klaim sakit kritis

Tahukah kamu bahwa 30 persen dari peserta Badan Penyedia Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan peserta asuransi kesehatan swasta masih harus merogoh kocek yang cukup dalam ketika menjalani pengobatan penyakit kritis? Rasio out-of-pocket atau biaya pengobatan di luar coverage asuransi itu cukup tinggi, lho! Penyakit kritis memang kondisi serius dan membutuhkan biaya tinggi.  

Tidak jarang nasabah asuransi masih tetap diharuskan mengeluarkan biaya sendiri. Padahal penyakit ini juga menyebabkan turunnya kemampuan pengidap untuk bekerja secara profesional. Akibatnya pendapatan berkurang dan semakin sulit untuk membayar biaya sakit kritis.  

Namun, dalam dunia asuransi sudah tersedia asuransi tambahan khusus untuk penyakit kritis. Apa pentingnya memiliki asuransi penyakit kritis? Bagaimana cara klaim ketika kamu sakit kritis? Yuk, terus baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Asuransi penyakit kritis

Sebelum mengambil suatu produk keuangan, tentu kamu ingin mengetahui apa saja manfaatnya. Nah, kenapa kamu perlu memiliki Asuransi Penyakit Kritis? Ada tiga alasan untuk memiliki asuransi ini, yaitu: 

1. Memberikan rasa tenang dan aman dari beban finansial 

Dengan uang pertanggungan yang mencukupi, asuransi ini membantu kamu meringankan beban finansial yang tak terhindarkan, yang ditimbulkan akibat penyakit kritis. 

2. Sebagai pelengkap asuransi kesehatanmu 

Asuransi penyakit kritis hadir untuk memberikan manfaat uang santunan tunai yang dapat digunakan sebagai biaya perawatan tambahan meskipun biaya rumah sakit sudah ditanggung oleh asuransi lain. Manfaat ini bisa dipakai juga apabila asuransi yang kamu miliki tidak memiliki manfaat yang mencukupi untuk meng-cover perawatan penyakit kritis. 

3. Pengganti pemasukan yang hilang akibat penyakit kritis 

Terutama bagi kalangan dunia wirausaha dan pekerja lepas, menjalani proses penyembuhan sakit kritis berarti kehilangan waktu dan kesempatan untuk memperoleh pendapatan. Dengan memiliki Asuransi Penyakit Kritis, kamu akan menerima santunan tunai, yang tidak bergantung kepada biaya perawatan yang timbul, sebagai pengganti penghasilan yang mungkin hilang ketika kamu dirawat akibat penyakit kritis.

Penyakit kritis muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat selama bertahun-tahun. Pastinya setiap orang butuh asuransi penyakit kritis. Kamu juga harus mengetahui  7 hal yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi penyakit kritis terbaik.

Klaim Asuransi Penyakit Kritis

Proses klaim asuransi tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi sekarang zaman teknologi yang serba online. Kamu cukup memastikan beberapa hal dilakukan, terutama terkait dokumen yang dibutuhkan pada saat klaim.   

Asuransi penyakit kritis yang disediakan oleh insurtech menyediakan proses pengajuan klaim yang cepat dan mudah. Apalagi dengan daftar rekanan rumah sakit yang memberikan perawatan terbaik sehingga proses klaim dapat dilakukan secara reimbursement atau cashless.  

Kamu cukup mengirimkan dokumen yang diperlukan. Kemudian, ketika bagian klaim asuransi sudah menerima semua dokumen lengkap, perusahaan asuransi akan mengirimkan sesuai jumlah klaim yang disetujui ke rekening kamu.  

Berikut proses yang perlu diperhatikan saat klaim sakit kritis: 

Formulir klaim 

Dalam proses klaim sakit kritis, ada formulir yang harus kamu lengkapi. Setiap pertanyaan harus dijawab dengan akurat, lengkap, dan dengan itikad baik (good faith). Kamu harus memberikan informasi medis berupa gejala, hasil diagnosis dokter, dan tindakan yang dilakukan. Semua itu mesti divalidasi oleh dokter yang menangani kamu. Formulir tersebut ditandatangani oleh Pemilik Polis.  

Dokumen pendukung 

Dokumen-dokumen pendukung yang perlu kamu lengkapi untuk klaim sakit kritis adalah: 

Pastikan semua dokumen pendukung sudah lengkap sebelum mengajukan klaim sehingga prosesnya lebih lancar dan tidak terhambat.

Penyerahan formulir dan dokumen pendukung 

Proses selanjutnya pengiriman formulir klaim dan dokumen pendukung yang sudah disiapkan ke divisi klaim asuransi. Berkat kemudahan dalam dunia insurtech, kamu cukup mengirimkan pengajuan melalui email. Divisi klaim asuransi akan mengecek kelengkapan data dan dokumen klaim. Perusahaan asuransi juga akan memvalidasinya sesuai ketentuan dalam polis.  

Pembayaran klaim 

Setelah semua tervalidasi atau klaim disetujui, Tertanggung atau ahli waris menerima uang pertanggungan dalam 30 hari kerja setelah semua dokumen lengkap diterima dan jika tidak dilakukan penelusuran medis lanjutan. 

Sedangkan untuk asuransi penyakit kritis tertentu, klaim asuransi dapat dilakukan secara cashless. Kamu cukup memilih salah satu ruman sakit rekanan dan mendapatkan perawatan. Daftarkan diri di rumah sakit tersebut dengan menunjukkan identitas diri serta kartu asuransi. Setelahnya, kamu akan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan isi polis.

Musim hujan, nih! Biasanya nyamuk jadi berkembang biak. Kamu dapat melakukan pencegahan demam berdarah di masa perubahan iklim seperti sekarang, lho. 

Asuransi Penyakit Kritis dari Roojai Indonesia merupakan pilihan tepat untuk melengkapi asuransi kesehatan utama atau BPJS kamu. Dengan memiliki asuransi penyakit kritis Roojai, kamu mendapatkan proteksi dari beban keuangan akibat mahalnya biaya perawatan rumah sakit. Selain itu, asuransi ini juga sebagai pengganti biaya yang hilang untuk kamu dan keluarga disebabkan dalam perawatan penyakit kritis. Luangkan waktu kamu untuk mempelajari informasi penawaran selengkapnya agar dapat memperoleh ketenangan paripurna dalam menjalankan kebiasaan sehari-hari serta melindungi diri dan keluarga. 

Dian Pusparini

Ditulis oleh

Dian Pusparini

Head of Claim

Dian merupakan lulusan keperawatan di STIK St Carolus. Dian sudah bekerja selama 20 tahun, dengan pengalaman bekerja dibidang asuransi selama 18 tahun. Dian memiliki sertifikasi asuransi AAAK (Ajun Ahli Asuransi Kesehatan). Dian memahami betul betapa pentingnya kesehatan untuk kita. Sebagai Head of Claim, saat ini Dian senang berbagi pengetahuan dan tips seputar kesehatan.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!