Apakah Mobil Tua Bisa Diasuransikan? Berikut Jawabannya

Maret 08, 2023  |  Kategori: Melek Asuransi & Keuangan

Apakah Mobil Tua Bisa Diasuransikan? Berikut Jawabannya

Alasan orang memilih mobil tua daripada mobil baru bisa beragam. Beberapa menganggap mobil tua tergolong antik sehingga akan bernilai lebih tinggi pada masa mendatang. Sebagian kolektor mobil tua punya hobi memodifikasi sedemikian rupa karena ingin koleksinya dipamerkan. Namun, pertanyaan setiap pemilik mobil antik adalah apakah mobil tua bisa diasuransikan?  

Jawaban mengenai tahun keberapa mobil digolongkan tua tergantung pada masing-masing peraturan perusahaan asuransi. Sebagian perusahaan asuransi menentukan ketika masuk tahun ke-5 mobil sudah tergolong tua, sedangkan perusahaan asuransi yang lain menentukan usia 10 atau lebih. Pada umumnya, mobil yang bisa diasuransikan mestilah berusia di bawah 15 tahun. Namun, beberapa perusahaan asuransi masih bersedia memberikan proteksi untuk mobil berusia lebih tua lagi.  

Jadi, apakah mobil tua bisa diasuransikan? Temukan jawabannya dengan membaca lebih lanjut.

Asuransi mobil tua

Asuransi mobil tua adalah produk finansial yang dimiliki sebagai proteksi dari risiko tak terduga yang dapat terjadi atas kendaraan roda empat yang usianya sudah tua, yakni lebih dari 5 tahun.  

Mobil tua identik dengan kondisi yang sudah tidak prima lagi. Jika butuh perbaikan, persediaan suku cadang (spare part) mobil tua tergolong langka atau susah dicari. Hal ini menyebabkan tidak semua perusahaan asuransi mau menyediakan asuransi untuk mobil tua. 

Bagi kamu pemilik mobil antik, pilihan asuransi mobil tua sama seperti untuk mobil baru pada umumnya, yaitu all risk dan TLO. Namun, perlu dipahami bahwa asuransi all risk untuk mobil tua cukup sulit untuk dimiliki. Alasannya, mobil tua akan mengalami banyak kerusakan sedangkan suku cadangnya sudah sulit untuk diperoleh. Oleh karena itu, asuransi mobil all risk lebih banyak dipakai untuk mobil baru.  

Asuransi mobil all risk adalah proteksi finansial yang memberikan jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian maupun keseluruhan pada kendaraan kamu akibat berbagai risiko atau kejadian yang tak terduga, seperti kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya. 

Sedangkan asuransi mobil Total Loss Only (TLO) merupakan jenis asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan total pada kendaraan akibat kejadian tak terduga, seperti kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan, atau kecelakaan lalu lintas lainnya. Sesuai namanya, jaminan pertanggungan TLO hanya jika mobil mengalami kerugian total (total loss) dengan perkiraan biaya perbaikan di atas 75% dari nilai mobil.  

Apakah mobil tua bisa diasuransikan? Pada umumnya, asuransi mobil all risk biasanya cocok untuk mobil berusia nol sampai 10 tahun. Kondisi mobil pada usia tersebut tergolong masih baru dan mulus sehingga butuh perlindungan secara menyeluruh (comprehensive). Asuransi TLO biasanya cocok untuk mobil berusia sampai 15 tahun, baik mobil baru, mobil tua, maupun mobil bekas.

Apakah biaya premi asuransi mobil itu mahal atau murah? Pelajari di sini berapa biaya asuransi mobil all risk dan TLO. Kamu bisa pilih sendiri mau yang mana.

Premi asuransi mobil tua

Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017 sudah menetapkan biaya asuransi alias premi untuk kendaraan bermotor. Berdasarkan aturan tersebut, berikut hal-hal yang mempengaruhi besar premi asuransi mobil tua: 

Harga Mobil

Harga mobil merupakan faktor utama yang menentukan besaran premi asuransi mobil kamu. Makin mahal harga mobil, makin mahal juga premi yang harus dibayarkan. Ada lima kategori untuk perhitungan premi asuransi mobil, yaitu: 

  • Kategori 1 untuk mobil seharga 0 hingga Rp125 juta 
  • Kategori 2 untuk mobil seharga lebih dari Rp125 juta hingga Rp200 juta 
  • Kategori 3 untuk mobil seharga lebih dari Rp200 juta hingga Rp400 juta 
  • Kategori 4 untuk mobil seharga lebih dari Rp400 juta  sampai Rp800 juta 
  • Kategori 5 untuk mobil seharga lebih dari Rp800 juta 

Usia mobil

Faktor penentu premi asuransi mobil selanjutnya adalah usia. Makin tua usia mobil, makin tinggi nilai premi yang harus dibayarkan. Hal ini dipengaruhi oleh risiko kerusakan yang semakin tinggi seiring bertambahnya usia mobil serta kelangkaan persediaan spare part atau suku cadang untuk perbaikan mobil.  

