Menu

perbedaan garansi mobil dan asuransi | Roojai.co.id

Bagi sebagian besar orang, mobil merupakan investasi yang cukup besar. Fungsinya yang cukup signifikan dalam membantu aktivitas sehari-hari, membuat proteksi terhadap aset ini merupakan hal yang penting. Opsi untuk proteksi, seperti garansi mobil ataupun asuransi mobil, menjadi bahan pertimbangan. Namun walaupun sama-sama memberikan proteksi terhadap mobil, sesungguhnya ada perbedaan asuransi mobil dan garansi mobil. Apa saja perbedaannya? Simak ulasan berikut!

Sebelum memilih opsi proteksi untuk mobil, kamu harus memahami benar perbedaan warranty, garansi mobil dan asuransi mobi. Memang pada dasarnya baik asuransi mobil maupun garansi mobil merupakan sistem yang meringankan beban atas potensi kerugian yang ditimbulkan berbagai risiko. Akan tetapi, proteksi yang disediakan oleh kedua hal itu sebenarnya sangat berbeda. Ini perbedaan antara garansi mobil dan asuransi mobil yang perlu kamu pahami. 

Apa itu Warranty Mobil?

Warranty artinya komitmen resmi dari produsen yang tercatat secara tertulis, menjamin kualitas dan keandalan produk. Ini mencakup tanggungan perbaikan dan penggantian tanpa biaya pada komponen kendaraan baru apabila ditemukan cacat atau masalah yang berasal dari desain atau proses produksi. Warranty mobil dapat disebut sebagai bagian dari sistem garansi secara keseluruhan, yang memberikan jaminan hanya pada komponen tertentu.

Setiap kendaraan baru dilengkapi dengan kartu warranty yang memiliki periode validitas tertentu, memberikan pemilik hak untuk klaim perbaikan atau penggantian komponen tanpa dikenakan biaya tambahan jika terdapat masalah terkait desain atau produksi.

Produsen biasanya menanggung biaya perbaikan atau penggantian untuk kerusakan yang terjadi akibat cacat produksi, bukan dari keausan normal seiring waktu.

Detail dan ketentuan mengenai warranty ini umumnya diuraikan dengan jelas dalam manual pemeliharaan dan buku garansi yang diserahkan bersamaan dengan pembelian mobil baru.

Pengertian Garansi Mobil

Seperti yang dijelaskan di atas, garansi mobil merupakan bagian dari warranty. Garansi mobil merupakan perjanjian antara produsen mobil atau dealer dengan pemilik kendaraan. Garansi menawarkan perlindungan atas kerusakan mekanis atau cacat pabrik yang umumnya diberikan dalam periode waktu tertentu saja. 

Berikut ini beberapa poin penting tentang garansi mobil, yang bisa membedakan dengan asuransi mobil: 

Garansi mobil memberikan proteksi terbatas untuk cakupan mekanis

Jika ada komponen mekanis atau sistem kendaraan yang mengalami kegagalan karena kesalahan produksi, maka garansi mobil bisa memastikan kamu mendapatkan penggantian atau perbaikan penuh. Beberapa komponen mobil yang biasanya mendapat garansi adalah mesin, transmisi, sistem suspensi, dan komponen lainnya. 

Garansi mobil memberikan proteksi untuk cakupan yang terbatas

Garansi mobil biasanya mempunyai batasan waktu dan jarak tempuh tertentu yang sudah ditetapkan oleh produsen mobil atau dealer dan tercantum dalam kartu garansi. Misalnya, garansi hanya berlaku selama 3 tahun sejak dibeli, atau 100.000 km. 

Selain itu, garansi mobil hanya berlaku pada komponen yang dilindungi saja. Misal komponen yang bermasalah ada di bagian suspensi, maka penggantian/perbaikan hanya berlaku di komponen tersebut tanpa harus mengganti mobil. Dengan kata lain, produsen/dealer hanya bertanggung jawab memperbaiki fungsi komponen tersebut saja. Jika ada kerusakan pada komponen lain yang menyebabkan mobil tidak bisa jalan, maka pemilik tetap harus menanggung risikonya. 

Garansi mobil diberikan/ditawarkan oleh produsen atau dealer mobil 

Garansi mobil adalah proteksi kendaraan yang diberikan oleh produsen mobil atau dealer, sebagai bagian dari jaminan kualitas atas produk yang dijualnya. 

Jadi secara umum, garansi mobil bertujuan memberikan perlindungan dari kerusakan mekanis untuk menanggung biaya perbaikan dan penggantian komponen mobil yang rusak akibat cacat pabrik atau keausan normal. 

Perlu juga diperhatikan adanya syarat dan ketentuan berlakunya garansi yang biasanya tercantum dalam buku panduan perawatan kendaraan. Garansi yang diberikan akan terus berlaku kalau mobil selalu dilakukan servis secara rutin pada bengkel resmi. 

Untuk menjaga kondisi mobil, termasuk komponen di dalamnya, baca juga tips perawatan mobil untuk pemula. 

Apa itu asuransi mobil?

