggunaan mobil listrik adalah suara yang dihasilkan tidak berisik atau bising. Biasanya, mobil yang memakai BBM sebagai bahan bakarnya akan menimbulkan suara cukup bising pada mesin.

      Hal tersebut akan lebih parah pada kendaraan yang memakai solar sebagai bahan bakar. Berbeda dengan mobil listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya, suara bising tidak akan terdengar.

      Dengan begitu, penggunaan mobil listrik akan meningkatkan kenyamanan yang lebih. Baik pengendara maupun penumpang bisa merasa lebih rileks, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh.

      3. Performa tangguh dan responsif

      Cara kerja mobil listrik menawarkan performa yang tangguh serta responsif. Apabila dibandingkan dengan kendaraan konvensional lainnya, akselerasi dari mobil listrik jauh lebih spontan.

      Tak hanya itu, mobil listrik juga lebih bertenaga daripada mobil bermesin pembakaran internal dengan horse power rating yang sama. Dengan fakta ini, mobil listrik menjadi aman digunakan mengingat pusat gravitasinya lebih rendah sehingga membuatnya stabil di jalanan.

      4. Hemat biaya operasional

      Ketika menggunakan mobil listrik, kamu akan menghemat lebih banyak karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bahan bakar. Perlu diketahui, biaya yang diperlukan oleh mobil listrik kurang dari setengah biaya operasional mobil konvensional.

      Selain hemat biaya, tarif listrik juga jauh lebih stabil daripada harga bensin atau BBM lainnya. Tarif charge mobil listrik yang konsisten ini menunjukkan bahwa pengisian bahan bakar mobil listrik relatif ramah anggaran dan dapat diprediksi.

      Mobil-mobil listrik yang beredar di Indonesia saat ini telah memiliki rata-rata jarak tempuh lumayan jauh dalam kondisi baterai penuh. Misalnya saja Nissan Leaf yang mampu menempuh jarak sejauh 311 km.

      5. Tidak memerlukan perawatan rutin

      Seperti yang diketahui bersama, mobil listrik berjalan dengan mesin bertenaga listrik. Karena itu, kendaraan jenis ini tidak memerlukan pelumasan mesin atau perawatan rutin yang berhubungan dengan mesin pembakaran, seperti oli mesin, oli filter, busi, serta coolant radiator.

      Hal tersebut berarti, tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk perawatan rutin mobil listrik. Para pemilik kendaraan listrik, baik mobil maupun motor hanya dianjurkan melakukan servis setiap jarak tempuh sudah mencapai 10.000 km.

      Nah, itu dia beberapa informasi mengenai plat mobil listrik. Ketika ingin memilih menggunakan mobil listrik, ada baiknya untuk mengetahui jenis plat dan manfaat memiliki kendaraan bertenaga listrik ini agar bisa merasakan keistimewaannya, ya.

      Baca juga: 5 Rekomendasi Mobil Listrik Murah dan Bagus di Indonesia

      Pentingnya Asuransi Mobil untuk Kendaraan

      Pastinya kamu sadar bahwa biaya merawat dan memperbaiki mobil kamu itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, jangan sampai kamu merasa terbebani dengan biaya service mobil saat mobil kamu mengalami kerusakan.

      Agar kamu terhindar dari kerugian finansial akibat hal tersebut atau bahkan mengalami kehilangan karena pencurian mobil. Maka jalan satu-satunya adalah mendaftarkan mobil ke perusahaan asuransi.

      Baik mobil baru maupun mobil tua, penting untuk diasuransikan. Pasalnya, kita sendiri tidak tahu hal apa yang akan terjadi kedepannya, entah itu kerugian atas kesalahan pribadi, orang lain atau bencana alam.

      Asuransi mobil dari Roojai sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu. Dengan demikian, kamu akan lebih aman dan tidak was-was apabila ada kerugian menimpamu.

      Image: freepik.com

      Muhammad Vigo Sofyan

      Ditulis oleh

      Muhammad Vigo Sofyan

      IT QA Specialist

      Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!