asuransi kesehatan murni

Berdasarkan jenis polisnya, ada 2 kategori asuransi kesehatan, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi kesehatan unit link. Asuransi kesehatan murni adalah jenis asuransi yang menawarkan perlindungan maksimal untuk kesehatan tanpa adanya iming-iming investasi.Masyarakat pada umumnya banyak berpikir bahwa memiliki asuransi adalah sebuah investasi, padahal pola pikir ini keliru dan sering kali membawa kepada kekecewaan terhadap produk asuransi mereka beli. Agar tidak salah paham, yuk kenali manfaat asuransi kesehatan murni dan bedanya dengan unit link berikut ini.

Konten

  1. Beda Asuransi Kesehatan Murni dan Unit Link
    1. Pilih Asuransi Kesehatan Murni atau Unit-link? 
    2. Pentingnya Asuransi Kesehatan 
    3. Asuransi Kesehatan Murni yang Sesuai Untukmu 

    Berdasarkan jenis polisnya, asuransi kesehatan terbagi atas dua yakni asuransi kesehatan murni dan unit link. Berikut perbedaan keduanya. 

    1. Asuransi kesehatan murni 

    Seluruh premi yang kamu bayarkan pada jenis polis asuransi ini akan diterima oleh perusahaan asuransi sebagai biaya-biaya untuk menjamin kesehatan kamu. Jenis asuransi ini disebut “murni” karena fungsinya bukan untuk hal selain proteksi keuangan yang terkait dengan kesehatan. 

    Asuransi kesehatan murni memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik. Misalnya, premi asuransi kesehatan murni umumnya lebih terjangkau ketimbang unit link dan cakupan manfaatnya lebih luas.

    Namun, kamu akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengembalian dana seperti yang dijanjikan unit link. Meskipun demikian, banyak ahli keuangan yang menyarankan untuk tidak mencampurkan asuransi dan investasi. 

    2. Asuransi unit-link 

    Sementara jenis asuransi kesehatan unit-link dikenal memiliki fungsi ganda, yaitu selain untuk proteksi kesehatan, juga untuk investasi. Asuransi unit link masuk dalam kategori asuransi non tradisional. 

    Sebagian premi yang kamu bayarkan akan diterima sebagai biaya menjamin kesehatan dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam investasi, seperti ke pasar saham, surat-surat berharga, atau pasar valuta asing. 

    Hasil keuntungan investasi akan dibagi untuk Penanggung dan Pemegang Polis, sesuai dengan perjanjian di dalam polis. Namun, kamu perlu memahami bahwa keuntungan investasi dalam asuransi kesehatan digunakan untuk membayarkan cost of insurance (COI). 

    Besar biaya COI akan meningkat seiring pertambahan risiko kesehatan, seperti penambahan usia Tertanggung dan riwayat klaim yang dilakukan pada tahun polis sebelumnya.  

    Pertanyaan selanjutnya adalah asuransi kesehatan jenis mana yang sebaiknya harus kamu pilih? Tidak perlu bingung, pilihlah jenis asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Atau, pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

    Asuransi kesehatan unit-link sebaiknya tidak dilihat sebagai instrumen investasi semata. Sesuai namanya, yang kamu perlukan adalah proteksi keuangan berupa asuransi kesehatan, yaitu jika kamu mengalami gejala penyakit, keuangan kamu akan terlindungi. 

    Perusahaan asuransi menjamin akan membayarkan biaya-biaya operasi, kamar rawat inap, obat-obatan, dan lain-lain, sesuai dengan kesepakatan pada polis. Jadi, pertimbangkan dengan bijak, ya!

    Pentingnya Asuransi Kesehatan 

    Kamu pasti sudah tahu bahwa kesehatan merupakan hal penting yang harus banget kita jaga. Dengan menjalani pola hidup sehat, kita menjaga tubuh dari penyakit-penyakit. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah tidur yang cukup dan teratur, makan makanan bergizi, minum air putih yang cukup, mengurangi konsumsi gula, berhenti merokok, mengelola stres, dan olahraga rutin setiap minggu 

    Meski sudah melakukan pencegahan dengan pola hidup sehat, kita tidak bisa seratus persen terhindar dari sakit selamanya. Mungkin kamu pernah mendengar orang-orang yang tampak sehat juga punya risiko terkena serangan jantung atau mengalami stroke secara tiba-tiba.  

    Penyakit seperti kanker juga sering terlambat terdiagnosis. Sekitar 70% diagnosis pertama kanker ditemukan sudah pada stadium lanjut. Beberapa penyakit muncul karena faktor genetika, wabah yang meluas, atau kejadian yang tidak diharapkan, seperti kecelakaan. Selain itu, ada pula penyakit muncul karena penambahan usia.  

    Buat kamu yang tinggal di kota-kota besar, polusi dan ritme kehidupan yang serba cepat sangat memengaruhi kesehatanmu. Tata fasilitas kota pun kurang mengakomodasi kita untuk terbiasa berjalan kaki. Pekerjaan seringnya menuntut kita selalu duduk di depan komputer.  

    Saat istirahat pun, kita lebih terbiasa duduk di depan televisi atau mageran dengan smartphone di tangan, menikmati konten media sosial yang tidak ada habisnya. Akibatnya, kita kurang gerak sehingga menumpuk faktor risiko terhadap berbagai penyakit.  

    Di DKI Jakarta saja, hampir setengah populasi penduduknya hidup dengan aktivitas fisik yang tidak memadai. Tidak mengherankan prevalensi penyakit hipertensi di dalam masyarakat ibu kota adalah 25.8%, penyakit sendi 24.7%, stroke 12.1%, dan penyakit jantung 7.2%. 

    Asuransi Kesehatan Murni yang Sesuai Untukmu 

    Jenis asuansi ini cocok untuk kamu yang ingin fokus dalam memproteksi keuangan dari mahalnya biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Pada tahap ini, kamu dapat memahami bahwa asuransi utamanya untuk proteksi keuangan kamu, bukan untuk menghasilkan keuntungan.  

    Roojai Indonesia juga memiliki pilihan asuransi kesehatan murni terbaik, lho! Meskipun kamu sudah memiliki BPJS atau asuransi utama swasta, kamu tetap perlu asuransi tambahan untuk memperkuat proteksi keuanganmu. Asuransi Hospital Cash Plan dari Roojai Indonesia memberikan proteksi kesehatan untukmu dengan manfaat santunan tunai harian yang tidak bergantung dengan biaya rumah sakit, melainkan sesuai dengan polis kamu. 

    Kamu tetap bisa mengajukan klaim meskipun biaya rumah sakit sudah ditanggung oleh asuransi utamamu. Asuransi ini juga bisa menjadi pengganti pemasukanmu yang hilang akibat dirawat di rumah sakit.

    Atur paket asuransi sesuai budget kamu. Kamu bisa pilih proteksi tambahan seperti santunan biaya operasi, intensive care, dan perawatan lanjutan. Kamu butuh asuransi kesehatan dengan premi lebih rendah? 

    Kamu bisa tentukan sendiri berapa lama waktu rawat inap yang mau dibayar sendiri (deductible). Selain itu, untuk kamu yang belum mengajukan klaim selama periode masa aktif, Roojai memiliki manfaat no claim bonus berupa diskon yang bisa kamu dapatkan pada saat kamu memperpanjang polis.

    Dian Pusparini

    Ditulis oleh

    Dian Pusparini

    Head of Claim

    Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

    Bagikan:

    Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

    Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

    Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

    |

    Lihat premi dalam 30 detik.
    Gak perlu kasih info kontak!