Mobil Keluarga untuk Perjalanan Jauh | Roojai.co.id

Kriteria utama mobil untuk perjalanan keluarga besar adalah bisa memuat banyak penumpang dan tangguh menjelajah jalan-jalan antar kota, antar provinsi, bahkan antar pulau. Tipe mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan dua tipe kendaraan yang memenuhi kriteria tersebut. 

Kapasitas yang besar tapi irit bahan bakar menjadi alasan MVP menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia. Mobil MPV biasanya dapat menampung hingga delapan orang dalam ruang kabin. Desainnya pun disesuaikan dengan keadaan jalanan di Indonesia sehingga nyaman dikendarai.

Sedangkan SUV dirancang untuk menjelajah berbagai macam medan. Dari segi dimensi, mobil SUV tidak jauh berbeda dari MPV meskipun biasanya hanya menampung lima orang penumpang dalam kabin. Tetapi, mobil SUV juga sangat cocok diperuntukkan untuk perjalanan jauh bagi keluarga besar.

Dalam artikel ini, ada 9 rekomendasi mobil yang cocok untuk perjalanan keluarga besar. Yuk, lanjut baca untuk menambah referensi kamu.

Konten

  1. Toyota Innova
  2. Honda CR-V
  3. Mitsubishi Xpander
  4. Hyundai Stargazer
  5. Suzuki Ertiga
  6. Daihatsu Rocky
  7. Nissan Livina
  8. Wuling Alvez
  9. Mazda CX-5

Toyota Innova

Toyota Innova merupakan mobil MPV produksi pabrikan asal Jepang. Mobil ini adalah penerus seri Toyota Kijang yang sudah melegenda sebagai mobil keluarga di Indonesia. Mobil ini juga sering disebut juga dengan nama Toyota Kijang Innova. Sebagai mobil untuk perjalanan keluarga besar, Toyota Innova sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. 

Kabin mobil Innova bisa memuat tujuh orang penumpang dewasa. Interiornya bisa dibilang mewah dan lapang. Perjalanan jauh pun tetap nyaman karena ruang kaki cukup lega. Sementara itu, sandaran punggung dan kepala mendukung postur tubuh dengan baik. Baik duduk di baris pertama, kedua, ataupun ketiga, semua penumpang akan merasakan kenyamanan. 

Di Indonesia, Toyota Innova tersedia dalam dua pilihan mesin (bensin dan diesel) dan dua opsi transmisi (manual dan otomatis). Dimensinya 4.735 mm L x 1830 mm W x 1.795 mm H. Selain itu, terdapat lima warna yang bisa kamu pilih, yaitu super white, dark gray mica metallic, attitude black, silver metallic, dan phantom brown metallic. Harga mobil ini berkisar antara Rp369,6 sampai Rp471,9 juta OTR Jakarta.

Untuk keselamatan keluarga besar ketika jalan-jalan atau mudik, mobil ini menawarkan fitur-fitur keselamatan berteknologi tinggi, antara lain hill start assist dan emergency brake signal. Kendaraan yang mulai diproduksi tahun 2004 ini juga memiliki fitur child safety locks, airbag, sensor parking, engine check warning, dan anti lock braking system (ABS). 

Perjalanan bersama anggota keluarga, baik orang tua atau anak-anak pun akan lebih aman. Kelebihan lain Toyota Innova adalah perawatan mobil yang mudah dan tidak merepotkan. Dan yang paling penting, suku cadangnya gampang ditemukan di bengkel-bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Honda CR-V

Honda CR-V juga cocok menjadi mobil untuk perjalanan keluarga besar. Mobil SUV ini juga mampu menampung hingga tujuh orang penumpang. Tampilannya gagah serta menawarkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang. Kabin mobil berkesan sporty dan elegan berkat penggunaan warna yang dominan gelap. Bagasinya luas, mampu menampung koper-koper besar milik anggota keluarga kamu.

