Kapan Operasi Patah Tulang Diperlukan dan Bagaimana Prosesnya?

Gaya Hidup & Kesehatan |

operasi patah tulang

Patah tulang merupakan salah satu cedera yang kerap terjadi, baik karena kecelakaan maupun karena aktivitas fisik berat seperti olahraga berisiko tinggi. Secara medis, patah tulang akan ditangani atau dirawat oleh dokter ortopedik. Meski banyak praktik pengobatan tradisional patah tulang, sebenarnya hal ini nggak disarankan, loh.  

Tulang adalah organ tubuh yang mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Artinya kalau dia patah, akan ada jaringan-jaringan tulang baru yang tumbuh yang memungkinkan tulang untuk tersambung kembali. Sayangnya  kemampuan ini berkurang seiring bertambahnya usia kita.  

Oleh sebab itu, menjaga agar terhindar dari kecelakaan atau cedera yang menyebabkan patah tulang adalah jalan terbaik. Tapi kalau hal itu udah nggak mungkin dihindari, alias kejadian patah tulang sudah terjadi, maka ada beberapa tindakan yang bisa membantu menyembuhkannya.

Penanganan patah tulang 

Ada beberapa tipe patah tulang, dari yang kecil, retak setipis rambut, sampai patah tulang yang menyebabkan luka terbuka akibat tulang yang mencuat keluar kulit.  

Sebagian besar patah tulang akan sembuh dengan sendirinya, dengan penanganan yang cukup sederhana, misalnya penggunaan gips atau bidai. Alat ini digunakan untuk menjaga agar tulang yang patah tidak bergerak sehingga jaringan tulang baru dapat tumbuh di tempat yang diinginkan.  

Kapan operasi patah tulang diperlukan? 

Tapi bukan nggak mungkin dibutuhkan operasi untuk menangani patah tulang tersebut. Operasi patah tulang diperlukan jika tulang yang patah nggak bisa sembuh hanya dengan penggunaan gips dan bidai.  

Tindakan operasi patah tulang diperlukan jika tulang nggak cuma patah, tapi hancur di beberapa bagian. Dokter biasanya akan melakukan tindakan untuk mengambil dan mengeluarkan jaringan yang patah tersebut. Setelah itu, dokter akan memposisikan tulang kembali ke posisi semula, menggunakan alat bantu operasi.  

Dokter juga bisa menambahkan alat bantu seperti pen atau plat untuk mengembalikan posisi maupun kondisi tulang. Biasanya alat bantu ini dipasangkan pada patah tulang di pergelangan kaki, lengan bawah dan tulang kaki. 

Operasi patah tulang kerap jadi momok, sama halnya dengan operasi usus buntu. Apa dan bagaimana operasi usus buntu dilakukan?

Jenis patah tulang yang memerlukan operasi 

Ada beberapa tipe patah tulang yang biasanya memerlukan operasi, yaitu:  

1. Patah tulang paha (femur) 

Tulang paha yang patah memerlukan tindakan operasi untuk membantu memposisikan tulang pada posisi yang benar. Operasi dilakukan untuk memasang pen silinder yang akan membantu menyokong tulang yang patah sampai jaringan tulang baru tumbuh.  

2. Patah tulang bahu. 

Bahu kita nggak hanya terdiri dari tulang, tapi juga sejumlah tendon. Tendon adalah jaringan ikat yang kuat namun lentur, yang menyatukan otot dengan tulang. Ketika tulang bahu patah, biasanya dokter ortopedi akan merekomendasikan operasi untuk memperbaiki atau mengganti sendi bahu. Operasi penggantian persendian bahu juga biasanya diikuti dengan perbaikan otot dan tendon di area yang rusak karena cedera. 

3. Patah tulang panggul  

Tulang panggul yang patah biasanya diatasi melalui salah satu dari prosedur ini: perbaikan tulang panggul dengan pen, operasi penggantian sebagian panggul dan operasi penggantian total panggul.  

Tiga tahap pemulihan tulang patah 

Dilansir dari situs Healthline, tulang yang patah akan melalui tiga tahap pemulihan, yaitu:  

1. Tahap peradangan 

Tahap ini segera berlangsung setelah cedera terjadi. Menurut penelitian ini, setidaknya 48 jam setelah terjadinya cedera, pembuluh darah yang robek akibat patah tulang akan mengeluarkan darah. Darah ini mulai menggumpal dan membentuk hematoma patah tulang. Akibat hambatan aliran darah ke tulang, beberapa sel tulang di sekitar patahan akan mati. Tahap peradangan ini akan berakhir sekitar 1 minggu setelah kejadian patah tulang. 

