Polis asuransi mobil adalah salah satu jenis asuransi yang penting dimiliki pemilik kendaraan roda empat. Dengan mempunyai asuransi mobil, kamu akan lebih merasa aman dan nyaman selama mengendarai mobil. Sebab, risiko kerusakan kendaraan akan dilindungi asuransi. 

Selain itu, risiko lain seperti kehilangan mobil juga akan diganti perusahaan asuransi. Untuk mendapatkan jaminan tersebut, kamu cukup membayar premi asuransi mobil yang telah disepakati dalam polis. 

Buat para pemilik mobil, yuk simak ulasan lengkap tentang terkait pengertian polis asuransi mobil, fungsi, jenisnya, dan cara memilih polis terbaik.

Konten

  1. Apa itu polis asuransi mobil?
  2. Fungsi polis asuransi mobil
    1. Jenis asuransi mobil
      1. Cara memilih asuransi mobil terbaik

      Apa itu polis asuransi mobil?

      Pengertian polis asuransi mobil adalah dokumen perjanjian antara pemegang polis atau nasabah dengan perusahaan asuransi. Dalam polis asuransi mobil terdapat informasi terkait hak dan kewajiban perusahaan asuransi dengan nasabah atau pihak tertanggung, termasuk risiko atau ganti rugi yang dijamin, besaran premi, hingga pengecualian klaim. 

      Dalam polis asuransi mobil, biasanya tercantum informasi penting seperti: 

      Fungsi polis asuransi mobil

      Polis asuransi mobil memiliki fungsi bagi perusahaan asuransi dan nasabahnya. Itu sebab, penting bagi kedua pihak untuk sama-sama memahami keseluruhan dari isi polis agar terhindar dari kerugian di masa mendatang. 

      Contohnya terkait jenis polis asuransi yang dibeli nasabah akan berbeda antara all risk atau TLO dari segi premi yang harus dibayarkan hingga pertanggungan yang diberikan. Agar lebih jelas, simak penjelasan berikut terkait fungsi polis asuransi mobil. 

      1. Fungsi polis asuransi mobil bagi tertanggung (nasabah) 

      Berikut ini fungsi polis mobil bagi tertanggung: 

      2. Fungsi polis asuransi bagi perusahaan asuransi (penanggung) 

      Bagi perusahaan asuransi, polis asuransi mobil berfungsi sebagai berikut: 

      Jenis asuransi mobil

      Mungkin banyak dari kita hanya mengetahui asuransi mobil terdiri atas dua jenis yaitu asuransi mobil all risk dan TLO yang telah disebutkan sebelumnya. Tapi, ada beberapa jenis asuransi mobil lain yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Berikut ulasan jenis asuransi mobil! 

      1. All risk (comprehensive

      Polis asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi mobil yang memberikan jaminan kerugian atau kerusakan sebagian atau total loss yang diakibatkan risiko-risiko yang disebutkan dalam polis. 

      Adapun risiko yang dijaminkan dalam polis asuransi mobil comprehensive adalah sebagai berikut: 

      2. Total loss only (TLO) 

      Asuransi total loss only adalah jenis asuransi yang hanya memberikan ganti rugi atas kehilangan kendaraan atau biaya perbaikan lebih dari 75 persen harga kendaraan. Adapun ganti rugi kehilangan kendaraan diberikan setelah 60 hari mobil tidak ditemukan. 

      3. Asuransi mobil perluasan (rider

      Asuransi mobil perluasan atau rider adalah jenis asuransi mobil yang memberikan jaminan perluasan dari asuransi yang telah dibeli. Jaminan perluasan ini merupakan manfaat tambahan seperti: 

      4. Asuransi mobil collision coverage 

      Asuransi mobil collision coverage adalah jenis asuransi kendaraan yang khusus memberikan ganti rugi akibat tabrakan yang disebabkan pengemudi. Asuransi ini juga menanggung biaya kerusakan dan ganti rugi sesuai harga mobil yang dimiliki nasabah. 

      5. Asuransi mobil liability insurance 

      Asuransi mobil liability insurance sedikit berbeda dari collision coverage. Pada asuransi mobil liability pertanggungan dari pihak asuransi adalah jaminan tambahan berupa biaya tagihan medis atau cedera yang dialami pemegang polis yang diakibatkan kelalaian pengendara. 

      6. Asuransi mobil personal injury protection 

      Asuransi mobil personal injury protection adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan bagi nasabah yang mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri ketika sedang berkendara. Selain itu, asuransi ini juga memberikan biaya tambahan sebagai ganti rugi yang dialami nasabah dan penumpang.

      manfaat menabung

      Cara memilih asuransi mobil terbaik

      Setelah mengetahui pengertian polis asuransi mobil, fungsi, dan jenisnya, kamu juga perlu memahami cara memilih asuransi mobil terbaik. Bagaimana? Berikut tipsnya! 

      1. Pilih jenis asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dan anggaran kamu. 
      2. Pilih perusahaan asuransi terpercaya. Jadi, kamu jangan hanya melihat nama besar, tapi juga cek kemampuan klaimnya melalui risk based capital (RBC) minimal 120 persen. 
      3. Bandingkan premi antar perusahaan asuransi dan manfaatnya agar tidak membeli polis asuransi mobil dengan premi mahal. 
      4. Pilih asuransi yang memiliki bengkel rekanan luas atau tersebar di seluruh Indonesia. 

      Nah setelah kamu paham lebih jauh tentang polis mobil, dan cara untuk memilih yang terbaik, kamu juga bisa mengetahui contoh polis asuransi yang cocok untuk mobilmu di Roojai.co.id.

      Heru Panatas

      Ditulis oleh

      Heru Panatas

      Motor Vehicle Claim Manager

      Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!