Pada Agustus 2023 lalu, pabrikan asal Jepang ini meluncurkan generasi keenam Honda CR-V di Indonesia. Untuk pertama kalinya, mobil ini tersedia dalam varian hybrid. Harga OTR Honda CR-V di Indonesia mulai dari Rp739,9 juta untuk varian 1.5L Turbo hingga Rp799,9 juta untuk varian tertinggi Honda CR-V 2.0L RS eHEV. 

Sebagai penjamin keselamatan selama perjalanan, Honda CR-V sudah dilengkapi fitur Honda Sensing, yaitu rangkaian teknologi perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan memberikan peringatan secara otomatis agar tidak terjadi kecelakaan.

Fitur canggih Honda Sensing ini meliputi collision mitigation brake system yang membantu mendeteksi keberadaan pejalan kaki atau kendaraan lain di hadapan sehingga benturan dapat dihindari; lane keeping assist system untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur yang terdeteksi; dan road departure mitigation berfungsi memberikan peringatan, bahkan mengoreksi kemudi secara otomatis agar mobil kembali ke jalur yang benar. 

Selain itu, juga ada adaptive cruise control yang berfungsi menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak di belakang kendaraan yang terdeteksi di depan. Low speed hollow membantu mengurangi kecepatan atau menghentikan kendaraan secara otomatis. Terakhir, auto-high beam secara intuitif akan berganti antara lampu besar dan lampu normal, tergantung situasi jalan. Dengan rangkaian fitur canggih ini, perjalanan jarak jauh bersama keluarga besar kamu akan semakin nyaman. 

Mitsubishi Xpander

mitsubishi xpander | roojai.co.id

Mitsubishi Xpander termasuk model Small MPV yang sudah banyak dimiliki oleh keluarga Indonesia. Dari segi eksterior, mobil ini memiliki tampilan sporty dan stylish. Begitu juga dengan bagian interiornya. Mobil ini sangat cocok untuk kamu dan keluarga karena memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga dengan kabin luas, senyap, dan dilengkapi banyak ruang penyimpanan multifungsi.

Semua jok dan perangkat dalam mobil ini bersifat ergonomis. Berkat kabin yang luas, penempatan kursi untuk maksimal tujuh orang penumpang pun bisa lebih fleksibel. Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan keluarga besar yang dibawa. Tak perlu khawatir ketika membawa bayi, anak kecil, atau bahkan lansia, suspensinya sangat nyaman karena dapat mengurangi getaran dan goncangan. Berkendara melalui jalanan yang tidak rata pun jadi bukan masalah..

Di Indonesia, kamu bisa memilih di antara tujuh varian Mitsubishi Xpander dengan mesin bahan bakar bensin berkapasitas utama 1.499 cc. Terdapat dua opsi transmisi, yaitu manual dan CVT. Dimensi mobil ini adalah 4.595 mm L x 1.750 mm W x 1.750 mm H dengan ground clearance 220 mm. Terdapat tiga pilihan warnanya yaitu jet black mica, graphite grey metallic, dan blade silver. Untuk harganya sendiri, mobil ini ditawarkan sekitar Rp257,4 sampai Rp312,1 juta OTR Jakarta. 

Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan perjalanan jauh bersama keluarga, Xpander dilengkapi berbagai fitur yang canggih. Dalam urusan pengereman yang aman, mobil produksi pabrikan Mitsubishi Motors ini memiliki anti lock braking system, electronic brakeforce distribution, dan brake assist yang semuanya bekerja sama untuk memberikan kontrol optimal pada saat mengemudi. Dengan fitur vehicle stability control dan hill start assist, kestabilan ekstra diperoleh, menghindari kendaraan tergelincir pada saat mendaki tanjakan. Meskipun begitu, kamu tetap harus mempersiapkan mobilmu sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Soal kelengkapan fitur, Xpander bisa diacungi jempol dan tak kalah dengan MPV dari pabrikan lain, apalagi setelah menjalani facelift sehingga tampilannya mewah dan aerodinamis. Fitur-fitur canggih dalam sistem hiburannya juga memastikan keluarga kamu dapat menikmati perjalanan dengan penuh suka cita. 

