Menu

Asuransi Mobil untuk Perlindungan dari Kerusakan Akibat Kecelakaan

Asuransi mobil adalah salah satu jenis asuransi yang memberikan perlindungan dari berbagai risiko kerusakan akibat kecelakaan. Seperti yang kita ketahui, musibah kecelakaan saat berkendara tidak bisa diketahui kapan terjadinya. 

Dengan segala risiko selama perjalanan, memiliki asuransi mobil meminimalkan kerugian finansial. Adapun jenis asuransi mobil untuk risiko kecelakaan terdiri atas beberapa jenis. 

Bagi kamu yang tengah mencari asuransi mobil untuk perlindungan dari kerusakan akibat kecelakaan, bisa mencari tahu di sini. Kita akan membahas mengenai pengertian, jenis, dan keuntungannya. Yuk, simak!

Apa itu asuransi mobil untuk perlindungan dari kerusakan akibat kecelakaan?

Asuransi mobil untuk perlindungan dari kerusakan akibat kecelakaan adalah produk asuransi mobil yang memberikan jaminan ganti rugi finansial atas kerusakan mobil yang diakibatkan kecelakaan. 

Ganti rugi yang diberikan tergantung pada jenis asuransi mobil yang dimiliki. Contohnya asuransi mobil all risk (comprehensive) yang memberikan ganti rugi atas kerusakan kecil seperti baret hingga kerusakan berat. 

Sementara, asuransi total loss only (TLO) hanya memberikan ganti rugi atas kerusakan mobil berat, minimal 75 persen dari harga mobil. Dengan kata lain, dua jenis asuransi mobil ini memiliki manfaat utama untuk memberikan ganti rugi atas risiko kecelakaan. 

Jenis asuransi yang memberikan perlindungan kecelakaan

Untuk mendapatkan asuransi mobil untuk perlindungan dari kerusakan akibat kecelakaan, kamu bisa memilih jenis asuransi yang telah dijelaskan sebelumnya. Adapun asuransi yang dimaksud adalah all risk atau TLO. 

Hanya saja, kedua jenis asuransi ini memiliki perbedaan dari sisi premi dan pertanggungan yang diberikan. Walaupun, baik all risk atau TLO sama-sama menjamin kerusakan mobil akibat kecelakaan. 

Agar lebih jelas, pahami masing-masing jenis asuransi mobil dalam penjelasan berikut ini: 

1. Asuransi mobil all risk 

Asuransi all risk adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. 

Asuransi ini disebut juga dengan asuransi comprehensive dan menjadi asuransi yang tepat untuk mobil berusia nol hingga 10 tahun. Alasannya, kondisi mobil hingga 10 tahun masih tergolong prima, sehingga jaminan menyeluruh bisa diperoleh. 

Premi asuransi all risk cenderung lebih mahal dari TLO. Alasannya, jaminan yang menyeluruh dan lengkap atas besar-kecilnya kerusakan yang dialami mobil akibat kecelakaan. Selain itu, persentase premi asuransi all risk tergantung pada wilayah dan harga mobil. 

Apa saja yang menjadi manfaat atau pertanggungan asuransi all risk? Berikut beberapa di antaranya: 

  • Kerusakan mobil akibat tabrakan, kecelakaan, benturan, terperosok, tergelincir, dan terbalik.  
  • Kerusakan karena perbuatan orang lain.  
  • Kehilangan atau kerusakan mobil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.  
  • Kerusakan karena tersambar petir atau kebakaran.  
  • Kerusakan selama menyebrangi laut dengan menggunakan kapal feri.  
  • Kerusakan pada roda mobil rusak karena kecelakaan.  
  • Layanan pengangkutan atau derek menuju ke bengkel mobil rekanan. 

2. Asuransi TLO 

Asuransi TLO adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas. 

Sesuai dengan namanya, jaminan pertanggungan diberikan hanya ketika mobil mengalami kerugian total (total loss). Kerusakan kendaraan yang dijaminkan atau bisa diganti rugi oleh asuransi TLO adalah kerusakan dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil. 

Asuransi ini biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 15 tahun, baik mobil baru maupun mobil bekas. Pembatasan usia kendaraan ini juga mengacu pada aturan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI). 

