Asuransi Kesehatan Terbaik

Memilih asuransi kesehatan terbaik tentunya merupakan keputusan yang tidak mudah. Dengan begitu banyaknya penyedia asuransi kesehatan menawarkan berbagai keuntungan dan harga premi murah, bisa jadi semakin membingungkan.

Pilihan terakhir memang ada di tangan kamu, tapi sebelum memilih asuransi kesehatan terbaik, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Konten

  1. Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Terbaik
    1. Tips Menemukan Produk Asuransi Kesehatan Terbaik
      1. Mengapa Penting Memiliki Asuransi Kesehatan
        1. Produk Asuransi Kesehatan Terbaik Untukmu

        Ciri-ciri Asuransi Kesehatan Terbaik

        Asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan finansial terhadap biaya medis yang timbul akibat penyakit atau cedera. Jika kamu sedang mencari asuransi kesehatan, pertimbangkan beberapa ciri asuransi kesehatan yang bagus berikut ini. 

        1. Manfaat pertanggungan luas

        Langkah pertama, lihat produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan atau agen asuransi, tentunya mereka menawarkan produk dengan kelebihan masing-masing. Cari asuransi kesehatan yang menawarkan manfaat pertanggungan luas. Ini berarti, polis asuransi mencakup berbagai jenis perawatan medis, mulai dari rawat inap, rawat jalan, operasi, hingga pemeriksaan rutin.

        2. Harga premi yang terjangkau  

        Besaran manfaat produk yang diambil tentunya akan berdampak dengan biaya asuransi kesehatan yang perlu kamu bayarkan. Semakin luas manfaat pertanggungannya, maka semakin mahal pula harga preminya. Namun, itu seharusnya tidak menghalangi kamu untuk punya asuransi kesehatan yang bagus dan murah.

        Beberapa penyedia asuransi menawarkan produk dengan premi yang bisa diatur sesuai dengan budget. Misalnya Roojai Indonesia yang dapat memberikanmu kemudahan untuk mengatur premi, sesuai kebutuhan dan budget kamu.  

        3. Jaringan mitra rumah sakit luas 

        Semakin banyak rumah sakit yang menjadi rekanan penyedia asuransi, artinya semakin banyak pilihan kamu untuk mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik. Hal ini memastikan kamu akan tetap menerima pelayanan kesehatan yang kamu perlukan, di mana pun kamu berada. Sebagai perusahaan asuransi kesehatan di Indonesia, Roojai memiliki lebih dari 2.000 rumah sakit dan klinik rekanan yang tersebar secara luas untuk memastikan kamu mendapatkan perawatan terbaik.  

        4. Kemudahan dalam membeli 

        Kemudahan dalam proses pembelian asuransi juga menjadi ciri asuransi kesehatan terbaik. Sebisa mungkin, pilih asuransi dari penyedia yang memberikan kemudahan dalam proses pembelian asuransi. 

        Perusahaan asuransi kesehatan yang bagus memungkinkan calon nasabah bisa dengan mudah memahami ketentuan polis, mengisi formulir secara online, dan mendapatkan persetujuan dalam waktu singkat. Mereka juga memiliki opsi pembayaran termasuk dengan menggunakan cicilan kartu kredit. 

        5. Memiliki pilihan klaim cashless 

        Carilah asuransi kesehatan yang memudahkan kamu dalam urusan klaim. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih jenis asuransi kesehatan yang punya pilihan klaim cashless. 

        Pilihan klaim dengan pembayaran cashless merupakan salah satu fitur yang sangat menguntungkan. Dengan metode ini, kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membayar biaya medis. Kamu hanya perlu datang ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya hanya dengan membawa kartu keanggotaan. 

        Sebagai insurtech, Roojai memberikan kemudahan dalam pengajuan klaim. Selain metode reimburse, Roojai juga menawarkan asuransi cashless melalui penggunaan Roojai Care Card sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk berobat.  

