premi asuransi | Roojai.co.id

Premi asuransi adalah sejumlah biaya yang nasabah bayarkan kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan atas perlindungan atau jaminan terhadap risiko tertentu. Premi asuransi merupakan satu dari sekian banyak istilah asuransi yang perlu kamu pahami sebelum memutuskan untuk membeli produknya.

Sebagai pemegang polis, sangat penting untuk memahami apa itu premi asuransi, tujuannya hingga bagaimana perhitungannya. Simak artikel berikut ini untuk informasi lebih lengkap mengenai premi asuransi. 

Konten

  1. Apa Itu Premi Asuransi?
  2. Jenis-Jenis Premi Asuransi
    1. Tujuan Premi Asuransi
    2. Fungsi Premi Asuransi
    3. Komponen Premi Asuransi
      1. Perhitungan Premi Asuransi
        1. Cara Pembayaran Premi Asuransi
        2. Contoh Premi Asuransi Roojai

        Apa Itu Premi Asuransi?

        Premi asuransi adalah biaya yang harus dibayarkan nasabah sebagai pihak tertanggung kepada perusahaan asuransi selaku penanggung. Pembayarannya dilakukan dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan polis.

        Adapun menurut SEOJK Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Perasuransian, premi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh Perusahaan Asuransi dan disetujui oleh pemegang polis, untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian polisi atau sejumlah uang yang ditetapkan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari program asuransi wajib untuk memperoleh manfaatnya.

        Sementara itu, polis asuransi adalah kontrak perjanjian kerja sama secara tertulis antara pihak asuransi dan nasabah asuransi (pemegang polis). Semua kontrak asuransi apapun jenisnya disebut dengan polis asuransi.

        Jenis-Jenis Premi Asuransi

        Ada lima jenis premi asuransi yang umum dijumpai: asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil/kendaraan, asuransi properti, dan asuransi perjalanan.

        Berikut penjelasan lengkap mengenai kelima jenis asuransi tersebut.

        1. Premi asuransi jiwa

        Menanggung dampak hilangnya sumber pendapatan seseorang atau suatu keluarga karena kematian.

        Jenis premi asuransi ini memberikan dukungan finansial kepada ahli waris atau keluarga yang ditinggalkan. Mengingat, mereka mungkin saja akan mengalami kesulitan pasca ditinggal tulang punggung keluarga.

        2. Premi asuransi kesehatan

        Premi ini punya peran yang sangat penting untuk meminimalkan pengeluaran keuangan di bidang kesehatan. Bukan tanpa alasan, jenis premi asuransi yang satu ini berfungsi untuk menanggung biaya kesehatan pemilik polis. Jadi, saat tertanggung sakit atau sedang berobat, biayanya akan ditanggung asuransi.

        Selain itu, fungsi asuransi kesehatan lainnya adalah meminimalkan biaya pengobatan yang tidak terduga dan tinggi. Peserta hanya membayar lebih sedikit biaya perawatan dan peserta bisa terhindar dari kebangkrutan atau kerugian.

        3. Premi asuransi mobil/kendaraan

        Memberikan perlindungan finansial bagi pemegang polis terhadap risiko berkendara atau kehilangan yang mana ketentuannya ditentukan pada polis.

        Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih untuk melindungi mobil kesayang kamu, yaitu asuransi All Risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO).

        Premi asuransi mobil All Risk atau comprehensive akan menanggung risiko kecelakaan, kehilangan, vandalisme, hingga kerusakan akibat bencana alam.

        Saat mobil mengalami kerusakan fisik akibat kecelakaan atau bencana alam, asuransi ini akan memberikan pertanggungan mencapai 75% atau lebih.

        Sementara premi asuransi TLO mobil akan menanggung kerusakan yang parah mencapai 75% atau lebih pada fisik kendaraan karena kecelakaan.

        Kerusakan kecil di bawah 75% tidak akan ditanggung asuransi ini. Walaupun begitu, tetap saja asuransi ini penting dimiliki untuk meminimalkan pengeluaran saat mobil rusak karena kecelakaan.

        4. Premi asuransi properti

        Memberi manfaat pertanggungan bagi pemegang polis atas propertinya dari berbagai macam risiko, seperti kerusakan akibat banjir, kebakaran, dan gempa bumi.  

        5. Premi asuransi perjalanan

        Memberikan pertanggungan finansial bagi pemegang polis selama melakukan sebuah perjalanan.

        Asuransi perjalanan dibedakan menjadi asuransi perjalanan domestik dan asuransi perjalanan internasional (perlindungan perjalanan di luar negeri).

        Beberapa manfaat asuransi perjalanan meliputi:

        Tujuan Premi Asuransi

        image source: freepik.com

        Tujuan dari pembayaran premi asuransi adalah menjamin perlindungan kepada nasabah atau satu pihak atas berbagai macam risiko.

        Selain itu, tujuan premi lainnya adalah pemerataan biaya. Dengan mengeluarkan biaya asuransi dalam jumlah tertentu, nasabah tak perlu menanggung, mengganti, atau membayar sendiri kerugian yang dialami.

