Menu

5 Rekomendasi Mobil Listrik Murah dan Bagus | roojai.co.id

Salah satu pertanyaan jika kita membahas mobil listrik adalah apakah ada mobil listrik murah dan bagus di Indonesia? Selama ini, harga mobil listrik di pasaran masih tergolong tinggi. Padahal orang-orang sudah mulai peduli dengan isu lingkungan dan ingin punya kendaraan ramah lingkungan. Kamu pasti sudah tahu bahwa mobil listrik dapat membantu mengurangi polusi udara karena tidak menghasilkan emisi gas buang. 

Selain kendaraan ini tergolong ramah lingkungan, ada banyak alasan kenapa kamu perlu membeli mobil listrik. Sebut saja masalah biaya operasional mobil listrik yang kalau dihitung-hitung bakal lebih rendah daripada mobil berbahan bakar fosil. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli bensin atau solar. Kalau membahas performa, mobil listrik memiliki performa yang baik juga, dengan torsi instan dan akselerasi cepat. Fiturnya pun canggih sebab dilengkapi teknologi terkini seperti fast charging, head-up display, driver attention alert, dan lain-lain. Setiap tahun, perkembangan teknologi mobil listrik begitu cepat. Teknologi yang semakin berkembang bakal berefek ke harga mobil listrik semakin murah dan terjangkau.

Pemerintah Indonesia juga mendorong peningkatan kepemilikan mobil listrik di masyarakat. Kamu bisa memperoleh insentif pajak, bahkan subsidi untuk pembelian mobil listrik. Kalau kendaraan pilihan kamu termasuk mobil listrik murah dan bagus, artinya subsidi dari pemerintah akan membuat kamu berhemat banyak. Cuan banget! Memang, infrastruktur pengisian daya mobil listrik di Indonesia masih terbatas, tapi kamu harus optimis karena, baik pemerintah maupun swasta, selalu punya inisiatif untuk mengembangkan infrastruktur yang dibutuhkan.
Nah, mobil listrik memang pilihan yang baik buat kamu si pejuang isu lingkungan atau si jago berhemat. Namun, tampaknya kamu masih bingung mau beli mobil yang mana? terutama bagi Anda yang pertama kali ingin membeli mobil , mau tahu apa saja mobil termurah dan bagus di Indonesia? Yuk, lanjut baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu. Siapa tahu rekomendasi kami cocok dengan selera dan dana kamu, gitu!

Wuling Air EV Lite

Setelah varian Long Range dan Standard Range, Wuling meluncurkan varian ekonomis dari Air EV, yaitu Lite. Mobil listrik terbaru ini diluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang lalu. Harganya sungguh terjangkau, yaitu Rp188,9 juta saja. 

Melansir Carmudi, membahas spesifikasinya, Wuling Air EV Lite memiliki desain bodi yang kompak, tetapi tetap memberikan kenyamanan untuk mengakomodasi empat penumpang di dalam ruang kabin. Wuling Air Ev Lite memiliki dimensi panjang 2.974 mm, lebar 1.505 mm, dan tinggi 1.631 mm. Ada pun wheelbase dan ground clearance masing-masing memiliki ukuran 2.010 mm dan 125 mm. 

Dengan dimensinya tersebut, Air EV Lite merupakan kendaraan yang mudah untuk dikendarai sehingga bisa bergerak lincah di berbagai kondisi lalu lintas, termasuk di jalan yang punya lebar terbatas. Sangat wajar, mobil listrik ini cocok untuk kamu yang punya aktivitas operasional di perkotaan padat penduduk. Mobil ini juga mudah untuk diparkirkan.

Air EV Lite dilengkapi dengan baterai lithium ferro-phosphate IP67. Kapasitas baterainya mencapai 17,3 kWh/115V yang bisa digunakan untuk menempuh perjalanan hingga 200 km dari posisi daya penuh. Tipe baterai ini juga mengaplikasikan unsur easy home charging, memudahkan kamu mengisi daya di rumah dengan daya minimal 2,2 kW. Pengisian dayanya memerlukan waktu kurang lebih 8,5 jam. 

