pengaturan suhu AC mobil yang benar

Salah satu faktor untuk tetap nyaman berkendara di Indonesia yang memiliki iklim tropis adalah penggunaan AC mobil. Namun, tahukah kamu bahwa pengaturan AC mobil yang tepat tidak hanya menjaga kenyamanan tetapi juga dapat mencegah konsumsi BBM boros dan menjaga performa mobil tetap optimal untuk jangka waktu yang lama? Yuk cari tahu bagaimana cara hemat BBM dengan mengatur temperatur AC mobil yang tepat.

Konten:
  1. Suhu ideal AC mobil 
  2. Tips cara hemat BBM mobil terkait pengaturan AC mobil

Suhu ideal AC mobil

Pertama-tama, pastikan kamu mengatur suhu AC mobilmu pada 25°C yang merupakan suhu ideal AC mobil. Dengan menjaga temperatur pada suhu ideal AC mobil ini, sistem AC mobilmu tidak perlu bekerja terlalu keras, sehingga mengurangi beban pada mesin dan dapat mencegah konsumsi BBM boros. Selain itu, hal ini juga menjaga sistem AC mobil agar tetap berfungsi secara efektif untuk waktu yang lama.

Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil yang Benar agar Awet dan Tidak Mudah Soak.

Namun, bagaiman jika kamu tidak melakukan pengaturan AC mobil yang tepat? Seperti ketika menyalakan AC terlalu dingin, sistem pada mobil akan secara terus-menerus mengaktifkan kompresor yang tentunya menambah beban pada mesin. Beban yang meningkat ini mengakibatkan konsumsi BBM boros. Jadi, meskipun akan terasa nyaman dengan menyalakan AC mobil lebih dingin di hari yang sedang panas, kamu tetap harus mempertimbangkan dampak jangka panjang pada kendaraan dan anggaranmu jika bahan bakar lebih cepat habis. 

Tips cara hemat BBM mobil terkait pengaturan AC mobil

Untuk dapat menghemat bahan bakar saat menggunakan AC mobil dengan pengaturan suhu AC mobil yang benar, ada beberapa tips hemat BBM mobil yang sederhana dan dapat kamu terapkan: 

1. Pastikan untuk melakukan perawatan berkala pada sistem AC 

Ini termasuk memeriksa level refrigeran, membersihkan filter udara, dan memastikan bahwa kompresor dan komponen lain berfungsi dengan baik. Sistem yang terawat dengan baik beroperasi lebih efisien, mencegah AC mobil boros bensin, dan tentunya menghemat keuanganmu dalam jangka panjang. 

2. Gunakan kaca film atau sunshade pada jendela mobil  

Aksesori ini membantu memblokir sinar matahari dan mengurangi panas di dalam kendaraan, yang berarti sistem AC tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjaga suhu yang nyaman. 

3. Hindari memarkir mobil di tempat yang panas sesering mungkin 

Memarkir mobil di tempat teduh atau di area parkir yang tertutup dapat signifikan mengurangi suhu di dalam mobil, sehingga memudahkan sistem AC untuk mendinginkan mobil ketika kamu mulai berkendara. 

4. Pastikan untuk menjaga pintu dan jendela mobil tetap tertutup saat menggunakan AC 

Jendela dan pintu terbuka membiarkan udara panas masuk ke dalam mobil, memaksa sistem AC untuk bekerja lebih keras untuk mendinginkan mobil, yang pada akhirnya meningkatkan konsumsi bahan bakar. Memastikan pintu dan jendela tertutup rapat saat AC mobil menyala merupakan salah satu cara hemat BBM mobilmu.

Pengaturan ac mobil menghindari bbm boros

Sebagai kesimpulan, pengaturan suhu ac mobil yang benar sangat penting untuk kenyamanan dan juga kinerja kendaraan untuk jangka waktu yang panjang. Dengan menjaga temperatur pada suhu ideal ac mobil, atau sekitar 25°C, dan mengikuti tips di atas, kamu bisa menghemat bahan bakar serta menjaga keawetan kinerja AC mobil secara maksimal. Selamat berkendara!

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Mobil Terbaik, Wajib Baca sebelum Beli.

Selain menerapkan pengaturan suhu AC mobil yang benar agar mobilmu awet, kamu juga perlu memiliki proteksi untuk mobilmu yang memberikan benefit menyeluruh seperti Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai Indonesia yang melindungi dari berbagai kerusakan akibat kecelakaan.

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Sebelumnya

Mesin Mobil Tidak Mau Menyala? Apa Saja Kemungkinan Penyebabnya?

Berikutnya

Apa Penyebab AC Mobil Tidak Dingin? Cek 8 Hal Ini Segera!
Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!

Menu