Cara Klaim Asuransi Mobil Kredit supaya Cepat Diproses

Melek Asuransi & Keuangan |

cara klaim asuransi mobil kredit
Image by graystudiopro1 on Freepik

Ketika mobil yang kamu kendarai mengalami kecelakaan dan mengalami kerusakan, asuransi mobil bisa jadi penyelamat finansial kamu. Dengan asuransi mobil, kamu akan mendapat penggantian biaya perbaikan mobil. Manfaat ini bisa kamu peroleh dengan cara klaim asuransi mobil kredit kamu.   

Bagaimana cara klaim asuransi mobil kredit tersebut, apa saja yang perlu dipersiapkan dan bagaimana prosesnya? Yuk, cari tahu.

Cara klaim asuransi mobil kredit

Ketika kamu membeli mobil secara kredit melalui leasing, maka kamu secara otomatis akan diikutsertakan ke dalam asuransi mobil kredit. Asuransi ini akan memberikan penggantian biaya kerusakan mobil kredit yang terjadi akibat kecelakaan ataupun jika terjadi kehilangan.  

Untuk mendapatkan manfaat asuransi ini kamu perlu melakukan klaim asuransi mobil kredit sesuai prosedur yang sudah ditentukan dalam polis asuransi. Cara klaim asuransi mobil kredit supaya cepat disetujui adalah sebagai berikut  

1. Melaporkan kejadian sebelum tenggat waktu yang ditentukan 

Cara klaim asuransi mobil kredit yang pertama adalah dengan sesegera mungkin melakukan laporan kejadian yang menyebabkan kerusakan tersebut.  

Dalam polis asuransi mobil dijelaskan berapa tenggang waktu yang diperkenankan untuk melaporkan kejadian tersebut. Biasanya disebutkan waktunya adalah 3 x 24 jam pasca kejadian. Ada juga asuransi yang mensyaratkan pelaporan dilakukan maksimal 1 minggu setelah kejadian. Pastikan kamu sudah mengetahui syarat tersebut dengan membaca polis asuransi kendaraan kamu ya. 

Ada banyak cara melakukan pelaporan kejadian untuk mengajukan klaim asuransi mobil, yaitu dengan membuat laporan secara lisan dengan menelepon perusahaan penyedia asuransi atau melalui aplikasi yang disediakan perusahaan asuransi.  

Ketika membuat laporan tersebut kamu juga diminta melengkapi bukti-bukti yang mendukung laporan tersebut seperti foto body mobil yang mengalami kerusakan atau bukti CCTV ketika mobil kamu hilang karena dicuri.

Era digital memungkinkan berbagai proses dilakukan secara online. Begitu juga dengan proses pembelian asuransi. Apa saja yang perlu diperhatikan ketika membeli asuransi online?

2. Menyiapkan dokumen lengkap  

Setelah membuat laporan dan menyerahkan bukti kejadian, kamu perlu menyiapkan dokumen lengkap supaya pihak asuransi bisa memproses klaim dengan cepat.  

Dokumen yang diperlukan untuk klaim asuransi mobil kredit di antaranya:  

  • fotokopi STNK  
  • fotokopi SIM 
  • fotokopi polis asuransi 
  • formulir klaim asuransi yang sudah diisi secara lengkap 
  • surat keterangan polisi jika mobil mengalami kecelakaan yang melibatkan kendaraan lain ataupun dicuri 

3. Menjelaskan kronologi kejadian secara jujur  

Setelah klaim diajukan, pihak asuransi akan melakukan survei untuk mengecek kesesuain kejadian yang dilaporkan. Survei dilakukan melalui dua cara, mendatangi tempat kamu untuk melihat kondisi kendaraan secara langsung atau kamu bisa juga membawa kendaraan ke bengkel rekanan asuransi untuk dicek oleh tim bengkel.  

Untuk memastikan persetujuan klaim asuransi mobil berlangsung cepat, pastikan kronologi yang kamu sampaikan melalui formulir klaim sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Dengan begitu proses survei dan persetujuannya nggak akan memakan waktu lama. Jaga kondisi mobil sesuai kondisi setelah kejadian sampai survei selesai dilakukan.  

Jika klaim disetujui, maka pihak asuransi akan memberikan surat perintah kerja sebagai pengantar kepada pihak bengkel yang menjadi rekanan untuk melakukan perbaikan sesuai kerusakan yang disetujui.  

Bagaimana untuk kasus mobil hilang akibat dicuri? Tim survei akan mempelajari berkas-berkas kejadian yang kamu kirimkan sebelum menyetujui klaim penggantian tersebut.  

4. Penggantian klaim  

Setelah klaim disetujui dan surat pengantar sudah diberikan penyedia asuransi, penggantian klaim akan dilakukan sesuai kejadian. Jika klaim akibat kerusakan, pihak bengkel akan memperbaiki mobil kamu.  

Untuk kasus mobil hilang karena dicuri, nasabah akan mendapatkan penggantian sesuai nilai mobil yang hilang. Namun perlu diingat, jaminan asuransi mobil nggak selalu memberikan penggantian 100% dari kerugian yang terjadi.  

Untuk nilai mobil yang hilang misalnya, kamu nggak akan mendapatkan nilai penggantian sebesar harga mobil ketika kamu membelinya. Pasalnya, setiap tahun mobil akan mengalami penyusutan nilai yang disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya faktor kerusakan alami, spare part yang aus, bencana alam, atau faktor ekonomis seperti harga perolehan, nilai sisa, dan metode penyusutan nilai mobil lainnya.

Berbeda dengan cara klaim asuransi mobil kredit, ini cara mengurus asuransi kecelakaan dari daftar hingga klaim.

cara klaim asuransi mobil kredit
Image by jcomp on Freepik

Berapa lama klaim asuransi mobil kredit?

Proses klaim asuransi mobil sampai persetujuan memerlukan waktu yang berbeda-beda, tergantung penyedia asuransi yang kamu pilih. Namun umumnya, proses ini memakan waktu sekitar 3 sampai 5 hari kerja.  

Sementara untuk proses perbaikan mobil karena kecelakaan sangat bergantung dari bengkel rekanan yang kamu pilih. Beberapa bengkel mungkin akan menetapkan proses tunggu jika ada spare part yang harus diganti akibat kerusakan tersebut. Beberapa bengkel juga menetapkan sistem inden atau waktu tunggu jika spare part yang harus diganti tidak tersedia.  

Selama waktu tunggu tersebut pihak bengkel biasanya memperkenankan nasabah untuk menggunakan mobilnya. Jadi kamu nggak harus menyimpan mobil kamu di bengkel selama menunggu. 

Jika kerusakan yang terjadi sangat parah, pihak bengkel mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk melakukan perbaikan. 

Setelah mengetahui cara klaim asuransi mobil kredit, kamu jadi lebih mengerti manfaat asuransi untuk mobil kamu. Asuransi mobil akan melindungi finansial kamu dari biaya-biaya akibat risiko-risiko yang nggak terduga.