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer merupakan MPV produksi Hyundai Motor Company sejak tahun 2022 merupakan salah satu mobil keluarga terbaik. Untuk pasar Indonesia, Stargazer tersedia dalam empat level kelas awal: Active, Trend, Style dan Prime. Dua varian pertama tersedia dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan IVT, sedangkan dua varian terakhir hanya tersedia dengan transmisi IVT sebagai standar. 

Jika melihat eksterior Hyundai Stargazer secara keseluruhan, mobil ini terkesan modern dan futuristik. Dengan dimensi 4.460 mm L x 1.780 mm W x 1.695 mm H, interior kabin mobil ini terasa luas. Head room dan legroom Stargazer pun cukup lega. Joknya terasa empuk ketika diduduki, apalagi dengan dibalut bahan memory foam. Kenyamanan benar-benar terjamin bahkan untuk perjalanan jauh bersama keluarga besar kamu.

Sedangkan untuk menyimpan tas dan koper perjalanan keluarga, mobil MPV ini punya dimensi bagasi dengan panjang 385 mm, lebar 1.280 mm, dan tinggi 500 mm. Kapasitas bagasi Stargazer dengan posisi ketiga baris bangku tegak adalah 200 liter. Jika jok paling belakang dilipat, daya tampung untuk barang-barang meningkat sampai 585 liter.

Mobil ini ditenagai dua pilihan mesin bensin berkapasitas 1.497 cc. Lima warna yang dapat kamu pilih adalah midnight black pearl, creamy white pearl, dragon red pearl, titan gray metallic, dan magnetic silver metallic. Harga per unitnya sekitar Rp247,2 sampai Rp311,8 juta OTR Jakarta.

Salah satu fitur unggulan Stargazer adalah cruise control. Pengemudi dimudahkan sebab dapat mengatur kecepatan mobil secara konstan melalui tombol di setir. Efeknya, kamu tidak mudah merasa capek ketika mengemudi lama. Memantau kecepatan ketika melakukan perjalanan merupakan salah satu tips untuk melakukan perjalanan jarak jauh secara aman. Selain itu, Stargazer juga sudah dilengkapi fitur canggih Hyundai Blue Link sehingga kamu dapat menyalakan mesin, AC, hingga mengunci dan membuka pintu mobilnya cukup dengan memencet tombol di aplikasi ponsel. Bahkan, kamu juga bisa mencari di mana mobil diparkir lewat aplikasi ini.

Suzuki Ertiga

mobil suzuki ertiga | roojai.co.id

Salah satu mobil MPV yang sangat populer di Indonesia adalah Suzuki Ertiga. Pada rilisan barunya, All New Ertiga, eksterior tampil dengan desain semakin elegan serta mewah. Aksen chrome pada front grille memberikan pula kesan gagah dan sporty. Sedangkan dari segi interior, kemewahan juga sangat terasa di area kabin, terutama berkat perpaduan warna hitam dengan aksen kayu di tengah dan beige pada bagian bawah.

Suzuki Ertiga salah satu mobil keluarga murah dengan kisaran harga sekitar Rp225,1 sampai Rp259,5 juta OTR Jakarta, mobil pabrikan milik perusahaan Jepang ini tersedia dalam tiga varian, satu pilihan mesin, dan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis. Tersedia pula tujuh warna yang bisa kamu pilih, yaitu pearl snow white, prime cool black, pearl radiant red, pearl burgundy red, metallic magma gray, metallic silky silver, dan brave khaki.

Dimensinya adalah 4.395 mm L x 1.735 mm W x 1.690 mm H dengan ground clearance 180 mm. Tak heran jika interior kabinnya tergolong luas untuk ditumpangi tujuh orang. Dengan ruang kaki cukup lega, memberikan rasa nyaman dari baris pertama hingga baris ketiga. Fasilitas kabin semakin menarik dengan adanya armrest dan ventilated cup holder sehingga kamu dapat menjaga minuman tetap segar selama perjalanan bersama keluarga besar.

