kaca mobil: jenis kaca riben, cara memilih dan memasangnya | roojai.co.id

Kaca riben atau kaca tinted merupakan pilihan yang bagus untuk membuat kendaraanmu semakin keren. Lapisan kaca mobil ini memiliki beberapa manfaat seperti membatasi panas matahari masuk ke interior mobil dan menjaga privasi pengemudi serta penumpang di dalamnya. 

Kamu dapat membawa mobilmu ke bengkel untuk dipasangi lapisan film kaca atau kamu memasangnya sendiri. Namun, kamu perlu tahu jenis-jenis kaca riben mobil, cara memilih dan memasang dengan benar, serta yang tak kalah penting, yaitu bagaimana aturan pemerintahan soal penggunaan tingkat kegelapan kaca mobil ini.

Yuk, lanjut baca artikel ini untuk menambah pengetahuan kamu.

Konten

  1. Apa Fungsi Kaca Riben Pada Kaca Mobil?
    1. Jenis Kaca Mobil yang Cocok Buat Kamu
      1. Cara Memilih Kaca Riben untuk Mobil Kesayanganmu
        1. Cara memasang riben kaca mobil

          Apa Fungsi Kaca Riben Pada Kaca Mobil?

          alt: fungsi kaca riben pada kaca mobil | roojai.co.id

          Kaca riben dikenal juga dengan nama kaca tinted. Tinted sendiri berarti berwarna atau diberi warna. Kaca berwarna ini memiliki material tambahan seperti film atau lapisan yang mampu mengurangi transmisi cahaya. Berbagai lapisan dan warna dapat dipakai untuk memberikan efek atau manfaat yang berbeda pula, sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. 

          Hampir semua mobil dilengkapi kaca tinted pada bagian kaca depan atas. Fungsi utamanya adalah mengurangi silau matahari jika kamu mengemudi tegak lurus ke arahnya, seperti di pagi atau sore hari. Sebagian jendela mobil diberi kaca tinted oleh pabriknya, sebagian lagi diberikan pada proses purnajual. Bisa juga atas inisiatif pemiliknya untuk melakukan modifikasi mobilnya sendiri.

          Melansir AutoGuru, berikut beberapa fungsi kaca tinted mobil:

          Melindungi dari sinar matahari

          Sinar matahari mengantarkan sinar ultraviolet yang cukup berbahaya bagi kesehatan kita, salah satunya dapat menjadi pemicu kanker kulit. Jika kamu banyak berkendara di siang hari yang terik, kaca tinted berfungsi untuk menghalangi sinar UV masuk ke mobil sehingga tidak langsung mengenai kulitmu. Selain itu, interior mobilmu juga dilindungi dari kerusakan, seperti warna jok atau dashboard cepat memudar dan kering kaku kalau terlalu lama “berjemur”.

          Memberikan privasi

          Dengan memberikan warna gelap pada kaca mobil, kamu bisa mendapatkan privasi dari pandangan luar. Mungkin kamu jenis pengemudi atau penumpang yang suka berkaraoke. Jangan khawatir tampak konyol ketika sedang menyanyikan lagu Lyodra dengan ekspresi sepenuh hati. Lapisan kaca berwarna akan melindungi kamu dari tatapan-tatapan menghakimi.

          Mencegah kejahatan

          Kamu juga bisa menghalau pencuri yang berniat mengetahui isi mobilmu. Pencuri biasanya tidak mau mengambil risiko kalau belum tahu apakah ada barang berharga yang dapat diambilnya dari dalam mobil seseorang. Kaca ini dapat mengurangi kesempatan pencuri mengintip ke dalam mobil kamu yang sedang terparkir.

          Mengemudi lebih aman

          Ketika berkendara di siang hari, cahaya matahari membuatmu silau. Ketika mengemudi di malam hari, cahaya lampu dari kendaraan lain juga bisa mengganggumu. Nah, kaca tinted mobil akan mengurangi silau di matamu. Dengan demikian, kamu lebih aman dalam berkendara. Kamu juga bisa memaksimalkan perlindungan dalam berkendara dengan mendaftarkan asuransi untuk mobil kesayanganmu.

          Membuat udara di dalam mobil lebih sejuk

          Berkat berkurangnya sinar matahari dan sinar UV masuk ke dalam kendaraan, suhu di dalam mobil bisa tetap dingin. Kaca riben mobil berfungsi untuk menjaga temperatur di dalam mobil jadi lebih stabil tanpa harus memasang AC mobil di suhu yang rendah. Artinya, kamu lebih banyak menghemat energi.

