Polis asuransi mobil adalah dokumen tertulis yang menjelaskan hak dan kewajiban penanggung (perusahaan asuransi) dan tertanggung (nasabah asuransi) berkaitan dengan asuransi mobil. Dalam dokumen tersebut, ada beberapa point penting yang perlu kamu pahami seperti besaran premi, biaya asuransi mobil dan manfaat pertanggungannya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail mengenai apa itu polis asuransi mobil, jenis polis asuransi mobil hingga bagaimana cara memilih polis asuransi mobil terbaik. 

Konten

  1. Apa Itu Polis Asuransi Mobil?
  2. Fungsi Polis Asuransi Mobil
    1. Jenis Polis Asuransi Mobil
      1. Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik
      2. Cara Cek Polis Asuransi Mobil 

      Apa Itu Polis Asuransi Mobil?

      Pengertian polis asuransi mobil adalah dokumen perjanjian antara pemegang polis selaku tertanggung atau nasabah dengan perusahaan asuransi selaku penanggung. Dalam polis asuransi mobil, terdapat informasi terkait hak dan kewajiban perusahaan asuransi dengan nasabah, termasuk risiko atau ganti rugi yang dijamin, besaran premi, hingga pengecualian klaim. 

      Polis asuransi kendaraan bermotor, khususnya asuransi mobil akan tercantum informasi penting seperti berikut ini. 

      Perlu kamu ketahui polis asuransi mobil mengacu pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKI) yang diterbitkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Ini berarti bahwa penerbitan polis telah diregulasi secara ketat. 

      Jika kamu ingin melihat contoh polis asuransi mobil, kamu bisa melihat dokumen PSAKI di link berikut ini

      Fungsi Polis Asuransi Mobil

      Polis asuransi mobil memiliki fungsi yang sangat penting yakni sebagai bukti perjanjian antara perusahaan asuransi dan nasabah asuransi. Oleh sebab itu, penting bagi kedua belah pihak untuk sama-sama memahami keseluruhan dari isi polis agar terhindar dari kerugian di masa mendatang.

      Pada jenis asuransi mobil misalnya, tentu terdapat perbedaan dari segi biaya premi maupun manfaat pertanggungan asuransi All Risk dan TLO. Agar lebih jelas, simak penjelasan terkait fungsi polis asuransi mobil berikut ini. 

      1. Fungsi polis asuransi mobil bagi tertanggung (nasabah) 

      Bagi pemegang polis asuransi mobil selaku pihak tertanggung, fungsi polis adalah sebagai berikut. 

      2. Fungsi Polis Asuransi Bagi Perusahaan Asuransi (Penanggung) 

      Bagi perusahaan asuransi, polis asuransi mobil berfungsi sebagai berikut: 

      Jenis Polis Asuransi Mobil

      Mungkin banyak dari kita hanya mengetahui asuransi mobil terdiri atas dua jenis yaitu asuransi mobil All Risk dan TLO. Tetapi, ada beberapa jenis asuransi mobil lain yang perlu kamu ketahui, lho. Berikut ulasan jenis asuransi mobil! 

      1. All Risk (comprehensive) 

      Polis asuransi mobil All Risk adalah jenis asuransi mobil yang memberikan jaminan kerugian atau kerusakan baik parsial maupun total yang terjadi karena risiko seperti kecelakaan. Adapun risiko yang dijaminkan dalam polis asuransi mobil comprehensive adalah sebagai berikut: 

      2. Total Loss Only (TLO)

      Sementara itu, asuransi Total Loss Only adalah jenis asuransi kendaraan yang hanya memberikan ganti rugi atas kehilangan kendaraan atau biaya perbaikan lebih dari 75 persen harga kendaraan. Untuk ganti rugi kehilangan kendaraan, diberikan setelah 60 hari mobil tidak ditemukan. 

      3. Asuransi mobil perluasan (rider) 

      Asuransi mobil perluasan atau rider adalah jenis asuransi mobil yang memberikan jaminan perluasan dari asuransi yang telah dibeli. jaminan perluasan ini merupakan manfaat tambahan seperti: 

      4. Asuransi Mobil Collision Coverage 

      Asuransi mobil collision coverage adalah jenis asuransi kendaraan yang khusus memberikan ganti rugi akibat tabrakan yang disebabkan pengemudi, termasuk biaya pengobatannya. Asuransi ini juga menanggung biaya kerusakan dan ganti rugi sesuai harga mobil yang dimiliki nasabah. 

      5. Asuransi Mobil Liability Insurance 

      Asuransi mobil liability insurance sedikit berbeda dari collision coverage. Pada asuransi mobil liability pertanggungan dari pihak asuransi adalah jaminan tambahan berupa biaya tagihan medis atau cedera yang dialami pemegang polis yang diakibatkan kelalaian pengendara. 

      6. Asuransi Mobil Personal Injury Protection 

      Asuransi mobil personal injury protection adalah jenis asuransi yang memberikan jaminan perlindungan bagi nasabah yang mengalami kecelakaan terhadap diri sendiri ketika sedang berkendara. selain itu, asuransi ini juga memberikan biaya tambahan sebagai ganti rugi yang dialami nasabah dan penumpang.

      Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik

      Setelah mengetahui pengertian polis asuransi mobil, fungsi, dan jenisnya, kamu juga perlu memahami cara memilih asuransi mobil terbaik. Ini penting karena berhubungan dengan kenyamanan kamu selama menggunakan asuransi kendaraan dari mulai cara daftar, berapa lama polis asuransi mobil keluar, hingga bagaimana jika nanti klaim. 

      Berikut tips dalam memilih polis asuransi mobil yang bagus. 

      1. Pilih jenis asuransi mobil yang sesuai kebutuhan dan anggaran. Jika kendaraan termasuk baru, maka kamu perlu polis asuransi mobil All Risk yang meng-cover kerusakan ringan seperti baret dan lecet. 
      2. Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan berpengalaman. Jangan hanya melihat tawaran menarik dari agen asuransi saja, tetapi cek profil perusahaan asuransi yang bersangkutan, kemampuannya dalam menangani klaim, hingga seberapa kuat secara finansial melalui rasio risk based capital (minimal 120 persen). 
      3. Bandingkan harga premi dan manfaat pertanggungan beberapa perusahaan asuransi agar kamu bisa mendapatkan polis asuransi mobil yang terjangkau namun manfaat pertanggungannya luas. 
      4. Pilih asuransi yang memiliki bengkel rekanan luas dan tersebar di seluruh indonesia. Tetapi yang lebih penting, apakah ada bengkel rekanan asuransi yang terdekat dengan domisili kamu saat ini. 

      Cara Cek Polis Asuransi Mobil 

      Jika sudah membeli polis asuransi mobil, ketahui bagaimana cara cek asuransi mobil kamu, ya. Mengecek asuransi mobil dalam hal ini adalah mengetahui status polis asuransi mobil, apakah sudah aktif atau tidak, dan point-point apa saja yang tercantum di dalamnya. 

      Berikut beberapa opsi yang bisa kamu lakukan: 

      Demikianlah pembahasan lengkap mengenai apa itu polis asuransi mobil dari jenis hingga cara memilihnya. Semoga bermanfaat, ya! Dapatkan informasi menarik lainnya seputar asuransi di Roojai.co.id!

      Heru Panatas

      Ditulis oleh

      Heru Panatas

      Motor Vehicle Claim Manager

      Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

      Bagikan:

      Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

      Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

      Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

      |

      Lihat premi dalam 30 detik.
      Gak perlu kasih info kontak!