Untuk varian tertentu, Suzuki Ertiga menggunakan sistem keyless dengan start & stop button untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Beragam fitur multimedia dan kamera parkir terpasang pula pada head unit layar sentuh 8 inci. Dalam aspek keamanan dan kenyamanan berkendara, mobil ini dilengkapi teknologi hill hold control agar mobil tidak mundur saat berhenti di tanjakan, dual-SRS (Supplemental Restraint System) airbag, anti lock braking system, dan electronic brakeforce distribution

Harga unit Suzuki Ertiga termasuk stabil di pasar mobil bekas. Alasannya karena mobil ini banyak diminati, suku cadang mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Dalam hal perawatan, Suzuki Indonesia memiliki jaringan dealer dan bengkel yang cukup merata di seluruh Indonesia. 

Daihatsu Rocky

Pilihan mobil untuk perjalanan keluarga besar lainnya adalah Daihatsu Rocky. Mobil SUV dengan lima bangku penumpang ini memiliki kabin dengan ruang kaki yang lega, cocok untuk perjalanan jauh seperti mudik atau liburan anak sekolah. Harganya di Indonesia mulai dari Rp207,45 juta untuk varian standar hingga Rp272,35 juta untuk varian tertinggi Rocky 1.0 R ASA CVT. 

Daihatsu Rocky sudah menggunakan platform terbaru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang diklaim lebih nyaman ketika dikendarai dan irit bahan bakar. Konfigurasi penggerak roda depan (FWD) juga memberikan ruang kabin yang lebih lapang. Pengguna juga ditawarkan sentuhan kekinian dari segi hiburan dengan head unit berukuran 9 inci, cukup besar di kelasnya dan sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. 

Ruang bagasinya bisa muat untuk tas dan koper berukuran besar hingga 369 liter. Caranya dengan pengaturan lantai dua tingkat atau 2 stage luggage board. Kamu bisa memilih opsi lantai bagasi yang lebih rendah pada kondisi normal. Ketika bangku dilipat habis, lantai bagasi bisa diposisikan lebih tinggi untuk menciptakan ruang yang rata dari depan sampai belakang.

Sebagai SUV kompak, Daihatsu Rocky bisa memberikan rasa percaya diri bagi pengendara saat melintas di jalanan rusak, apalagi dengan ground clearance yang cukup tinggi, yaitu 200 mm. Mobil semi offroad ini memang mampu dibawa ke semua medan jalanan, baik perkotaan hingga jalanan berpasir, berkerikil, ataupun berlumpur. 

Di setiap bangku, tersedia headrest yang dapat diatur-atur. Penumpang yang duduk di tengah bangku belakang pun tak perlu sampai pegal leher selama perjalanan jauh. Sedangkan fitur keselamatan yang tersemat pada mobil ini, antara lain pre-collision warning, pre-collision braking, pedal misoperation control, front departure alert, lane departure warning, dan lane departure prevention

Nissan Livina

All New Nissan Livina sering kali disebut sebagai kembaran Mitsubishi Xpander karena punya platform yang nyaris serupa. Tetapi, dari segi tampilan eksterior, Nissan Livina memberikan kesan lebih elegan dengan lekuk-lekuk garis halus dan front grille bergaya V-motion shape. Rentang harganya adalah Rp272,5 sampai Rp308,5 juta OTR Jakarta.

Head unit layar sentuhnya berukuran cukup besar, yakni 7 inci. Untuk kemudahan pengemudi, perangkat ini dilengkapi dengan smartphone connectivity, baik untuk Android Auto maupun Apple Carplay. Dengan adanya Bluetooth Hands Free Phone dan Multimedia Control Switches di roda kemudi, pengemudi bisa mengakses head unit tanpa perlu memindahkan tangan dari setir. Cukup tekan tombol di palang sebelah kiri.

