Menu

Asuransi Kecelakaan Diri untuk Olahraga Ekstrim
Image by viarprodesign on Freepik

Kamu termasuk orang yang senang menantang diri dengan melakukan olahraga ekstrim? Meski berisiko tinggi, olahraga ekstrim memang kerap bikin ‘nagih’ karena adrenaline rush yang menghadirkan tantangan tersendiri. Supaya lebih tenang saat beraksi, kamu perlu perlindungan diri yang sesuai. Adakah asuransi kecelakaan diri untuk olahraga ekstrim yang bisa memberi pertanggungan buat kamu?   

Yuk cek tanya jawab seputar asuransi kecelakaan diri untuk olahraga ekstrim berikut ini.

Apa itu olahraga ekstrim?

Berbeda dengan tipe olahraga biasa, olahraga ekstrim adalah jenis olahraga dengan tingkat kesulitan, risiko dan bahaya yang tinggi. Bagi sebagian orang, jenis olahraga ini bukanlah aktivitas yang menjadi pilihan disebabkan tingginya risiko tersebut. Namun nyatanya, banyak orang menggemari olahraga ekstrim karena tantangan yang dihadirkannya.  

Apa saja yang termasuk dalam kategori olahraga ekstrim? Beberapa olahraga yang masuk dalam kategori ini adalah balap mobil atau perahu, pacuan kuda, balap ski termasuk jet-ski, balap skate, tinju, gulat dan semua jenis olahraga bela diri, lompat parasut (kecuali untuk tujuan menyelamatkan nyawa) naik atau bepergian dengan balon udara, meluncur, bungee jumping, dan juga menyelam (diving dan free diving).

Apapun jenis olahraga yang jadi hobi kamu, risiko cedera selalu ada. Supaya lebih aman, ini cara menghindari cedera saat olahraga.

Apa manfaat melakukan olahraga ekstrim?

Meski mengandung risiko, olahraga ekstrim juga bisa membawa manfaat untuk kamu yang melakukannya. Beberapa di antaranya adalah:  

Melatih fokus  

Dilansir dari situs lifehack.org, olahraga ekstrim bisa mendorong kamu melampaui kemampuan fisik dan mental. Saat ini terjadi, kamu mungkin saja merasa panik. Tetapi panik hanya akan membuat kamu melakukan kesalahan fatal. Mereka yang secara rutin berolahraga ekstrim mengalami perubahan kimiawi dalam otak, yang membuatnya lebih mampu untuk tetap tenang dan fokus dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan. Dengan kata lain, olahraga ekstrim bisa membantu kamu menghadapi tekanan dan tantangan dalam hidup.  

Melatih otot yang jarang dilatih

Pernah nggak sih kamu ngerasain otot-otot ngilu setelah melakukan olahraga tertentu? Nah, ketika melakukan olahraga ekstrim, kamu akan melatih otot-otot yang jarang digunakan di olahraga lain. Dengan demikian, ada semakin banyak otot tubuhmu yang terlatih.  

Meningkatkan kepercayaan diri

Ketika melakukan olahraga ekstrim kamu akan melakukan hal di luar kebiasaan bahkan melawan rasa takut. Menghadapi tantangan yang nggak biasa dan berhasil melakukannya akan membuat kamu lebih percaya diri.  Kepercayaan diri ini akan membawa dampak positif pada aspek hidup kamu yang lain.  

Melepas stres

Kebanyakan olahraga ekstrim dilakukan di alam terbuka, seperti laut, hutan, atau tebing. Kondisi ini membuat kamu lebih terekspos dengan alam yang membantu kamu melepas stres yang kamu hadapi selama beraktivitas dalam keseharian.  

Apa yang kamu perlukan selama melakukan olahraga ekstrim?

Tentu saja, olahraga ini juga punya banyak risiko. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan persiapan yang matang dan menggunakan alat perlindungan yang disyaratkan. Pastikan kamu melakukan olahraga ekstrim dengan pelatihan yang sesuai, ya.  

Misalnya ketika melakukan olahraga diving, kamu perlu melakukan pelatihan atau kursus untuk mendapatkan lisensi diving. Tanpa lisensi, kamu nggak bisa melakukan olahraga ini karena operator diving akan mensyaratkan hal tersebut.  

Selain mempersiapkan diri dengan latihan, selalu pahami tata cara yang sudah ditentukan dalam setiap kegiatan olahraga ekstrim. Untuk panjat tebing misalnya, ada alat yang harus kamu kenakan untuk membuat olahraga ini lebih aman dilakukan. Misalnya menggunakan tali pengaman dan pakaian khusus. Begitu juga dengan diving, balap mobil, ski, dan sebagainya.  

Jika dua hal itu sudah kamu lakukan, lengkapi diri dengan perlindungan dari asuransi kecelakaan diri untuk olahraga ekstrim. Asuransi ini akan memberi perlindungan bagi kamu dan keluarga dari risiko kerugian akibat olahraga ekstrim, seperti kerugian finansial akibat cacat atau meninggal dunia.

Kenapa asuransi kesehatan saja tidak cukup?