Wilayah mobil

Faktor lain yang mempengaruhi biaya atau premi asuransi mobil tua adalah wilayah atau kode plat mobil. Berdasarkan peraturan SE OJK, tarif premi atau kontribusi asuransi mobil tergantung juga dengan lokasi kendaraan bermotor diterbitkan dengan pembagian sebagai berikut:  

  • WILAYAH 1 : Sumatera dan kepulauan di sekitarnya 
  • WILAYAH 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten  
  • WILAYAH 3 : Selain WILAYAH 1 dan WILAYAH 2
Apakah mobil tua bisa di asuransikan
Image by xb100 on Freepik

Cara kerja asuransi mobil tua

Seperti asuransi mobil baru, cara kerja asuransi mobil tua memiliki persamaan. Kamu sebagai Tertanggung membayarkan premi kepada perusahaan asuransi yang bertindak sebagai Penanggung. Sebagai timbal balik, perusahaan asuransi memberikan jaminan ganti rugi finansial jika terjadi risiko yang tak terduga dan tak disengaja atas mobil tua yang diasuransikan.  

Kamu dapat mengajukan klaim jika risiko terjadi. Perusahaan asuransi akan memverifikasi klaim kamu lalu menentukan apakah klaim disetujui atau ditolak. Jika klaim disetujui, perusahaan asuransi akan membayarkan ganti rugi sesuai dengan isi polis yang kamu miliki.

Setelah memiliki asuransi mobil, pelajari bagaimana cara klaim apabila kecelakaan terjadi menimpa kendaraanmu. Biar kamu tetap siaga dan semakin nyaman ketika berkendara.

Tips memilih asuransi mobil tua

  1. Ketahui syarat usia mobil yang bisa diasuransikan
    Apakah mobil tua bisa diasuransikan? Pada umumnya, syarat usia kendaraan yang dapat diasuransikan adalah maksimal 10 tahun untuk asuransi all risk dan maksimal 15 tahun untuk asuransi TLO. Namun, kamu dapat mencari lebih lanjut jika ada perusahaan yang masih mau memberikan asuransi untuk mobil yang lebih tua dari 15 tahun.
    Kemungkinan besar, perusahaan asuransi hanya menyediakan pilihan TLO untuk mobil tua. Alasannya adalah mobil tua belum tentu bisa diberikan proteksi asuransi all risk sebab ketersediaan suku cadang dan risiko mobil tua sering rusak yang lebih tinggi. Meskipun demikian, perusahaan asuransi bisa saja memberikan penawaran yang lebih leluasa, tergantung merek atau jenis mobil serta peraturan perusahaan.  
  2. Minta perusahaan asuransi untuk memberikan penilaian
    Tidak semua perusahaan asuransi menolak memberikan polis asuransi untuk mobil tua. Sebelum menerbitkan polis, petugas asuransi akan melakukan penilaian secara menyeluruh. Penilaian ini juga bertujuan untuk mengecek ketersediaan bengkel resmi dan suku cadang jika mobil tua mengalami kerusakan. Dengan demikian, perusahaan asuransi dapat memastikan apakah mobil tua tersebut masih bisa diperbaiki atau tidak.  
  1. Bandingkan produk asuransi mobil tua
    Membandingkan produk asuransi dari beberapa perusahaan dapat menjadi keuntungan. Kamu dapat memperoleh polis yang terbaik dan cocok untuk kebutuhan mobil tua kamu. Pembelian asuransi secara online juga semakin memudahkan proses pencarian asuransi paling cocok buat kamu.  

Hal-hal yang dapat dibandingkan adalah manfaat yang diperoleh, lingkup proteksi, serta kemudahan proses klaim. Jumlah premi juga bisa menjadi perbandingan. Kamu dapat memperoleh premi termurah dengan manfaat yang mumpuni.  

Untuk mengetahui produk asuransi mobil tua secara menyeluruh, kamu bisa mengecek website perusahaan asuransi atau menghubungi kontak center yang telah disediakan.   

Nah, kamu sudah tahu jawaban dari apakah mobil tua bisa diasuransikan? Baca juga artikel-artikel lain seputar asuransi mobil.