mobil tidak mau menyala

Mobil yang tidak mau menyala saat distarter bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti masalah aki atau kerusakan sistem kelistrikan. Namun, jangan buru-buru menyimpulkan. Kebanyakan orang langsung mengira masalahnya ada pada aki, padahal ada faktor lain yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter. 

Simak penjelasan di bawah ini agar kamu tahu apa yang harus dilakukan ketika kendaraan kesayanganmu tidak mau hidup saat distarter. 

Konten

    1. 1. Masalah pada aki atau baterai
    2. 2. Busi mobil kotor atau rusak
    3. 3. Kerusakan sistem pengapian
    4. 4. Masalah pada sistem kelistrikan
    5. 5. Sistem pendingin yang tidak optimal
    6. 6. WTS (Water Temperature Sensor) bermasalah
    7. 7. Ada masalah pada Timing Belt 
    8. 8. Pompa bahan bakar rusak 
    9. 9. Masalah pada starter motor 
    10. 10. Kunci kontak rusak 

Penyebab Mobil Tidak Mau Menyala Saat Distarter 

Berikut adalah beberapa penyebab umum mengapa mobil tidak mau menyala saat distarter dan cara mengatasinya.

1. Masalah pada aki atau baterai

Salah satu penyebab mobil yang tidak mau menyala adalah aki yang sudah tidak memadai. Aki mobil soak atau melemah tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memeriksa kondisi aki secara berkala dan mengganti aki jika sudah waktunya untuk menghindari mogok atau tidak mau menyala.

2. Busi mobil kotor atau rusak

Masalah lain yang sering terjadi adalah masalah pada sistem bahan bakar, seperti pompa bahan bakar yang rusak. Jika pompa bahan bakar tidak berfungsi dengan baik, maka bahan bakar tidak akan dapat disalurkan ke mesin, sehingga mobil tidak akan dapat menyala. Untuk menghindari masalah ini, kamu perlu melakukan perawatan mobil secara rutin pada sistem bahan bakar dan mengganti pompanya jika diperlukan.

3. Kerusakan sistem pengapian

Penyebab mobil tidak mau distarter lainnya bisa terjadi karena sistem pengapian yang rusak. Sistem ini berfungsi untuk menciptakan percikan api dari tegangan tinggi dan memproses pembakaran dari ruang bakar antara bensin dan udara. 

Tujuannya, tentu saja agar mobil memiliki tenaga untuk bergerak. Jika sistem pengapian mengalami kerusakan, maka mesin mobil tidak akan dapat dinyalakan. Untuk mengatasinya, kamu perlu cek beberapa komponen seperti busi, koil pengapian, hingga sensor terkait pengapian. 

4. Masalah pada sistem kelistrikan

Selain kerusakan sistem pengapian, masalah pada sistem kelistrikan juga dapat menjadi sebab kenapa mobil tidak bisa hidup. Hal ini terjadi karena sistem kelistrikan berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke semua komponen kelistrikan, termasuk ke pembakaran. 

Jika terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan seperti kabel pengapian yang korsleting, dapat mengakibatkan mesin mobil tidak mau menyala. Untuk menghindari masalah ini, kita perlu memeriksa sistem kelistrikan dan melakukan perbaikan jika ada kerusakan.

5. Sistem pendingin yang tidak optimal

Sistem pendingin juga dapat memengaruhi performa mesin mobil, karena sistem ini berfungsi untuk menjaga suhu temperatur mesin tetap stabil dan menghindari panas yang berlebih. Jika mesin mobil terlalu panas, maka mesin tidak dapat bekerja dengan baik yang akhirnya berimbas pada mesin mobil tidak mau menyala. Kalau sudah parah, bisa jadi harus turun mesin yang tentunya akan cukup menguras dompet. 

6. WTS (Water Temperature Sensor) bermasalah

Sensor suhu air (WTS) yang bermasalah dapat menyebabkan mobil tidak mau menyala. Sensor ini mengirimkan informasi tentang suhu mesin ke ECU (Engine Control Unit), dan jika sensor ini rusak, informasi yang diterima oleh ECU akan salah. 

Akibatnya, ini akan mengganggu proses starter kendaraan. Mekanik di bengkel perlu membaca kode kesalahan dari sensor untuk mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan akar masalahnya. 

7. Ada masalah pada Timing Belt 

Timing belt yang putus atau aus bisa menyebabkan mesin tidak bisa menyala. Timing belt menghubungkan poros engkol dan poros nok, sehingga jika ada masalah pada timing belt, sinkronisasi katup dan piston akan terganggu. 

Untuk mengatasinya, kamu perlu memastikan timing belt memiliki ketegangan yang tepat, tidak terlalu kendor atau terlalu kencang sehingga menyebabkan masalah. Timing belt, seperti suku cadang lainnya harus diganti secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan, biasanya setiap 60.000 hingga 100.000 kilometer. 

8. Pompa bahan bakar rusak 

Pompa bahan bakar yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik bisa juga jadi sebab kenapa mobil tidak bisa distarter. Ini terjadi karena aliran bahan bakar ke mesin terhambat karena pompanya yang rusak.

Tanpa aliran bahan bakar yang cukup, mesin tidak bisa menyala. Pastikan pompa bahan bakar bekerja dengan baik dan tidak tersumbat.

9. Masalah pada starter motor 

Starter motor yang rusak atau lemah bisa menjadi penyebab mobil tidak mau menyala. Starter motor bertanggung jawab untuk memutar mesin saat distarter. Jika ada masalah pada komponen ini, mesin tidak akan bisa menyala meskipun aki dalam kondisi baik.

10. Kunci kontak rusak 

Kunci kontak yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik bisa menyebabkan masalah saat distarter. Jika kunci kontak tidak mengirimkan sinyal yang tepat ke sistem pengapian, mesin tidak akan menyala. Periksa dan pastikan kunci kontak dalam kondisi baik.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

Jika mengalami masalah mobil tidak mau menyala saat distarter, sebaiknya kamu tidak melakukan tindakan sembarangan, terutama jika kamu tidak memiliki pengetahuan tentang mesin mobil yang cukup. Lebih baik bawa mobil ke bengkel atau panggil mekanik terdekat untuk memperbaiki masalah tersebut. 

Beberapa tanda yang dapat kamu perhatikan jika mobil mengalami masalah adalah lampu indikator pada dashboard yang menyala atau terdapat bunyi-bunyian yang aneh dari mesin mobil. Oleh karena itu, selalu perhatikan tanda-tanda tersebut dan lakukan perawatan mobil secara rutin untuk menghindari masalah yang lebih besar.

Jangan lupa untuk melindungi kendaraanmu dengan asuransi mobil All Risk terbaik yang dapat mengcover risiko finansial akibat kerusakan, baik parsial maupun total. Dapatkan penawaran asuransi mobil dari Roojai Indonesia yang memiliki manfaat pertanggungan lengkap dengan jaringan bengkel luas. 

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!