Premi asuransi TLO lebih murah dari asuransi all risk karena jaminan atau pertanggungan yang diberikan terbatas, yakni kerusakan mobil lebih dari 75 persen atau kehilangan. Selain itu, persentase premi asuransi TLO tergantung pada wilayah dan harga mobil. 

Apa saja yang menjadi manfaat atau pertanggungan dari asuransi TLO? Berikut ulasannya: 

  • Memberi proteksi atas kendaraan dari risiko kehilangan selama penyebabnya bukan disengaja dan kerusakan parah yang perkiraan biayanya di atas 75 persen dari nilai mobil akibat kecelakaan dan penyebab lain yang terdapat dalam polis.
Asuransi Mobil untuk Perlindungan dari Kerusakan Akibat Kecelakaan
Image by standret on Freepik

Keuntungan memiliki asuransi mobil kecelakaan

Memiliki asuransi mobil untuk perlindungan dari kerusakan akibat kecelakaan tentu memiliki banyak manfaat. Kita pasti tidak tahu risiko kecelakaan yang mungkin saja terjadi. Itu sebabnya, memiliki asuransi mobil akan menguntungkan karena kita mengantisipasi biaya kerusakan akibat kecelakaan. 

Berikut ini keuntungan lain yang kamu peroleh jika memiliki asuransi mobil! 

1. Memberikan ketenangan dan rasa aman 

Pemilik mobil bisa merasa lebih tenang dan aman saat berkendara karena telah memiliki asuransi mobil. Berbagai biaya yang mungkin harus ditanggung ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, tidak perlu dipikirkan lagi karena sudah pasti ditanggung perusahaan asuransi. 

Dengan begitu, tidak akan ada lagi rasa was-was atau cemas saat berkendara. Namun, kamu tetap harus berhati-hati saat berkendara demi keselamatan diri, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. 

2. Membantu perencanaan keuangan 

Asuransi mobil juga bermanfaat dalam perencanaan keuangan. Bayangkan ketika masih dalam tahapan mencicil mobil dan rumah, serta menyiapkan perencanaan keuangan lain seperti biaya pendidikan anak, harus mengalami kerugian akibat kecelakaan mobil. Tentunya dana yang telah disiapkan dari tabungan hingga investasi harus dicairkan.

Kamu juga mungkin ingin pelajari asuransi lain seperti asuransi penyakit kritis yang juga penting dimiliki agar biaya mahal perawatannya tidak mengganggu keuangan.

3. Proteksi atas kehilangan akibat pencurian 

Asuransi all risk atau TLO tidak hanya menjamin kerugian akibat kecelakaan. Asuransi mobil juga memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kehilangan akibat pencurian. Jika musibah ini terjadi, pemilik asuransi mobil hanya perlu memberikan bukti, dokumen yang dibutuhkan, dan melaporkan ke kepolisian untuk segera mendapatkan ganti rugi. 

4. Bebas dari tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga 

Selain menjamin kerusakan akibat kecelakaan pada kendaraan sendiri, asuransi mobil juga menjamin pemilik kendaraan dari tanggung jawab hukum pihak ketiga atau third party liability (TPL). Jaminan ini diberikan kepada kendaraan lain, pejalan kaki, atau properti milik pihak lain yang terlibat dalam kecelakaan pemilik mobil. 

Asuransi mobil dengan paket lengkap biasanya telah menyertakan jaminan TPL tersebut. Jika tidak, kamu bisa menambah manfaat atau pertanggungan tersebut kepada pihak asuransi, tentunya dengan menambah premi. 

5. Fitur layanan tambahan 

Asuransi tak sekadar sebagai alat proteksi dan ganti rugi, beberapa perusahaan justru ada yang menawarkan keuntungan fitur tambahan yang bermanfaat. Beberapa fitur tambahan seperti derek dan towing mobil, bantuan ketika ban bocor atau kehabisan bahan bakar juga menjadi layanan asuransi mobil.

Pelajari juga lebih lanjut tentang asuransi mobil di artikel-artikel terkait asuransi mobil.

Dengan berbagai fitur di atas, memiliki asuransi mobil sangat bermanfaat, bukan? Jadi, jangan lupa memproteksi diri dan mobil kesayangan dengan asuransi, serta selalu hati-hati selama berkendara. Semoga bermanfaat! 

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!