Fitur-fitur Air Ev Lite dikemas cukup minimalis. Pada aspek interior dan eksterior, Air Ev Lite memiliki satu warna atau tone saja, tetapi meter cluster Air EV Lite sudah full colour dan selebar 7 inci. Mobil listrik ini dibekali dengan airbag yang ditempatkan di depan kursi pengendara. Air EV Lite mempunyai fitur port USB, Bluetooth, dan radio untuk digunakan oleh penumpang . 

Harga mobil listrik Wuling Air Ev Lite adalah Rp206.000.000 on the road Jakarta. Pemerintah memberikan insentif PPN 1 persen sehingga harganya turun menjadi Rp188,9 juta. Air EV Lite juga termasuk murah dalam hal biaya kepemilikan. Jika dikalkulasikan, biaya perawatan yang dikeluarkan hingga 100 ribu km atau 5 tahun adalah lebih kurang Rp3,9 juta. Pemilik Air EV Lite juga dengan mudah dapat memonitor kondisi mobilnya melalui aplikasi MyWuling+.

DFSK Seres E1

DFSK Seres E1 resmi diluncurkan di Indonesia oleh PT Sokonindo Automobile pada ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Kata SERES diadopsi dari bahasa Yunani yang berarti negara Sutra, melambangkan Timur, dan memiliki arti kelas atas. Walau sudah dipajang di PEVS 2023, harga mobil listrik ini belum diumumkan secara resmi. Namun, sudah tersiar kabar bahwa harga DFSK Seres E1 berada di kisaran Rp 180 – 250 jutaan.

Melansir Moladin, DFSK Seres E1 punya dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, dan jarak sumbu roda 1.960 mm. Ground clearance-nya setinggi 135 mm. Mobil listrik ini memiliki kombinasi desain grill dan headlamp yang simpel, sedangkan roof rail memberi kesan gagah. Aura futuristik sangat terasa sebab kaca depan tergolong lebar sedangkan bumper tampak padat. Rodanya menggunakan velg alloy 13 inci dengan ukuran ban 145/60. Ada pun lampu depan memakai LED untuk pencahayaan. 

Pada aspek interior, kabin Seres E1 berkesan sangat modern dengan warna interior kombinasi abu-abu gelap dan cerah. Terdapat dua layar panel instrumen 7 inci dan head unit layar sentuh 8,8 inci. Tombol elektrik memudahkan pengaturan spion. Jok pengemudi dan penumpang depan berkonsep bucket seat, sedangkan jok belakang cukup untuk diisi dua orang. Akses masuk penumpang belakang sama seperti Wuling Air EV, yaitu lewat pintu depan. 

Baterai DFSK Seres E1 memiliki kapasitas 16,8 kWh dengan jarak tempuh mencapai 220 km. Dengan teknologi baterai lithium iron-phosphate (IP67), waktu pengisian dayanya dari kondisi 10 hingga 90 persen membutuhkan waktu 4,5 jam dengan charger arus AC 3,3 kW. Performa torsi hingga 100 Nm dan tenaga 30 kW atau setara 40 hp. Untuk kemampuan akselerasi 0 sampai 50 km/jam mobil ini membutuhkan waktu 5,1 detik.

Fitur-fitur DFSK Seres E1 juga menarik untuk kita simak. Airbag, anti-lock braking system, electronic brake distribution, electronic stability control, dan hill hold control. Ada pula tire pressure monitoring system beserta event data recording. Low speed pedestrian warning memberikan peringatan suara kepada pejalan kaki ketika mobil melaju pelan. Untuk menghemat baterai, Seres E1 punya mode berkendara dengan pilihan eco dan sport.

mobil listrik murah | roojai.co.id

Mitsubishi Minicab MiEV

Mitsubishi Minicab MiEV akan diproduksi secara lokal dan akan dijual dengan harga terjangkau pada tahun 2024. Pengumuman tersebut disampaikan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang lalu oleh perwakilan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). 

Jika begitu, Mitsubishi Motors menjadi merek otomotif Jepang pertama yang memulai produksi mobil listrik Indonesia secara lokal sekaligus membuat Indonesia sebagai negara pertama di luar Jepang yang menjadi basis produksi mobil listrik kompak Mitsubishi Motors tersebut. Rencananya, produksi mobil listrik niaga Minicab MiEV bakal dilakukan di pabrik Mitsubishi di Karawang, Jawa Barat.