        Tips Menemukan Produk Asuransi Kesehatan Terbaik

        Setelah menemukan penyedia asuransi pilihan, selanjutnya yang terpenting adalah juga memilih produk asuransi yang tepat. Kebanyakan penyedia asuransi memberikan beberapa produk asuransi dengan manfaat yang berbeda-beda.  

        Lalu, apa yang perlu kamu lakukan supaya menemukan pilihan yang tepat? 

        1. Cek kebutuhan kamu 

        Satu hal yang perlu kamu cek adalah manfaat pertanggungan yang ditawarkan oleh penyedia asuransi. Pastikan produk tersebut memberikan pertanggungan yang kamu butuhkan. Setelah itu, kamu bisa pastikan apakah produk asuransi tersebut memberikan pertanggungan tambahan selain yang manfaat dasar.  

        Misalnya, asuransi rawat jalan kamu sudah ditanggung oleh perusahaan, tapi kamu ingin ada perlindungan tambahan jika ternyata harus dirawat inap. Maka yang kamu butuhkan adalah asuransi yang menanggung biaya perawatan inap.  

        2. Bandingkan beberapa produk

        Jangan terburu-buru saat membeli polis, sebaiknya bandingkan beberapa rekomendasi asuransi kesehatan yang ada agar bisa mendapatkan yang terbaik. Perhatikan manfaat yang ditawarkan, cakupan perlindungan, harga premi, serta layanan tambahan yang mungkin disediakan.

        Roojai menyediakan berbagai produk asuransi kesehatan terbaik, yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Asuransi Penyakit Kritis dari Roojai misalnya, tersedia untuk kanker, penyakit akibat nyamuk, penyakit saraf, jantung, dan gagal ginjal. Kamu bisa pilih salah satu perlindungan saja, tanpa harus membayar untuk perlindungan penyakit kritis yang lain.

        3. Sesuaikan dengan anggaran kamu 

        Asuransi kesehatan yang terbaik adalah yang sesuai dengan anggaran kamu, tidak perlu memaksakan untuk mendapatkan manfaat seluas-luasnya. Pastikan premi yang harus kamu bayarkan tidak memberatkan keuangan kamu.

        Kalau anggaran jadi perhatian utama, kamu bisa pilih asuransi yang disesuaikan dengan budget. Roojai memberikan kemudahan bagi kamu untuk mengatur premi sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Hospital Cash Plan dari Roojai misalnya, bisa kamu dapatkan dengan premi mulai dari Rp 14 ribuan per bulan. 

        4. Perhatikan ketentuan masa tunggu 

        Produk asuransi kesehatan umumnya memiliki masa tunggu, antara 30 sampai 60 hari. Cek apakah masa tunggu ini berlaku pada produk asuransi pilihan kamu, jika ya pada kasus apa masa tunggu ini berlaku.  

        Masa tunggu adalah periode waktu di mana kamu tidak bisa mengklaim manfaat asuransi untuk kondisi atau perawatan tertentu. Namun, masa tunggu biasanya tidak berlaku pada kondisi khusus yaitu ketika pemilik polis membutuhkan rawat inap atau pembedahan yang bersifat darurat. Pilih produk asuransi yang memiliki masa tunggu yang sebentar, (biasanya 30 hari).

        5. Pelajari ketentuan pre-existing condition

        Pre-existing condition adalah kondisi kesehatan yang sudah ada sebelum kamu membeli asuransi kesehatan. Banyak produk asuransi yang memiliki ketentuan khusus terkait pre-existing condition, seperti masa tunggu lebih lama atau pengecualian tertentu. Pelajari ketentuan ini dengan seksama agar kamu tidak mengalami kesulitan saat mengklaim asuransi untuk kondisi yang sudah ada sebelumnya. 

        Itulah beberapa tips dalam memilih polis asuransi kesehatan terbaik, semoga bisa membantu, ya. Salah satu tips lainnya yang juga tidak kalah penting adalah pertimbangkan untuk memilih asuransi kesehatan murni. 