Secara definisi, asuransi mobil adalah pertanggungan yang didasari perjanjian antara dua pihak. Pihak pertama membayar iuran atau premi, sementara pihak kedua menanggung kerugian finansial sesuai yang ditentukan dalam perjanjian. Berikut ini beberapa poin yang menjadi perbedaan asuransi mobil dengan garansi mobil:

Asuransi Mobil Memberikan Proteksi Finansial dan Tanggung Jawab Hukum

Berbeda dengan garansi mobil, asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dan tanggung jawab hukum atas risiko yang dialami. Risiko ini merupakan sesuatu yang sifatnya lebih tidak pasti dibanding dengan kerusakan komponen mobil yang lebih mudah dikontrol oleh produsen mobil. Misalnya risiko terjadinya kebakaran, kecelakaan, pencurian, dan bencana alam. 

Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial

Asuransi mobil menyediakan perlindungan finansial terhadap berbagai risiko, termasuk kerusakan pada mobil kamu, kerusakan yang disebabkan oleh pihak ketiga, pencurian, dan juga kebakaran. Tujuan asuransi mobil ini adalah sebagai pengalihan atas risiko yang muncul. Setiap bentuk kerugian yang muncul akan ditanggung pihak asuransi dan bisa dilakukan melalui pengajuan klaim atas polis. 

Asuransi mobil memberikan cakupan yang lebih luas

Berbeda dengan garansi yang proteksinya spesifik pada bagian/komponen mekanis saja, asuransi memberikan cakupan yang lebih luas. Selain melindungi dari kerusakan yang terjadi akibat kecelakaan maupun kehilangan yang disebabkan pencurian, perlindungan asuransi juga mencakup kecelakaan diri maupun kerusakan karena bencana alam. 

Asuransi mobil dibeli dari perusahaan asuransi 

Berbeda dengan garansi yang disediakan oleh produsen atau dealer mobil, asuransi mobil disediakan oleh perusahaan finansial yang menjual produk asuransi mobil atau melalui agen asuransi. Asuransi mobil bisa dibeli secara online melalui website resmi asuransi Roojai.

Pembeli asuransi mobil, disebut sebagai tertanggung, perlu membayar premi sesuai cakupan perlindungan yang diinginkannya. Secara umum ada dua jenis asuransi mobil yang banyak dikenal, yaitu Asuransi Mobil All Risk dengan cakupan perlindungan yang lebih luas dan Asuransi Mobil Total Loss Only dengan cakupan perlindungan yang lebih terbatas. 

Lindungi Mobil dengan Asuransi Mobil Terbaik

 asuransi mobil terbaik | roojai.co.id

Mengingat perbedaan proteksi yang disediakan oleh garansi mobil dan asuransi mobil dan cakupan risiko yang ditanggung, adalah penting untuk melindungi kendaraan dengan asuransi mobil yang tepat. 

Kamu bisa memilih jenis asuransi all-risk jika ingin melindungi mobil dari kerusakan kecil maupun berat, sampai mobil hilang. Asuransi mobil TLO hanya memberikan penggantian biaya jika kerusakan yang terjadi mencapai 75 persen dari harga mobil. Meski demikian, asuransi TLO juga menjamin untuk mobil hilang akibat pencurian atau perampokan. 

Pastikan perlindungan yang tepat untuk mobil kamu! baca juga cara memilih asuransi mobil terbaik yang perlu kamu tahu.

Asuransi mobil menyediakan beberapa keuntungan yang krusial: 

  • Perlindungan finansial: asuransi menyediakan perlindungan finansial yang bisa membantu mengatasi biaya perbaikan atau penggantian kendaraan akibat kecelakaan atau insiden lainnya. 
  • Obligasi hukum: pada beberapa kasus, misalnya jika membeli mobil secara kredit ke perusahaan leasing, maka asuransi mobil merupakan hal yang wajib. Biaya premi asuransi mobil leasing ini sudah terkandung dalam cicilan yang perlu dibayar setiap bulan. 

Asuransi mobil menjamin ketentuan perlindungan: 

  • Walaupun garansi mobil bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan mekanis, asuransi mobil memberikan perlindungan yang lebih luas dan mencakup risiko yang bervariasi. 
  • Perlindungan terhadap pihak ketiga: asuransi mobil bisa menyediakan perlindungan terhadap tanggung jawab hukum terkait kerusakan atau cedera yang disebabkan oleh kendaraan kamu kepada pihak ketiga. 
  • Ketentuan tambahan: asuransi mobil bisa menyediakan ketentuan tambahan seperti bantuan derek, mobil pengganti, bahkan garansi perbaikan. 

Dengan memahami perbedaan asuransi mobil dengan garansi mobil, kamu bisa membuat keputusan yang lebih baik terkait perlindungan mobil kamu. Garansi mobil saja tidak cukup, untuk mendapatkan perlindungan dari risiko-risiko yang tidak terduga, kamu memerlukan asuransi mobil terbaik.

Heru Panatas

Ditulis oleh

Heru Panatas

Motor Vehicle Claim Manager

Heru merupakan lulusan Universitas Diponegoro. Beliau memiliki pengalaman dalam manajemen layanan pelanggan selama 10 tahun. Heru juga sudah bekerja dibidang asuransi selama 19 tahun dan memiliki beberapa sertifikasi terkait asuransi seperti, Ahli Asuransi Kerugian - Indonesia (AAI-K) dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), Indonesian Certified Claim Administrator (ICCA), Certified Indonesian Insurance and Reinsurance Brokers (CIIB), ANZIIF (Senior Associate) CIP, and Certification of Competence Insurance Broker. Sebagai Motor Vehicle Claim Manager, saat ini Heru senang berbagi informasi dan tips seputar asuransi mobil.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!