Berbeda dengan asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri untuk olahraga ekstrim menanggung kerugian finansial yang disebabkan ketika terjadi kecelakaan akibat olahraga tersebut. Sementara asuransi kesehatan hanya menanggung biaya pengobatan atau perawatan yang disebabkan oleh masalah kesehatan.  

Asuransi kesehatan nggak menanggung perawatan atau risiko finansial yang disebabkan oleh kecelakaan akibat olahraga ekstrim. Oleh sebab itu, bagi yang hobi melakukan olahraga ekstrim, asuransi kecelakaan diri akibat olahraga ekstrim sangat diperlukan untuk memastikan kamu mendapat perlindungan finansial.  

Apa manfaat yang diberikan oleh asuransi kecelakaan diri untuk olahraga ekstrim?

Asuransi kecelakaan diri dari Roojai menjamin risiko kematian, cacat tetap, biaya pengobatan yang secara langsung disebabkan oleh kekerasan fisik atau kimia, kecelakaan, tiba-tiba atau tidak terduga, eksternal, kecelakaan yang terlihat yang telah terjadi secara langsung pada Tertanggung dan menyebabkan Tertanggung langsung menderita cedera badan yang sifat dan letaknya yang dapat diidentifikasi oleh Ilmu Kedokteran.  

Manfaat asuransi kecelakaan diri dari Roojai adalah:  

  • Manfaat kematian: Jaminan kematian akan diberikan dalam hal Tertanggung  
    • meninggal dunia dalam batas waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya kecelakaan, atau 
    • hilang dan tidak diketemukan dalam waktu sekurang-kurangnya 60 (enam puluh) hari kalendar sebagai akibat langsung dari kecelakaan yang dipertanggungkan.  
  • Cacat tetap keseluruhan, meliputi:  
    • kehilangan penglihatan kedua belah mata, atau  
    • hilang atau tidak berfungsinya kedua lengan, atau  
    • hilang atau tidak berfungsinya kedua tungkai kaki, atau  
    • hilang atau tidak berfungsinya: penglihatan satu mata dan satu lengan; penglihatan satu mata dan satu tungkai kaki; atau satu tungkai kaki dan satu lengan.  
    • Dapat diartikan pula sebagai Cacat Tetap Keseluruhan, dalam hal kegilaan atau kelumpuhan total yang diderita Tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu Kecelakaan yang dijamin Polis.  
    • Cacat Tetap ini harus terjadi dalam rentang waktu 12 (dua belas) bulan sejak terjadinya Kecelakaan 
  • Cacat tetap sebagian: berupa hilang atau tidak berfungsinya sebagian dari anggota tubuh. Hak atas santunan ini berlaku setelah Dokter menetapkan keadaan cacat tetap yang diderita. 
  • Biaya Perawatan atau Pengobatan: jaminan ini akan diberikan dalam hal manfaat cashless biaya pengobatan akibat kecelakaan yang diderita Tertanggung sebagai akibat langsung dari suatu Kecelakaan yang dijamin Polis 

Manfaat tambahan Asuransi Kecelakaan Diri untuk Olahraga Ekstrim dari Roojai:  

  • Pertanggungan ini diperluas terhadap risiko kecelakaan fisik saat melakukan Olahraga Ekstrim. Olahraga Ekstrim mengacu pada balap semua jenis mobil atau perahu, pacuan kuda, bersepeda, balap ski termasuk jet-ski, balap skate, tinju, lompat parasut (kecuali untuk tujuan menyelamatkan nyawa), saat menaiki atau bepergian di tempat yang panas. balon udara, gliding, bungee jumping, menyelam dengan tangki oksigen dan peralatan pernapasan di bawah air (Scuba diving). 

Bagaimana mendapatkan asuransi kecelakaan diri untuk olahraga ekstrim?

Asuransi Kecelakaan Diri untuk Olahraga Ekstrim
Image by DilokaStudio on Freepik

Untuk mendapatkan proteksi yang diperlukan saat melakukan olahraga ekstrim, kamu bisa membeli asuransi kecelakaan diri untuk olahraga ekstrim melalui Roojai Indonesia secara online. Caranya mudah dan cepat.  

  1. Klik tombol dapatkan penawaran di laman ini dan jawab pertanyaan dalam beberapa detik untuk mengetahui kebutuhan kamu. Pilih jenis proteksi Kecelakaan Diri dan sesuaikan nilai pertanggungan yang kamu butuhkan atau dapat juga disesuaikan dengan budget kamu.   
  2. Untuk kamu yang perlu proteksi olahraga ekstrim, silakan lengkapi perlindungan kamu dengan memilih opsi “Kecelakaan saat Melakukan Olahraga Ekstrim” pada kolom Pertanggungan Tambahan.  
  3. Pilih opsi pembayaran yang kamu mau, tunai atau cicilan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan penawaran dari Roojai melalui email kamu. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit, kartu debit atau virtual account.

tulah beberapa tanya jawab seputar Asuransi Kecelakaan Diri untuk olahraga ekstrim yang perlu kamu ketahui. Untuk kamu yang punya hobi melakukan olahraga ekstrim, perlindungan ini bisa memberikan kamu rasa tenang saat beraktivitas. Jadi, segera lindungi diri kamu dengan Asuransi Kecelakaan Diri untuk Olahraga Ekstrim ini ya.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!