        Asuransi kesehatan murni adalah jenis asuransi kesehatan yang fokus utamanya adalah memberikan perlindungan finansial terhadap biaya perawatan medis tanpa ada unsur investasi atau tabungan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan secara maksimal dengan harga terjangkau. 

        Mengapa Penting Memiliki Asuransi Kesehatan

        Kamu sudah memahami bagaimana memilih asuransi kesehatan terbaik, tetapi mengapa sebetulnya memerlukan asuransi swasta? Bukankah sudah ada BPJS? Berikut alasannya. 

        1. Perlindungan finansial dari risiko kesehatan

        Asuransi kesehatan memberikan perlindungan finansial yang penting ketika menghadapi risiko kesehatan yang tidak terduga. Biaya medis yang tinggi, terutama untuk perawatan rumah sakit, operasi, dan pengobatan bisa sangat memberatkan secara finansial. Ketika memiliki asuransi kesehatan, kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya berobat. 

        2. Mendapatkan akses fasilitas kesehatan terbaik

        Asuransi kesehatan memungkinkan kamu untuk mendapatkan akses ke fasilitas kesehatan terbaik tanpa harus memikirkan biaya yang tinggi. Banyak polis asuransi yang bekerja sama dengan rumah sakit dan klinik terbaik, entah di dalam negeri maupun luar negeri. Akses ini sangat penting untuk memastikan kamu mendapatkan perawatan yang tepat dan efektif selama masa pengobatan.

        3. Tidak perlu ribet soal jenjang faskes

        Dengan asuransi kesehatan, kamu tidak perlu repot mengurus jenjang fasilitas kesehatan (faskes) yang seringkali membingungkan dan memakan waktu. Asuransi kesehatan biasanya memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai layanan medis, baik itu rawat inap, rawat jalan, atau pemeriksaan rutin, tanpa harus melalui proses yang rumit. 

        Jika menggunakan hanya BPJS Kesehatan, kamu tidak bisa langsung ke rumah sakit, tetapi harus mengikuti jenjang faskes yang telah ditentukan. Misalnya, harus ke faskes 1 dulu seperti puskesmas atau klinik kesehatan. 

        4. Biaya medis naik setiap tahun

        Biaya medis cenderung naik setiap tahun, dan ini bisa menjadi beban finansial yang signifikan bagi banyak orang. Inflasi biaya kesehatan di Indonesia sangat tinggi, yakni mencapai 5,5 persen, menurut MMB Health Trend 2023. Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu dapat mengalihkan sebagian besar biaya ini kepada perusahaan asuransi, sehingga kamu dan keluarga tidak perlu khawatir tentang biaya medis yang mahal.

        5. Mendapatkan ketenangan pikiran

        Memiliki asuransi kesehatan memberikan ketenangan pikiran karena kamu tahu bahwa kamu dan keluarga terlindungi dari risiko kesehatan yang tidak terduga. Kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara membayar biaya medis yang mahal jika terjadi kecelakaan atau penyakit serius. Asuransi kesehatan membantu mengurangi stres dan kecemasan terkait masalah kesehatan dan finansial, sehingga kamu bisa fokus pada pemulihan dan kesejahteraan kamu.

        Produk Asuransi Kesehatan Terbaik Untukmu

        Produk asuransi kesehatan terbaik dari Roojai memberikan kemudahan bagi kamu untuk mengatur premi dan besaran manfaat yang diinginkan. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan santunan dan proteksi tambahan, misalnya santunan biaya operasi, intensive care dan perawatan lanjutan. 

        Sebagai salah satu penyedia asuransi kesehatan terbaik di Indonesia, Roojai memungkinkan kamu untuk mendapatkan harga premi yang lebih murah dengan menentukan berapa lama waktu rawat inap yang kamu mau bayar sendiri (deductible). Untuk kamu yang belum mengajukan klaim selama periode masa aktif, Roojai memiliki manfaat no claim bonus berupa diskon yang bisa kamu peroleh saat kamu memperpanjang polis.

        Dian Pusparini

        Ditulis oleh

        Dian Pusparini

        Head of Claim

        Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

        Bagikan:

        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!