Melansir Moladin, secara spesifikasi, Minicab MiEV termasuk unik. Mobil listrik untuk kebutuhan niaga ini punya dimensi ringkas, yakni panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.915 mm. Dengan dimensi kompak, kendaraan ini dapat menampung 2 sampai 4 orang, tergantung konfigurasi bangku yang dipilih. Jika mengangkut barang, bebannya maksimal 350 kg.

Kapasitas baterai lithium-ion di dalam Minicab EV tidak terlalu besar, hanya 16 kWh. Durasi pengisian baterai dari 0 hingga 80 persen dilakukan antara 15 – 35 menit saja. Dalam kondisi baterai penuh, jarak tempuh yang dapat dilalui adalah 150 km. Performa penggerak elektriknya memiliki torsi 196 Nm pada 0-300 rpm dan tenaga 41 PS pada 2.500 – 6.000 rpm. 

Baterai Minicab MiEV ditempatkan di bawah bagian tengah lantai sehingga komponen EV tidak memakan kapasitas kabin. Artinya, mobil listrik ini memiliki ruang kargo yang besar untuk mengangkut penumpang maupun barang. Sangat cocok buat kamu yang ingin memiliki mobil listrik untuk kebutuhan berniaga.

Harga mobil listrik ini belum diumumkan secara resmi. Namun, jika dibandingkan dengan Wuling Air EV yang juga sudah diproduksi secara lokal di Indonesia dan diberi tarif mulai dari Rp243 juta (OTR Jakarta), harga Minicab MiEV produksi lokal seharusnya tidak beda jauh, yakni sekitar Rp200 jutaan.

Hyundai Kona Electric

Perusahaan otomotif asal Korea Selatan Hyundai meluncurkan Hyundai Kona Electric semenjak tahun 2020. Mobil listrik ini memiliki bentuk dan kontur sporty ala SUV crossover dengan aksen futuristik. Pada bagian muka, mobil listrik Hyundai memiliki ciri khas, yaitu grill bergaya menutup dan lampu depan LED Day Running Light (DRL).

Melansir Hyundai Mobil Indonesia, secara dimensi, Hyundai Kona Electric berukuran panjang 4.180 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.555 mm. Tinggi ground clearance sebesar 158 mm seperti mobil crossover pada umumnya. Pada bagian kaki-kaki, Hyundai Kona Electric menggunakan pelek berdesain palang minim lubang serta berukuran 17 inci. 

Mobil ini dapat menampung sampai lima orang penumpang. Dan buat kamu yang suka beraktivitas bersama barang bawaan banyak cocok memiliki mobil listrik ini. Dengan split-folding rear seats, bangku baris kedua dapat dilipat rata sehingga menghasilkan ruang vertikal tambahan yang dapat menampung hingga 1.114 liter.

Kona Electric menggunakan baterai lithium ion dengan kapasitas 39,2 kWh. Sinkronisasi bermagnet permanen dengan efisiensi tinggi sebesar 100 kW (136PS) memberikan performa torsi 395 Nm yang didistribusikan melalui roda depan. Jarak tempuh Kona Electric mencapai 345 km. Pengisian daya dari nol hingga 80 persen dapat dilakukan dalam 54 menit karena terdapat fitur fast charging.

Hyundai Kona Electric menerapkan sistem shift-by-wire, yakni menghilangkan proses mekanis sehingga memungkinkan perpindahan gigi hanya dengan menyentuh sebuah tombol, bahkan rem parkir juga dapat diakses melalui tombol. Sistem heads-up display pada Kone Electric memancarkan kesan modern. Gambar virtual ke panel transparan yang dipasang di belakang panel instrumen membantu pengemudi agar tetap memperhatikan jalan. Ukuran gambar proyeksi 8 inci sangat jelas dan pencahayaannya memberikan visibilitas, baik siang maupun malam, dengan sangat baik.

Mobil listrik ini juga dilengkapi fitur-fitur menarik, seperti drive mode select, rear view monitor with dynamic parking guides, parking distance warning, tire pressure monitoring system, hill start assist, 6-point airbag, dan electronic parking brake.