          Memberikan tampilan menarik

          Jujur saja, mobil dengan kaca tinted tampak lebih menarik dan keren. Kesannya juga kelas atas. Kamu juga bisa menjaga value mobil tetap tinggi. Berkendara pun jadi penuh gaya dan kepercayaan diri meningkat.

          Jenis Kaca Mobil yang Cocok Buat Kamu

          Dyed Film

          Jenis dyed merupakan yang paling umum, mungkin karena harganya paling terjangkau alias hemat biaya. Kaca mobil diberikan beberapa lapisan dyed film sehingga berwarna atau gelap. Lapisan-lapisan ini menyerap sinar matahari yang mencoba menembus jendela. Kamu dapat memilih tingkat kegelapan yang diinginkan, asal masih sesuai dengan aturan pemerintahan yang berlaku. 

          Kekurangannya, jenis ini tidak memberikan tingkat perlindungan UV yang cukup seperti jenis lain. Ketahanan atau kemampuan memblokir panas juga terbatas. Selain itu, warnanya akan cenderung memudar seiring waktu, sehingga fungsinya jadi kurang efektif. 

          Metalized

          Sesuai dengan namanya, jenis kaca film mobil ini diberikan lapisan metalized film yang mengandung mikropartikel logam. Jenis ini menghalangi sinar matahari dengan merefleksikannya, bukan menyerapnya. Perlindungan UV pun jadi lebih optimal. Bisa dibilang, jauh lebih efektif daripada memakai dyed film

          Warna film metalisasi juga tahan lama dan sangat tahan gores, bahkan menambah kekuatan pada kaca sehingga tidak mudah pecah jika terjadi kecelakaan atau terkena benturan. Partikel logam juga memberikan kesan lebih berkilau pada kaca mobil. Bikin kelihatan lebih keren, gitu.

          Namun, partikel logam bisa mengganggu sinyal radio dan GPS. Jadi, pertimbangkan dulu sebelum memilih jenis kaca tinted mobil ini, ya. 

          Kaca Film Hybrid

          Kaca tinted mobil hybrid merupakan kombinasi dari dua jenis di atas. Beberapa lapisan dyed film diselingi oleh lapisan logam, seperti titanium. Tujuannya adalah memaksimalkan aspek positif dan mengurangi aspek negatif dari jenis dyed film dan metalized film

          Gangguan sinyal radio dan GPS juga tidak terlalu kentara dibandingkan full memakai metalized film. Malah, jenis hybrid lebih terjangkau daripada metalized film meskipun lebih mahal dibandingkan dyed film.

          Kaca Film Carbon

          Kaca tinted mobil jenis karbon terbuat dari partikel serat karbon. Bahan ini lebih efektif lagi dibandingkan dyed film dan metalized film dalam hal menghalangi sinar matahari. Fitur isolasinya sangat kuat, dapat mengurangi panas di interior mobil sampai 40 persen. Warnanya tidak akan memudar seiring waktu. Dengan hasil akhir matte, tampilan estetikanya merupakan yang paling banyak disukai orang-orang. 

          Satu-satunya kekurangan adalah harganya bisa jauh lebih mahal dibandingkan jenis lain yang disebutkan. Paling tidak, biaya yang dikeluarkan sebanding dengan fungsinya yang maksimal. Ketahannya juga panjang, sehingga tidak perlu segera diganti yang baru. 

          Kaca Film Ceramic

          Jenis ini dapat menghalangi lebih dari 99 persen sinar UV. Kemampuan tersebut menjadikannya yang terbaik dibandingkan jenis-jenis yang lain. Kaca film mobil jenis ini tidak mengandung pewarnaan atau partikel logam, sehingga warnanya tidak cepat memudar dan tidak mengganggu sinyal radio. 

          Partikel keramiknya tidak menghantarkan panas, memantulkan sinar matahari dengan maksimal. Artinya, suhu interior mobil kamu dapat dijaga tetap dingin sampai 50 persen. Kaca mobil juga jadi lebih tahan pecah, seperti pada jenis metalized film. Lapisan keramik memberikan warna lebih terang, tetapi tetap membantu mengurangi silau ketika berkendara. 

          Yah, memang dari segi harga, jenis ini merupakan yang paling mahal. Namun, inilah jenis yang terbaik dalam perlindungan dari UV, mengurangi silau, mengurangi panas matahari, dan tetap memberikan visibilitas terbaik.

          Cara Memilih Kaca Riben untuk Mobil Kesayanganmu

          1. Tentukan hasil akhir yang kamu inginkan

          Kamu dapat memvisualisasikan hasil akhir yang kamu inginkan terhadap kaca mobilmu. Dari situ, kamu dapat memulai dengan memilih jenis kaca mobil yang sesuai dengan harapan dan preferensi kamu.

