ciri ciri aki soak | roojai.co.id

Ada beberapa ciri aki mobil soak yang perlu kamu waspadai, misalnya lampu depan yang tidak terang. Mengetahui tanda aki mobil soak sangat penting agar kamu bisa tahu bagaimana cara mengatasinya. 

Aki soak adalah kondisi di mana aki mobil kehilangan kemampuannya untuk menyimpan dan menyediakan daya listrik yang cukup. Akibatnya, fungsi aki mobil untuk mengalirkan arus listrik ke berbagai komponen seperti motor starter, sistem pembakaran, serta memberikan energi pada perangkat kelistrikan seperti lampu, radio, dan AC jadi terganggu. 

Jika aki soak atau habis, tentu akan sangat merepotkan pengendara, apalagi kalau sampai membuat mobil tidak dapat dinyalakan.

Konten

  1. Ciri-ciri Aki Mobil Soak
    1. Cara Mengatasi Aki Mobil Soak
      1. Penyebab Aki Mobil Soak

        Ciri-ciri Aki Mobil Soak

        Namun, hal ini bisa dihindari dengan menjaga dan memperhatikan kondisi aki mobil secara rutin. Ketahui 5 tanda aki mobil soak di bawah ini supaya kamu bisa tahu lebih awal cara mengatasi aki mobil soak.

        1. Mobil sulit distarter

        Jika mobil dibiarkan terlalu lama tidak digunakan, suara motor starter akan terdengar pelan atau bahkan tidak terdengar sama sekali ketika kamu mencoba untuk menyalakan mesin. Hal ini menandakan bahwa arus listrik yang tersimpan di dalam aki tidak mencukupi untuk menyalakan mesin mobil, dengan kata lain, ada kemungkinan besar memang terjadi persoalan aki soak.

        Namun, jangan langsung menganggap bahwa aki rusak, coba terlebih dahulu mengisi ulang daya aki menggunakan charger aki dan coba nyalakan mesin lagi. Jika setelah beberapa kali mencoba mesin tetap tidak mau menyala, kemungkinan besar kondisi aki sudah melemah.

        2. Lampu depan tidak terang

        Ciri ciri aki soak lainnya adalah ketika lampu depan mobil redup. Ini artinya daya pada aki tidak cukup untuk mendistribusikan listrik ke lampu depan. Tentu hal ini akan sangat berbahaya jika kamu sering berkendara di malam hari. 

        Jika lampu depan mobil redup, segera cek kondisi aki mobilmu, karena kemungkinan besar aki sudah mau habis. 

        3. Lampu indikator aki mobil menyala

        Jika lampu indikator aki pada mobilmu menyala ketika mesin mobil menyala, hal ini menunjukkan bahwa aki mobil Anda sedang bermasalah dan perlu diperiksa secara mendalam, kemungkinan terdapat pada bagian pengisian arus listrik atau bisa juga aki yang sudah melemah. Secara umum lampu indikator aki mobil yang menyala memang utamanya merupakan ciri ciri aki soak. 

        4. Perangkat elektronik pada mobil terganggu

        Jika perangkat listrik pada mobil, seperti lampu atau radio, tidak berfungsi seperti biasanya atau bahkan mati, ini juga bisa menjadi ciri ciri aki mobil soak. Namun kamu harus bisa membedakan apabila gangguan fungsi pada perangkat elektronik di mobil karena aki soak, atau karena memang terjadi kerusakan pada perangkat yang bersangkutan. Lebih jauh lagi, keadaan aki soak yang tidak segera diatasi juga berpotensi merusak perangkat elektronik pada mobil.

        5. Usia aki mobil

        Terakhir, umur aki mobil yang sudah mencapai 3-4 tahun biasanya sudah tidak efektif lagi. Pastikan kamu memeriksa kondisi aki setelah penggunaan di atas 3 tahun, jika kamu mengalami masalah seperti yang disebutkan di atas, berarti sudah waktunya kamu mengganti aki mobil.  

        6. Suara klakson tidak nyaring

        Klakson yang suaranya tidak nyaring atau terdengar melemah juga bisa menjadi tanda bahwa aki mobil sudah soak. Klakson membutuhkan daya listrik yang cukup dari aki untuk berfungsi dengan baik. Jika daya yang disuplai tidak cukup, suara klakson akan menjadi lemah atau tidak berfungsi sama sekali.

        7. Cahaya lampu redup

        Selain lampu depan, lampu indikator di dashboard dan lampu-lampu lain di dalam mobil juga bisa menunjukkan tanda aki soak jika cahayanya tampak redup. Lampu yang seharusnya terang menjadi redup menandakan bahwa aki tidak dapat menyediakan daya listrik yang cukup.

        Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

        Aki merupakan salah satu komponen penting agar mobil bisa bekerja dengan baik. Jika aki mulai melemah atau rusak, sebaiknya segera ganti dengan aki yang baru untuk mencegah masalah pada mobilmu yang lebih besar di kemudian hari. 

        Berikut beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aki soak. 

        1. Coba lakukan jumper aki mobil

        Jika mobil tidak bisa distarter karena aki soak, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan jumper aki. Gunakan kabel jumper dan sambungkan aki mobil yang soak dengan aki mobil lain yang masih dalam kondisi baik. 