Kamu bisa memainkan musik favorit keluarga hingga penerimaan dan pengiriman pesan WhatsApp. Perangkat multimedia terkini ini dapat menghibur keluarga selama perjalanan jauh. Keluaran suara yang dihasilkan perangkat multimedianya juga cukup memuaskan. Nissan membekalinya dengan empat hingga enam speaker yang tersebar merata bagi kenikmatan seluruh anggota keluarga yang dibawa. 

Dengan intelligent key, kamu tidak perlu repot-repot merogoh kantong celana. Kamu bisa mengakses kabin dengan menyentuh kunci yang masih tersimpan di pakaian. Untuk mengunci mobil pun juga hanya butuh sedikit tekanan pada tombol yang terpasang di gagang pintu. Teknologi ini juga dipasangkan dengan push start & stop button. Artinya, mesin dapat dinyalakan dan dimatikan dengan satu jari saja. Tak perlu memasang kunci apalagi memutarnya. 

Nissan Livina salah satu mobil yang cocok untuk keluarga kamu, karena dapat memuat tujuh orang penumpang. Ground clearance setinggi 205 mm dan dimensinya 4.510 mm L x 1.750 mm W x 1.700 mm H. Ruang penyimpanannya luas dan fleksibel. Kamu bisa mengaturnya sesuai kebutuhan pemuatan barang, mulai dari tas ransel, koper, bahkan papan seluncur dan sepeda. Tak ketinggalan pada setiap sisi terdapat cup and bottle holder untuk memastikan minuman tersimpan dengan rapi selama perjalanan.

Wuling Alvez

Wuling Alves merupakan pendatang baru di antara sederet mobil compact SUV di pasar otomotif Indonesia. Pabrikan mobil asal China ini dikenal cukup rajin menyodorkan lini produk yang variatif. Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan SUV merek lain, yaitu dibanderol paling murah Rp209 juta hingga termahal Rp295 juta OTR Jakarta. 

Pada interior kabin, Wuling Alvez terkesan elegan dan mewah, terutama pada setir kemudi dan jok semi kulit. Dashboard memiliki desain garis melintang, lengkap dengan head unit berukuran 10,25 inci yang terkoneksi dengan internet. Pengemudi bisa mengetahui bagaimana situasi di sekitar mobil berkat rear parking camera dengan dynamic trajectory. Pengemudi juga terbantu oleh online navigation, online messaging, dan wireless mirroring melalui smartphone.

Dimensi mobil Wuling Alvez adalah 4.350 mm L x 1.750 mm W x 1.610 mm H dan wheelbase 2.550 mm. Kabinnya terasa lega sebagai mobil untuk perjalanan keluarga besar. Barang dalam jumlah banyak dapat diangkut apalagi ketika jok belakang dilipat ke depan. Selain itu, kamu bisa mengakses online music yang didukung keberadaan empat buah groovy speaker

Lebih keren lagi, fitur teknologi cerdas Wuling Indonesia Command (WIND) membuat pengemudi dapat memberikan perintah suara dalam bahasa Indonesia. Contohnya, kamu tinggal bilang “Halo Wuling” lalu “Saya mau telepon….” untuk menelepon atau “Saya mau menghidupkan AC”. Kamu bahkan bisa juga berkata “saya kedinginan” atau “saya kepanasan” agar mobil otomatis menyesuaikan suhu ruang kabin.  

Wuling Alvez sudah dilengkapi Advanced Driver Assistance System (ADAS), meliputi adaptive cruise control, intelligent cruise assistance with lane keeping assist, dan lane departure warning. Agar keselamatan semakin terjamin dalam hal mengerem dan menghindari kecelakaan, mobil ini juga dilengkapi safe distance warning, forward collision warning, collision mitigation system, automatic emergency braking, dan intelligent hydraulic braking assistance.