          Apakah dengan dyed film, metalized, hybrid, carbon, atau ceramic? Bagaimana dengan kemampuan untuk menyerap atau merefleksikan sinar matahari dan ultraviolet? Seberapa optimal kemampuannya dalam mengurangi panas interior dalam mobil? 

          Kamu juga dapat memilih warna-warna yang tersedia. Pada umumnya, orang memilih warna hitam atau charcoal yang netral. Sesuaikan warna kaca film mobil dengan eksterior mobil kamu secara keseluruhan. Jangan sampai ada tabrak warna yang kurang sedap dipandang oleh mata. Namun, perbedaan warna kaca tinted dengan body dapat diakali dengan mempertimbangkan peningkatan transparansi lapisan filmnya. 

          Kamu sendiri penentunya atau kamu dapat berkonsultasi dengan yang lebih ahli terlebih dahulu.

          2. Sesuaikan dengan dana yang kamu miliki

          Pilihan memang tidak bisa lepas dari masalah dana di dalam rekening. Kamu harus menyiapkan dana agak lebih jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Merek kaca tinted mobil ternama juga mempengaruhi berapa rupiah yang harus kamu keluarkan. Biasanya, merek ternama memberikan kualitas dan daya tahan lebih lama yang sudah terbukti hasilnya sehingga dicari terus-menerus oleh pelanggannya. 

          Jenis kaca tinted yang memberikan fungsi terbaik juga berarti harganya agak lebih mahal. Mungkin kamu juga boleh mempertimbangkan yang lebih murah, tetapi harus ingat bahwa produk yang murah dapat menyebabkan kamu perlu mengganti lapisan filmnya dalam waktu dekat.

          3. Ketahui aturan pemasangan kaca tinted mobil

          Peraturan tentang penggunaan kaca tinted mobil di Indonesia terdapat di dalam PP Nomor 55/2012 tentang Kendaraan, UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, PP Nomor 44/1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi, Permenhub Nomor 10/2012 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Massal Berbasis Jalan, serta Permenhub Nomor 98/2013 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum.

          Melansir detikOto, UU LLAJ maupun PP 55/2012 tidak mengatur tingkat kegelapan kaca yang dibolehkan secara eksplisit. Namun, kita dapat mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menteri Perhubungan Nomor KM. 439/U/Phb-76 tentang Penggunaan Kaca Pada Kendaraan Bermotor. Ada enam poin dalam SK Menteri Perhubungan tersebut, yaitu:

          1. Kendaraan-kendaraan bermotor yang diperlengkapi dengan kaca depan, kaca belakang, dan atau kaca samping, kaca-kaca tersebut harus dibuat dari bahan yang tidak mudah pecah, tembus pandangan dari dua arah (sangat bening) dan tidak boleh mengubah serta mengganggu bentuk-bentuk orang atau benda-benda yang terlihat melalui kaca tersebut;
          2. Tanpa mengurangi maksud ketentuan poin 1, boleh dipergunakan kaca berwarna atau kaca yang berlapis bahan berwarna (film coating), asal dapat tembus cahaya dengan prosentase penembusan cahaya tidak kurang dari 70%;
          3. Tanpa mengurangi maksud ketentuan poin 1 dan 2, kaca depan dan atau kaca belakang boleh dipergunakan kaca berwarna atau kaca yang berlapis bahan pewarna (film coating) dengan prosentase penembusan cahaya tidak kurang dari 40% sepanjang sisi atas (bagian kaca) yang lebarnya tidak lebih dari sepertiga tinggi kaca yang bersangkutan;
          4. Penggunaan bahan-bahan untuk lapisan berwarna pada kaca-kaca sebagaimana dimaksud dalam poin 2 dan 3 tidak menimbulkan pemantulan-pemantulan cahaya-cahaya baru, selain pantulan-pantulan cahaya yang biasa terdapat pada kaca-kaca bening;
          5. Dilarang menempel atau menempatkan sesuatu pada kaca-kaca kendaraan bermotor, kecuali jika hal itu dimaksud untuk kepentingan pemerintah, yang penempatannya tidak boleh mengganggu kebebasan pandangan pengemudi;
          6. Yang dimaksud dengan prosentase penembusan cahaya adalah: angka yang menunjukkan perbandingan antara jumlah cahaya setelah menembus kaca tembus pandangan dan jumlah cahaya sebelum menembus kaca yang bersangkutan.