Harga on the road Jakarta mobil listrik ini dipatok Rp674,8 juta (untuk kepemilikan mobil pertama). Calon pemilik Hyundai KONA Electric dapat memilih dari beberapa warna yang tersedia, seperti chalk white, galactic grey, dark knight, dan pulse red

All New Nissan Leaf

Nissan Leaf secara resmi diluncurkan oleh PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) sejak tahun 2021. Mobil bergaya hatchback ini memiliki desain serupa mobil konvensional. Di bagian depan, grill V-motion khas mobil Nissan tetap dipertahankan. Aksen warna biru jernih serta lampu utama berbentuk boomerang di bagian depan dan belakang menjadi ciri utama Nissan Leaf. Teknologi LED yang dipakai adalah Daytime Running Lights (DRL).

Melansir detikOto, pada aspek interior, Nissan Leaf memiliki setir flat-bottom sporty berlapis kulit dan dilengkapi tombol multifungsi, panel instrumen dengan layar 7 inci, serta kursi berlapis kulit Alcantara. Heads-up layar sentuh 8 inci memiliki fitur koneksi Bluetooth dan voice command yang dapat terhubung dengan ponsel pintar, melalui Apple CarPlay atau Android Auto. Mobil ini dapat menampung hingga lima orang penumpang dan volume kargo 435 liter.

Baterai lithium-ion 40 kWh digunakan Nissan Leaf untuk memungkinkannya menempuh jarak sejauh 311 km setelah pengisian daya penuh. All-New Nissan Leaf memberikan performa maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS di 3.283 – 9.795 rpm dan torsi maksimum 320 Nm di 0 – 3.283 rpm. Mobil listrik ini mampu berakselerasi pada 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam. 

Nissan Leaf menggunakan fasilitas quick charging, hanya memerlukan waktu sekitar 40 sampai 60 menit saja saat pengisian baterai. Jika menggunakan pengisi daya home charger membutuhkan  daya hingga 7,4 kW (arus AC) dan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 5 hingga 7 jam.

Fitur unggulan Nissan ialah e-Pedal. Pengemudi dapat memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti hanya dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. Ketika akselerator dilepas sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis. Mobil berhenti total. Nissan Leaf  juga dilengkapi sederet fitur keamanan yang melindungi pengemudi dan penumpang, antara lain: forward collision warning, forward emergency braking, intelligent trace control, vehicle dynamic control, hill start assist, anti-lock braking system with brake assist, intelligent around view monitor with moving object detection, driver attention alert, dan electronic parking brake.
Nissan Leaf dijual di pasar Indonesia dengan pilihan one tone dan dual tone yang hadir dalam 11 warna. Harga OTR Jakarta saat peluncuran adalah Rp649 juta untuk Nissan Leaf One Tone dan Rp 651 juta untuk varian Dual Tone. Murah dan bagus, kan?

Nah, kamu sudah tahu lima mobil listrik yang murah dan bagus di Indonesia. Apakah ada yang membuatmu tertarik? Tentu saja kamu perlu mempelajari masing-masing lebih lanjut dengan menghubungi dealer resmi terdekat. Mari dukung kehidupan yang lebih baik, salah satunya dengan menggunakan mobil listrik ramah lingkungan. 
Jika kamu belum menemukan tipe yang diminati atau dana belum cukup untuk membeli mobil listrik yang baru, kamu dapat memaksimalkan penggunaan mobil berbahan bakar fosil yang dimiliki saat ini dengan memiliki Asuransi Mobil All Risk (komprehensif) untuk proteksi kendaraan yang menyeluruh. Roojai menyediakan asuransi mobil dengan contact center yang andal serta proses klaim yang cepat dan mudah. Kamu bisa menentukan sendiri uang pertanggungan hingga sampai dengan Rp2 miliar. Preminya pun murah dan terjangkau. Dapatkan diskon untuk pembayaran penuh atau pilih pembayaran secara cicilan tanpa harus pengajuan ke bank. Yuk, daftarkan diri dan mobil kamu sekarang juga untuk mendapatkan perlindungan lengkap dan layanan berkualitas.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!