ciri ciri aki soak | roojai.co.id

Aki mobil bertugas untuk menyimpan dan mengalirkan arus listrik ke berbagai komponen mesin mobil, seperti motor starter, sistem pembakaran, serta memberikan energi pada perangkat kelistrikan seperti lampu, radio, dan AC. 

Jika aki soak atau habis, tentu akan sangat merepotkan pengendara, apalagi kalau sampai membuat mobil tidak dapat dinyalakan. Namun, hal ini bisa dihindari dengan menjaga dan memperhatikan kondisi aki mobil secara rutin. Ketahui 5 tanda aki mobil soak di bawah ini supaya kamu bisa tahu lebih awal cara mengatasi aki mobil soak.

Aki soak biasanya membuat mobil sulit start

Jika mobil dibiarkan terlalu lama tidak digunakan, suara motor starter akan terdengar pelan atau bahkan tidak terdengar sama sekali ketika kamu mencoba untuk menyalakan mesin. Hal ini menandakan bahwa arus listrik yang tersimpan di dalam aki tidak mencukupi untuk menyalakan mesin mobil, dengan kata lain, ada kemungkinan besar memang terjadi persoalan aki soak. Namun, jangan langsung menganggap bahwa aki rusak, coba terlebih dahulu mengisi ulang daya aki menggunakan charger aki dan coba nyalakan mesin lagi. Jika setelah beberapa kali mencoba mesin tetap tidak mau menyala, kemungkinan besar kondisi aki sudah melemah.

Lampu depan tidak terang, tanda aki mobil soak

Ciri ciri aki soak lainnya adalah ketika lampu depan mobil redup. Ini artinya daya pada aki tidak cukup untuk mendistribusikan listrik ke lampu depan. Tentu hal ini akan sangat berbahaya jika kamu sering berkendara di malam hari. Jika lampu depan mobil redup, segera cek kondisi aki mobilmu, karena kemungkinan besar aki sudah mau habis. 

Aki soak biasanya ditandai dengan lampu indikator aki mobil menyala

Jika lampu indikator aki pada mobilmu menyala ketika mesin mobil menyala, hal ini menunjukkan bahwa aki mobil Anda sedang bermasalah dan perlu diperiksa secara mendalam, kemungkinan terdapat pada bagian pengisian arus listrik atau bisa juga aki yang sudah melemah. Secara umum lampu indikator aki mobil yang menyala memang utamanya merupakan ciri ciri aki soak. 

Perangkat elektronik pada mobil terganggu bila aki mobil soak

Jika perangkat listrik pada mobil, seperti lampu atau radio, tidak berfungsi seperti biasanya atau bahkan mati, ini juga bisa menjadi ciri ciri aki mobil soak. Namun kamu harus bisa membedakan apabila gangguan fungsi pada perangkat elektronik di mobil karena aki soak, atau karena memang terjadi kerusakan pada perangkat yang bersangkutan. Lebih jauh lagi, keadaan aki soak yang tidak segera diatasi juga berpotensi merusak perangkat elektronik pada mobil.

Usia aki mobil

Terakhir, usia aki mobil yang sudah mencapai 3-4 tahun biasanya sudah tidak efektif lagi. Pastikan kamu memeriksa kondisi aki setelah penggunaan di atas 3 tahun, jika kamu mengalami masalah seperti yang disebutkan di atas, berarti sudah waktunya kamu mengganti aki mobil.  

Aki merupakan salah satu komponen penting agar mobil bisa bekerja dengan baik. Jika aki mulai melemah atau rusak, sebaiknya segera ganti dengan aki yang baru untuk mencegah masalah pada mobilmu yang lebih besar di kemudian hari. Pastikan juga penggantian aki dilakukan oleh professional untuk menghindari kesalahan atau masalah lainnya. 

Perawatan aki mobil seringkali dianggap enteng atau terlewatkan karena berbagai hal, oleh karena itu kamu perlu memperhatikan dengan baik, sebelum terjadi hal-hal yang merepotkan. Salah satu hal yang kamu perlu perhatikan adalah jenis aku mobil yang kamu gunakan. Ada dua jenis aki mobil yang paling umum digunakan yaitu Aki Basah dan Aki Kering. Selain keduanya ada pula Aki Kalsium, Aki Hybrid, Aki MF AGM, dan Aki Gel yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun tidak digunakan sesering Aku Kering dan Aki Basah.

Simak selengkapnya Cara Merawat Aki Mobil yang Benar agar Awet dan Tidak Mudah Soak, terutama untuk Aki Kering dan Aki Basah.

Aki basah maupun aki kering soak dapat membawa gangguan pada kendaraan, bahkan bila tidak ditangani dengan baik, bisa membuat mobil tidak dapat menyala. Untuk menghindari risiko kerusakan lainnya pada mobil kesayanganmu, selain harus merawat dan rutin mengecek kondisi mobil, kamu juga perlu mempersiapkan proteksi tambahan berupa asuransi mobil. Sebaik-baiknya kamu mengemudi, risiko kecelakaan atau pencurian tidak dapat dihindari. Untuk itu, segera dapatkan Asuransi Mobil All Risk (Komprehensif) dari Roojai agar berkendara jadi lebih tenang dan nyaman.

Muhammad Vigo Sofyan

Ditulis oleh

Muhammad Vigo Sofyan

IT QA Specialist

Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

Bagikan:

Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

|

Lihat premi dalam 30 detik.
Gak perlu kasih info kontak!