        Fungsi Premi Asuransi

        Fungsi asuransi dapat kita lihat dari dua sisi yakni dari sisi perusahaan asuransi maupun nasabah asuransi, berikut penjelasannya. 

        Pihak asuransi juga nantinya akan mengatur urusan pembayaran premi yang seimbang dengan risiko yang akan ditanggung sehingga tidak merugikan kedua belah pihak atas kesepakatan yang dibuat.

        Komponen Premi Asuransi

        Premi asuransi terdiri dari beberapa komponen yang harus dipahami oleh pemegang polis. Komponen ini memiliki peran penting dalam menentukan besaran premi yang perlu nasabah bayarkan. 

        Berikut penjelasan lebih detail mengenai komponen-komponen dalam premi asuransi:

        1. Premi dasar

        Premi dasar merupakan sejumlah uang yang tercantum dalam polis asuransi dengan besaran yang tidak berubah atau tetap selama tidak ada perubahan dalam jaminan perlindungan yang diberikan. Untuk menentukan premi dasar, perusahaan asuransi melakukan evaluasi risiko terhadap nasabah.

        Semakin tinggi dan luas risiko yang ditanggung, semakin besar pula premi dasar yang harus dibayarkan. Premi dasar berfungsi sebagai pondasi dari seluruh biaya yang terkait dengan perlindungan asuransi.

        2. Premi tambahan

        Seperti namanya, premi tambahan muncul ketika ada perubahan data pihak tertanggung atau karena adanya perluasan jaminan terhadap risiko. Misalnya, jika seorang pemegang polis memutuskan untuk menambahkan perlindungan terhadap risiko tertentu yang tidak tercantum dalam polis, maka akan dikenakan tambahan premi. 

        Premi tambahan ini bersifat fleksibel dan dapat berubah sesuai dengan modifikasi atau penambahan jaminan yang diminta oleh pemegang polis. Sebaiknya, pilih manfaat tambahan yang memang benar-benar kamu butuhkan saja sehingga tidak terlalu menambah beban premi. 

        3. Reduksi premi

        Reduksi premi adalah potongan atau pengurangan dari premi akibat kondisi tertentu. Potongan ini bisa diberikan berdasarkan berbagai faktor, seperti tidak adanya klaim dalam jangka waktu tertentu, atau adanya diskon khusus yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. 

        4. Tarif Kompeni

        Tarif kompeni adalah tarif yang ditetapkan oleh asosiasi perusahaan asuransi. Tarif ini biasanya menjadi acuan standar dalam industri asuransi untuk menentukan besaran premi yang wajar. Fungsi dari tarif kompeni adalah untuk memastikan adanya keseragaman dan keadilan dalam penetapan premi di antara berbagai perusahaan asuransi. 

        Perhitungan Premi Asuransi

        Perhitungan premi dilakukan mengikuti hasil perkalian antara tarif premi asuransi dengan total harga pertanggungan.

        Rumus Premi Asuransi = Tarif Premi x Total Harga Pertanggungan

        Berikut ini adalah contoh cara menentukan tarif premi asuransi dan harga pertanggungannya.

        Faktor yang memengaruhi besaran jumlah uang premi adalah:

        Cara Pembayaran Premi Asuransi

        Umumnya pihak asuransi mempunyai fasilitas atau layanan untuk mempermudah nasabahnya dalam melakukan pembayaran premi.

        Biasanya perusahaan menyediakan fasilitas setor tunai, auto debet, kartu kredit, atau melalui Virtual Account.

        Cara pembayaran premi dengan layanan autodebet rekening menjadi cara membayar premi yang dipilih banyak nasabah karena sangat meminimalkan keterlambatan pembayaran.

        Walaupun begitu, tetap saja nasabah bebas memilih metode pembayaran premi yang dirasa nyaman dan aman.

        Lantas, apa yang terjadi jika premi tidak dibayar? Sebagai pemilik asuransi, kamu wajib membayarkan preminya tepat. Jika terlambat, akan ada konsekuensi yang harus diterima, yaitu:

        Contoh Premi Asuransi Roojai

        Beberapa contoh premi yang dimiliki oleh asuransi Roojai Indonesia, seperti:

        Asuransi Mobil All Risk: Mulai dari Rp. 2,7jt per tahun.

        Asuransi Penyakit Kritis: Mulai dari Rp. 50.000 per bulan

        Asuransi Kanker: Mulai dari Rp. 20.000 per bulan

        Asuransi Jantung: Mulai dari Rp. 20.000 per bulan

        Asuransi Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk: Rp. 10.000 per bulan

        Asuransi Hospital Cash Plan: Mulai dari Rp. 15.000 per bulan

        Demikianlah pembahasan mengenai apa itu premi asuransi, fungsi hingga komponen apa saja yang memengaruhi tarifnya. Semoga dapat menambah wawasan kamu khususnya yang berencana memiliki polis asuransi tertentu.

        Heru Panatas

        Ditulis oleh

        Heru Panatas

        Motor Vehicle Claim Manager

        Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

        Bagikan:

        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!