        Pastikan untuk mengikuti cara jumper aki mobil yang benar untuk menghindari kerusakan lebih lanjut. Jika tidak, lebih baik datang langsung ke bengkel. Setelah berhasil menyalakan mesin, biarkan mesin berjalan beberapa saat untuk membantu mengisi ulang aki yang soak.

        2. Cek mobil secara berkala

        Cara memperbaiki aki mobil soak selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan mobil secara berkala. Ini dapat membantu mendeteksi masalah pada aki sebelum menjadi lebih parah. 

        Pastikan untuk memeriksa kondisi aki, termasuk terminal aki, level elektrolit, dan memastikan tidak ada korosi pada terminal. Pemeriksaan rutin dapat membantu menjaga performa aki dan memperpanjang umurnya.

        3. Rutin panaskan mobil

        Mobil yang jarang digunakan bisa menyebabkan aki menjadi soak karena tidak mendapatkan cukup waktu untuk diisi ulang. Untuk mengatasi hal ini, pastikan untuk memanaskan mobil secara rutin, setidaknya sekali seminggu. 

        Sebaiknya, panaskan mobil selama beberapa menit untuk memastikan aki mendapatkan pengisian daya yang cukup. Namun ini tidak dapat menjadi cara memperbaiki aki yang soak jika kerusakannya sudah parah. 

        4. Hindari penggunaan aksesoris yang berlebihan

        Penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan seperti lampu tambahan, audio sistem yang kuat, dan perangkat elektronik lainnya dapat membebani aki dan mempercepat proses soak. Gunakan aksesoris secara bijak dan pastikan tidak menggunakan daya yang berlebihan dari aki. Jika memungkinkan, matikan aksesoris yang tidak perlu saat mesin mobil tidak berjalan untuk mengurangi beban pada aki. 

        Penyebab Aki Mobil Soak

        Untuk menghindari aki soak, sangat penting untuk memahami apa saja yang menyebabkan aki mobil kamu soak sehingga kamu tahu bagaimana cara merawat aki mobil. Berikut beberapa di antaranya. 

        1. Mobil jarang dipakai

        Mobil yang jarang digunakan dapat menyebabkan aki menjadi soak karena aki tidak mendapatkan cukup waktu untuk diisi ulang. Ketika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, daya yang tersimpan dalam aki akan berkurang secara bertahap. 

        Oleh karena itu, penting untuk rutin memanaskan mobil atau mengendarainya secara berkala untuk memastikan aki tetap terisi dengan baik. Jika tidak, kamu setidaknya memanaskan mobil kamu setiap beberapa hari sekali. 

        2. Penggunaan aksesoris berlebihan

        Penggunaan aksesoris mobil yang berlebihan, seperti sistem audio yang kuat, lampu tambahan, dan perangkat elektronik lainnya, dapat membebani aki secara berlebihan. Beban listrik yang tinggi dapat menyebabkan aki cepat habis dan akhirnya soak. 

        3. Menggunakan lampu jenis projector

        Lampu jenis projector, meskipun memberikan pencahayaan yang lebih baik, biasanya memerlukan daya listrik yang lebih besar dibandingkan lampu biasa. Jika tidak diimbangi dengan sistem pengisian yang baik, penggunaan lampu jenis ini bisa mempercepat penurunan kinerja aki dan menyebabkan aki menjadi soak.

        4. Aki sudah melewati batas pakai

        Setiap aki memiliki umur pakai yang terbatas, biasanya antara 2 hingga 3 tahun. Setelah melewati masa tersebut, kemampuan aki untuk menyimpan dan menyediakan daya listrik akan menurun. Aki yang sudah tua lebih rentan menjadi soak dan harus segera diganti untuk menghindari masalah saat mobil akan digunakan.Demikianlah pembahasan mengenai ciri aki mobil soak, cara mengatasi hingga penyebabnya. Selain merawat kendaraan, jangan lupa untuk memberikan proteksi finansial terhadap mobil kamu dengan asuransi mobil terbaik, ya!

        Demikianlah pembahasan mengenai ciri aki mobil soak, cara mengatasi hingga penyebabnya. Selain merawat kendaraan, jangan lupa untuk memberikan proteksi finansial terhadap mobil kamu dengan asuransi mobil terbaik, ya!

        Muhammad Vigo Sofyan

        Ditulis oleh

        Muhammad Vigo Sofyan

        IT QA Specialist

        Sebagai lulusan dari fakultas Tenik Informatika di Universitas Bina Nusantara (Binus). Sejak SMA Vigo sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan otomotif. Dan sudah aktif di club mobil eastcrew Jakarta sejak 2012. Vigo sudah bekerja di bidang IT selama 3+ tahun dan memiliki sertifikat Create Meaningful Design with UX Usability Testing dibidang IT. Vigo sudah bekerja asuransi selama 2 tahun. Untuk meneruskan Hobinya, Vigo suka mempelajari banyak hal tentang otomotif dan permobilan. Saat ini Vigo bekerja sebagai IT Quality Assurance Specialist. Sofyan senang berbagi informasi dan pengetahuan seputar otomotif, mobil dan lifestyle. Kamu bisa menyapa Vigo di LinkedIn.

        Bagikan:

        Asuransi Online Paling Terjangkau dan Inovatif di Asia Tenggara

        Dapatkan Penawaran Asuransi Online yang

        Asuransi Online yang Mudah, Terjangkau, dan Dapat Diandalkan

        |

        Lihat premi dalam 30 detik.
        Gak perlu kasih info kontak!