2. Tahap reparasi 

Tahap reparasi atau perbaikan akan dimulai pada dua hari pertama setelah kejadian patah tulang dan berlangsung sekitar 2 sampai 3 minggu. Sepanjang waktu itu, tubuh akan membentuk tulang rawan dan jaringan di area tulang yang patah. Jaringan ini akan membentuk serabut tulang baru di ujung tulang yang patah dan jaringan tersebut akan tumbuh dan menyatukan patahan tulang.  

3. Tahap remodelling 

Tahap ini adalah akhir dari proses penyembuhan. Di tahap ini tulang yang keras akan menggantikan tulang lunak yang terbentuk di tahap kedua. Terkadang area luar tulang yang patah masih terlihat bengkak dan ini adalah wajar.  

Tergantung dari tingkat keparahan patah tulang dan kondisi kesehatan orang tersebut, patah tulang perlu waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk bisa sembuh sempurna. Rata-rata waktu yang diperlukan sampai patah tulang sembuh adalah sekitar 6-8 minggu.  

Untuk membantu pemulihan pasca operasi patah tulang  

Selain membatasi bagian yang patah, proses penyembuhan patah tulang perlu dibantu dengan konsumsi makanan yang kaya gizi. Terkhusus lagi, nutrisi yang bisa membantu mempercepat pertumbuhan jaringan tulang. Beberapa cara ini bisa kamu lakukan untuk membantu kesembuhan patah tulang:  

Konsumsi protein  

Sebagian besar bagian tulang dibentuk dari protein, konsumsi protein maupun suplemen protein akan membantu tulang tumbuh dan menyembuhkan dirinya sendiri. Kurangnya asupan protein bisa mempengaruhi callus atau jaringan tulang baru yang terbentuk pada tulang yang patah.  

Konsumsi antioksidan 

Antioksidan menghilangkan radikal bebas yang terbentuk akibat rusaknya jaringan saat patah tulang terjadi. Antioksidan bisa diperoleh dari suplemen yang mengandung vitamin E dan C, likopen dan alpha-lipoic acid

Konsumsi suplemen mineral 

Tulang juga dibentuk oleh mineral, termasuk kalsium, silikon, magnesium, fosfor dan seng. Proses penyembuhan patah tulang bisa dibantu dengan konsumsi mineral ini, yaitu dengan mempercepat pembentukan callus dan meningkatkan produksi protein tulang.

pemulihan patah tulang

Latihan 

Jika dilakukan di bawah pemantauan dokter, latihan fisik bisa memperbaiki aliran darah ke area yang cedera dan membantu pembentukan otot di sekitarnya, sehingga mempercepat proses penyembuhan patah tulang.  

Hindari merokok 

Mereka yang merokok akan mengalami hambatan proses penyembuhan tulang patah. Merokok bisa menghambat aliran darah ke jaringan yang cedera sehingga menghambat proses pemulihannya. 

Bicara soal makanan, katanya ada beberapa jenis makanan super yang bagus dikonsumsi untuk kesehatan. Tapi apa benar? Superfood atau supermitos, nih?

Operasi patah tulang perlu dilakukan pada beberapa kondisi patah tulang untuk membantu proses penyembuhannya. Operasi patah tulang atau ortopedi ini dapat dilakukan di rumah sakit umum maupun swasta.  

Tergantung di mana operasi tersebut dilakukan, besaran tarif atau biaya operasi patah tulang akan berbeda-beda. Besarnya biaya operasi patah tulang juga tergantung dari tindakan yang dilakukan dan tingkat keparahan patah tulang.

Jika patah tulang itu terjadi akibat kecelakaan, biaya operasi bisa ditanggung oleh asuransi seperti Asuransi Kecelakaan Diri dari Roojai. Dengan memiliki asuransi kecelakaan diri, kamu bisa mendapatkan santunan tunai sebagai pengganti pemasukan yang hilang akibat kecelakaan atau mendapatkan biaya perawatan akibat kecelakaan. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan santunan yang dibayarkan langsung (cashless) atau santunan harian selama rawat inap. 

Dengan tanggungan biaya perawatan ini, kamu nggak perlu merasa khawatir saat beraktivitas, ataupun menjalani hobi olahraga ekstrem kamu.