          Sesuai dengan poin 2 dalam aturan tersebut, mobil boleh menggunakan kaca tinted film, tetapi tetap harus tembus cahaya dan dengan tingkat jumlah cahaya setelah menembus kaca tembus pandangan tidak kurang dari 70%. Khusus untuk kaca depan dan/atau kaca belakang, tingkat jumlah cahaya setelah menembus kaca tembus pandangan tidak kurang dari 40%.

          Cara memasang riben kaca mobil

          Pada dasarnya, kamu dapat memasang sendiri riben pada kaca mobil. Namun, seperti kata pepatah, serahkan pada ahlinya. Lebih baik kamu membawa mobilmu ke bengkel dan biarkan teknisi profesional dan berpengalaman mengerjakannya. Daripada menyesal kalau memasang sendiri jika tidak rapi hasilnya.

          Biasanya, ketika kamu membeli film untuk lapisan kaca mobil, toko atau bengkel sudah memasukkan biaya pemasangannya. Jika belum termasuk sehingga kamu membayar lagi untuk jasa pasang, kamu akan lebih yakin filmnya dipasang oleh seorang yang ahli dan terjamin kerapiannya. Setelah terpasang dengan baik, kaca tinted mobil seharusnya dapat bertahan hingga bertahun-tahun. 

          Jika kamu masih ingin mencoba sendiri, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut. Mengutip RUSTPRO yang ahli soal eksterior mobil, inilah enam langkah memasang kaca tinted mobil yang baik dan benar:

          Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan

          Sebelum memulai proses pemasangan film pada kaca mobil, pastikan kamu memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan. Pertama, tentu saja kaca film mobil sesuai ukuran kaca yang akan dilapisi atau lebih, gunting atau pisau tajam, sabun cair atau larutan pembersih kaca, alat aplikator film, dan kain bersih yang lembut.

          Bersihkan kaca mobil yang akan dipasangi film

          Bersihkan kaca mobil secara menyeluruh. Kamu dapat menggunakan sabun cair atau larutan pembersih kaca untuk menyingkirkan kotoran dan menghapus noda dari permukaan kaca. Pastikan segala jenis kotoran, debu, dan bekas sisa perekat hilang maksimal sebelum memasang kaca film.

          Potong film sesuai ukuran kaca

          Misalnya, kamu memasang untuk kaca jendela mobil. Ambil film lalu gunakan kaca jendela mobil sebagai panduan untuk memotongnya menjadi ukuran yang pas. Potong kaca film dengan hati-hati dan presisi dengan gunting atau pisau tajam.

          Basahi kaca dan tempelkan film

          Basahi permukaan kaca mobil dengan air atau larutan sabun cair lalu tempelkan kaca film ke permukaan kaca yang basah tersebut. Sesuaikan posisi film dengan tepi jendela, lalu ratakan dengan jari atau menggunakan alat aplikator film secara perlahan. Pastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di antara film dan kaca.

          Ratakan film dengan alat aplikator

          Setelah film tertempel, ratakan dengan alat aplikator film secara hati-hati. Mulailah dari tengah kaca lalu ke arah tepi untuk menghilangkan gelembung udara dan memastikan film menempel dengan baik pada kaca.

          Bersihkan dan keringkan

          Setelah kaca film terpasang dengan baik, bersihkan dan keringkan kaca dengan menggunakan kain bersih dan lembut hingga bebas dari sisa air atau larutan sabun. Pastikan sekering mungkin agar hasil akhir tampak bersih dan mengkilap.

          Kamu bisa tingkatkan penampilan mobil sekaligus memperoleh fungsi perlindungan dari efek buruk sinar ultraviolet selama berkendara. Untuk memaksimalkan perlindungan atas mobil kesayanganmu, kamu bisa mendaftarkan mobilmu di Asuransi Mobil All Risk  (Komprehensif) untuk proteksi kendaraan yang menyeluruh. Roojai menyediakan asuransi mobil dengan contact center yang andal serta proses klaim yang cepat dan mudah. Kamu bisa menentukan sendiri uang pertanggungan hingga sampai dengan Rp2 miliar. Preminya pun murah dan terjangkau. Dapatkan diskon untuk pembayaran penuh atau pilih pembayaran secara cicilan tanpa harus pengajuan ke bank. Yuk, daftarkan diri dan mobil kamu sekarang juga untuk mendapatkan perlindungan lengkap dan layanan berkualitas.

          Muhammad Vigo Sofyan

          Ditulis oleh

          Muhammad Vigo Sofyan

          IT QA Specialist

          Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

          Bagikan:

          Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

          Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

          Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

          |

          Lihat premi dalam 30 detik.
          Gak perlu kasih info kontak!