mobil tidak mau menyala

Sulit dibayangkan jika mobil yang biasa kita pakai untuk berpergian sehari-hari tiba-tiba tidak mau menyala saat di starter, apalagi jika hal itu terjadi di tempat yang tidak aman atau tidak familiar. Biasanya, jika mobil tidak mau menyala ketika di starter, kebanyakan orang akan beranggapan bahwa masalahnya ada pada aki mobil, padahal ada faktor yang juga bisa menyebabkan mobil tidak mau menyala. Untuk itu, simak penjelasan di bawah ini agar kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan ketika masalah ini terjadi pada mobilmu.

Hal-hal yang mungkin menyebabkan mobil tidak mau menyala

Masalah pada aki atau baterai

Salah satu penyebab yang paling umum terjadi pada mobil yang tidak mau menyala adalah aki yang sudah tidak memadai. Aki dengan kondisi yang kurang baik atau melemah tidak dapat menyediakan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin mobil. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memeriksa kondisi aki secara berkala dan mengganti aki jika sudah waktunya untuk menghindari mobil mogok atau tidak mau menyala. 

Sistem bahan bakar yang tidak bekerja dengan baik

Masalah lain yang sering terjadi adalah masalah pada sistem bahan bakar, seperti pompa bahan bakar yang rusak. Jika pompa bahan bakar tidak berfungsi dengan baik, maka bahan bakar tidak akan dapat disalurkan ke mesin, sehingga mobil tidak akan dapat menyala. Untuk menghindari masalah ini, kamu perlu melakukan perawatan rutin pada sistem bahan bakar dan mengganti pompa bahan bakar jika diperlukan.

Kerusakan sistem pengapian

Mobil tidak dapat menyala juga bisa disebabkan oleh sistem pengapian yang rusak. Sistem ini berfungsi untuk menciptakan percikan api dari tegangan tinggi dan memproses pembakaran dari ruang bakar antara bensin dan udara agar mobil memiliki tenaga untuk bergerak. Jika sistem pengapian mengalami kerusakan, maka mesin mobil tidak akan dapat dinyalakan.  

Masalah pada sistem kelistrikan

Selain itu, masalah pada sistem kelistrikan juga dapat menyebabkan mobil tidak dapat menyala, karena sistem kelistrikan berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke semua komponen listrik termasuk pencahayaan hingga pembakaran. Jika terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan misalnya, kabel pengapian yang rusak atau konsleting pada kabel kelistrikan dapat mengakibatkan mesin mobil tidak dapat dinyalakan. Untuk menghindari masalah ini, kita perlu memeriksa sistem kelistrikan secara rutin dan melakukan perbaikan jika ada kerusakan.

Cek juga informasi tentang 6 Keuntungan Menggunakan Asuransi Mobil bagi Pemilik Mobil berikut ini.

Sistem pendingin yang tidak optimal

Sistem pendingin juga dapat memengaruhi performa mesin mobil, karena sistem ini berfungsi untuk menjaga suhu temperature mesin tetap stabil dan menghindari panas yang berlebih. Jika mesin mobil terlalu panas, maka mesin tidak akan dapat bekerja dengan baik dan akan mengalami masalah termasuk mogok di jalan atau bahkan mobil jadi turun mesin.

Yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya

Jika mobilmu mengalami masalah mobil yang tidak dapat menyala atau start, sebaiknya kamu tidak melakukan tindakan sembarangan, terutama jika kamu tidak memiliki pengetahuan tentang mesin mobil yang cukup. Lebih baik bawa mobil ke bengkel atau panggil mekanik kenalanmu untuk memperbaiki masalah tersebut. 

Beberapa tanda yang dapat kamu perhatikan jika mobil mengalami masalah adalah lampu indikator pada dashboard yang menyala atau terdapat bunyi-bunyian yang aneh dari mesin mobil. Oleh karena itu, selalu perhatikan tanda-tanda tersebut dan lakukan perawatan mobil secara berkala untuk menghindari masalah yang lebih besar.

Dapatkan perlindungan dan ketenangan saat berkendara dengan Asuransi Mobil All Risk dari Roojai Indonesia. 

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!