Mazda CX-5

Mazda CX-5 juga merupakan mobil pabrikan asal Jepang dan dikenal sebagai pesaing Honda CR-V. Kesan pertama pada mobil ini adalah mewah dan premium. Model SUV memang jadi salah satu kekuatan Mazda, apalagi sejak menggunakan desain bergaya KODO dan teknologi SKYACTIV. Harganya sekitar Rp597,7 sampai Rp607,7 juta OTR Jakarta.

KODO adalah filosofi desain gabungan antara kecepatan, kekuatan, dan pesona. Bagi Mazda, ikatan emosional antara pengendara dan kendaraannya tak dapat dihindarkan. Karena itu, mobil bukan sekadar benda mati berbahan metal semata, melainkan dianggap makhluk hidup seperti kuda bagi penunggangnya. Desain KODO mencerminkan semangat dinamis, tidak terpaku pada desain komputer, tetapi mengandalkan keterampilan para pemahat (clay modeler).

Sebagai mobil mewah keluarga, desain interior mobil ini terlihat elegan khas SUV premium dengan warna dominan gelap. Fitur canggih yang dimilikinya sangat memanjakan pengemudi dan penumpang. Untuk mengatur jok, kamu cukup menekan tombol berteknologi electric seat with memory function yang memiliki delapan arah. Posisi duduk yang nyaman untuk penumpang dan pengemudi pun mampu terakomodir dengan baik. 

Dengan teknologi SKYACTIV-DRIVE, Mazda CX-5 memiliki transmisi generasi baru yang mengkombinasikan keunggulan dari seluruh tipe transmisi otomatis. Mobil ini lebih hemat bahan bakar dibandingkan kendaraan sejenisnya. Tarikannya spontan sehingga terasa cepat saat berkendara. Meskipun dengan transmisi otomatis, kamu juga tetap dapat merasakan sensasi berkendara ala mobil manual dengan perpindahan gigi yang terasa halus.

Mazda juga memiliki fitur i-Activsense, yakni sistem keamanan aktif yang dapat memprediksi dan memberikan peringatan kepada pengendara agar lebih berhati-hati. Teknologi ini sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai situasi dan kondisi yang kamu alami selama perjalanan. Pada New Mazda CX-5 varian Elite, i-Activsense memiliki fitur lengkap, meliputi adaptive front-lighting system, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, dan smart city brake support. Perjalanan bersama keluarga besar pun dapat berlangsung dengan nyaman dan aman. Bukan hanya keluarga, dengan kapasitas mobil yang lega, kamu juga bisa membawa hewan peliharaan di mobil dengan nyaman.

Demikianlah 9 rekomendasi mobil untuk perjalanan keluarga besar kamu. Apakah ada yang menarik dan menjadi pilihanmu? Kamu bisa menghubungi dealer terdekat jika mau bertanya lebih lanjut atau mendatanginya untuk melakukan test drive.

Untuk proteksi kendaraan roda empat yang kamu miliki, Asuransi Mobil Komprehensif menjadi pilihan utama yang memberikan proteksi menyeluruh. Roojai bekerja sama dengan 750+ bengkel rekanan terpercaya untuk perbaikan, perawatan mobil, dan layanan lainnya. Roojai juga menyediakan contact center yang handal serta proses klaim yang cepat dan mudah. Kamu bisa menentukan sendiri uang pertanggungan sampai dengan Rp2 miliar. Preminya murah dan terjangkau. Dapatkan diskon untuk pembayaran penuh atau pilih pembayaran secara cicilan tanpa harus pengajuan ke bank. Yuk, daftarkan diri dan mobil kamu secara online sekarang juga untuk mendapatkan perlindungan lengkap dan layanan berkualitas.

Cek harga

Bagikan:

Sebelumnya

Cara Mencegah Infeksi Saluran Pernapasan saat Musim Hujan

Berikutnya

Mau Tahu Kecocokan zodiakmu dalam percintaan? Cek di sini!
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu